Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Siapkan tissue yang banyak kalau mau nonton Hi Bye, Mama! Apalagi kalau niatnya mau nonton marathon. Sekalian aja siapkan kompres mata supaya mata nggak sembab setelahnya. Serius!

Saya saja sampai nyaris nggak bisa melek karena terlalu lama menangis setelah menonton episode terakhir drama keluarga ini.

Hi Bye, Mama! sukses menggeser kedudukan Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo dan Go Back Couple untuk urusan tangis-tangisan.

Awalnya, saya tertarik nonton drama ini karena Hi Bye, Mama! adalah drama comeback Kim Tae Hee setelah 5 tahun vakum berakting. Kalau nggak salah, terakhir saya tahu Kim Tae Hee main drama Yong Pal, 2015 silam. Dan kini, istri Rain ini mulai berakting lagi dan hasilnya memang tak mengecewakan. Aktingnya masih ciamik, dan wajahnya seperti tak menua. Visual Kim Tae Hee nggak terkalahkan deh pokoknya.

Ditambah lagi, tema cerita drama Hi Bye, Mama! cukup menarik. Tentang perempuan yang sudah mati dan arwahnya gentayangan. Oleh dewa, ia diberi kesempatan untuk lalu hidup kembali selama 49 hari.

Apa yang harus ia lakukan dalam 49 hari? 

Apakah ia akan tetap hidup menjadi manusia atau harus kembali mati? 

Naskah Hi Bye, Mama! ditulis oleh Kwon Hye-Joo dan dramanya disutradarai oleh Yo Je Won. Drama ini menampilkan sejumlah aktor yang tampangnya pasti sudah sangat familiar di mata penggemar drakor. Alur ceritanya kerap dibuat flash back, sehingga selama nonton kita jadi mendapat gambaran dan penjelasan tentang hal yang terjadi. Asli! Ga bakal bosan nontonnya.

Oh iya, Hi Bye Mama! tayang dua kali seminggu di saluran tvN menggantikan Crash Landing on You.

Oke kita masuk ke sinopsisnya dulu. Seperti biasa, spoiler juga akan bertebaran di review kali ini. Jadi kalau memang nggak suka dapat spoiler, saya mohon maaf dan maklum sebelumnya ya. 

Sinopsis 

Kematian Cha Yu Ri (Kim Tae Hee) yang tragis akibat kecelakaan lalu lintas 5 tahun silam meninggalkan luka mendalam di hati orang-orang terdekatnya. Tidak ada yang benar-benar pulih dan bisa menjalani kehidupan normal setelah kematian Cha Yu Ri.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Suami Yu Ri, Cho Gang Hwa ( Lee Kyu-Hyung) merasa sangat bersalah atas kematian istrinya, sampai-sampai ia trauma dan tidak bisa masuk ke kamar bedah. Setiap kali masuk ke ruang operasi untuk melakukan bedah, bayangan kematian istrinya langsung menyergap, hingga ia mengalami serangan panik.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Hal ini tentu berdampak buruk pada kinerjanya sebagai dokter bedah thoraks. Ia bahkan berkali-kali mendapat sanksi indisipliner dan nyaris dikeluarkan dari pekerjaannya.

Tak hanya itu, meski akhirnya Gang Hwa menikah lagi dengan perawat yang juga adik kelasnya, Oh Min Jeung (Go Bo Gyeol), ia tak pernah bisa melepaskan kenangan tentang Yu-Ri.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Ketidakmampuan Gang Hwa untuk move on dari Yu Ri membuat Min Jeung sangat terbebani selama berumah tangga, hingga rumah tangganya pun tak harmonis.

Bukan hanya Cho Gang Hwa yang terpukul dengan kematian Yu Ri. Orang tua Yu Ri pun merasakan hal yang sama, malah lebih parah.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Ibu Yu Ri, Jeon Eun Seok (Kim Mi Kyung) adalah orang yang paling bersedih. Walau kelihatan berusaha tegar, dalam hati kecilnya ia tak bisa merelakan Yu Ri pergi selamanya tanpa pamit. Ibu Yu Ri yang selalu hangat, berubah jadi beku sejak kematian Yu Ri. Ia melarang Ayah Yu Ri (Park So Young) dan adik Yu Ri (Kim Mi Soo) bertemu dengan Gang Hwa dan anak Yu Ri, Seo Woo.

