-->

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Agustus 11, 2020

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Backstreet Rookie jadi drama kedua yang dibintangi Ji Chang Wook pasca menjalani wajib militer. 

Drama comeback Ji Chang Wook sebelumnya, Melting Me Softly, jujur saja sangat mengecewakan. Bahkan di negara asalnya, Melting Me Softly tidak mendapat sambutan yang baik. Jadi wajarlah kalau saya berharap agak banyak dari drama Ji Chang Wook yang kedua ini. 

Masalahnya, sejak awal dirilis kabar tentang rencana produksi, Backstreet Rookie sudah menuai kontroversi. 

Drama yang diangkat dari webtoon berjudul asli “Convenience Store Saet-byul” karya Hwalhwasan, dan diilustrasikan Geumsagong itu dianggap terlalu “dewasa”. Tak layak ditayangkan di stasiun TV Nasional, SBS. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Meski dihujani banyak protes, nyatanya Backstreet Rookie tetap diproduksi dan tayang sepanjang 16 episode. 

Sutradara Backstreet Rookie, Lee Myoung Woo dan penulis Son Geun Joo menjanjikan akan memodifikasi jalan cerita agar lebih sesuai buat tontonan keluarga. 

Lantas bagaimana hasilnya? 

Yuk disimak dulu sinopsisnya… 

Sinopsis 

Choi Dae Hyun (Ji Chang Wook) adalah pria tampan yang naif dan canggung. Dia memiliki rasa keadilan yang tinggi dan mudah bersimpati dengan orang lain. Sayangnya kebaikan Dae Hyun seringkali dimanfaatkan orang lain dan membuatnya rugi sendiri. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Suatu hari, setelah diputuskan sepihak oleh kekasihnya, Dae Hyun berpapasan dengan tiga orang siswi SMA. Ketiganya memaksa Dae Hyun membeli rokok untuk mereka. Alih-alih membelikan rokok, Dae Hyun malah membeli permen, yang langsung dibalas dengan ciuman oleh salah satu siswi tersebut. Gadis yang menciumnya itu bernama Saet Byul. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Tiga tahun kemudian. 

Dae Hyun kini jadi manajer toko serba ada GS 25, sebuah jaringan minimarket waralaba. Ia menjalankan toko serba ada itu setelah mengundurkan diri staf humas di kantor pusat GS 25. 

Lelah menjalankan toko sendirian sampai nyaris selalu bergadang tiap malam, Dae Hyun akhirnya membuka lowongan kerja part-time untuk sif malam. Seorang gadis cantik datang melamar untuk lowongan itu. Dia adalah siswi yang mencium Dae Hyun, 3 tahun lalu, Jung Saet Byul (Kim Yoo Jung)

Tanpa mengetahui pertemuan pertama mereka, Dae Hyun menerima Saet Byul sebagai pegawai paruh waktu di tokonya. Rupanya, selain memang membutuhkan pekerjaan, Saet Byul juga punya motivasi lain. Ia menyukai Dae hyun, dan ingin dekat dengannya. 

Pribadi Saet Byul yang ramah membuat toko serba ada Dae Hyun kebanjiran pembeli. Omset toko meningkat dan Dae Hyun punya waktu untuk beristirahat. Tak heran, kalau orang tua Dae Hyun pun menyukai Saet Byul. Gadis itu memang pintar mengambil hati orang. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Walau kinerja Saet Byul sangat baik, Dae Hyun menyimpan sedikit kecurigaan pada gadis itu. 

Insting Dae Hyun ada benarnya. Saet Byul memang memiliki banyak rahasia dalam hidupnya. Gadis ini tak menamatkan pendidikan SMA-nya. Sejak ayahnya meninggal, Saet Byul harus bekerja serabutan untuk menghidup diri dan adiknya, Eun Byul. 

Tak jarang, Saet Byul juga terlibat perkelahian dengan anak-anak berandalan. Untungnya dia jago berkelahi dan selalu menang, sehingga ditakuti. Tapi saking seringnya terlibat perkelahian, banyak orang salah paham dan menganggap Saet Byul juga berandalan. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Seiring waktu, hubungan Dae Hyun dan saet Byul makin akrab. Hal ini membuat kekasih Dae Hyun, Yoo Yeon Joo (Han Sun Waa) cemburu. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Kisah percintaan makin rumit. Karena kawan kecil Yeon Joo, yang juga Direktur perusahaan pemilik waralaba GS25, Joo Seung Joon (Do Sang Woo) menyimpan rasa pada Yeon Joo. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Kebanjiran protes 

Episode pertama Backstreet Rookie sudah langsung dihujani protes oleh penonton Korea Selatan. 

