Review & Sinopsis Reply 1994

reply-1994

Saking terkenalnya Reply 1988, orang mungkin lupa, atau bahkan nggak tahu bahwa Reply Series sebenarnya didahului oleh Reply 1994 yang rilis 2013 dan Reply 1997 yang diproduksi tahun 2012. 
Padahal kedua series Reply pendahulu ini sebenarnya juga nggak kalah apik dibanding Reply 1988. Ada kisah persahabatan, cinta kasih keluarga, romansa yang menggemaskan. 

Saya sendiri, jujur saja, malah lebih menyukai Reply 1994 dibanding Reply 1988 dan Reply 1997. Drama sepanjang 21 episode ini selama masa tayang juga terbilang sukses dan berhasil mendulang rating tinggi 

Beda dengan dua Reply lain yang lead female-nya diperankan oleh idol, Reply 1994 dibintangi Go Ara yang benar-benar seorang aktris. Karakter ketiga tokoh utama wanita di ketiga Reply Series ini sebenarnya mirip. Blak-blakan, lumayan tomboy, mudah naik darah alias gampang emosi tapi juga sangat tulus dan polos. 

Namun di mata saya, hanya Go Ara yang bisa menampilkan karakter “unik” itu dengan natural, tak berlebihan. Saya nggak bilang akting Hyeri dan Eun Ji jelek sih, tapi kalau dibanding Go Ara yang jelas beda banget ya. 

Di Reply 1994, Go Ara memerankan tokoh Sung Na Jung yang punya temperamen buruk. Nggak bisa dicandain sedikit langsung tendang, pukul, gigit. Barbar banget deh pokoknya. 

Tapi walau galak begitu, karakter Na Jung bikin kita mudah jatuh cinta. Selain cantik, mudah bergaul, dia juga perhatian dengan teman-temannya. Sangat mengesankan.

Hal lain yang saya sukai dari Reply 1994 adalah drama ini sudah langsung bikin ngakak dan gemas sejak episode pertama. Nggak seperti Reply 1988 yang harus ngikuti 4 episode dulu baru jatuh cinta. 

Yuk langsung baca sinopsisnya 

Sinopsis 

reply-1994

Seperti Reply 1997 dan Reply 1988, alur cerita Reply 1994 juga kilas balik. Dimulai dari masa kini, tahun 2013. Saat Na Jung dewasa tengah sibuk merapikan tempat tinggal barunya. Dia baru saja pindah ke sebuah apartemen di Sangam Dong, Mapo, Seoul. 

Hari itu, Na Jung dan suaminya mengundang teman-teman lama mereka untuk perayaan rumah baru. Sembari menunggu kedatangan suami Na Jung, yang identitasnya dirahasiakan, Na Jung dan Jo Yoon Jin (Min Do-hee) bernostalgia sambil menonton kaset video pernikahan Na Jung. 

Dari sanalah kilas balik kisah cinta Na Jung dan perjalanan hidupnya di masa kuliah dimulai. 

Tahun 1994…. 

Keluarga Sung yang terdiri dari ayah Sung Dong Il (Sung Dong Il) , ibu Lee Il Hwa (diperankan oleh Lee Il Hwa) dan Sung Na Jung (Go Ara) belum lama pindah ke rumah besar di Seoul. Mereka sebelumnya tinggal di Masan. 

Kepindahan Keluarga Sung ke Seoul sebenarnya karena urusan kerja Sung Dong Il yang dikontrak sebagai pelatih di tim baseball Seoul Twin. Berhubung rumah Seoul yang mereka tinggal ini lumayan besar, Keluarga Sung pun membuka kost buat beberapa mahasiswa dari kampung. Lantai bawah ditinggali oleh Keluarga Sung dan seorang mahasiswa Kedokteran tingkat 3, sementara lantai 2 ditempati oleh 4 anak kost. 

reply-1994

Dan inilah para penghuni Rumah Kost Shin Chon milik Sung Dong Il: 

Sung Na Jung 

reply-1994

Puteri dari Sung Dong Il, si pemilik kost. Mahasiswi tahun pertama jurusan Ilmu Komputer. Seperti yang diceritakan diatas, Sung Na Jung, perempuan tomboy yang lumayan barbar. Kalau kesal, dia nggak segan main fisik. 

