-->

Review & Sinopsis Hotel Del Luna

Oktober 20, 2019


hotel del luna sinopsis

Hotel Del Luna secara resmi sudah saya nobatkan sebagai salah satu drama korea terkece sepanjang masa versi ibusegalatau.com. Bahkan untuk drama dengan genre fanstasi romantis, kedudukannya langsung menggeser Goblin dan Abyss. Maaf ya buat yang nggak sepakat. Ini menurut penilaian pribadi berdasarkan selera saya sendiri sih.

Malah sebelum drama ini belum rilis pada Juli 2019 silam, teaser-nya saja sudah bikin saya penasaran dan langsung punya feeling, “Ni drama pasti keren deh!”

Apa sih yang bikin segitu penasarannya dengan Hotel Del Luna?

Tentu saja karena kehadiran IU yang dipilih sebagai pemeran utama wanita. Plus, kemunculan Yeo Jin Goo dan P.O Block B, kian meningkatkan motivasi saya untuk menyaksikan drama ini. Saya memang lagi gemes-gemesnya dengan P.O, terutama setelah lihat aktingnya di drama Encounter, sebagai adik Park Bo Gum.

FYI, Hotel Del Luna adalah serial drama ketiga yang dibintangi Yeo Jin Goo sepanjang 2019 ini. Gila produktif banget ya aktor muda ini. Di awal tahun, drama seaguk-nya yang bertajuk The Crowned Clown, sempat bikin saya meneteskan air mata di episode-episode terakhir. Lalu disusul drama fantasi yang diangkat dari manga, My Absolute Boyfriend. Drama yang terakhir ini nggak terlalu oke sih menurut saya. Selain karena chemistry dengan pemeran wanitanya nggak dapet, ditambah lagi endingnya juga bikin kesel alias nggak happy.

Ah, tapi kekecewaan terhadap drama terakhir Yeo Jin Goo itu langsung terbayar lunas, pupus tertelan hujan setelah melihat Hotel Del Luna. 

Kisah Hotel Hantu 

Hotel Del Luna bercerita seputar hotel “hantu” yang berlokasi di Seoul. Hotel ini merupakan hotel tempat transit para arwah sebelum mereka menyeberang ke alam akhir dan bereinkarnasi. Para hantu penghuni Hotel Del Luna ini merupakan arwah-arwah penasaran yang masih memiliki beban dan tugas yang tak terselesaikan di dunia.

Ada yang masih penasaran karena meninggal di tengah pekerjaan menggunung, ada pula yang meninggal dengan membawa dendam kesumat. Ada yang mati tapi masih merasa berat meninggalkan keluarganya. Macam-macam deh masalah mereka.

Nah, tugas pemilik dan para staf hotel ini adalah membantu arwah-arwah penasaran tadi untuk menuntaskan masalah mereka, sehingga para arwah itu bisa menyeberang ke alam akhir tanpa beban. Istilahnya, pergi dengan damai begitulah.

hotel del luna sinopsis

Pemilik Hotel Del Luna adalah seorang perempuan cantik bernama Jang Man Wol, diperankan oleh IU, yang telah terjebak hidup diantara dua dunia selama 1.300 tahun. Perempuan cantik, keras kepala yang doyan belanja ini sebenarnya sudah nggak bisa dibilang manusia, tapi juga tidak cocok dibilang hantu karena ia tidak pernah benar-benar mati. Jang Man Wol dikutuk jadi makhluk abadi yang harus menjalani kehidupan selama ribuan tahun sampai ia membayar lunas perbuatannya selama hidup. 

Sepanjang menjalankan operasional Hotel Del Luna, Jang Man Wol dibantu oleh tiga orang staf tetap yang merupakan arwah-arwah penasaran berusia ribuan, ratusan dan puluhan tahun. Mereka adalah:

Kim Seon Bi, arwah penasaran dari era kerajaan Joseon. Seorang cendekiawan cemerlang yang lulus ujian negara, namun mati karena disiksa dan mendapat tuduhan palsu.