Beberapa adegan dianggap terlalu “berani” dan tak layak untuk tontonan keluarga. Sebut saja, di adegan pertemuan pertama Dae Hyun dan Saet Byul. Saet Byul yang masih SMA dan dibawah umur, mendekati pria dewasa untuk minta dibelikan rokok. 

Ditambah lagi, adegan berikutnya menampilkan Saet Byul mencium Dae Hyun. Adegan remaja yang mencium pria dewasa tak dikenal ini dianggap penonton memberi contoh buruk. 

Adegan lain yang diprotes adalah saat Dal Shik (Um Moon Suk), sahabat Dae Hyun yang berprofesi penulis webtoon dewasa, menggambar komik sambil membuat suara-suara mesum. Apalagi, adegan itu juga dihiasi dengan ilustrasi gambar sketsa perempuan dengan pakaian minim. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Petisi untuk menghentikan penayangan Backstreet Rookie ditandatangani oleh lebih dari 6.000 orang. Hal ini membuat SBS dan tim produksi Backstreet Rookie dapat peringatan keras. 

Sejak dihujani protes di episode awal, kentara sekali penulis dan sutradara mulai berhati-hati. Di satu sisi, hal ini mungkin bagus karena  gelombang protes mereda dan proses produksi bisa berlanjut. Namun, di sisi lain terasa juga kalau penggarapan ceritanya jadi nggak tuntas. 

Yup, meski nggak semengecewakan Melting Me Softly, drama baru Ji Chang Wook ini juga nggak bisa dibilang bagus banget. Nilainya 7/10 aja deh. 

Beberapa adegan dan selipan kisah sepertinya dibuat tanpa punya maksud apa-apa selain menambah durasi. Misalnya saja cerita tentang cinta pertama ayah Dae Hyun (Lee Byung Joon) yang ternyata juga sahabat Ibu Dae Hyun (Kim Sun Young). Sampai akhir cerita, saya masih nggak paham kisah itu sebenarnya ditampilkan untuk tujuan apa. Soalnya kalaupun dihilangkan juga nggak mengubah esensi cerita. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Walau begitu, penampilan ayah dan ibu Dae Hyun dalam drama ini berhasil mencuri perhatian. Akting dua aktor veteran itu cukup memberi warna dalam drama. Hubungan keduanya unik, seperti Tom & Jerry yang selalu berantem tapi saling sayang. 

Selain itu, kisah percintaan dua sahabat Dae Hyun dan Saet Byul juga cukup menarik. Dal Shik, si penulis komik dewasa jatuh cinta dengan penggemar setianya, Aphrodite. Meski keduanya belum pernah bertatap muka, mereka selalu menghabiskan waktu buat ngobrol berjam-jam di telepon. Saling bertukar rayuan dan kata mesra. 

Siapa sangka, Aphrodite yang dicintai Dal Shik ternyata adalah Hwang Geum Bi (Seo Ye Hwa). Di dunia nyata, kedua orang ini tak pernah akur, malah saling benci. 

Review & Sinopsis : Backstreet Rookie

Menurut saya, side story ini malah tergarap baik. Emosi dan kegalauan Dal Shik dan Geum Bi saat tahu pujaan hatinya ternyata juga musuhnya, terasa nyata. Ekspresi dan reaksi mereka kocak. 

Sayangnya, bagian percintaan rumit antara Saet Byul, Dae Hyun, Yeon Joo dan Seung Joon justru berasa kurang greget. Mungkin ini akibat dari kehati-hatian penulis dan sutradara. Sampai akhir cerita, tak ada lagi adegan mesra apalagi ciuman antara Saet Byul dan Dae Hyun. Nggak apa juga sih sebenarnya, tapi tetap aja ada yang terasa kurang greget. 


Tapi buat tontonan sambil mengisi waktu luang, drama ini lumayanlah 

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

0 comments