Kimchi Resto : Icip-icip Kuliner Korea di Solo

3:37 AM

Korean fever makin merajalela!! Serius deh, nggak cuma anak muda aja yang kena dampak Hallyu. Bahkan Oma nya Narend yang umurnya sudah lebih dari setengah abad pun, ikut-ikutan demam kalau lihat drama korea. Pernah tuh saya pergokin si Oma begadang semalaman gara-gara nonton drakor. Sampai dibela-belain gitu deh.

Sahabat-sahabat saya juga begitu, suka panas dingin kalau ngeliat artis-artis Korea yang mulusnya nggak ketulungan. Saya sendiri, nggak begitu-begitu amat sih kalau lihat drakor. Sama artisnya juga cuma kenal beberapa. Paling-paling Lee seung Gi, Choi Daniel, Soo Ji Sob, Song Jong Ki, Lee Min Hoo, Kim Woo Bin, Won Bin, Jang Dong Gun, Jang Hyuk, terus….. Lho ternyata lumayan banyak ya?

Tapi kalau lihat skin care dan kosmetik Korea. Haduh gatal deh tangannya, pengen buru-buru ngerogoh kocek suami buat ngeborong.

Luar biasa deh Korean fever ini!

Ternyata ya, efek sering nonton drama korea, film korea, dengerin lagu korea, dan nyobain skin care dan make up Korea bikin saya jadi penasaran juga pengen nyicip makanan Korea. Nah, makanya waktu teman-teman blogger Solo pada ngajakin icip-icip kuliner Korea, saya langsung iyain aja nggak pake mikir dua kali.
Sebenarnya ada beberapa resto yang menyediakan kuliner Korea di Solo, tapi kami memutuskan untuk mengunjungi satu yang paling banyak direkomendasikan ini, namanya Kimchi Resto. Dari namanya aja langsung ketahuan ya kalau resto ini memang menyajikan khusus masakan korea.

Lokasinya nggak susah lah dicari. Persis di pinggir jalan besar, ada papan nama segede bagong di atasnya. Suasana Kimchi Resto cozy banget, mungkin karena penataan dan pencahayaannya yang warm gitu ya. Asyik deh kalau buat rumpi-rumpi dengan teman se-genk atau pasangan. Tapi kalau lihat dari ukuran meja-meja yang tersedia sih, sepertinya resto ini memang pas kalau buat kumpul rame-rame.

Namanya juga restoran korea, makanan yang tersedia juga tentu makanan korea ya. Yang namanya aja susah dilafalin. Untung waiter/ waitress nya baik sih, jadi kita bisa dibantu untuk memilih sajian yang kita mau, plus daftar menu nya juga dilengkapi dengan penjelasan.

Sudah sejelas itu pun, kami masih juga bingung menentukan menu yang ingin dipesan. Maklum, makanan korea memang agak asing buat kita. Terbiasa makan tengkleng ama cabuk rambak sih….. Akhirnya diputuskanlah untuk memesan beberapa menu. Sengaja berbeda-beda supaya bisa saling cicip.

1. Budae Jeongol 

Konon ini salah satu menu andalan Kimchi Resto yang asyik disantap rame-rame. Berupa sup dengan bumbu gochujang yang direbus dalam panci besar. Disajikan bersama tteokbokki, sosis, daging sapi, kornet, jamur, tofu dan ramyeon.

Bahan-bahan ini dimasukkan satu persatu dan direbus bersama dalam panci. Bukan cuma isinya aja yang rame, rasanya juga rame banget, ada pedas, asam, gurih. Ngeblend jadi satu. Kalau buat lidah saya sih cocok. Segar dan memuaskan lidah gitu. Kalau terbiasa dengan masakan kaya rempah, pasti suka dengan sup ini.

Harga : 105K untuk berempat

2. Dak Galbi 

Ini menu rame-rame andalan lain yang recommended banget buat dicoba. Berupa fillet ayam yang sudah dibumbui. Disajikan bersama sayuran. Untuk menyantapnya, kita perlu memasaknya lagi di kompor yang sudah disediakan. Saya suka ini. Bumbunya meresap ke dalam daging karena sebelum dimasak sudah dibumbui terlebih dulu.