Choi Seo Hee, juga arwah yang berasal dari era kerajaan Joseon. Seorang menantu keluarga bangsawan yang mati karena dikucilkan dan dibunuh oleh keluarga suaminya. 

hotel del luna sinopsis

Ji Hyun Jong, seorang pelajar yang mati di era perang korea. Hyun Jong yang selalu terlihat ceria ini mati dalam usia muda dan tidak mau pergi ke alam akhir sebelum adik kesayangannya mati. 

hotel del luna sinopsis

Selain dibantu 3 orang pegawai setia, Jang Man Wol juga selalu dibantu oleh seorang manusia yang berperan sebagai manajer hotel. Unik ya?

Hal ini karena meski Hotel Del Luna merupakan “hotel hantu”, Jang Man Wol ternyata juga mendaftarkan hotel ini secara resmi ke pemerintah. Jadi urusan tetek bengek seperti pajak, keuangan dan sebagainya diurus oleh seorang manusia. Nah, posisi manajer ini silih berganti selama ribuan tahun. Setiap kali satu manajer mati, maka diganti oleh manusia lainnya.

Oh iya, masih ada satu lagi pegawai magang bernama Kim Yoo Na. Nama aslinya sebenarnya bukan Yoo Na. Ia adalah arwah gadis SMA yang dirundung oleh Yoo Na asli. Karena dendam kesumat, ia pun mengambil alih tubuh Yoo Na dan menetap di sana. Sementara arwah Yoo Na asli menghilang karena ritual yang dijalankan kedua orangtuanya sendiri. Sejak menempati tubuh baru, gadis SMA ini jadi punya kemampuan untuk melihat hantu. Dia pun direkrut Jang Man Wol sebagai pegawai magang di Hotel Del Luna dan terlibat asmara dengan Jin Hyun Jong.

hotel del luna sinopsis

Sinopsis Hotel Bulan Merah (Hotel Del Luna) 

Kisah bermula ketika Manajer Noh, yang sudah mengadi di Hotel Del Luna selama 30 tahun bersiap mencari pengganti dirinya. Lalu berdasarkan perjanjian masa lalu antara Jang Man Wol dengan seorang pencuri kelas teri maka direkrutlah anak si pencuri itu sebagai manajer. Kalau istilah kita sih, mirip seperti tumbal kali ya. Karena ayahnya membuat perjanjian dengan makhluk astral, akhirnya si anak yang diberikan ke makhluk itu.

hotel del luna sinopsis

Si anak pencuri itu bernama Goo Chan Seong, diperankan oleh Yeo Jin Goo. Rupanya, sejak berhasil kabur setelah membuat perjanjian dengan Jang Man Wol, ayah Chan Seong bekerja keras dan berubah menjadi orang baik. Ia menyekolahkan dan mendidik Chan Seong dengan baik hingga bisa lulus dari Harvard University. Dan dengan kepandaian dan sikapnya yang super teliti, Chan Seong pun disebut menjadi lulusan terbaik Harvard.

hotel del luna sinopsis

Tapi apalah artinya gelar sarjana universitas ternama di mata makhluk abadi seperti Jang Man Wol. Dengan segala trik, ia pun berhasil membuat Goo Chan Seong dengan sukarela bekerja di Hotel Del Luna. Meski awalnya nggak rela juga sih dia, berkali-kali mau melarikan diri aja.

hotel del luna sinopsis

Singkat cerita, seiring dengan perjalanan waktu Jang Man Wol dan Goo Chan Seong pun mulai saling jatuh cinta. Sumpah scene-scene interaksi antar keduanya ini bikin gemes banget deh. Nggak pernah ada rayuan atau bualan “i love you” sih, tapi kita penonton bisa langsung membaca kalau keduanya nih saling cinta. So sweet banget.

hotel del luna sinopsis

Tapi namanya juga drama, kisah cinta Jang Man Wol dan Goo Chan Seong tidak mungkin dibuat mulus. Kisah mereka diwarnai dengan dibayang-bayang kehidupan masa lalu Jang Man Wol. Bahkan hingga 1.300 tahun, dendam Jang Man wol kepada orang-orang yang ia anggap telah mengkhianati dirinya dan membunuh orang-orang yang ia sayang masih terus membara. Dendam dan kesedihan atas pengkhianatan inilah yang harus terlebih dulu ia selesaikan.