Setiap hari, yang bisa Ibu Yu Ri lakukan hanya mengenang kepergian anaknya dengan melihat barang-barang peninggalan Yu Ri.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Kesedihan mendalam juga dirasakan oleh sahabat Yu Ri, Ko Hyeon Jung (Shin Dong Mi). Ko Hyeon Jung dan Yu Ri adalah soulmate. Sejak mulai akrab di masa kuliah mereka berdua bagai tak terpisahkan. Makanya tak mudah bagi Hyeon Jung merelakan kematian Yu Ri. Ia masih terus mengingat Yu Ri dan merayakan hari ulang tahun Yu Ri. Foto-foto kenangan Yu Ri pun tak pernah dilepaskan dari dinding.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Rupanya, nggak cuma orang-orang dekat Yu Ri yang sulit menerima kematiannya yang mendadak, arwah Yu Ri sendiri pun nggak terima. Dia nggak mau naik ke langit dan melanjutkan reinkarnasi. Alih-alih reinkarnasi, ia malah memilih terus mendampingi keluarganya yang masih berduka.

Salah satu hal yang paling membuat Yu Ri enggan kembali ke dunia atas tak lain tak bukan karena anaknya, Seo Woo.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Kematian memisahkan Yu Ri dengan Seo Woo yang saat itu masih ada dalam kandungannya. Seo Woo yang berhasil diselamatkan tak pernah bisa merasakan pelukan hangat ibu kandungnya. Ibu mana yang nggak sedih meninggalkan anaknya seperti itu.

Makanya Yu Ri bersikeras nggak mau naik ke alam atas dan bereinkarnasi demi menemani Seo Woo. Tapi, dalam wujudnya sebagai arwah, Yu Ri tidak bisa menyentuh Seo Woo. Ngenes banget rasanya, bikin pilu yang nonton.

Setelah 5 tahun kematiannya, Yu Ri menyadari kalau Seo Woo ternyata bisa melihat arwah. Akibatnya, banyak arwah penasaran yang mengikuti Seo Woo. Menurut dukun Mi Dong, kondisi Seo Woo terjadi karena Yu Ri selalu ada disamping Seo Woo sejak ia lahir. Tak terima dengan keadaan anaknya yang jadi aneh dan bisa melihat arwah, Yu Ri histeris dan mengutuk langit.

Tak dinyana, tak lama setelah itu ia ternyata hidup kembali sebagai manusia.

Kembalinya Yu Ri jelas mengejutkan orang-orang dekatnya. Antara tak percaya, bahagia dan bingung. Namun, Yu Ri hanya punya waktu 49 hari sebagai manusia. Selama 49 hari itu, ia harus mencari tahu alasan kenapa ia dihidupkan kembali. Jadi, berhasilkan Yu Ri?

Menguras Air Mata 

Episode pertama Hi Bye, Mama! sudah langsung menguras air mata. Intensitas air mata yang terkuras bahkan semakin meningkat di tiap episode. Dan di episode akhir, saya bahkan nggak bisa berhenti menangis selama menonton. Parah banget sih ini drama.

Hi Bye, Mama! bertutur dengan sangat baik, fokus pada emosi tiap karakter yang kehilangan atau terpaksa meninggalkan orang terkasih. Emosi ini seringkali tak hanya disampaikan melalui kata-kata, tetapi melalui tatapan mata, dan sikap.

Salah satu adegan yang bikin saya nangis saat Cho Gang Hwa pertama kali melihat anaknya setelah kematian Yu Ri. Ia berdiri didepan kamar bayi dengan memakai baju pemakaman. Tatapannya nanar, dan tak lama air matanya jatuh. Duuuhh nggak sampai hati bener lihatnya.

Tanpa banyak kata, kita langsung bisa menangkaplah emosi yang dirasakan oleh Cho Gang Hwa. Gimana sih rasanya kehilangan istri di hari yang sama dengan kelahiran buah hati. Sedihnya nggak ketahan.

Adegan epik lainnya, waktu Ibu Yu Ri pertama kali bertemu Yu Ri yang hidup kembali. Waktu itu, Ibu Yu Ri yang sedang bersepeda tak sengaja berpapasan dengan Yu Ri dan Hyeon Jung yang sedang bertangisan di jalan. Kaget. Sepeda Ibu Yu Ri langsung oleng dan ia terjatuh. Lalu, sambil merangkak dengan tatapan tak percaya, ia menghampiri Yu Ri. Gerakannya slow motion, bikin penonton makin masuk ke adegan dan ikut nangis saat Ibu Yu Ri mendapati anaknya hidup lagi.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Di episode-episode akhir, intensitas adegan yang bikin banjir air mata makin tinggi. Disini, Yu Ri mulai mengetahui alasan ia dihidupkan kembali. Yu Ri lantas harus memilih, mau tetap hidup sebagai manusia atau kembali ke alam atas dan bereinkarnasi.

