Memilih Asuransi yang Tepat untuk Ibu Rumah Tangga

asuransi-syariah-OVO-Prutect

Sejak jadi ibu rumah tangga, saya makin sadar. Peran ibu rumah tangga, entah disengaja atau tidak, masih sering dianggap sepele dan bahkan tak pernah diperhatikan secara serius. 

Misalnya saja nih, urusan soal jaminan keselamatan ibu saat di rumah. Berapa banyak sih ibu rumah tangga yang aware bahwa aktivitasnya di rumah sebenarnya tak kalah berisiko dengan aktivitas di luar?

“Ah, rumah kan tempat teraman. Memang bisa ada kecelakaan apa sih?” 

Faktanya, selain jalanan, rumah adalah lokasi kedua yang paling sering terjadi kecelakaan. 

Beberapa tahun silam, seorang sahabat saya terpaksa kehilangan sosok ibu. Ibunya meninggal setelah terjatuh di kamar mandi selepas membersihkan lantai kamar mandi. 

Sang ibu sempat dirawat di rumah sakit beberapa hari namun nyawanya tak tertolong. Saat itu, saya menjadi saksi mata betapa kacaunya keluarga itu sepeninggal sang ibu. Rumah berantakan, piring kotor berserakan, cucian menumpuk. Ditambah biaya rumah sakit yang ternyata tak sedikit karena sang ibu juga mengalami komplikasi. 

“Rasanya seperti jatuh tertimpa tangga,” kata teman saya. 

Sungguh tak terbayangkan perasaan teman saya waktu itu. Namun kami, sahabat-sahabatnya, pun tak bisa berbuat banyak selain membantu sedikit dana untuk biaya rumah sakit. 

Ketika itu, sahabat saya sampai mengambil cuti kerja panjang karena butuh waktu untuk beradaptasi dengan absennya sosok ibu di rumah. 

Pengalaman teman saya, secara tak langsung membuat saya tersadar betapa sentralnya sosok ibu, dan betapa pentingnya peran ibu dalam rumah. Ibu adalah orang yang paling sibuk dan paling rajin di rumah. 

Ibu menangani banyak hal domestik di rumah. Lalu kenapa tidak ada perlindungan dan penghargaan yang layak untuk ibu? 

Ibu perlu asuransi nggak sih? 

asuransi-syariah-OVO-Prutect

Sekitar sepekan lalu, saya dan beberapa sahabat lama berdiskusi tentang asuransi. Seorang teman saya baru saja memulai hobi bersepeda dan berencana mengambil asuransi untuk melindungi diri dan sepedanya. 

Jujur saja, waktu itu saya terkaget. “Lho sepeda juga ada asuransinya? Lha kalah dong gue ama sepeda,” cetus saya waktu itu. 

“Ya kenapa nggak ambil asuransi, kerja di rumah kan juga banyak risikonya,” timpal teman saya yang lain. 

Kalau dipikir-pikir, iya juga ya. Walau di rumah saja, ada banyak risiko musibah yang bisa terjadi. Contohnya : 
 
1. Terjatuh 
Aktivitas bersih-bersih di rumah kadang bisa jadi sangat berisiko. Seperti yang dialami ibu sahabat saya tadi, beliau terjatuh di kamar mandi setelah membersihkan lantai. Akibatnya, kita bisa saja mengalami cedera punggung, kaki atau kemungkinan terfatal kematian. 

2. Risiko saat memasak 
Ada banyak benda berbahaya di dapur, dan selalu ada kemungkinan terjadi kecelakaan saat memasak. Misalnya kebakaran, terluka karena pisau, atau tersengat listrik dari peralatan rumah tangga lain seperti kompor listrik, oven, dan sebagainya. 

3. Bahaya bahan kimia 
Detergent, pembersih kerak, pembersih lantai, racun tikus, pembasmi serangga adalah produk dengan bahan kimia berbahaya yang sering ada di rumah. Banyak orang tidak memiliki pengetahuan cukup bahwa beberapa bahan kimia tertentu bisa sangat berbahaya bagi pernapasan. Sebagian bahan kimia lain bahkan bisa mengakibatkan luka bakar di kulit. 

Selain risiko akibat aktivitas domestik, kecelakaan di rumah juga sangat mungkin terjadi akibat hobi. Seperti yang saya alami sekitar 8 tahun silam. 

Saat itu saya sedang mengisi waktu dengan menjahit menggunakan mesin jahit listrik kesayangan. Lalu entah bagaimana kejadian persisnya, saat saya hendak mengurai benang yang membelit sekoci, mesin jahit saya menyala sendiri. Jarumnya jalan dan mengenai jari. 

Untung tak terluka parah. Karena refleks saya waktu itu lumayan bagus. Bayangkan kalau saya nggak sempat menarik tangan. Mungkin bisa berlubang jari saya. 

Jadi kalau ditanya apa ibu perlu asuransi? Jawaban saya, jelas perlu banget! 

Asuransi yang tepat untuk ibu rumah tangga 

asuransi-syariah-OVO-Prutect

Saya tuh agak pemilih untuk urusan asuransi. Penginnya sih ikut asuransi yang praktis, harga terjangkau tapi dapat manfaat banyak. Sudah bolak balik mempelajari beragam produk asuransi tapi belum ketemu yang cocok nih. 