Sampai episode-episode akhir, kita masih harus menebak-nebak ikatan karma seperti apa yang membuat Jang Man Wol harus bertemu dengan Goo Chan Seong. Apakah Chan Seong adalah reinkarnasi kekasih Jang Man Wol di kehidupan lampau? Atau ada ikatan karma yang lain?

Sekalian spoiler aja nggak apa ya. Jadi, di kehidupan lalunya, Jang Man Wol ini bisa dibilang merupakan pimpinan pemberontak pada masa Goryeo. Seluruh keluarganya dibunuh, dan dia hidup sebagai pengembara bersama beberapa orang lainnya. Sesekali komplotan Jang Man Wol ini juga merampok pejabat kerajaan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mengenaskan banget hidupnya.

Suatu masa ketika melancarkan aksi perampokan rombongan putri bangsawan, komplotan ini dikejar oleh Jenderal Goo Chung Myung, yang juga menjadi pimpinan rombongan. Alih-alih menangkap Jang Man Wol dan komplotannya, Chung Myung malah bersimpati dan akhirnya ikut membantu perjuangan komplotan ini. Jang Man Wol dan Chung Myung pun saling jatuh cinta.

hotel del luna sinopsis

Tapi kisah cinta Jang Man Wol tidak berakhir baik. Chung Myung menikah dengan puteri bangsawan dan seluruh anggota komplotan Jang Man Wol dieksekusi di depan matanya. Jang Man Wol naik pitam karena dikhianati Sang Jendral. Maka di malam pertama Chung Myung dan puteri, Jang Man Wol menyelinap ke kamar pengantin, membunuh sang puteri bangsawan yang telah memerintahkan eksekusi pada teman-temannya, lalu membunuh Chung Myung.

hotel del luna sinopsis

Dalam kesedihan yang mendalam karena orang-orang terdekatnya dibunuh secara sadis, ditambah sakit hati oleh pengkhianatan Chung Myung, Jang Man Wol mengembara mencari hotel bulan utuk mengantarkan arwah teman-temannya. Ia pun bertemu Mago yang menunjukan Hotel Bulan kepadanya sekaligus menjadikannya sebagai pemilik hotel dan menanggung penderitaan hidup abadi karena dendam selama 1.300 tahun. Hotel Del Luna adalah nama lain dari Hotel Bulan.

Jang Man Wol sebagai pemilik hotel memang digambarkan sebagai makhluk abadi yang sangat up to date, sellau mengikuti perkembangan zaman. Dia bahkan kerap mengunggah foto-foto di instagram. Hebat ya.

hotel del luna sinopsis

Buat saya pribadi, Hotel Del Luna bisa sedikit memberi pengajaran hidup supaya nggak menyimpan dendam terlalu dalam dan tidak terlalu terikat dengan kehidupan. Karena pada satu waktu, saat tiba masa ketika kita harus meninggalkan semuanya, kita harus bisa merelakan semua yang berkaitan dengan kehidupan. Baik itu harta, orang-orang terkasih, hingga dendam dan kesedihan. Karena seperti Jang Man Wol yang masih tidak bisa membebaskan dirinya dari dendam dan sakit hati, ia akhirnya harus hidup diantara dua dunia selama 1.300 tahun. Kan ngenes tuh.

Ah, untungnya Hotel Del Luna ini berkahir dengan tuntas, tanpa menyisakan pertanyaan lagi soal bagaimana kelanjutan kisah para tokohnya. Semua tokoh menutup perjalanan mereka bersama Hotel Del Luna, menuntaskan semua dendam, kesedihan dan rasa penasaran. Semuanya tuntas!

Btw, hotel hantu ini disebut hotel bulan juga bukan tanpa makna lho. Ia disebut hotel bulan karena konon, Hotel Del Luna bisa terlihat saat di bulan purnama. Mungkin ini sejalan dengan mitos kepercayaan di Korea bahwa kalau kita membuat permohonan pada bulan purnama maka permohonan kita bisa terkabul. Selain itu di banyak negara di kawasan Asia juga masih ada kepercayaan bahwa pada bulan purnama pintu alam bawah dibuka sehingga arwah-arwah bisa bebas berkeliaran.

