REVIEW:PURE PAPAYA OINTMENT by Phytocare

4:37 PM

Sampai beberapa bulan lalu, saya mengira pepaya cuma baik dikonsumsi untUuk mengatasi sembelit. Sama sekali tidak terpikir kalau buah pepaya ternyata juga punya manfaat lain selain dari bikin lancar saluran cerna. Lebih tepatnya, manfaat untuk untuk kulit. Konon pemanfaatan buah pepaya untuk kulit dan kecantikan ini sebenarnya bukan hal baru. Khasiat pepaya untuk kesehatan kulit malah sudah dikenal sejak lebih dari 1 abad lalu. Saya aja yang kurang ilmu.

Jadi ceritanya, beberapa bulan lalu saya berkesempatan mencoba sampel produk Pure Papaya Ointment by Phytocare. Dan sesuai namanya, salah satu kandungan utama produk ini adalah pepaya. Persisnya sih fermentasi papaya. Ditambah dengan beberapa bahan alami lain seperti Shea butter, Macadamia oil, ekstrak Calendula dan bahan alami lainnya.

Tiap bahan memiliki fungsi sendiri untuk kesehatan kulit.

  • Bunga Calendula, dapat memperbaiki jaringan kulit akibat luka ringan 
  • Shea Butter, untuk melembabkan kulit 
  • Macadamia Oil, memiliki khasiat merawat, mengencangkan dan melindungi kulit 
  • Buah Pepaya, mengandung antioksidan yang dapat menjaga sel kulit dari serangan radikal bebas dan mempertahankan kekenyalan kulit. 


Diklaim sebagai produk yang menggunakan 100% bahan alami, Pure Papaya Ointment by Phytocare ini aman banget buat digunakan oleh segala usia, mulai dari bayi hingga lansia. Bahkan untuk orang-orang dengan kulit sensitive pun, tidak masalah.

Kok bisa gitu?

Ini alasannya :

  1. Bebas Gluten. Ya, selain menggunakan 100% bahan natural, Pure Papaya Ointment juga bebas dari kandungan gluten. Pada beberapa orang, kandungan gluten bisa mengakibatkan iritasi seperti gatal, kemerahan hingga iritasi. 
  2. Petrochemical Free. Kandungan petrokimia pada produk kulit membuat kulit sulit bernafas. Pada pemakaian jangka panjang dan tanpa penanganan lain seperti pembersihan yang benar, kandungan petrokimia justru berdampak negative untuk kulit 
  3. Bebas Bahan Pengawet 
  4. Palm Oil Free dan Not Tested on Animals. 


FYI, Pure Papaya Ointment by Phytocare ini merupakan produk asal Australia. Di Negara Kanguru itu, pemanfaatan fermentasi papaya untuk kulit sudah sangat popular. Nah, sekarang mereka juga mulai memperkenalkan produknya ke Indonesia.

Menurut produsennya, Pure Papaya ini memiliki banyak sekali manfaat. Bisa dibilang, ini salep multifungsi lah gitu.

  1. Untuk menghilangkan stretch mark pasca melahirkan 
  2. Mengatasi kulit mengelupas pada newborn 
  3. Mengatasi ruam popok 
  4. Mengatasi puting susu yang lecet atau luka akibat menyusui 
  5. Mengatasi over sensitivitas kulit setelah perawatan di klinik kecantikan 
  6. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah 
  7. Mengatasi kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah 
  8. Perawatan kulit setelah tattoo 

Oke, sudah kelar baca klaim-klaimnya sekarang coba kita review ya……

Kemasan 

Pure Papaya Ointment by Phytocare ini dikemas dalam bentuk tube berwarna hitam doff, dengan tutup ulir. Bagian depan tertulis merk dan logo. Lengkap dengan embel-embel “For Everything” sekedar buat menegaskan kalau salep ini memang multifungsi, bisa dipakai buat macam-macam.

Nah, dibagian belakangnya tertulis kegunaan dan ingredients lengkapnya. Kemasanya memang agak penuh dengan tulisan sih, kentara banget produsen sengaja menampilkan informasi sebanyak-banyaknya tentang keunggulan produk ini. Maklumlah, karena Pure Papaya Ointment ini memang nggak dilengkapi dengan kotak kemasan lagi. Jadi semua keterangan produknya langsung dipajang di kemasan tubenya.

Pure Papaya Ointment by Phytocare ini tersedia dalam 3 ukuran, yaitu 25 gram, 100 gram dan 200 gram.

Tekstur 

Teksturnya amat sangat creamy, cenderung padat sih kalau menurut saya. Agak menguntungkan sebenarnya,karena kita jadi lebih mudah mengatur pemakaian. Tapi begitu bersentuhan dengan kulit bisa langsung lumer gitu. Jadi nggak repot juga mengaplikasikannya. Sama seperti memakai cream kulit begitulah, langsung dibalurkan saja ke area yang membutuhkan.

Biasanya saya aplikasikan saat kulit masih lembab, seperti setelah mandi begitu. Lembab tapi kering ya, jangan saat masih ada basah. Menurut saya, dalam kondisi kulit yang lembab begitu, penyerapannya jadi lebih optimal. Krimnya jadi makin mudah dibalurkan dan lebih hemat juga pemakaiannya.

Cream ini agak kuat aroma beeswax-nya. Tapi nggak ganggu sama sekali karena baunya langsung hilang begitu dipalikasikan ke kulit. Warnanya agak sedikit kekuningan waktu pertama kali dikeluarkan tapi setelah diratakan ke kulit, langsung bening. Berasa berminyak dan lengket sedikit gitu ya. Tapi, kalau buat saya nggak masalah sih. Lebih sering dipakai saat mau tidur soalnya.

