-->

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Juli 07, 2020

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar
Ada banyak drama korea yang bagus. Tapi nggak semua kdrama bisa langsung memikat hati penonton di episode pertama. 

Nah, Mystic Pop Up Bar adalah drama yang udah langsung bikin kita gemas, ngakak dan penasaran sejak episode pertama. Ini bukan cuma pendapat pribadi saya lho, beberapa teman pecinta drakor juga berpendapat sama. 

Bagusnya lagi, Mystic Pop Up Bar bisa menjaga daya tariknya hingga episode akhir. Jadi begitu dramanya kelar, saya berasa puas dengan ending-nya, sekaligus sedih karena nggak bisa lagi melihat keseruan para karakter Mystic Pop Up Bar minggu depan. Bakal kangen deh ama kekompakan dan kelucuan mereka. 

Mystic Pop Up Bar merupakan drama bergenre fantasi, komedi, misteri yang diadaptasi dari webtoon populer karya Bae Hye Soo, berjudul Twin Tops Bar alias Ssanggabpocha. Webtoon ini cukup terkenal pada tahun 2016 hingga akhirnya dibuat drama pada 2020. 

Sejak awal dirilis kabar produksi, saya cukup yakin kalau drama ini bakal menarik. Ceritanya unik. Bisa dibilang kisah drama ini seperti perpaduan antara Hotel del Luna dan He’s Psychometric. Kisah fantasi yang tersaji dengan balutan komedi ringan, tapi tetap sarat makna kehidupan. 

Kisah cinta yang terselip juga bikin hati haru dan gemas meski minim adegan mesra. Cocok lah buat tontonan keluarga. 
Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Ditambah lagi deretan cast pendukung Mystic Pop Up Bar juga sangat berkualitas. Bukan aktor kaleng-kaleng deh. 

Mystic Pop Up Bar jadi drama comeback Hwang Jung Eum, setelah 2 tahun absen dari dunia akting. Drama terakhir Hwang Jung Eum yang tayang tahun 2018 silam, The Undateables sayangnya nggak terlalu sukses. Malah dapat banyak kritik pedas. 
 
Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Nah, kali ini sang ratu romcom kembali dalam drama fantasi dan berperan sebagai mahkluk berusia 500 tahun. Dibilang manusia bukan, dibilang arwah juga bukan. Mirip kan sama tokoh Jang Man Wol di Hotel Del Luna

Beda dengan Hwang Jung Eum yang mengambil peran di Mystic Pop Up Bar sebagai drama comeback-nya. Bagi Yook Sung-Jae, drama ini justru jadi drama terakhirnya sebelum berangkat wamil.  

Personel BtoB itu langsung menjalani wamil, tak lama setelah proses syuting berakhir. Dan selayaknya drama “perpisahan” yang manis, akting Yook Sung Jae dalam Mystic Pop Up Bar memang total banget. Sangat memuaskan. 

Dalam drama ini, peraih titel “Best New Actor” berkat aktingnya dalam serial Goblin itu berperan sebagai Han Kang Bae. Pemuda culun yang punya kemampuan sentuh ajaib. 

Setiap manusia yang bersentuhan dengan Kang Bae, secara tak sadar akan curhat sejujur-jujurnya. Hampir sama kan dengan Le Ahn di He’s Psychometric

Sinopsis 

Kisah Mystic Pop Up Bar dibuka dengan adegan di Korea era Joseon. 

Seorang gadis muda berjalan gontai, baju dan rambutnya kusut. Matanya nanar, menyiratkan kesedihan sekaligus kemarahan mendalam. Gadis itu mengobrak-abrik persembahan di altar yang ada di bawah pohon keramat. Lantas mengakhiri hidupnya dengan menggantung diri di pohon keramat. 

Alur waktu bergerak mundur. Gadis yang terlihat bunuh diri di awal cerita rupanya bernama Weol Ju (Park Si Eun). Ia seorang dukun muda yang punya kemampuan masuk ke alam mimpi. Dari alam mimpi, Weol Ju membantu menyelesaikan masalah orang-orang yang sakit atau dihantui arwah. 

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Suatu hari, bakat Weol Ju didengar oleh Sang Ratu (Park Eun Hye)

Ratu sedang bersedih. Pasalnya, Putera Mahkota (Song Geon Hee) sudah lama mengalami sakit yang nggak jelas sebab musababnya. Tabib dan dukun istana tidak ada yang bisa menyembuhkan Putera Mahkota. 

Maka, Weol Ju pun diundang ke istana. Dengan kemampuan Weol Ju, Sang Ratu akhirnya tahu penyakit Putera Mahkota disebabkan oleh gangguan arwah-arwah penasaran yang mendendam dengan keluarga kerajaan. 

