Review Aloclair Plus : Obat Sariawan Alami dan Bebas Perih

obat-sariawan-keluarga

Kok diam saja, sariawan ya? 
Pernah nggak ditanya seperti itu? Saya pernah. Biasanya hal itu ditanyakan kalau saya terlambat atau tidak merespon obrolan. 

Sariawan memang alasan yang bagus buat orang yang irit ngomong. Semua orang bakal maklum kalau ada yang beralasan tidak bisa ngobrol karena sariawan. 

Seperti sudah jadi rahasia umum, bahwa sariawan bisa begitu menyakitkan dan bikin orang nggak nyaman buat berbicara. Sebenarnya bukan hanya nggak nyaman berbicara saja sih, tapi juga jadi susah makan.  

Bahkan, kalau sariawannya ada di lidah bisa bikin sakit saat menelan ludah juga. Serba salah. 

Sariawan sering dianggap sepele. Apalah itu, sekadar luka kecil atau lepuh di rongga mulut. Didiamkan juga bisa sembuh sendiri. Iya kan? 

Tapi coba deh diingat lagi, saat sariawan rasanya aktivitas kita jadi terganggu kan? 

Bicara susah, makan perih. Dan kalau lukanya tak sengaja tersenggol lidah atau gigi, langsung berasa clekiiiiiiit……. 

Penyebab sariawan 

Hingga kini tidak ada satu penyebab yang pasti. Sariawan dapat disebabkan oleh beberapa hal. Malah boleh jadi sariawan juga jadi salah satu gejala kalau kita mengalami gangguan kesehatan serius. 

Berikut ini beberapa faktor penyebab sariawan : 
  • Stres
  • Alergi makanan
  • Luka/trauma di rongga mulut (bisa karena tergigit, kawat gigi, luka saat menyikat gigi, dan sebagainya) 
  • Kekurangan saliva yang membuat rongga mulut kering
  • Kekurangan vitamin & mineral
  • Gangguan imunitas
  • Genetik 

Umumnya, sariawan berbentuk luka bulat atau lonjong, dengan warna keputihan di bagian tengah dan kemerahan di bagian terluar. Sariawan kecil (minor) bisa sembuh dengan tindakan pengobatan sederhana. Masa penyembuhannya juga nggak terlalu lama, mungkin sekitar 7 hari. 

Tapi nggak sedikit juga kasus sariawan yang berlangsung hingga berbulan-bulan. Duuhh nggak kebayang tuh, betapa nggak nyamannya. 

Aduuhhh sariawan nih… 

Saat kecil, saya sering mengalami sariawan. Ibu biasanya memberi saya obat sariawan yang ditotolkan ke bagian sariawan. Rasanya nyeri setengah mati. Tidak hanya itu, rasanya juga pahit. 

Makanya dulu saya suka nggak mau bilang-bilang kalau ada sariawan. Lebih baik menahan sakit deh daripada diobati tapi rasanya malah seperti disiksa begitu. 

Setelah dewasa, saya lebih suka membiarkan sariawan sampai sembuh sendiri ketimbang menggunakan obat sariawan yang nyeri atau pahit. Trauma rasanya. Tapi emang repot sih, soalnya saya jadi susah bicara berhari-hari. 

Makan jadi nggak enak. Bahkan, kalau sariawannya nangkring di tempat tertentu, senyum pun sakit lho. 

Akhirnya teman-teman jadi bertanya, “Kok diam melulu sih, sariawan ya?" 

Saya pun hanya bisa menjawab dengan anggukan kepala. Karena bicara itu menyakitkan. Hiks…hiks 

Saat menjadi ibu, saya suka nggak sampai hati memberi obat sariawan yang perih itu buat anak saya. Memang sih bisa lebih cepat sembuh, tapi saya khawatir kalau obatnya juga tertelan. Kan bisa gawat. 

Obat sariawan yang nyaman, aman dan bebas perih 

Ada yang pernah dengar obat sariawan Aloclair Plus? 

obat-sariawan-keluarga

Kali pertama, saya dengar nama obat sariawan ini dari adik saya yang bekerja di klinik kesehatan. Dia merekomendasikan Aloclair Plus untuk obat sariawan anak saya yang waktu itu rewel nggak bisa makan karena sariawan.