Dia adalah puteri bungsu. Keluarga Sung sebenarnya memiliki 2 orang anak, tapi kakak Na Jung meninggal saat masih kecil sehingga kini Na Jung jadi anak semata wayang. 

Reply 1994 adalah cerita tentang percintaan Na Jung. Di tahun ini Na Jung memulai kisah cinta dengan lelaki yang kelak akan jadi suaminya. FYI, suami Na Jung adalah salah satu anak kost di Rumah Kost Sin Chon 

Sseuregi Oppa (Jung Woo) 

reply-1994

Sseuregi berarti sampah

Oppa yang satu ini dijuluki begitu karena kelakuannya yang super jorok. Bukan cuma malas mandi dan doyan pakai baju kotor, mahasiswa kedokteran ini juga nggak ragu makan makanan yang sudah jatuh. 

Saya sempat shock saat lihat Sseuregi Oppa mengeringkan wajah dan tangannya selepas mandi dengan menggunakan keset. Hiiiihhh jorok banget. 

Tapi kalau mengabaikan kelakuan joroknya, Sseuregi Oppa sebenarnya sosok lelaki yang loveable banget. Dia mahasiswa kedokteran dengan otak brilian yang disayang professor di kampus karena kecerdasannya. Dia punya insting melindungi yang kuat dan pandai memberi perhatian sederhana yang bikin hati meleleh. 

Awalnya Sseuregi Oppa ditampilkan seolah dia anak sulung Keluarga Sung. Tapi sebenarnya ia bermarga Kim. Ayah Sseuregi Oppa merupakan sahabat erat Sung Dong Il. Sseuregi Oppa sendiri bersahabat dengan mendiang anak sulung Keluarga Sung. Sejak kematian anak sulung Sung, Sseuregi Oppa kian akrab dan disayang oleh Keluarga Sung. Seolah dia adalah pengganti anak sulung mereka. 

Chilbong (Yoo Yeon Seok) 

reply-1994

Cowok ganteng ini sebenarnya bukan termasuk penghuni kost. Chilbong yang merupakan pemain baseball professional liga kampus adalah sepupu dari Binggeureu salah satu penghuni kost. 

Sempurna! Sepertinya itu kata yang tepat buat menggambarkan sosok Chilbong. Selain ganteng, dia juga pemain berbakat liga kampus yang jadi incaran tim nasional. Berasal dari keluarga kaya dan tumbuh besar di Seoul. Pribadinya juga sangat baik, nggak egois, ramah dan rendah hati. Pokoknya pujaan banget. 

Tapi, ia nggak punya banyak teman. Pasalnya ia jarang bisa bertemu dengan teman yang tulus menyayang dan menerima dia apa adanya. Kebanyakan orang di sekitar Chilbong memuja dia karena sederet kelebihannya. Ya karena Chilbong kaya, terkenal, ganteng, dan sebagainya. 

Orang yang paling akrab dengannya adalah Binggereu. Itu sebabnya dia bolak balik main ke rumah kost dan akhirnya jadi makin akrab dengan semua penghuni kost. 

Di rumah kost milik Sung Dong Il ini, Chilbong diperlakukan tulus selayaknya anggota keluarga. Makanya dia makin betah berkunjung ke rumah kost ini. Ditambah lagi, ia jatuh cinta pada Na Jung. Chilbong nantinya juga akan ikut kost di rumah keluarga Sung. 

Samcheonpo (Kim Sing Kyun) 

reply-1994

Tokoh ini adalah representasi mahasiswa udik yang berjuang supaya bisa beradaptasi dengan segala gegap gempita kota. 