Alasan Hotel Del Luna jadi salah satu drama terkeren 2019 versi ibusegalatau 


  • Akting Cast Hotel Del Luna nggak ada yang failed. Bagus semua. Nggak usah kita sebut atau bahas lah untuk akting IU dan Yeo Jin Goo, keduanya ini memang selayaknya aktor papan atas yang bisa bikin karakter dramanya hidup banget. Akting para pemeran pendukungnya juga nggak kalah ciamik. Saya jujur aja masih agak terkejut dengan akting P.O Block B yang diluar ekspektasi sih, apalagi idol rapper ini kan juga belum lama terjun ke dunia akting. 
  • Diarahkan oleh sutradara terkenal, Oh Choong Hwan yang sudah sering sukses mengarahkan drama-drama keren seperti My Love From the Star, Doctors, dan While You Were Sleeping
  • Skenarionya ditulis oleh Hong Sister yaitu Hong Jung Eun dan Hong Mi Ran yang sebelumnya sudah menulis skenario drama-drama laris seperti Master’s Sun dan The Greatest Love. Serius deh ini kan drama fantasi ya, tapi plot-nya itu masih sangat masuk akal dan sangat runut. Meski banyak flash back tapi penonton nggak pernah dibuat bingung. Justru flash back itu untuk menerangkan konteks situasi di masa kini. Jadi ini cerita nggak masuk akal yang plotnya sangat masuk akal. Hehehe
  • Fashion Jang Man Wol alias IU keren-keren banget. Kelihatan banget kalau pemilihan wardrobe, aksesoris hingga hair stylenya diperhatikan dengan sangat serius.  
  • Didukung penampilan aktor-aktor ternama Korea sebagai cameo. Ada Lee Joon Gi, Kim Won Hae, Lee Si Eun, Lee Yi Kyung, Pyo Ye Jin, Kim Joon Hyun, Park Jin Joo, Nam Da Reum, Kim Soo Hyun bahkan mendiang Sulli juga sempat jadi cameo. Boleh dibilang Hotel Del Luna ini adalah penampilan terakhir Sulli dalam drama. Hiks hiks

hotel del luna sinopsis
Mendiang Sulli sempat tampil sebagai cameo di Hotel Del Luna. Andai Hotel Del Luna benar-benar ada, mungkinkah saat ini dia sedang menginap di sana?  Selamat jalan Sulli. 

Meski belum pasti, banyak kabar yang menyebut bahwa Hong Sisters sedang mempersiapkan sekuel Hotel Del Luna yang akan menampilkan Kim So Hyun sebagai pemeran utama. Kim Soo Hyun sendiri muncul di episode terakhir Hotel Del Luna sebagai pemilik baru Hotel Bulan yang berganti nama menjadi Hotel Blue Moon. Mudah-mudahan sih beneran jadi ya. Kita tunggu aja tahun depan deh.
hotel del luna sinopsis

Selamat nonton, semoga jadi tambah tahu.

You Might Also Like

43 comments

  1. Buanyaaakk yg rekomen drakor ini ya Mak.
    Aku antara penasaran, tapi kuatir addicted hahahaha
    cukup SKY CASTLE dulu lah yg bikin aku rela marathon nonton 4 malam berturut2
    Drakor lain mungkin baru mulai next year :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya hati-hati kalau nonton ini bisa susah move on.

      Hapus
  2. Luarrr byasaaaa emak satu ini emang kalau soal K movie, haha. Aku pikir tadi bahas hotel beneran loh. Setuju sih sama pesan moralnya. Hidup dengan menyimpan dendam emang nggak nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh trus jadi arwah penasaran. Untungnya ada hotel begini, jadi arwah penasarannya nggak klayapan kemana-mana. Hahahaha

      Hapus
  3. owh aku jadi penasaran...karena ada hantu2nya gitu hahaha...Tapi gak serem2 amat kan yaa...atau malah jauh dari kesan horor...jadi asik nontonnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rada serem sih sebenarnya. Pas scene awal episode pertama aja langsung diliatin hantu air gitu. Bikin deg2an gila. Tapi menurutku hantu seremnya ada di eps 6 sih

      Hapus
  4. Wiiied // gilak keren kali dan detail, biarin deh spoiler juga gapapa

    nah kalo hotel Del Luna ini aku bacanya gak mumet, kepo sekaligus ngenes juga ya ama fantasinya Korea ini. Kok ... mereka nggak gimana gitu memerankan drama kek gini (komen apa ini)

    aku ngintip dikit di Youtube soalnya nontonnya males xixixixii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau males nonton baca reviewku aja mbak, penuh spoiler soalnya. hahahaha. Nggak tahan aku tuh kalau nulis tentang film/drama trus nggak kasih spoiler gitu.