“Aloclair Plus nggak pahit dan nggak perih kok. Kalau nggak sengaja tertelan juga masih aman. Buat anak-anak sih mending pakai Aloclair saja,” saran dia. Adik saya juga biasa memakai Aloclair Plus buat obat sariawan keluarganya. 

Semula saya pikir, Aloclair ini berbentuk obat totol, atau salep seperti obat sariawan lainnya. Ternyata Aloclair Plus punya 3 varian kemasan yang bisa dipilih. 

1. Aloclair Plus Gel 

obat-sariawan-anak
Bentuk kemasannya tube 8 ml dengan corong panjang buat pengaplikasian. Aloclair Plus Gel ini paling cocok untuk mengobati sariawan di daerah yang sulit dijangkau atau tersembunyi. Cocok pula digunakan oleh bayi dan anak-anak. 

Cara pengalikasiannya gampang kok. Langsung saja diteteskan dibagian sariawan, 1-2 tetes. Ulangi pemakaian 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Hindari kontak langsung ujung tube dengan sariawan ya. Hindari makan dan minum hingga satu jam setelah pengolesan. 

2. Aloclair Plus Spray 

obat-sariawan-anak
Kemasan botol 15 ml dengan aplikator spray berpipa panjang. Aloclair Plus Spray ini juga cocok untuk mengobati sariawan di tempat tak terjangkau seperti di bagian belakang mulut atau bawah lidah. Sesuai dipakai buat bayi, anak yang belum bisa berkumur. 

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Semprotkan Aloclair Spray 3 kali hingga menutupi seluruh sariawan. Gunakan 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan. 

3. Aloclair Plus Mouthwash 

obat-sariawan-keluarga
Dikemas dalam botol plastik 60 ml. Kemasan ini juga sudah dilengkapi cangkir takar untuk berkumur. Aloclair Mouthwash bisa digunakan oleh anak yang sudah bisa berkumur dan orang dewasa. Cocok pula untuk mengobati sariawan yang berjumlah banyak, lebih dari dua. 

Cara pakainya sama seperti obat kumur biasa. Tuangkan 10 ml Aloclair Mouthwash dalam cangkir takar. Lalu berkumur selama sekitar 1 menit. Gunakan 3-4 kali sehari atau sesuai kebutuhan. 

obat-sariawan-anak

Berhubung anak saya sudah terbiasa berkumur, saya membeli Aloclair Mouthwash supaya bisa dipakai sekeluarga. 

Tekstur Aloclair Plus ini lebih mirip gel. Tidak terlalu cair, tapi juga nggak pekat. Warna cairannya putih dan sedikit keruh. Kalau dihidu, aromanya herbal, agak sedikit terasa pedas. Tapi saat dipakai berkumur sama sekali nggak ada pedas atau perih. Tekstur gel-nya itu bikin rongga mulut nyaman. Nggak kering. 

obat-sariawan-keluarga

Dengan pemakaian Aloclair Plus Mouthwash sesuai anjuran yaitu 3-4 kali sehari, sariawan biasanya sembuh dalam waktu 2 hingga 3 hari saja. Untuk anak saya, penyembuhannya malah lebih cepat. Perih sariawan bisa hilang setelah sekali kumur. Serius deh! 

Terakhir kali, saya pakai Aloclair Mouthwash, karena gusi terluka terkena duri ikan. Lukanya persis dibagian gigi graham bungsu yang tumbuh. Sakit dan nggak nyaman banget rasanya. 

Meski bukan sariawan, saya berasumsi luka di rongga mulut ini kalau dibiarkan juga bisa jadi sariawan. Sebelum terlanjur jadi sariawan, saya berkumur saja dengan Aloclair Mouthwash. Ternyata ampuh juga lho. 

Sisa duri berukuran kecil bahkan ikut terbuang setelah berkumur. Mungkin karena mouthwash ini berbentuk gel jadi bisa membuat area rongga mulut jadi licin sehingga sisa durinya bisa ikut terbuang. 

