-->

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun

Desember 06, 2019

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun

Hidup nyaman dan mapan di usia senja adalah impian semua orang. Tak terkecuali saya. Saya bahkan punya gambaran masa tua seperti apa yang saya inginkan kelak.

Ya, saya ingin hidup tenang di rumah yang nyaman di kaki gunung. Setiap hari menjalani hidup dengan santai, melakukan hobi dan aktivitas yang ingin saya lakukan seperti menjahit, berkebun atau menulis yang nggak diburu oleh deadline. Lalu beranjangsana ke rumah rekan dan kerabat kapan pun saya inginkan. Yah, sesekali bolehlah ada anak dan cucu yang datang berkunjung dan bermain ke rumah.

Impian yang sederhana bukan?

Tapi belakangan saya baru sadar, bahwa mewujudkan impian masa tua yang sederhana seperti itu butuh persiapan. Bukan sekadar persiapan mendadak, tetapi persiapan jangka panjang.

Kehidupan pensiun adalah masa ketika besar pasak daripada tiang. Saat dana pemasukan lebih sedikit daripada pengeluaran rutin kita. Bukan begitu?

Itu sebabnya, agar masa tua bisa kita jalani dengan nyaman, bebas stres, ada baiknya kita juga mempersiapkan biaya untuk pengeluaran rutin kita di masa tua sejak sekarang. Syukur-syukur malah bisa memiliki pendapatan pasif di hari tua. Jadi meski setelah pensiun kita cuma leyeh-leyeh di rumah, uang tetap masuk terus ke kantong. Enak kan?

Jadi bagaimana dong cara mempersiapkan dana pensiun sejak sekarang?

1. Tentukan kapan mau pensiun 

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun
Ini merupakan langkah awal yang yang harus kita lakukan sebelum mempersiapkan dana pensiun. Tentukan dahulu di usia berapa kita mau pensiun. Dari sana kita bisa punya gambaran yang lebih jelas berapa lama waktu yang miliki untuk mempersiapkan dana pensiun. Sebut saja saat ini usia saya 36 tahun, lalu saya ingin pensiun di usia 65 tahun. Artinya saya hanya punya waktu 29 tahun untuk mempersiapkan dana pensiun.

2. Rancang besaran dana yang perlu disisihkan tiap bulan untuk persiapan dana pensiun 

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun
Setelah mengetahui waktu yang kita miliki untuk mengumpulkan dana pensiun, kita baru mulai merancang berapa nilai dana yang perlu kita kumpulkan tiap bulan untuk memenuhi kehidupan impian masa tua kita. Untuk itu, kita juga perlu memperkirakan pula nilai inflasi dan biaya kesehatan.
Membuat rancangan dana pensiun ini memang tidak mudah, karena itu kalau memungkinkan coba minta bantuan dan saran ahli keuangan untuk membantu perhitungan.

Atau bisa juga dengan menggunakan fitur financial calculator seperti yang disediakan Sequis.co.id. Dengan fitur ini kita cukup mengisi dan menjawab pertanyaan, dan sistem akan membantu menghitung perkiraan dana yang perlu dikumpulkan. Kalau masih butuh saran, tinggal hubungi Sequis Personal Assistant untuk membantu.
Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun

3. Mulai tentukan instrumen yang tepat untuk mempersiapkan dana pensiun 

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun
Ada banyak pilihan instrumen yang bisa kita pilih untuk mempersiapkan dana pensiun.

  • Reksadana dan saham. Mempersiapkan dana pensiun dengan berinvestasi pada saham dan reksadana bisa jadi pilihan yang baik mengingat pensiun adalah kebutuhan jangka panjang. Dengan berinvestasi pada instrumen seperti saham, imbal balik yang kita dapatkan bisa lebih besar ketimbang menyimpan uang dengan cara konvensional, seperti menabung di bank. Tapi sebelum itu, pelajari dengan cermat portofolio saham yang ingin kita beli, dan perlu diingat, bahwa investasi seperti ini meski menjanjikan keuntungan besar juga memiliki resiko yang besar pula. 
  • Asuransi Dana Pensiun. Mempersiapkan dana penisun melalui asuransi juga bisa jadi pilihan bila kita ingin mengumpulkan dana pensiun dalam waktu yang relatif cepat. Saat ini ada banyak produk asuransi untuk pensiun seperti Asuransi Retirement Life Plan dari Sequis yang memiliki manfaat uang pertanggungan bagi tertanggung dan keluarga berdasarkan plan yang dipilih. Di Asuransi Retirement Life Plan, masa pertanggungan asuransi dan usia maksimum pertanggungan bisa mencapai 100 tahun. Untuk detail lengkap mengenai manfaat Asuransi Retirement Life Plan bisa langsung ke situs resminya ya. 

4. Lunasi utang sebelum pensiun 

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun
Pastikan kita bisa melunasi semua cicilan selambat-lambatnya 4 tahun sebelum masa pensiun. Dan usahakan pula jangan berutang saat pensiun karena itu akan menambah beban biaya hidup, apalagi kalau kita tidak memiliki pemasukan rutin lagi.

5. Persiapkan dana darurat 

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun
Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.Tapi tidak ada salahnya bila kita memikirkan skenario terburuk kehidupan supaya persiapan yang lakukan lebih matang. Bukan begitu?

Karena itu selalu sisihkan dana darurat setiap bulan. Nilai ideal dana darurat yang harus tersimpan sebenarnya sebesar 3 kali dari pengeluaran bulanan kita. Nah, di masa pensiun, prinsip menyisihkan uang untuk dana darurat ini juga harus diteruskan. Supaya kita punya cadangan dana kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Usahakan untuk memisahkan dana darurat ini dari dana kesehatan ya. Kalau urusan dana kesehatan di masa pensiun, akan lebih baik kalau kita memanfaatkan asuransi kesehatan.

6. Berkomitmen dan Konsisten 

Cara Praktis Mempersiapkan Dana Pensiun
Rencana yang bagus dan rapi tidak ada artinya kalau kita tidak konsisten dan berkomitmen tinggi dalam menjalankannya. Jadi setelah rencana persiapan dana pensiun tersusun matang, mulailah konsisten menjalankannya. Selain itu berlatihlah untuk tidak terlalu konsumtif, agar uang yang kita hasilkan hari ini tidak terbuang percuma dan berujung penyesalan.

So, sudah punya gambaran kan mau menghabiskan masa tua seperti apa? Yuk mulai kita persiapkan dari sekarang, supaya tidak menyesal dan menjadi beban di kemudian hari.

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

1 comments

  1. waduh bener juga sih harus mikirin pensiun muda ya ,,biar bisa nikmatin waktu juga

    BalasHapus