Sampai beberapa minggu lalu ada teman yang berbagi info soal Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash

Buat yang belum tahu, Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash adalah produk asuransi jiwa kumpulan syariah, hasil kerja sama OVO | Proteksi dan Prudential Indonesia. Produk yang baru resmi rilis 28 April 2021 ini memiliki manfaat dasar meninggal dunia dan manfaat tambahan santunan rawat inap, perawatan ICU, cacat total akibat kecelakaan serta meninggal dunia akibat penyakit menular. 

asuransi-syariah-OVO-Prutect

Berikut manfaat Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash : 

Manfaat dasar: 
        Manfaat meninggal karena sebab apapun 

Manfaat tambahan: 
  1. Manfaat harian rawat inap 
  2. Manfaat perawatan ICU 
  3. Manfaat cacat total akibat kecelakaan 
  4. Manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan 
  5. Manfaat meninggal dunia akibat penyakit menular 

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash bisa dibeli menggunakan OVO Cash di aplikasi OVO. Ada 2 pilihan masa kepesertaan, kita bisa memilih kontribusi per bulan atau per tahun dengan harga yang amat sangat terjangkau mulai dari Rp 5.000 per bulan*. 

Super terjangkau kan? Biayanya bahkan lebih murah daripada budget belanja sayur harian saya nih. Hahaha. 

asuransi-syariah-OVO-Prutect

Saat membeli Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash kemarin, saya bahkan hanya perlu meluangkan waktu sekitar setengah jam. Itu sudah termasuk dengan membaca berbagai persyaratannya lho. 

Ada 3 pilihan paket asuransi yang bisa dipilih, yaitu : 
  • Silver, mulai dari Rp 8.000 per bulan 
  • Gold, mulai dari Rp 16.000 per bulan 
  • Platinum, mulai dari Rp 24.000 per bulan 
Begini nih cara membeli Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash melalui aplikasi OVO : 
  1. Buka aplikasi OVO. Pastikan sudah update aplikasi kalian ke OVO versi 3.32.1 ya. Kalau belum klik aja link berikut untuk update https://ovo.id/updateaplikasiOVO\  
    asuransi-syariah-OVO-Prutect
  2. Klik fitur “proteksi” dengan simbol payung. 
  3. Nanti kita akan sampai di laman OVO | Proteksi berikut ini. Lalu klik Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash asuransi-syariah-OVO-Prutect
  4. Setelah sampai di laman Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash, kita bisa memilih paket sesuai kemampuan dan kebutuhan. Penjelasan manfaat tiap-tiap paket juga tertera jelas. Kalau sudah menentukan paket asuransi yang diinginkan, klik “pilih paket”. Satu pengguna OVO hanya bisa memiliki maksimal 1 polis Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash.  
    asuransi-syariah-OVO-Prutect
  5. Selanjutnya, kita bisa memilih masa kepesertaan dan cara pembayaran. Masa kepesertaan ada pilihan per bulan dan per tahun. Sementara untuk cara pembayaran bisa dengan sistem autodebit dari saldo OVO Cash.  
    asuransi-syariah-OVO-Prutect
  6. Berikutnya, kita tinggal membaca secara teliti Deklarasi Kesehatan dan mengisi data diri  
    asuransi-syariah-OVO-Prutect
  7. Berikutnya tinggal mengkonfirmasi data peserta, membaca lagi syarat ketentuan dan informasi produk.  
    asuransi-syariah-OVO-Prutect
  8. Berlanjut ke pembayaran. Pastikan saldo OVO mencukupi ya. 
  9. Kalau sudah akan muncul halaman keterangan asuransi sedang diproses. 
    asuransi-syariah-OVO-Prutect

Pengalaman saya mendaftar Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash kemarin, proses asuransi tak membutuhkan waktu lama. Saya hanya meng-klik refresh dan langsung muncul keterangan bahwa asuransi telah berhasil diproses. Tak lama kemudian, saya mendapat email dari Prudential Indonesia yang menyatakan bahwa kepesertaan asuransi telah disetujui, disertai lampiran sertifikat asuransi. 

Bagaimana dengan pengajuan klaimnya? 

Pengajuan klaim Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Pulse by Prudential Indonesia. Tentu saja dengan menyertakan dokumen kelengkapan yang dibutuhkan sesuai persyaratan. Detail dokumen yang dibutuhkan untuk klaim bisa dilihat juga di aplikasi. 

asuransi-syariah-OVO-Prutect

Duh senang ya, ada produk asuransi seperti Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash yang biayanya terjangkau, dan praktis. Pembayaran hingga klaim bisa dilakukan secara online. Yuk lah para ibu sekalian, tunjukkan kasih sayang kepada keluarga dengan menyayangi dan melindungi diri sendiri agar #SemuaTenangTerlindungi. 

Semoga jadi tambah tahu ya. Dapatkan PRUTect Care - Hospital Cash di aplikasi OVO dengan klik link ini.

1 comment

  1. Iya juga, yaa.. Walau di rumah aja, risiko kecelakaan tetap ada. Jadi ingat budenya suami yang juga jatuh di kamar mandi dan meninggal setelahnya. Ada juga teman yang kena luka bakar karena dirambati api pas masak. Syukurlah kita udah punya perlindungan ya, Mak.. Tentu saja bukan berarti kita minta sakit, tapi apa salahnya berjaga-jaga, ya kan?

    ReplyDelete