Kaleidoskop Drama Korea 2020

drama-korea-2020

Rasanya nggak berlebihan kalau dibilang 2020 adalah tahun terfenomenal bagi pecinta drama korea. 

Kok bisa? 

Ya karena tahun ini “teman” pecinta drama korea tiba-tiba meningkat pesat. Yang sebelumnya buta tentang drakor, dan sering cengok kalau ada yang ngerumpiin drakor tetiba jadi ahli. Hapal nama aktor A, B, C, D. 

Nah yang sebelumnya cuma nonton sepintas-sepintas, tahun ini makin intens ngikuti drama on going. Malah drama lama pun ikut dilibas pula. 

Gimana dengan pecinta drama korea angkatan lawas seperti saya?  

FYI, saya nonton dan rajin nge-drakor dari sekitar tahun 2002/2003. Waktu itu ada beberapa drama korea yang diputar di TV Nasional. Tapi saya dan beberapa teman kost juga sering nonton DVD untuk drama yang nggak atau belum tayang di Indonesia. 

Sejujurnya, senang sih karena akhirnya banyak teman seserver yang bisa diajak rumpi-rumpi drama bareng. Jadi bisa saling ngasih rekomendasi drama yang oke gitu. Tapi nggak sedikit juga pecinta drakor dadakan yang bikin bising. 

Kok bisa sih bikin bising? 

Gini deh buat gambarannya. Pernah nggak nonton film di bioskop terus ada orang yang duduk di bangku samping asyik komen aja sepanjang film. Bukan ngasih spoiler, tapi melontarkan prediksi film seenak udel gitu. Mending kalau benar! 

Tapi kalaupun benar juga rasanya engap sih dengar komentar atau prediksi saat dramanya lagi berjalan gitu. Jadi bikin kesimpulan setengah-setengah yang  nggak menggambarkan keseluruhan cerita. 

Contoh saat penayangan The World of The Married, sempat muncul kabar yang kasih “bocoran” kalau dokter Kim itu sebenarnya adik tiri dokter Ji yang datang buat melindungi kakaknya. Bla..bla..bla… 

drama-korea-2020

Dan masih banyak lagi contoh lain. Yang model begini, bukan spoiler ya sodara-sodara. Kalau spoiler sih saya suka. Yang ini mah namanya info menyesatkan. Mirip kayak penyebar hoax. Hahaha 

Sebenarnya saya berusaha skip informasi begini. Tapi algoritma FB dan IG bikin info seperti ini mampir mulu di timeline. Waaahh engap benar rasanya. 

Pengin neriakin orang-orang, mohon tenang selama menonton! Nggak usah komentar dulu sebelum kelar nonton dramanya. Soalnya jadi nggak objektif tuh penilaiannya. 

Kan yang namanya drama korea tuh hobi banget ya kasih plot twist. Kadang kita digiring untuk menebak ke arah sini, ternyata penulis bikin ending diluar prediksi. Tokoh yang disangka jahat, bisa jadi sebenarnya baik. Yang baik sebenarnya jahat. 

Tapi ya udah lah. 

Namanya juga euphoria ya. Kan tahun ini kita diserang pandemi yang bikin semua orang harus beraktivitas dari rumah. Yang biasanya kongkow di coffee shop terpaksa cari kegiatan lain di rumah. Yang biasa nonton bioskop juga jadi nggak bisa kemana-mana. Akhirnya pada nonton drama korea deh.  

Bagaimana pun tahun ini adalah tahun istimewa. Beberapa aktor terkenal bikin project comeback tahun ini. Ada yang tampil memuaskan, ada yang so so aja. 

Tapi yang jelas drama yang dibintangi aktor terkenal pasti mendapat perhatian publik. 

Nah di artikel ini, saya ingin flashback sedikit drama-drama yang tayang sepanjang tahun 2020. Nggak semua drama bakal disebut ya, karena jumlah drama yang tayang sepanjang tahun kan banyak. Belum semua sempat ditonton dan ada beberapa drama yang akhirnya nggak saya ikutin sampai akhir. 

Drama aktor bintang 

drama-korea-2020

Mari kita mulai dari drama yang paling banyak mendapat perhatian tahun ini karena dibintangi aktor papan atas. Ada Itaewon Class yang dibintangi Park Seo Joon. The King : Eternal Monarch yang jadi drama comeback Lee Min Ho. Backstreet Rookie yang jadi drama kedua Ji Chang Wook setelah wamil. 

Masih ada pula It’s Okay to Not Be Okay yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun. Drama Flowers of Evil yang menampilkan akting Lee Joon-Gi. Lalu Kim Joo Won menandai comeback-nya di dunia akting dengan membintangi Alice. Dan ada Park Bo Gum yang tampil di Record of Youth

drama-korea-2020

Berdasarkan pendapat pribadi, saya menilai Itaewon Class, It’s Okay to Not Be Okay dan Flower of Evil adalah drama paling oke. Sangat berkesan. Bangunan dan ide ceritanya asyik dan berhasil menampilkan kualitas akting terbaik sang aktor. Jadi sangat layak untuk diganjar dengan perhatian publik yang besar. 

drama-korea-2020

Dan sejujurnya drama aktor top yang paling mengecewakan adalah The King : Eternal Monarch. Saya nonton drama ini on going lho. Walau nggak terlalu sreg dengan akting dan jalan ceritanya, saya masih nekat menonton sampai tamat. Berharap ada kejutan menarik di akhir cerita. Ternyata zonk

Lee Min Ho memang bukan aktor favorit saya, karena perannya yang terlalu seragam di setiap drama. Tapi saya nggak nyangka juga kalau drama comeback-nya bakal sebegini menyebalkan. 