Kandungan Aloclair Plus 

Penasaran nggak, apa sih kandungan Aloclair Plus sehingga bisa menyembuhkan sariawan dengan nyaman, aman dan bebas perih? 

obat-sariawan-keluarga

Aloclair merupakan obat sariawan berstandar internasional yang sudah diakui dan digunakan di 63 negara. Di Indonesia, Aloclair Plus dipasarkan melalui Kalbe Farma. 

Aloclair Plus mengandung 4 bahan utama, yaitu :
  • Ekstrak lidah buaya, untuk menyembuhkan luka, mengurangi nyeri dan mencegah infeksi
  • Sodium Hyaluronate yang berfungsi melembabkan dan membantu menyembuhkan luka.
  • Glychyrrhetinic acid (ekstrak akar licorice) untuk mengurangi bengkak dan nyeri
  • Ployvinylpyrrolidone yang berfungsi membentuk lapisan pelindung 

Aloclair Plus bekerja dengan membuat lapisan pada area luka dan melindungi sariawan dari stimulasi makanan, minuman, tekanan atau gesekan. Itu sebabnya, Aloclair ini efektif untuk mengurangi perih sariawan dengan cepat. Proses penyembuhan juga bisa berlangsung lebih cepat. 

aloclair-obat-sariawan-keluarga
sumber : aloclair.id

Simpan Aloclair Plus di area yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Simpan di suhu ruang. Aloclair dapat dipakai sampai tanggal kadaluarsa yang tertera di kemasan. 

obat-sariawan-keluarga

obat-sariawan-keluarga

Nah sekarang sudah nggak pusing lagi kan cari obat sariawan yang aman dan nyaman dipakai sekeluarga. Sariawan memang terkesan sepele, tapi jangan menyepelekan sariawan ya. Kalau saya sih, sudah pasti bakal nyetok Aloclair terus di rumah. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

55 comments

  1. Wah, banyak pilihan Aloclair ya..kalau obat sariawannya bebas perih, aman dan nyaman dipaki begini pasti bakal hepiii...Karena kalau lagi sariawan menyiksa sekali. Pas nih buat nyetok di rumah, jaga-jaga jika ada yang sariawan nantinya

    ReplyDelete
  2. Mbak, sembuh dalam 7 hari itu lama, seminggu tersiksa mulutnya.

    Anak tetangga saya ada yang sering kena sariawan mbak. Saya suka kasihan kalau ketemu dia pas sariawan gitu. Diem aja dan kelihatan lesu, nyandar aja di gendongan ibunya.

    Ntar saya kasih tahu tetangga saya soal aloclair ini ah, kali aja cocok buat anaknya.

    ReplyDelete
  3. Nah, aku jadi inget tmenku yg kerjaannya sellau sariawan, tiap diajak makan ini itu meras ga nyaman dan ga enak. Berobat ke dokter pemicunya dr stress, tapi malahan ngmbek hahhaaa..
    Duh, yang satu ini emang bia menimbulkan segala penyakit yaa. Nanti aku kasih tahu ahh Aloclair ini, siapa tau mmembantu.

    ReplyDelete
  4. Wiiiih, ini dia yang dicari! Duluuu, anak2 sampai mewek loh pas sariawan dikasih obat lain. Duh ga tega ya apalagi yang masih balita. Ada Aloclair nih ga pedih lagi. Cukup 1-2 tetes aja juga bisa ya mbak. Lekas sembuh juga siiip lah :) Beli langsung deh.

    ReplyDelete
  5. Nah, cuccok nih kalo ada obat sariawan yang gak perih.
    Soalnya menyiksa banget deh kalo udah luka sariawan, trus ditetesin obat sariawan yang perih itu, huhu...

    ReplyDelete
  6. Kemana aja saya baru tau aloclair nih, wajib ada dirumah terutama kalau anak udah sariawan pasti deh rewel dan mamake suka ikutan pusing :D

    ReplyDelete
  7. Waktu kuliah aku sering banget terserang Sariawan, kalau sekarang si sudah jarang tapi tetap sakit dan gak nyaman kalau sudah sariawan, tuh. Semenjak kenal Aloclair aku gak khawatir lagi cari obat sariawan.