      Hapus
  5. Menarik mb.. Meskipun harus sering scroll ke atas buat ngingat nama2 pemerannya.. Hihi.. Saya tuh kl film korea bingung nginget nama tokohnya. Sulit2 sih.. Btw ini ada berapa episode mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 16 episode mbak. Aq sih nggak berasa nontonnya 16 eps. perasaanku malah cepet banget. Tau2 kelar.

      Hapus
  6. asikkk bahas hotel del luna. aku juga sukaa sampe nulis reviewnya biar bisa move on hahaha.
    awal nonton krna ada dedek yeo jin goo yg bikin merinding di crowned clown (idem males nonton absolute boy friend). dan mas kunang2 yg udah diincer sejak dia main 30 but 17. baru liat IU perdana di sini, akhirnya kepoin filmnya persona n emang keren aktingnya.
    suka suka banget drama 'ganjelan' arthdal chronicles ini (jadi terhibur selama penantian).
    cameo favku dedek nam da reum yg berasa liat anak sendiri (halah)
    kalo hotel blue moon mah menurutku ga bakalan dibikin lanjutannya. kecuali netijen demo n kim soo hyun nyanggupin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha si mas kunang2 ada di still 17 juga ya? kok aku nggak notice, jadi siapa? temennya Yoo Chan? aku malah taunya dia main di Clean With Passion itu. Yah Hotel Blue Moon nggak dibikin ya...padahal sempat liat teasernya Kim Soo Hyun ama Kim Ji Won.

      Hapus
  7. ceritanya emang keren ya bu...
    jadi penasaran padahal akutu bukan pecinta berat drakor meski lumayan juga sih suka nonton buat seseruan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ceritanya, dan aktingnya juga bagus sih. Jadi seru

      Hapus
  8. Hotel de Luna termasuk dalam list drakor yang pingin aku tonton. Tapi sekarang lagi nonton yang sedang airing. Soalnya banyak yang bagus2 hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh ni, lagi banyak yang bagus2. Jadwl nontonku aja jadi penuh tiap hari.

      Hapus
  9. Wow luas banget pengetahuannya tentang film Korea, Mak. Ceritanya ini, ide dan imajinasinya kreatif, ya .. menyangkut Dua dunia

    BalasHapus
  10. Ku belom pernah sekalipun nonton k drama wgwgw

    tapi dilihat dari posterposternya, kok kek menarik yaaaaaaa. niat gituuuuu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, kalau gitu jangan coba2 nonton mbak. Takutnya ntar ketagihan kayak aku. Kdrama itubikin nagih banget

      Hapus
  11. Yup, nggak boleh menyimpan dendam, sedih & kemarahan ya biar hati kita terasa damai. Btw jadi ngebayangin kalo nginep di hotel yang berhantu, duh takuut :D
    Belum nonton, penasaran dengan ending Hotel Del Luna ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau mati dengan kelekatan begitu jadinya susah sendiri. Btw kalau kita nginep disitu kan berarti kita hantu juga mbak. heheeh. jadi nggak takut lagi dong

      Hapus
  12. Ahhh suka banget detail review Hotel Del Luna ini, mbak
    Jadi flashback saat nonton drakornya, huhuu. Aku suka sukaaa
    Tapi aku belum nonton Gobline episode dari awal sampai akhir sih mbak apalagi Abyys hehee

    Pokoknya suka sama pemerannya,
    btw Sulli cantik bett mbak itu, jadi tahu dan nggeh kalau itu Sulli
    Semoga dia damai di sana,
    Terima kasih reviewnya mbak

    BalasHapus
  13. Wah setelah baca reviewnya Mba Inna Riana, skrg baca punya Mba wiwid, makin yakin deh emang top banget ini drama. Saya yg ga suka nonton film hantu, ga demikian sama hotel del luna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYa mbak, emag top banget. dramanya IU rata2 bagus2 sih emang.