Datang dari kota pesisir yang jauh dari Seoul, keluarga Samcheonpo sebenarnya merupakan keluarga yang terpandang dan kaya di kampungnya. Ayah Samcheonpo merupakan nelayan yang memiliki 3 kapal pengangkut ikan ukuran besar. 

Julukan Samcheonpo sendiri sebenarnya merujuk pada kampung halamannya. Tapi kekayaan orang kampung tetap saja dipandang sebelah mata oleh orang kota seperti Seoul. Samcheonpo kerap jadi tertawaan dan gurauan teman-temannya saking lugunya. Apalagi mukanya boros banget. Muka tua, tapi umurnya paling muda. 

Haitai (Son Ho-jun) 

reply-1994

Penampilan cowok yang satu ini paling eyecatching. Rambutnya di-blow keriting naik ke atas. Gayanya suka sok gaul, buat kamuflase supaya nggak kelihatan kalau dia anak daerah. Tapi percuma juga sih sebenarnya. Tetap aja dia dikenali sebagai orang daerah. 

Dia sekamar dengan Samcheonpo. Walau kepribadian mereka berdua sangat bertolak belakang dan selalu bertengkar diawal, duet Haitai dan Samcheonpo dalam Reply 1994 epik banget deh. Sama-sama ditolak masuk klub sampai bingung bareng waktu pesan di restoran cepat saji. Kocak. 

Binggereu (Baro) 

reply-1994

Mahasiswa Kedokteran tahun pertama. Cowok imut yang juga sepupu Chilbong ini merupakan adik tingkat Sseuregi Oppa. Dia punya ayah galak yang memaksanya masuk ke jurusan kedokteran. 

Saat kuliah, jiwa pemberontaknya timbul dan kian menggebu. Dia memutuskan buat cuti kuliah dan mencoba bidang musik. Sayangnya nggak berhasil dan akhirnya dia kembali kuliah kedokteran. 

Awalnya, saya mengira Binggereu punya orientasi seksual yang berbeda. Ya, bukan tanpa alasan sih, karena Binggereu menunjukan perhatian dan sikap yang berbeda pada Sseuregi Oppa. 

Tapi ternyata Binggereu hanya labil. Dan selama tahun pertamanya di Seoul, hanya Sseuregi Oppa yang selalu hadir buat menyemangati dan membantunya. Itu sebabnya Binggereu sangat memuja Sseuregi Oppa. 

Sampai akhirnya, tanah rantau dan berbagai peristiwa yang dia alami di Seoul membuat jiwanya bertumbuh dan jadi makin dewasa. Menemukan jodoh dan membangun klinik sendiri. 

Jo Yoo-Jin ( Min Do-Hee) 

reply-1994

Gadis mungil pendiam yang ternyata nggak kalah barbar dengan Sung Na Jung. Awalnya Yoo Jin adalah pribadi yang tertutup dan sangat pemalu. Satu-satunya yang membuat dia menonjol adalah antusiasmenya pada Seo Tai Ji & The Boys

Kalau mau tahu seberapa dahsyatnya fangirl masa lalu, tengoklah Yoo Jin. Hampir setiap hari dia menyambangi rumah Seo Tai Ji. Menunggu di depan rumah atau sekadar nongkrong di sekitar rumah Seo Tai Ji demi melihat sekilas idolanya. 

Saat Seo Tai Ji bubar, Yoo Jin sangat terpukul. Dia mengurung diri di kamar, nggak mau makan, nggak mau minum. Malah sempat terpikir buat bunuh diri. 

Sekilas, kita mungkin akan memandang fangirl macam Yoo Jin lebay. Memuja penyanyi kok sampai segitunya? Tapi drama ini nanti juga kasih penjelasan kok. Ada alasan mengharukan dibalik sikap Yoon Jin yang mengidolakan Seo Tai Ji. 