    ReplyDelete
  8. Sepertinya harus mulai nyetok Aloclair nih buat persediaan di rumah, soalnya anak-anak sering kena sariawan tapi suka gak mau diobatin karena takut pedih atau pedes hehee

    ReplyDelete
  9. Aku jadi ingat mba ketika hamil anak pertama dulu, waduuuhh itu sariawan menyerang seluruh penjuru mulutku. Coba ya dulu udah ada Aloclair ini, ga bakalan nangis-nangis aku merasakan perihnya seluruh mulut, bahkan ketika digunakan untuk minum aja loh perihnya ga ketulungan.

    ReplyDelete
  10. Ishh, beneran deh mba, sariawan itu nyiksa bangeettt
    dulu aku pas kecil kalo sariwan disuruh kumur2 air hangat + garam ama ibuku
    rasaya? PERIIIHHH BANGETT SHAAYY
    ahh, untunglah ada aloclair yaaa. bisa bebas sariawan anti perih perih club

    ReplyDelete
  11. Jadi punya rekomendasi obat sariawan untuk dibeli. Anak dan suami saya soalnya sering sariawan jadi harus punya persediaan obat sariawan di rumah.

    ReplyDelete
  12. kalo udah sariawan gak enak banget deh, apalagi kalo sariawan di lidah aduh duh makan gak enak, ngeces mulu trus perih pulak

    ReplyDelete
  13. Aku juga udah cobain buat Alde, memang nggak perih, dan lebih cepat sembuhnya ya, ngga drama lagi hihi..

    ReplyDelete
  14. Sariawan tuh sakit sepele yang dampaknya gede banget si ya mbak, rasanya bikin meriang dan susah makan + ngomong. Kalau nggak cepet diobati bakal mengganggu aktivitas banget...

    Baru tahu nih aloclair ini, besok kalau anak sariawan bisa nih cari produk ini. Tfs ibuk 🙏

    ReplyDelete
  15. wah klo emag ada obat sariawan khusus anak ini pasti aman ya mbak..bebas perih,
    aku sudah coba beli buat anakku dan emang terbukti ampuh

    ReplyDelete
  16. Ternyata stress bisa memicu sariawan juga. Pantesan saya kalau lagi stress mulut jadi gak karuan.

    Aloclair ini bisa dipakai buat seluruh anggota keluarga, ya. Terutama yang mouthwash. Siapa aja bisa kumur-kumur pakai aloclair yang aman dan cepat menyembuhkan sariawan.

    ReplyDelete
  17. Aloclair ada tiga pilihan ya, cocok nih kalo diperuntukkan anak-anak. Karena kasihan kalo pakai obat sariawan yang untuk oramg dewasa itu, rasanya gak enak banget

    ReplyDelete
  18. Aku tuh seriiing banget sariawan karena bibirku kegigit gigi taring, Mak. Gigi taringku lancip banget soalnya. Selama ini aku cuma konsumsi vitamin C aja, meski sembuhnya lamaa.. Ya gimana, kalo pas makan kan kena gesekan juga, sampe sering nangis, huhu... Nanti kalo sariawan lagi (tapi semoga engga lagi-lagi deh), aku coba aloclair deh.

    ReplyDelete
  19. Kalau kena sariawan makan apapun jadi ga nyaman. Bikin badmood juga seharian. Harus segera ditangani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nih Aloclair jadi pilihan untuk mengatasi sariawan. Lebih aman dan terbukti manjur

      Delete
  20. Info baru buatku, kak..
    Aku pikir Aloclair hanya 1 kemasan. Ternyata sekarang sudah ada 3 kemasan dengan cara pakai yang disesuaikan dengan kebutuhan yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener yaa..Aloclair risetnya panjang pasti niih...untuk memenuhi kebutuhan kita semua. Soalnya sampai ke rongga yang paling sulit dijangkau pun, bisa menggunakan Aloclair Mouthwash yaa.. Praktis tanpa perih.