Saking banyaknya arwah pendendam yang menghantui Putera Mahkota. Weol Ju sampai harus menghabiskan waktu berhari-hari di istana buat menyembuhkan Pangeran. Putera Mahkota akhirnya sembuh. 

Tapi, seriring dengan kesehatan Pangeran yang membaik, benih cinta antara Weol Ju dan Putera Mahkota pun kian bersemi. 

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Desas-desus mulai muncul di kampung Weol Ju. Orang-orang menggosipkan dukun muda itu sengaja merayu Pangeran. 

Kabar ini sampai ke telinga Ratu. Ia pun memarahi dan memperingatkan Weol Ju untuk menjauhi Putera Mahkota. Bahkan Sang Ratu juga mempercepat rencana pernikahan Putera Mahkota dengan gadis bangsawan pilihannya. 

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Tak lama setelah mendapat peringatan keras dari Ratu, Weol Ju didesak ibunya untuk pergi meninggalkan kota. Sepertinya gadis itu tengah jadi incaran pengawal kerajaan. Benar saja, belum lama Weol Ju meninggalkan kampungnya, ia melihat ada kebakaran di sana. 

Rumah tinggal Weol Ju terbakar. Bahkan, ibu Weol Ju ditemukan terbunuh dalam rumah yang terbakar itu. Sakit hati dan dendam dengan keluarga kerajaan, Weol Ju nekad menggantung dirinya di pohon keramat. 

Kisah beralih ke masa kini. 

Weol Ju dewasa (Hwang Jung Eum) sekarang jadi pemilik Kedai Mistis

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Karena tindakannya bunuh diri di pohon keramat 500 tahun lalu, Weol Ju dihukum oleh Dewa Alam Bawah, Yeomradaewang (Yum Hye Ran). 

Selama setengah abad, Weol Ju harus membantu menyelesaikan dendam dan masalah 100.000 orang atau arwah. Caranya cukup unik, yaitu dengan masuk ke alam mimpi para pelanggan yang bermasalah. Melalui mimpi itu, Weol Ju membantu menuntaskan rasa penasaran, dendam dan sakit hati para pelanggan kedainya. 

Dalam menjalankan misi dari Dewa Alam Bawah sekaligus menjalankan bisnis Kedai Mistis ini, Weol Ju dibantu oleh Manajer Gwi (Choi Won Young)

Manajer Gwi sebenarnya merupakan mantan detektif Dunia Arwah. Tugas aslinya adalah menangkap dan memusnahkan arwah-arwah jahat yang melarikan diri dari neraka dan mengganggu dunia manusia.  

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Konon ia sengaja meminta diperbantukan di Kedai Mistis karena sudah bosan menangkap arwah jahat. Dan meski gayanya slengéan serta sering membantah perintah bosnya, Manajer Gwi ini loyal banget dengan Weol Ju. 

Masalahnya sekarang, batas waktu Weol Ju sebagai pemilik Kedai Mistis nyaris genap 500 tahun. Tapi Weol Ju masih belum berhasil juga menggenapi tugasnya membantu 100.000 orang. Kurang 10 orang lagi! 

Weol Ju dapat peringatan keras dari Dewa Alam Bawah. Kalau sampai batas waktu ia nggak berhasil menggenapi dendam 100.000 orang, Weol Ju akan dikirim dan dihukum di neraka terbawah. 

Kalut lah Weol Ju. Apalagi, zaman sekarang orang-orang makin susah curhat. Pelanggan-pelanggan yang masuk ke Kedai Mistis tak satu pun yang bersedia terbuka menceritakan masalahnya ke Weol Ju. 

Suatu hari, seorang pegawai supermarket, Kapeul Mart menyambangi Kedai Mistis. Sekali lihat, Weol Ju bisa menebak gadis pegawai Kapeul Mart ini sedang punya masalah pelik. Sayangnya, meski Weol Ju sudah habis-habisan merayu gadis itu, ia tetap bungkam. Nggak mau menceritakan masalahnya. Weol Ju sampai terpancing emosi gegara gadis bernama Song Mi Ran (Park Ha Na) itu keukeuh nggak mau curhat. 

Hari berikutnya, Song Mi Ran masuk lagi ke Kedai Mistis. Tapi dia nggak datang sendiri, tapi bersama rekan kerjanya, seorang pemuda culun yang bertugas di bagian customer service. Pemuda ini bernama Han Kang Bae (Yook Sung Jae)

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Han Kang Bae ini orangnya kikuk, susah bergaul dan terkesan menarik diri dari kehidupan sosial. 

Kenapa begitu? 

Rupanya Han Kang Bae punya kemampuan supranatural yang unik. Setiap orang yang tersentuh Kang Bae, secara tak sadar bakal curhat dan meluapkan kata hatinya dengan sejujur-jujurnya. Kemampuan ini bikin Kang Bae susah. Karena tiap saat harus mendengarkan keluh kesah orang. 