Semua pilihan ada konsekuensi dan jelas bukan pilihan yang mudah. Sejujurnya apapun pilihan Yu Ri, akan tetap ada yang tersakiti, dan itu, jujur saja, nggak mudah diterima oleh saya sebagai penonton yang sudah masuk ke dalam cerita.

Kasih Sayang Ibu 

Sesuai judulnya, Hi Bye, Mama! bercerita tentang kasih sayang ibu yang tak lekang waktu dan alam kehidupan.

Seperti Yu Ri yang tak putus mencintai Seo Woo meski ia telah meninggal. Saat mengucapkan salam perpisahan dengan Seo Woo, Yu Ri bahkan berucap, supaya keduanya bertemu lagi di kehidupan berikutnya dan menjadi ibu dan anak lagi.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Cinta ibu yang tak mengenal batas alam kehidupan juga dirasakan oleh Yu Ri dan ibunya. Setelah kematian Yu Ri, ibunya tak pernah putus mencintai Yu Ri. Pikiran dan hatinya masih melekat pada Yu Ri. Walau akhirnya setelah ucapan perpisahan yang mengharu biru, ia berhasil melepaskan kepergian Yu Ri, Ibu Yu Ri tak pernah putus mencintai anaknya.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Kisah kasih sayang ibu lain yang tak kalah menarik dalam drama ini adalah kisah tentang Oh Min Jeung, si ibu tiri Seo Woo. Yup, dia mungkin bukan ibu yang melahirkan Seo Woo, namun kasih sayangnya pada Seo Woo nggak bisa diabaikan begitu saja.

Min Jeung lah yang merawat Seo Woo sejak bayi, memandikannya, mengajaknya bermain, mengantar ke sekolah dan sebagainya. Meski Min Jeung kerap terlihat suram karena frustasi dengan sikap suami yang masih belum bisa move on dari almarhumah istrinya, tapi Min Jeung tetap bertahan. Salah satu alasan ia bertahan karena cintanya pada Seo Woo.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Ibu tiri yang luar biasa baik ini nih, yang bikin penonton galau antara mau berpihak ke Yu Ri atau Min Jeung. Bakal lebih bagus sih kalau Gang Hwa poligami aja, jadi nggak ada yang sedih. Tapi kan nggak bisa gitu juga ceritanya.

Jadi Manusia adalah Kemewahan 

Setelah nonton drama ini, kita bakal jadi sadar betapa beruntungnya kita terlahir sebagai manusia.

Selama 5 tahun menjadi arwah, Yu Ri melihat anak, suami, orang tua dan sahabatnya dari dekat, tapi ia tidak berdaya untuk sekadar mengelus atau menggenggam tangan mereka.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Itu sebabnya, jadi manusia yang bisa makan, bisa menangis, bisa tertawa dan bisa menyayangi orang lain adalah sebuah kemewahan. Karena saat kita mati, semua hal itu nggak akan lagi bisa dilakukan. Tak peduli seberapa besar kita ingin.

Dalam drama ini, dikisahkan pula cerita beberapa arwah lain yang masih melekat dengan keluarga mereka. Ada cerita arwah atlet ternama, Kang Sang Bong (Lee Jae Woo) yang enggan reinkarnasi karena belum sempat berdamai dengan kedua orang tua terutama ibunya. Di masa hidupnya, setelah keluarga menentang keinginannya untuk jadi atlet, ia selalu menunda berdamai dengan keluarga. Tragisnya, di hari saat ia ingin menemui kembali orang tuanya, dia malah mati terbunuh. Nyesek kan rasanya? 

Kematian memang suka nggak ketebak datangnya. Saat kita hidup, seringkali kita terlalu fokus pada karir, uang, pekerjaan sampai abai dengan orang yang menyayangi kita. Pada akhirnya, penyesalan karena tak bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang yang kita sayangi itulah yang memberatkan.

Perpisahan yang Indah 

SPOILER ALLERT!! Di awal kisah, saat Yu Ri dihidupkan kembali sebagai manusia. Ia dihadapkan pada “tugas” untuk mencari tempatnya di dunia.

Mulanya kita seperti diarahkan untuk berpikir bahwa mencari tempat Yu Ri di dunia berarti ia harus kembali menjadi Ibu Seo Woo dan istri Gang Hwa. Namun cerita berkembang, melihat ketulusan dan kepasrahan Min Jeung, siapa yang tega membiarkan Yu Ri mengambil “tempat” itu lagi.