      Delete
  21. Ternyata stress bisa jadi penyebab sariawan ya. Pantas saja dulu pas SMA kalau musim ujian sariawan terus sayanya. Sayang dulu belum ada aloclair ini ya. Jadi aku masih pakai obat bubuk dari cina, pahit memang rasanya.

    ReplyDelete
  22. Aloclair ini ternyata varian produknya banyak ya. Jadi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Dulu, anak lanang tak kasih yang gel itu gak mau. Kayaknya aku perlu ganti yang mouth wash aja deh, biar lebih gampang ngasih ke anak.

    ReplyDelete
  23. Dulu waktu remaja, aku sering banget gigitin dinding mulut bagian dalem kalo lagi stress. Walhasil sakiiiitttt banget mau makan atau ngomong. Sekarang sesekali sakit sariawan juga kalo khilaf lupa sikat gigi sebelum tidur. Aloclair ini yang jadi penyelamatku Mak :)))

    ReplyDelete
  24. Aku juga kenal Aloclair ini pas anakku sariawan mak. Udah susah makan padahal anak gede kan, sebel sendiri.

    Tanya2 katanya Aloclair ini oke dan aman. Ya udah akhirnya sekarang selalu pake ini kalau ada sariawan. Tapi baru tahu kalau ada yang spraynya juga. Menarik yaa kalau ada banyak pilihan gini

    ReplyDelete
  25. Anakku dah hafal, kalau aku ngomongnya kayak kumur2, "bunda sariawan tho?"

    ReplyDelete
  26. Sariawan itu bikin ga nyaman banget. Apalagi kalau kejadian di anak2. Ga tega. Nanti akan aku rekomendasikan brand ini ke ibu2 yg lain ah...

    ReplyDelete
  27. Waw. Bagus banget infonya. Aku baru denger sih brand ini. anaknya Temenku sering banget sariawan karena lagi makan trus lidahnya kegigit :D. Nanti aku rekomendasiin obat ini :D

    ReplyDelete
  28. Aku kadang kebingungan kalo anakku udah kena sariawan..mau dikasi obat apa biar cepet hilang tapi gak perih gitu..Nah ternyata bisa pake Aloclair ya...

    ReplyDelete
  29. komplit ya buat keluarga. Bisa buat anak-anak dan juga tersedia untuk dewasa. Selama ini memang yang saya coba obat sariawan bisa bikin perih. Baru tau ada yang ga pedih, karena selama ini jarang tau iklan obat ini

    ReplyDelete
  30. Gusi yang tertancap tulang ikan gak sengaja emang sering menimbulkan sariawan. Saya beberapa kali mengalami. Rasanya gak enak banget. Jadi sebelum terjadi infeksi emang mesti rajin berkumur dengan mouthwash yang cocok ya, seperti Alochair ini

    ReplyDelete
  31. Wah terima kasih infonya mba, baru tahu nih ttg aloclair ini. Praktis dan ga bikin sakit ya..mantaab..

    ReplyDelete
  32. Beberapa bulan yang lalu anak saya sariawan, bingung cari obat sariawan yang cocok dan pastinya aman buat anak. Sepertinya harus sedia produk sariawan ini dirumah deh untuk melengkapi p3k

    ReplyDelete
  33. Saya baru tau kalo kekurangan saliva dapat menyebabkan sariawan. Dengan aloclair semua bisa teratasi. Wajib disimpan di rumah

    ReplyDelete
  34. Ih sariawan tuh emang bikin khawatir banget sih mbak. Belom lama ini anakku yg sariawan gede banget, alhamdulillah sih masih mau makan tapi kalo pas kena sariawan nya nangis dia ya ampun

    ReplyDelete
  35. Aku juga sering sariWan mba, dan klu sariWan Biasanya Q kasih bubuk kopi hhhh perih banget. Eh ternyata ad Obatnya yg bsa gak buah perih, mau cobain nih

    ReplyDelete
  36. Keliatannya aja "CUMAN SARIAWAN" tapi yang ngerasain sariawaaaan! Pengen jambak jambak rambut rasanya!