Saya paham, cerita tentang dunia paralel memang seringkali menyisakan plot hole. Tak terkecuali The King : Eternal Monarch

drama-korea-2020

Tapi drama ini rasanya kebangetan deh. Banyak jalan cerita yang terkesan dipaksakan dan nggak sinkron dengan premis awal. Bikin ceritanya jadi janggal. Belum lagi product placement yang diletakan serampangan sepanjang drama. Rasanya kok cukup menganggu. 

Beda deh dengan Alice yang dibintangi Kim Joo Won. Sama-sama bercerita tentang dunia paralel yang melibatkan teori fisika rumit. Tapi Alice terasa lebih masuk akal. Ceritanya fokus dan nggak terjebak dengan adegan romantis nggak penting seperti yang ditampilkan The King Eternal Monarch. 

Drama Ji Chang Wook, Backstreet Rookie juga nggak kalah bikin dongkol. Tapi drama hasil adaptasi webtoon ini masih sedikit termaafkan karena menampilkan side story yang lumayan oke. Kalau cerita tentang tokoh utamanya sih malah meeeeh.. 

Mungkin sutradara dan penulisnya terlalu berhati-hati karena drama ini menimbulkan kontroversi sejak awal penayangan. 

Bagaimana dengan drama The World of Married yang mengundang perhatian luar biasa itu? 

Drama tentang perselingkuhan memang selalu menarik perhatian. Tapi The World of The Married memang luar biasa. Drama psikologis ini digarap dengan sangat baik, dan konfliknya sangat intens. Jadi meski dibintangi oleh aktor-aktor yang nggak terlalu dikenal oleh penonton Indonesia, drama ini tetap sukses menyedot penonton. 

Drama memorable versi Ibu Segala Tau 

drama-korea-2020

Kalau ditanya rekomendasi drama 2020, saya akan langsung menunjuk Mystic Pop Up Bar untuk kategori drama keluarga. Drama ini hanya tayang 12 episode tapi bisa bercerita dengan tuntas. Komedinya dapet, drama keluarganya dapet, dan romance-nya pun bikin gemas. Sangat memuaskan. 

Untuk kategori kriminal misteri, 365 : Repeat The Year dan Missing : The Other Side adalah drama yang paling layak nonton. Bangunan ceritanya apik banget. Bikin penasaran sampai akhir. Puasss. 

Oh masih ada lagi drama Kingdom 2 yang epic banget. Kualitas cerita nggak kalah dari prekuelnya, Kingdom season 1 yang tayang 2018. Di season 2 ini, kita akhirnya dapat penjelasan lengkap tentang asal muasal wabah zombie. Makin intens tegangnya dan makin seru ceritanya. Bagus banget. 

drama-korea-2020

Sementara untuk drama keluarga, slice of life, saya rekomendasikan banget untuk nonton Hi Bye Mama dan Hospital Playslist. Ini drama ringan yang nggak menuntut kita banyak mikir tapi sangat menghangatkan hati dan sedikit menguras air mata. 

Apresiasi yang tinggi juga harus saya berikan kepada Itaewon Class dan Start Up. Yang satu drama pembuka tahun, satu lagi drama tutup tahun. Tapi keduanya memberi insight dan pelajaran berharga yang sangat bagus tentang bisnis, percintaan dan perjuangan hidup. Dikemas dengan sangat apik pula. 

Sebenarnya masih banyak banget drama 2020 yang pengin saya sebutkan disini, tapi takut kepanjangan. Hahaha.. 

Sebenarnya pengin juga bahas drama akhir 2020 yang masih on going seperti True Beauty dan Mr Queen. Tapi ditahan dulu ah sampai dramanya tamat. 

Kalau buat kalian gimana? Drama mana yang paling memorable sepanjang 2020? 

Sharing yuk, biar kita jadi sama-sama makin tahu.

6 comments

  1. rekomedasi: dr romantic 1 & 2. ditunggu reviewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya dr kim romantic 2 kelewat ya. Reviewnya menyusul ya🙏🏻🙏🏻. Gomawo

      Delete
  2. Heuheu Mbak, do you forget anchornim and Ha Jin? Memorable walau underrated ni drama di tahun lalu.

    Btw, salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Heuheu Mbak, do you forget anchornim and Ha Jin? Memorable walau underrated ni drama di tahun lalu.

    Btw, salam kenal.

    ReplyDelete
  4. Menurutku tahun 2020 ini drama2nya juga bagus-bagus bangettt Mba 🥰 banyak banget drama-drama bagus yang gak bikin kecewa ya meskipun tetep ada sih. Dan setuju banget sama deretan drama yang Mba sebutin di drama memorable semuanya kesukaan aku bangettttt dan semuanya favorit sampe bingung mau milih yang mana 🙈

    Btw Mba, koreksi dikit ya nama Joo Won gak pake marga 'Kim" hehe nama aslinya pake marga "Moon" mungkin bisa diperbaikin, takut ada penggemar drama 'harian' yang suka marah2 ke IG si pemain antagonis muncul disini (soalnya aku pernah ngalamin huhuhu)

    ReplyDelete
  5. Bnyak banget drama memorable th 2020 mbk. Yg paling berkesan itu drama Find Me In Your Memory. Saking romancenya itu drama bikin dugun2 haha. Yg menyentuh hati itu Missing The Other Side. Ah banyak lagi mbk hahaha.

    ReplyDelete