Belum lagi, beberapa orang akhirnya takut dekat-dekat dengan Kang Bae. Karena setiap kali tersentuh Kang Bae, mereka nggak bisa bohong. 

Di Kedai Mistis, Mi Ran tanpa sengaja menyentuh Kang Bae.Dia pun mulai cerita mendapat perlakuan tak senonoh dari atasannya di Kapeul Mart. Namun meski tak suka dengan sikap mesum bosnya, Mi Ran nggak bisa protes. Dia takut. 

Yes! Weol Ju akhirnya dapat pelanggan baru. 

Dengan air ajaib, Mi Ran dibuat tidur dan masuk ke alam mimpi. Di alam mimpi Weol Ju dan Manajer Gwi bisa leluasa membantu Mi Ran menyelesaikan masalahnya dan memberi pelajaran pada bos Mi Ran yang mesum. 

Tapi, satu hal yang tak terduga terjadi. Han Kang Bae rupanya ikut masuk ke alam mimpi. Hal ini jelas membuat Weol Ju dan Manajer Gwi kaget, pasalnya manusia biasa nggak mungkin bisa masuk ke alam mimpi seperti mereka. 

Han Kang Bae ternyata pemuda istimewa. Penglihatan spiritualnya terbuka sehingga bisa menarik manusia untuk bercerita. Mengetahui kemampuan Kang Bae itu, Weol Ju jadi punya ide bagus 

Kemampuan Kang Bae cocok buat menarik pelanggan curhat di Kedai Mistis. Dengan begitu, target 100.000 orang bisa cepat tercapai. Singkat cerita, melalui intimidasi dan negosiasi, Kang Bae bersedia jadi pekerja paruh waktu di Kedai Mistis. 

Perjalanan Kang Bae sebagai pekerja paruh waktu nggak langsung berjalan mulus. Bolak-balik ia melakukan kesalahan dan membantah perintah Weol Ju. Ketiganya bahkan mengalami banyak masalah saat membantu pelanggan. 

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Sebenarnya apa sih ikatan karma yang terjadi antara ketiga orang di Kedai Mistis ini? 

Tonton aja deh. 

Drama keluarga berbalut fantasi dan misteri 

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Mystic Pop Up Bar sangat menarik diikuti dari awal sampai akhir. Drama ini hanya memiliki 12 episode, tapi bisa menuturkan kisah dengan tuntas. Bahkan dendam lama Weol Ju yang membuatnya jadi makhluk berusia 500 tahun pun akhirnya bisa diselesaikan di akhir cerita. 

Walaupun berbungkus kisah fantasi, saya sih lebih setuju menyebut Mystic Pop Up Bar  sebagai drama keluarga. Ada kisah kehangatan keluarga yang terselip disana. Kehangan dan kasih keluarga itu tersampaikan melalui kisah para pelanggan Kedai Mistis dan terselip pula dalam jalan hidup para tokoh utama. 

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Isu-isu sosial yang diangkat juga terkemas rapi dan ringan. Sangat menarik buat dinikmati tapi tetap berhasil menyampaikan makna kehidupan. 

Sebut saja tentang isu nepotisme di perusahaan. Salah satu pelanggan Kedai Mistis nyaris putus asa karena selalu gagal tes masuk perusahaan besar. Kegagalan ini membuatnya rendah diri dan pada akhirnya membuat hubungan dengan orang-orang terdekatnya ikut rusak. 

Sebenarnya kenapa ia selalu gagal, padahal sudah berupaya dan belajar mati-matian? 

Ternyata oh ternyata ada nepotisme di perusahaan itu. Hanya anak-anak pejabat saja yang bisa diterima. Jadi meski kompetensi anak-anak pejabat ini dibawah rata-rata. Selama ada koneksi dan uang, mereka pasti diterima. Nggak adil banget kan? 

Kisah percintaan di drama ini juga gemas banget lho. Bukan tipikal romansa yang mesra-mesra gitu, tapi tetap bisa bikin hati penonton ikut melting. Ada banyak scene romantis antara Kang Bae dan Kang Yeo Rin (Jung Da Eun) yang bikin kita ngakak sekaligus suka cita. 

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Kang Bae dan Yeo Rin ini adalah pribadi yang setipe, sekaligus berseberangan. Maksudnya mereka tuh sama-sama orang yang bau kencur alias nggak berpengalaman untuk urusan percintaan. Jadi, sama-sama suka serba salah buat mengungkapkan cinta duluan. Keduanya sama-sama punya masalah bersosialisasi, terutama dengan lawan jenis. 