Nuansa romansa tahun 1994 

Beda dengan Reply 1988 yang lebih banyak bercerita tentang keluarga, nuansa romansa di Reply 1994 sangat mendominasi. Bikin baper sendiri. 

reply-1994

reply-1994

Rivalitas antara Sseuregi Oppa dan Chilbong yang memperebutkan Na Jung terasa banget. Bagusnya lagi, sutradara Sin Won Ho bisa menampilkan persaingan itu dengan sangat mulus. Kita nggak bakal melihat Sseuregi Oppa dan Chilbong berantem saling tonjok. Tapi saat keduanya berkumpul aura persaingan terasa banget. 

Kisah cinta penghuni kost lainnya juga nggak kalah manis lho. Selama kisah berjalan, sambil pelan-pelan dibuka tabir siapa yang menjadi suami Na Jung, kita juga akan disajikan kisah cinta tokoh-tokoh lainnya. 

reply-1994

Tentu saja ada cinta lokasi di rumah kost ini. Pasangan cinlok itu adalah Samcheonpo dan Yoo Jin. Rada bikin shock ya? Apalagi di episode-episode awal keduanya nggak pernah akur. 

Potret situasi sosial 

Reply 1994, sukses memotret situasi sosial dan berbagai trend di masa itu, mulai dari demam basket di awal dekade 1990-an. Krisis moneter yang juga ikut meruntuhkan ekonomi Korea Selatan 1997 hingga Piala Dunia 2002 yang digelar di Korea-Jepang dan berhasil membawa Korea menempati peringkat 4 pada saat itu. 

Berbagai peristiwa itu suka tak suka ikut mewarnai kisah para tokoh di Reply 1994. Ada Sung Dong Il yang bangkrut karena berinvestasi besar di perusahaan yang akhirnya bangkrut. Kepala keluarga Sung ini juga sempat kehilangan pekerjaan sebagai pelatih karena krisis moneter. Begitupula Sung Na Jung yang kehilangan pekerjaan pertamanya karena krisis moneter. 

Pokoknya drama ini baguslah. Kisah cinta bikin baper setengah mati. Mungkin ending-nya juga bikin sebagian orang kesal sih, karena suami Na Jung dianggap kurang ganteng. Hehehe

 Tapi kalau saya sih dari awal sudah dukung Na Jung jadian dengan calon suaminya itu. Mereka pasangan yang manis. Nggak selalu romantis sih, ada berantemnya juga, ada sedihnya juga. Tapi yang namanya pasangan kan memang seperti itu… 

Ah, pokoknya baguslah. Recommended buat ditonton. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

2 komentar

  1. Kayaknya masuk list wajib nonton ni Reply semua serinya. Saya sendiri emang agak susah hafalin nama-nama aktornya. Hanya hafal mukanya aja.

    Moga film ini jadi bahan menginspirasi dalam hidup.

    BalasHapus
  2. Hai mbak, aku suka bgt dgn reviewnya. Komplit dan enak dibaca👍😊😊.
    aku jg baru namatin drama ini, tdnya aku suka bgt sm reply 88, bgtu kelar 94 lgsg berubah haluan... krn di 94 ini paling komplit... bahkan aku nahan nangis banget pas scene “sseuregi oppa abis jelasin sakit bahunya chillbong trus mereka berdua ngobrol di lorong rumah sakit” dsitu kyk jelas bgt sseuregi ttp mau mereka temenan, aku pribadi agak nyesek sih ps chillbong ditemenin Na Jung pas sakit, krn cm tubuhnya aja nemenin tp hati dan pikirannya ttp ke Oppa. Endingnya ada dialog ttg bayar sewa yg ga boleh naik tp chillbong nyebut ga enak sama istrinya, dr semuanya cm istri chillbong yg ga ditampakin ya, apa cewe yg ditabrak pas beli ayam buat nonton bola bareng2 itu? Aku penasaran.

    BalasHapus