Dan akhirnya, Yu Ri membuat keputusan yang berat namun, menurut saya, sangat bijak. Ia merelakan seluruh keluarganya dan memilih kembali ke alam lain, untuk bereinkarnasi. Pilu. Tapi perpisahan Yu Ri kali ini tak seperti perpisahan akibat kematiannya 5 tahun yang lalu yang penuh dengan kepedihan dan penyesalan.

Kali ini, Yu Ri berpisah dengan meninggalkan kesan manis pada setiap orang yang disayangnya. Ia menyempatkan diri berpelukan dan menyantap sup rumput laut yang dimasak ibunya. Ia juga menyempatkan berwisata ke taman hiburan bersama Seo Woo dan Gang Hwa.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Dan ia bahkan juga sudah menyempatkan seseruan seharian bersama sahabatnya, Hyeon Kyung. 

Perpisahan tetap jadi peristiwa yang menyedihkan, apalagi kalau kita tahu bahwa perpisahan ini akan berlangsung selamanya. Tak pernah ada cara yang menyenangkan untuk berpisah. Namun perpisahan yang menyedihkan tetap bisa jadi perpisahan yang indah.

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Review Kdrama : Hi Bye, Mama! Kisah Cinta Ibu yang Menguras Air Mata

Seperti perpisahan Yu Ri kali ini, tak ada penyesalan di perpisahan karena semua tahu cepat atau lambat Yu Ri memang harus pergi. Dan dengan kerelaan, semua ikhlas untuk berpisah.

Wah, sudah panjang saya nulis reviewnya berarti sudah harus tahu diri untuk ngucap perpisahan juga. Eniwei, saya nggak tahu mau bilang drama ini berakhir sad ending atau happy ending.

Kalau dibilang happy, ya buktinya saya tetap bercucur air mata juga. Tapi kalau dibilang sad ending, ya nggak bisa juga. Karena ending seperti ini adalah ending yang paling realistis dan membahagiakan buat semuanya.

Tonton ajalah . Super recommended!

Semoga jadi tambah tahu ya...

24 comments

  1. Aku tuh fans baru utk drakor mba :p. Awalnya ga suka dan ga akan mau nonton yg namanya drakor. Tp gara2 aku baru balik dr Korut waktu itu, temen2 banyak yg minta supaya aku nonton CLOY, sama ga Ama Korut yg asli :D.dari situ aku jd tergila2 Ama Drakor wkwkwkkw. Aku tonton juga Hi Bye Mama ini. Dan buatku ini bagus kok, ngakak nya juga ada sbnrnya ,walopun kemudian adegan berurai air mata jg banyak :p.

    Tp aku sempet baca kmrn ada reviewer drama Korea, orang China, yg menulis di Google, kalo drama ini ga worth it utk ditonton, proses reinkarnasinya ngaco dan banyak kata2 ga enak lain. Yg kalo buatku sih, sejak kapan Drakor itu serius :p. Lah dari dulu tema dramanya aja emang aneh tp menarik. Kalo nonton ini mah utk dibawa santai lah :D

    Btw, aku jd sukaaaa banget Ama Kim Tae hee. Sampe aku cari drakor2 lainnya yg dia pernah mainin :)

    ReplyDelete
  2. Pernah baca yang ripyu Hi, Bye MAma ini. Huhuuu emang dari judulnya aja udah bikin melow dan ternyata ceritanya juga.
    Tapi beneran ya kalo masalah ending sad or happy, yang jelas ending yang paling realistis dan membahagiakan buat semuanya.

    ReplyDelete
  3. Aku baru nonton episode 5 gitu mba. Tapi udah tahu akhir ceritanya karena banyak baca hahaha 😂. Memamg susah merupakan cinta pertama sekaligus seorang istri ketika dia pergi. Tapi laki2 seperti ini akan mencintai juga istri ke 2 nya. Karena ketulusan dan rasa cinta ibu skligus istri k 2 itu pasti bisa meluluhkan hati juga hingga ia layak pula dicintai 😍

    ReplyDelete
  4. Huhuhu
    Baca judulnya aja udah mau mewek
    Pokoknya drama keluarga pasti bikin aku gampang terbawa deh...
    Hiksss sepakat sama kaljmat"ga ada cara yang menyenangkan dalam perpisahan"
    Jadi baper akutu

    ReplyDelete
  5. Seriuss ini bakalan jadi salah satu drama yang bakalan akan aku tonton. alan ceritanya bagus dan menguras air mata banget. Makasih rekomendasinya mba

    ReplyDelete
  6. wah jadi tau nih jalan cerita kdrama Hi Bye, Mama! ini, makasih buat spoilernya :) Aku udah penasaran pengin nonton, tapi masih belum nonton sampai sekarang. Kayaknya harus siap2 nih kalau mata jadi bengkak hehe.

