Tips Memilih Jasa Kirim Barang ke Luar Negeri

jasa-kirim-barang-kiloid

Peluang UMKM lokal menembus pasar luar negeri kian terbuka lebar dengan kecanggihan dunia digital. Tapi, selain kualitas barang, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan para pelaku usaha yang ingin melebarkan pasar ke luar negeri, yaitu ketepatan dan kemudahan pengiriman. 

Memilih jasa kirim barang ke luar negeri sebenarnya susah-susah gampang. 

Saat ini ada banyak ekspedisi yang memberi layanan jasa kirim barang ke luar negeri. Tapi sebagai pelanggan, kita juga harus jeli memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya, nggak bikin ribet dan memberi harga murah. Ya nggak? 

Lantas bagaimana sih cara memilih jasa kirim barang ke luar negeri? 

Yuk perhatikan tips berikut : 

1. Memiliki Jangkauan Pengiriman Luas 

jasa-kirim-barang-kiloid

Ketersediaan jasa kirim yang memiliki jangkauan luas ke banyak negara adalah keuntungan buat pelaku usaha. Karena dengan begitu, kita juga jadi punya kesempatan lebih luas untuk melebarkan pasar. 

Salah satu penyedia layanan jasa kirim yang memiliki jangkauan luas hingga ke 30 negara tujuan, antara lain ke Singapura, Turki, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Vietnam, adalah kilo.id. 

2. Ketepatan masa pengiriman 

Resiko mengirim barang ke luar negeri lebih besar daripada resiko pengiriman dalam negeri. Banyak faktor yang bisa menyebabkan barang yang kita kirim tak sampai tepat waktu. 

Kalau molornya cuma sehari, dua hari mungkin masih bisa ditolerir. Tapi bagaimana kalau pengiriman molor sampai sebulan? Bisa amsyong kan

Makanya, lebih baik pilih jasa kirim yang menyediakan jaminan ketepatan pengiriman barang seperti kilo.id. Proses pengiriman barang oleh kilo.id biasanya hanya membutuhkan waktu hitungan hari untuk sampai ke alamat tujuan. 

3. Keamanan 

jasa-kirim-barang-kiloid

Siapa tak kesal kalau paket yang sudah dikemas cantik ternyata sampai ke tujuan dalam keadaan rusak? 

Paket yang tiba ke pelanggan dalam keadaan rusak juga akan membuat citra kita, sebagai pemilik bisnis, buruk. Karena itu pilih jasa kirim barang ke luar negeri yang memberi jaminan keselamatan dan keamanan paket. 

Di kilo.id, semua paket dalam kondisi sempurna dan disegel di gudang sebelum diantar. 

Untuk berjaga-jaga, informasikan kepada pelanggan untuk memeriksa kondisi paket saat menerima. Cek ulang, apakah ada indikasi paket dibuka dalam perjalanan. 

Kalau mencurigai sesuatu, tolak pengiriman dan jangan tanda tangani berkas pengiriman. Kembalikan paket ke kurir dan langsung hubungi layanan customer service kilo.id. 

Oh iya, disarankan untuk nggak mengirim barang pecah belah atau barang yang memerlukan penjagaan ketat karena beresiko tinggi. Tapi kalau memang ingin mengirim, konsultasikan dulu ke pihak customer service

4. Biaya Kirim Murah 

Ongkos kirim barang ke luar negeri umumnya dipatok lebih dari Rp 100 ribu per kilogram. Bahkan ada kalanya kita harus membayar lebih banyak karena berbagai biaya tambahan. Seperti ongkos jemput paket. Tapi hal itu nggak berlaku di kilo.id. 

Misalnya nih, jasa kirim paket ke Taiwan dibanderol mulai Rp 80.000, sementara pengiriman paket ke Malaysia mulai dari Rp 65.000. Sejauh ini, baru kilo.id yang saya tahu memberi harga semurah ini. 

