Pengalaman Belajar SEO Bersama SEO Moms Community

SEO Moms Community, dengar namanya saja bikin saya gentar. Komunitas apa sih ini? Komunitas ibu-ibu yang belajar SEO? 

seo-moms-community

Haduuhhh
, sebagai emak-emak dengan kapasitas otak terbatas, istilah SEO (Search Engine Optimization) itu semacam momok buat saya. Baru dengar kata SEO saja, saya langsung overthinking. Membayangkan kode-kode rumit bin njlimet. Mending pass aja deh. 

Tapi beda rasanya saat mendengar ada embel-embel moms community di belakang kata SEO. Rasanya jadi ada sedikit harapan dan muncul rasa percaya diri. 

Sepertinya belajar SEO Bersama SEO Moms Community ini bakal mengasyikan, karena isinya blogger-blogger perempuan Indonesia yang punya semangat untuk belajar bareng. 

Kalau nggak salah bulan lalu, sekira awal September 2021, saya memantapkan diri untuk mendaftar SEO Moms Community. Bukan semata iseng, tapi karena saya memang merasa sangat membutuhkan ilmu tentang SEO. 

Bayangkan deh, sekian tahun saya nulis di blog, babar blas nggak ngerti SEO. Makanya jangan heran kalau kunjungan ke blog saya cuma segitu-gitu aja. Kalaupun ada artikel ibusegalatau.com yang nyangkut di halaman satu google, itu murni karena keberuntungan. 

Apa sih SEO Mom Community? 

Jadi, SEO Moms Community merupakan komunitas khusus blogger perempuan Indonesia yang memfokuskan diri pada pembelajaran SEO dasar (basic SEO). 

Komunitas ini digagas oleh M. Sahlan yang biasa dipanggil Qbenk atau Bang Q, seorang praktisi SEO, pada 25 Januari 2020. 

Menurut Mas Qbenk, SEO Moms Community dibentuk sebagai wujud dedikasi kepada mendiang ibunya yang wafat akhir November 2019. 

“Kita disini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan insyaallah mudah dipraktekkan. Group ini saya dedikasikan untuk almarhum kedua orang tua saya. Terkhusus lagi buat emak saya yang sangat saya sayangi, yang wafat akhir November 2019 lalu,” kata dia saat memulai kelas. 

Perjalanan Awal Belajar SEO 

Bisa dibilang, ini kali pertama saya ikut kelas belajar SEO secara khusus. Sebelumnya saya belajar tentang SEO dari kelas singkat, nonton IG Live, atau pembicaraan di komunitas blogger. 

Jujur, saya sedikit grogi karena melihat beberapa peserta lain adalah blogger hits. “Wah, bakal bisa ngikutin materi nggak ya?” begitu pikiran saya, was-was. 

Kelas pertama SEO Moms Community dibuka oleh Mas Qbenk di whatsapp group, 11 Oktober 2021. 

Pada pembelajaran awal ini, Mas Qbenk memberi pengenalan umum mengenai SEO dan alasan mengapa SEO harus diterapkan dalam blog kita. Bahasanya sangat membumi, jauh dari istilah-istilah njlimet. Bikin saya lebih mudah memahami. 

“Tidak ada yang sulit dalam mempelajari SEO. Anggap saja SEO sebagai permainan yang menyenangkan. Karena jika kita menganggapnya sulit, sampai kapanpun, belajar dimana pun dan siapapun gurunya, kita tidak akan pernah bisa menguasainya,” kata dia. 

Di kelas selanjutnya, kami mempelajari hal dasar terkait struktur SEO on page. Google menyukai struktur blog yang rapi dan runut, karena itu kita harus memastikan kalau struktur blog kita sudah sesuai dengan standar “rapi” ala google. 

Apa saja yang harus diperhatikan mengenai struktur SEO on page? 

  1. Judul Blog (title)
  2. Deskripsi blog
  3. Deskripsi penelusuran
  4. Tag no index txt
  5. Struktur konten
  6. Permalink
  7. Tampilan & struktur widget
  8. Page speed. 
Dalam keadaan normal, saya pasti sudah mulai kliyengan dengan istilah-istilah ini, tapi untungnya mas Qbenk menerangkan dengan bahasa dan perumpamaan yang lebih mudah dipahami. 

Tak hanya itu, hal lain yang saya sukai dari kelas SEO Moms Community ini adalah jeda waktu antar kelas dan penugasan yang nggak terlalu padat dan terburu-buru. Waktu belajar dan penugasan sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kesibukan kita sebagai ibu. 

Saya jadi bisa belajar SEO dengan nyaman. Saat ada waktu luang, saya bisa scroll pembahasan yang diberikan Mas Qbenk di WAG dan mulai utak atik blog. Kalau ada kendala, bisa japri ke Mas Qbenk atau mengajukan pertanyaan saat kelas berlangsung. Fleksibel banget kan? 

Ada sekitar 50 peserta dalam kelas SEO Moms Basic 4 yang saya ikuti kali ini. Tapi kelas sama sekali nggak terasa crowded karena waktu bertanya dan diskusi sangat tertib. Jadi nggak khawatir kalau pertanyaan yang ingin kita ajukan terlewat. 

Btw, sampai tulisan ini dibuat, saya masih mempelajari beberapa hal di kelas SEO Moms Basic. Artikel akan di-update dengan bahasan di kelas SEO Moms Community selanjutnya ya. 

Semoga jadi tambah tahu.

Tidak ada komentar