Tapi ibarat kutub magnet, Kang Bae dan Yeo Rin berseberangan. Kang Bae menghindari dan dihindari orang karena setiap orang yang menyentuhnya jadi nggak bisa bohong. Sementara Yeo Rin dijauhi banyak cowok, karena setiap cowok yang dia taksir merasa ketakutan luar biasa saat disentuh Yeo Rin.
Uniknya, kemampuan Kang Bae itu nggak berpengaruh pada Yeo Rin dan begitu pula sebaliknya. 
  
Review & Sinopsis : Mystic Pop Up Bar

Kok bisa begitu? 

Nah, hal ini rupanya berkaitan dengan kehidupan masa lalu keduanya. Nanti di episode-episode akhir bakal terjawab. 

Pada akhirnya, ending dari Mystic Pop Up Bar ditutup dengan bahagia. Saya suka banget, dengan pengembangan cerita yang sangat mulus dari awal sampai akhir. 

Hubungan antara Weol Ju, Han Kang Bae dan Manajer Gwi yang berawal dari rekan kerja dan berkembang menjadi hubungan keluarga kecil bahagia sejahtera, dituturkan dengan rapi banget. Nggak ada pertanyaan yang tersisa deh. Suka banget nontonnya! 

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

16 comments

  1. ceritanya unik. jadi kepengen nonton? tapi cari tau dulu ahh seberapa banyak adegan uwunya biar gak syok.

    BalasHapus
  2. ih kok seru sih mba..>
    beneran aku baca gak di skip sama sekali nih
    bagus ya plot dan idenya...
    pantesan klo pada betah nontonnya...

    BalasHapus
  3. Wah boleh nih jadi referensi tontonan. Ceritanya menarik banget.
    Saya sejak udah nontin The World of The Married, akhirnya jadi suka nonton drakor, hehe

    BalasHapus
  4. Ku sempat mikir, ini katanya bunuh diri tapi lalu punya kedai. Ternyata dia bangkit (((bangkit))) lagi. Cerita fantasinya seru ya, Wied. Ku bayangin pas kliennya dia ga mau curhat aku jadi gemes. Karena realitanya kita tuh susah nyari orang yang bisa dicurhatin, pas ada yang mau jadi tempat sampahnya malah ditolak hihihi

    BalasHapus
  5. Meski aku bukan penggemar drama Korea, aku baca tulisan mbak wied sampai selesai dan menikmati alur tulisannya. Seru ya mbak 😁

    BalasHapus
  6. Waaah menarik banget nih mbak Drakornya, apalagi pake ada alur mundurnya kan jadi sedikit punya gambaran korea dimasa kerajaan. Btw kalau mau nonton aku harus download dimana ya Mbak?

    BalasHapus
  7. Wah, iya ya bagus sejak episode pertama? Aku kebetulan lagi vacum nonton drakor. Lebih suka nonton film Korea. Tapinya aku lagi kepengen nyari yang komedi. Biar bisa ngakak. Mulai nonton yang ini ah. Kali aja suka.

    BalasHapus
  8. Aku udah nonton ini juga, sumpah kocak banget. Dari awal udah campur aduk aja. Ada kocak, sedih dan bahagiannya. Dan parentingnya juga ada loh ini. Kusuka

    BalasHapus
  9. enjoy the drama ya mba. I still have no time to watch them all with all my activities so far

    BalasHapus
  10. Wah aku senang aktingnya Yok sung jae waktu di Goblin, ternyata ini drama perpisahannya sebelum wamil ya..rame juga ya yang bahas dan suka drama ini..aku belum nonton..

    BalasHapus
  11. Ya ampun..banyak amat list drama korea yang pengen saya tonton. Tapi entah kapan mulai nontonnya. Tunggu ada waktu luang dulu. Hahahaha

    BalasHapus
  12. Ceritanya unik..
    Aku suka sama Yook Song-jae. Karakter doi di beberapa drama yang dimainkan selalu kocak dan penuh semangat.
    Jadi pen ngarungin, bawa pulang.
    Hhahaa~
    ((kok jadi sadis, kesannya yaak??))

    BalasHapus
  13. Aku baru nonton dua episode keburu tepar sakit gigi dan demam, nggak konsen mau nonton maraton :)
    Jadi pengen menyelesaikannya setelah baca review Widya yang menarik.

    BalasHapus
  14. Seru banget ya mystic pop up barnya mbak, ketika membaca sinopsisnya sepertinya aku jadi tertarik buat nonton haha thanks mbak buat rekomendasinya.

    BalasHapus
  15. Unik ya ide ceritanya, bisa masuk ke alam mimpi dan menuntaskan sesuatu yang bermasalah. Kok ya bisa aja nemu ide ini loh yang bikin cerita. :)

    BalasHapus
  16. Ini kayaknya kalau aku yang nonton bakal ga sabar sama epsiode2 selanjutnya. Baca sinopsisnya aja udah seru banget. Jalan ceritanya unik bangett. Bikin penasaran..

    BalasHapus