    ReplyDelete
  7. Duh, bisa ngebayangin bakalan banjir air mata selama menonton ini yaa.. Aku gampang terharu nih kalau nonton drama. Kadang sampai malu diliatin suami, laahh nonton film aja kok nangis sih, gitu dia bilang. Ya kan kita makhluk yang berhati super halus yaa...

    ReplyDelete
  8. Kayaknya isi ceritanya cukup berat ya. Banyak kesedihan dan perpisahan, meskipun demi kebaikan dan untuk selamanya, tetap aja sedih sekali dan bikin kepikiran terus. Paling gimanaa gitu kalau nonton film ada reinkarnasinya, kayak ga riil hehehe. AKu ga nonton drama beginian sih hihihihi :D TFS mantap, mbak Wiwied!

    ReplyDelete
  9. Saya sempet nonton drama ini. Kalau gak salah ingat sampai 3 episode pertama. Ceritanya memang bagus, tapi saya gak pernah tuntas nontonnya. Selalu aja di tengah-tengah ketiduran hehehe. Nanti lah kalau udah lebih santai, saya coba nonton lagi

    ReplyDelete
  10. Hohoho.. Udah kebayang nih, bakal nangis2. Tapi ini alasan dia dihidupin belum disebutin, ya?

    ReplyDelete
  11. Spoiler berat ini mah, wkwkwk. Aku belum nonton, as ussual belum menemukan ritme yang pas buat nonton drakor. Yang ada aku bakalan males ngapa-ngapain. Tapi udah berkali-kali baca reviewnya. Dan review- Mbak Wid paling spoiler, kekekekek

    ReplyDelete
  12. Hahaha... yakin nih mau kasih saran Gang Hwa poligami aja? Ntar bisa diprotes para emak lho.

    ReplyDelete
  13. Aduh beneran deh ini nonton Hi Bye Mama ini tuh emang nguras air mata, apalagi waktu episode terakhir waktu Cha Yu Ri mau pergi dan berpisah sama Seo Woo ya ampun ini air mataku tak terbendung lagi.

    ReplyDelete
  14. Disaat semua orang nonton drama Korea kenapa aku enggak ya mbak...ini ceritanya kayaknya seru banget deh yahh

    ReplyDelete
  15. Nonton drama ini belajar tentang ikhlas. Nontonnya nangis aku, banyak adegan yang bikin mewek. Apalagi pas yu ri melihat mantan suaminya trauma habis operasi.

    ReplyDelete
  16. Bagus ceirtanya mba kebayang pasti tisue abis wkwk soalnya temen kerjaku bapak2 rinto nonton ini pas pagi2 dia nanya Bu suka drakor ga? Aku sama istri nangis nonton hi bye mama wkwkk

    ReplyDelete
  17. Teman-teman saya bilang ini film recommended banget jadi wajib ditonton. Penasaran sih semoga nanti bisa nonton habis bulan puasa.

    ReplyDelete
  18. Drama apapun klo sudah cerita tentang cinta ibu selalu sukses bikin penontonnya mewek. Ah jadi pengen nonton juga mbak!

    ReplyDelete
  19. Gang Hwa disuruh poligami, jadi makin baper ah, ada-ada aja nih. Mau nangis gak jadi karena nulis ini, hihiii
    Duhhh beneran ya kudu siapin tisu karena dari awal udah bikin nangis ceritanya

    ReplyDelete
  20. Aku senang kalau reviewnya spoiler alert jadi punya bayangan saat akan nontonnya. Dan jadi punya keputusan mau nonton enggak kwkwk. Gila, pesannya bagus banget ya, kisah cinta ibu ke anak dan nilai-nilai keluarga lainnya. TOP deh!

    ReplyDelete
  21. Yasssh....
    Aku fixed nonton ini dulu yaa..Kangen juga sama aktingnya Kim Tae-hee setelah hiatus karena menikah dan hamil.
    Doi ni jago banget akting melas...nangis, huhuu...

    ReplyDelete
  22. Aku termasuk jenis orang emosionil.
    Bisa dibayangkan kalau aku nonton drakor ini.
    Bisa sesunggukan kayaknya.

    ReplyDelete
  23. Duh aku gak sanggup klo harus menguras air mata. Nontonnya sesek gitu karena aku gampang mewek sama adegan sepele pun

    ReplyDelete
  24. Mau nonton ini kok maju-mundur terus yaaa. Banyak banget yang rekomendasi tapi semuanya bilang "pasti nangis" huhuhu takut gak bisa move on, nih! L

    ReplyDelete