Wajar sih, karena kebanyakan pelanggan kilo.id memang UMKM atau pengusaha yang baru mulai ekspor. 

5. Kemudahan Lacak Barang 

Kelihatannya sepele, tapi ini penting. Dengan kemudahan melacak paket, kita bisa memantau sekaligus memberi kepastian pada pelanggan kapan barang yang dikirim sampai di tujuan. Hal ini tentu akan meningkatkan kredibilitas kita di mata pelanggan. 

6. Nggak Ribet 

jasa-kirim-barang-kiloid

Di masa pandemi sudah sepatutnya kita membatasi mobilitas ke luar rumah. Karena itu, untuk urusan kirim paket sebaiknya pilih penyedia jasa kirim barang yang bisa pick up

Nah, kilo.id juga menyediakan jasa jemput barang. Kita nggak perlu repot ke kantor kilo.id untuk mengirim barang. Cukup lakukan pemesanan dan setelah seluruh proses pembayaran dan dokumen selesai, pihak kilo.id akan melakukan penjemputan barang. 

Nggak ada tambahan biaya untuk layanan pick up selama kita berdomisili di dalam kota yang terjangkau dalam layanan free pick up ini. Oh iya, kilo.id juga terintegrasi dengan kurir lokal, sehingga kita nggak perlu menggunakan beberapa jasa pengiriman saat mengirim barang ke luar negeri. 

Cara Mengirim Barang ke Luar Negeri dengan Kilo.id 

Setelah fix memilih kilo.id untuk pilihan jasa kirim barang ke luar negeri, sekarang kita masuk ke tahapan pengiriman ya. 

Silahkan disimak. 
  1. Hubungi customer service (CS) kilo.id. Customer Service kilo.id bisa dihubungi melalui no whatsapp : +62 817 1000 95 atau email : info@kilo.id. Selanjutnya CS akan merespon dengan memberi arahan dan informasi dokumen yang perlu disiapkan untuk pengiriman. 
  2. Pelanggan akan diberi estimasi harga jasa kirim barang 
  3. Lakukan pembayaran, bisa dengan transfer bank. 
  4. Setelah pembayaran dikonfirmasi, pelanggan akan diberi airway bill (tanda terima barang). 
  5. Siapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk pengiriman barang ke luar negeri. Dokumen ekspor biasanya perlu dilengkapi dengan packing list dan invoice. Jangan khawatir kalau belum punya format dokumen karena kilo.id ada contoh dokumen yang bisa diunduh 
  6. Kilo.id akan melakukan pick up barang. Tidak ada biaya tambahan untuk jasa ini. 
  7. Pihak kilo.id akan menghitung ulang berat, volume dan biaya. Kalau ada selisih antara perkiraan biaya dengan total biaya, pelanggan harus melakukan pelunasan dulu. Tapi kalau tidak ada selisih, barang akan langsung dikirim. 
  8. Pengiriman dilakukan, pelanggan bisa memantau perjalanan paket melalui fitur tracking di web kilo.id 
jasa-kirim-barang-kiloid

Bagaimana? Kalau memilih penyedia jasa kirim barang yang tepat, seperti kilo.id, proses ekspor jadi lebih sederhana kan? 

Menurut saya, jasa pengiriman kilo.id ini recommended banget sih buat pengusaha skala kecil menengah yang baru menjajaki pasar luar negeri. Proses kirimnya nggak pakai ribet, biayanya murah dan nggak ada minimal kuota pengiriman. 

Biar begitu, sebagai pengirim, kita juga harus paham aturan pengiriman barang ke luar negeri ya. Misalnya tidak mengirim barang-barang yang dilarang seperti narkoba, obat-obatan dan uang palsu. 

Selain itu, lakukan pengemasan dengan standar ekspor, supaya barang kiriman lebih aman. Perhatikan pula, bila ada duty tax di negara tujuan, hal itu akan dibebankan ke penerima barang. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

Tidak ada komentar