    Aku pasti akan stok Aloclair, makasih infonya yaaa

    ReplyDelete
  37. Dulu pernah pake aloclair dg beragam variannya
    Anak2 ga rewel dipakeij aloclair karena adem gak perih... Menenangkan
    Ngebantu banget dan suka aku tuh

    ReplyDelete
  38. Makasih banget infonya k, dari kemarin cari obat sariawan si kecil apa? Pas lihat artikel ini baru sadar ternyata Aloclair namanya, memang rekomendasi banget.

    ReplyDelete
  39. Sariawan tu kecil nyelip tapi emang sangat mengganggu ya. Syukurlah sekarang ada Aloclair, jadi bisa membantu mengatsi sariawan.

    ReplyDelete
  40. Dulu aku juga sering tuh gak sengaja kegigit trus jadi sariawan. Dan biasanya males kuobatin nunggu sampai sembuh sendiri. Paling dibanyakin konsumsi vitamin C. Nah sekarang kalo ada obat sariawan yang gak bikin perih ya makin semangat ngobatinnya..

    ReplyDelete
  41. dulu waktu nggak tahu aloclair, selalu drama klo anak anak sariawan. krn klo pake obat sriawan dewasa jadinya perih

    tapi krn sudah ada aloclair skrg jadi tenang

    ReplyDelete
  42. Anak aku allhamdulillah belum pernah sariawan mba. Cuma sebagai orang tua, aku perlu tahu dong obat sariawan kayak Aloclair ini. Buat jaga-jaga aja kalau nanti anak aku sariawan. Karena kan setiap orang pasti akan ada masanya pernah juga sariawan apalagi anak-anak ya

    ReplyDelete
  43. Nah, ini yang banyak dicari nih..nggak bikin perihnya itu lho. Soalnya sariwan sendiri udah senut2...masak pas kena obat tampah senut2 rasanya .. makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  44. Allhamdulillah ada obat yang bisa bikin saraiawan hilang, bebas perih pula mau banget ini sih kak. Aku kalo sariawan tak diemin sama makan pedes hahaha

    ReplyDelete
  45. akhirnya menemukan obat sariawan yang nggak perih, dan lebih cepat sembuhnya ya, ngga drama lagi kalau anak sariawan ya

    ReplyDelete
  46. Gak enak banget sariawan, makan susah, minum nyeri. apalagi kalau anak-anak yang ngrasain pasti rewel banget mereka. Untungnya ada aloclair sekarang, noted, nanti kalau sariawan bisa beli aloclair

    ReplyDelete
  47. sariawan pada anak emang horor banget soalnya ngobatinnya susah, bikin anak rewel dan susah makan. Ini inovatif banget sih obatnya, banyak varian sediaan dan emang khusus buat anak jadi aman ya... Thank you infonya mba

    ReplyDelete
  48. Sariawan itu penyakit yang keliatan ringan tetapi rasanya bisa menjalar kemana-mana ya. Paling gak enak kalau udah sariawan, jadi susah makan

    ReplyDelete
  49. Aku pakai yang gel biasanya. Tapi buat yang ini belum pernah. Suamiku sering sariawan soale jadi kudu sedia

    ReplyDelete
  50. Anak saya nih kalau lidahnya kegigit suka jadi sariawan... Selama ini bingung pakai apa yang enggak bikin sariawan perih... Cobain aloclair ah...

    ReplyDelete
  51. Kalau kita yang sariawan, masih bisa ya ditahan gak pake meringis. Lah kalau anak otomatis nangis. Kasian banget liatnya. Untung ada aloclair, sariawan jadi cepat sembuhnya

    ReplyDelete
  52. Aloclair ini selalu jadi andalanku Mak. Selama ini aku masih sering sariawan di mulut area dalam, karena pipiku chubby tapi rahangku kecil. Aloclair ini efektif banget buat menjangkau area tersebut dan sembuhnya cepet! :)))

    ReplyDelete
  53. Nggak nyesel deh nemu artikel ini makasih kak rekomendasinya. Belakangan ini bingung banget kalau sariawan pakai ini ini itu rekomendasi dari temen-temen tapi cocok-cocokan deh. Ternyata banyak variannya ya, aloclair bisa buat dewasa sama anak kecil juga.

    ReplyDelete