      Hapus
  14. Aku baru nonton sampai episode tiga, ini serial pertama IU yang kutonton, bagus tapi belum lanjut lagi nontonnya karena sedang ngikutin Extra Ordinary You..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kalo udah kelar noton Hotel Del Luna, aku rekomendasiin ntn Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo deh mbak. Bagus juga itu. Eh ini aku jg lagi ntn Extra Ordinary You, bagus ya. bkin baper. TimHaru

      Hapus
  15. Aku belum review Hotel Del Lunaaaa

    Salah satu drama hantu2 an yang kusuka, semua yang ada di dalamnya. Semoga ya bakal ada Hotel Blue Moon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh ni berharap ada Hotel Blue Moon beneran. apalagi kalau yang main Kim Soo Hyun, haduuh semangat deh pasti

      Hapus
  16. Hotel del Luna ini bisa dilihat oleh manusia biasa, ya? Soalnya ada manusia juga yang mengurus soal pajak dan dokumen untuk pemerintah. Trus didaftarkan juga ke pemerintah.
    Kalau lihat dari ceritanya, kayaknya seru ya...jadi penasaran pengen nonton

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dilihat dan dimasuki manusia hanya kalau bulan purnama mbak. Kalau hari biasa sih cuma kayak bangunan tua gitu. Kecuali oleh manajernya ya. Kalau manajernya bisa setiap saat melihat dan masuk ke hotel itu

      Hapus
  17. jadi pengen nonton jugaaa. unik deh hantunya bisa update IG juga. cantik sih...eh apa sosok seram hantunya juga diperlihatkan?

    BalasHapus
  18. Aku belum nonton nih, kemarin in nanggung lagi selesain judul yang lain. Awalnya aku pikir Hotel de Luna horor ternyata gak ya :)
    Sayang banget dengar kabar duka dari salah satu pemainnya

    BalasHapus
  19. Waduuuh...sekilas lalu kayaknya ngeri ya hotel kok dipake transit para hantu yang akan menuju alam selanjutnya. Ide pembuatan cerita dramanya tuh loh luar biasa, bisa mengemas jalan cerita Hotel Del Luna sampai sedemikian detail. Penasaran euy dengan akhir ceritanya gimana tuh, yang usia 1300 tahun itu mba.

    BalasHapus
  20. Boleh nih temenku juga cerita katanya seru bngt alurnya walaupun rada jelimet tapi bikin penasaran kpingin nerusin lihat smpt habis fix deh mau nonton

    BalasHapus
  21. Aku penasaran sama drakor ini. Rame ya ditemlen para pecinta Kdrama

    BalasHapus
  22. Wah, salah satu drakor favorit aku. Suka dengan Yeo Jin Goo. Tapi di drakor ini, akting beliau tak banyak dituntut. Yang paling suka dari drakor dia adalah Crowned Clown. Bagus aktingnya. :D

    BalasHapus
  23. Sebenarnya aku pengen nonton drama ini yapi embel-embel hantunya ini yang bikin aku maju mundur nggak jelas. Habis baca review ini aku jadi makin penasaraan pengen nonton. Baca reviewnya saja sudah seru apalagi nonton langsung.

    BalasHapus
  24. wah ini drama yang sempet rame bulan kmrn yaa, belum nonton :(

    BalasHapus
  25. aku dong habis nonton scarlet heart ryo terus nonton hotel del luna dan fix sekarang jadi fansnya IU..hua..ku sering mewek nonton drakor

    BalasHapus
  26. Ya ampuuuunn... ngebayangin itu gimana karyawan Hotel del Luna yang manusia itu ya. Udah tau kalau bekerja dengan para hantu masih bisa bertahan hehehe... idenya out of the box nih bisa menyatukan dua dunia dalam satu kisah.

    BalasHapus
  27. Bagus banget kisah horror nya bermakna dan ada life value nya...kirain Drakor itu cuma cinta2 and ternyata ada yg bermakna kyk gini..

    BalasHapus