My Impression 

In my personal honest opinion, ini adalah salah satu krim ajaib yang serbaguna. Kalau pakai istilah Suhay Salim sih, I highly highly recommend this one lah. Saya sudah coba aplikasikan untuk semua masalah kulit yang saya alami. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Hasilnya nggak ada yang mengecewakan tuh.

Pertama, saya coba pakai buat mengatasi bibir kering. Lantaran sempat kerajingan pakai lip cream, bibir saya mulai protes uh. Kering dan agak pecah. Saya pakai Pure Papaya 3 hari berturut-turut saja, masalah bibir saya sudah teratasi.

Lalu, saya pakai juga untuk kulit kaki yang kasar dan pecah-pecah. Ih, ini sih masalah saya sejak bertahun-tahun. Nggak tahu kenapa nih kulit kaki sensitive banget. Kena debu sedikit terus pecah-pecah. Dulu bisa diatasi dengan pakai kaos kaki setiap hari. Tapi lama-lama kan risih. Nah, saya pakai krim ini di kaki tiap malam saat mau tidur, dan hasilnya membuat terperangah.

Menurut saya sih, krim ini bekerja 10 kali lebih ampuh dari krim kaki lain yang pernah saya pakai. Jadi agak kenyal juga sih kulit kakinya. Enak aja gitu, kulit kaki berasa lembab.

Saya juga pakai Pure Papaya Ointment untuk wajah. Saya pakai jelang tidur, dan besok paginya kulit berasa agak kenyal dan lebih lembab. Bagus lah. Cuma emang pas dipakai berasa agak lengket dan kelihatan berminyak ya. Jadi mungkin emang enaknya dipakai saat mau tidur aja. Ini juga bagus buat kulit yang gosong karena terpapar sinar matahari lho. Jadi agak adem aja kulitnya, dan rasa clekit-clekit nya hilang.

Pernah juga saya aplikasikan untuk mengatasi bruntusan di kulit Narend. Maklumlah ya. Itu bocah kan kulitnya emang rada sensitive, kena keringet sendiri aja langsung bruntusan. Apalagi, kalau sembarangan pakai sabun. Hasilnya ternyata oke juga tuh, beruntusannya cepat hilang dan nggak gatal lagi. Dalam 3 kali pemakaian, kulitnya mulai mulus. Saya masih terus memakai Pure Pepaya buat Narend tiap kali dia selesai mandi, buat perawatan biar kulitnya mulus terus aja.

Nah, yang paling bikin saya berkesan adalah, ternyata Pure Papaya Ointment by Phytocare ini ternyata juga bagus buat mengatasi luka bakar ringan, seperti misalnya terkena cipratan minyak panas.

Jadi ceritanya,waktu itu lagi masak. Goreng ini, goreng itu. Dan entah bagaimana kenalah itu cipratan minyak panas. Sebenarnya sih biasa kan buat emak-emak yang sibuk di dapur kena cipratan minyak panas. Tapi saat itu, cipratannya lumayan banyak, lebar pula di pergelangan tangan. Amboooiiiii sakitnya nggak ketulungan. Berasa perih, panas dan nyelekit-nyelekit gitu.

Apes, saya juga nggak sedia obat apapun di rumah buat mengatasi luka bakar. Berasa nothing to lose, saya coba aplikasikan pure papaya ointment. Eh, ternyata manjur juga. Perihnya hilang. Terasa agak adem, mungkin krim ini memang ada efek mendinginkan gitu ya. Atau mungkin juga karena ada kandungan calendula? Bekas lukanya juga nggak membengkak dan merah. Langsung kempes aja. Hanya kelihatan agak menghitam seperti gosong setelah beberapa lama kemudian.

Kemudian saya aplikasikan dua tiga kali setelah pemakaian pertama. Ternyata nggak lama kemudian hilang tuh nggak berbekas. Nggak ada bekas kulit yang terkelupas dan penampakan kulit baru yang putih-putih itu. Kelihatan kayak nggak pernah kena apa-apa aja. Kok bikin takjub ya? Dan lukanya benar-benar cepat hilang lho. Saya lagi mikir kalau buat menghilangkan bekas jerawat bisa juga nggak ya?

Sayang sih waktu itu nggak terpikir untuk foto juga. Ya iyalah, lagi sakit mana kepikiran buat ambil gambar.

Repurchase? 

Iya lah! Harganya memang lumayan sih. Kalau nggak salah untuk kemasan 25 gram dibanderol sekitar Rp 125K. Tapi sepadanlah untuk sebuah produk yang multifungsi begini.

Minusnya sih, produk ini belum beredar luas di apotek atau toko-toko. Kalau mau beli bisa melalui akun Instagram (@purepapaya.id) dan Facebook Fanpage nya .

 Semoga jadi tambah tahu ya

You Might Also Like

7 comments

  1. ini cocok gak dengan bibir cowo?

    BalasHapus
  2. Krimnya multifungsi gitu ya... :o Boleh nih buat punya2 daripada pakai petroleum jelly. Makasi sharingnya mbak wied :D

    BalasHapus
  3. Ini mah ratjun huhuhu apalagi kulit kakiku ini pecah-pecah dikit dan kering, jadi mupeng dah baca reviewnya maak

    BalasHapus
  4. Boleh juga ini buat dicobain secara komposisinya ramah buat kulit dan juga multifungsi.

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    BalasHapus