Harga : 80K bisa untuk bertiga

3. Korean BBQ Rice 

Berupa tenderloin yang diolah dengan Korean brown sauce disajikan dengan jamur, jagung manis dan nasi putih. Disajikan dengan hot plate. Panas dari hot plate ini mematangkan daging sekaligus membuat Korean brown sauce-nya meresap ke dalam daging.

Untuk ukuran lidah saya sih, menu ini sedikit kurang spicy. Tapi cukup aman deh buat anak-anak atau mereka yang nggak suka makanan yang terlalu berempah.

Harga : 30K

4. Rabokki 

Menu ini perpaduan ramyeon dan tteobokki. Enak banget kalau disantap hangat. Dan ukuran porsinya lumayan gede kalau buat saya sih. Beneran bikin kenyang.

Harga : 35K

5. Korean Fried Chicken 

Biasa makan ayam goreng? Cobain deh ayam goreng khas korea ini. Digoreng bersama bumbu khas ala Kimchi Resto dan disajikan dengan taburan wijen. Porsinya kelihatan kecil sih, tapi cukup mengenyangkan kalau disantap bersama semangkuk nasi putih.

Harga : 28K

6. Dolsot Bibimbap 

Ini sih nasi campur ala korea. Yang sering nonton drama korea pasti familiar dengan menu ini. Nasi putih yang tersaji dalam mangkuk batu dengan sayuran, potongan daging dan telur diatasnya. Untuk menyantapnya harus diaduk dulu sampai semua tercampur jadi satu. Enak juga.

Harga : 30K

7. Dubue Jjigae 

Sup tahu yang dimasak dengan perpaduan bumbu doenjang dan gochujang. Berisi potongan daging, udang, bakso ikan.

Kalau merujuk Wikipedia, Doenjang adalah bumbu khas korea yang merupakan hasil fermentasi kedelai. Sementara gochujang adalah pasta cabai khas korea yang dbuat dari beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi. Rasanya, tentu saja pedas dengan sedikit sensasi manis.

Dua bumbu korea ini serasi banget saat dikombinasikan. Doenjang memberi rasa gurih dan gochujang menghasilkan pedas dan sedikit manis bersamaan. Puassss banget makannya. Menu ini sebenarnya bisa untuk 2 orang, tapi saya habisin sendiri tuh, saking doyannya.

Harga : 35K

8. Special Dessert 


Bukan cuma makanannya yang bikin kepincut, menu dessert-nya juga bikin ngiler nih. Ada Patbingsu, Ice Gwangju dan Ice Myeong Dong. Semua dibanderol Rp 20K.
Ice Gwangju


Ice Myeong Dong

Patbingsu


Green Tea Frappe
Sebenarnya ada beberapa menu lain yang jadi andalan sih seperti Rolling cheese,berupa Korean chicken wings yang disajikan dengan tambahan keju mozzarella, Beef Bulgogi dan Dak Galbi Cheese Ramyeon. Sayang kami sudah terlalu kenyang, jadi urung mencicipi.

Nah, kalau pengen mencoba makanan korea di Solo bisa langsung mampir ke Kimchi Resto di Jalan Veteran 190 Tipes Solo (POM bensin Tipes ke arah timur 200 meter). Buka mulai jam 11 siang sampai 11 malam.

Buat yang muslim, nggak perlu risau deh. Hidangan Kimchi Resto dijamin halal. No Beer! No Pork. No Sake Korean seperti makgeolli dan soju. Musholla juga tersedia di lantai 2 restoran ini. Seluruh ruangannya ber-AC dan free wifi. Aiih asyik kan rumpi-rumpi di Kimchi Resto.

Semoga jadi tahu ya. Jangan lupa kalau mau mampir sana ajak-ajak kita.

You Might Also Like

2 comments

  1. Mbak Wid, kapan2 ajak Narend juga kesini. Desertnya enak semua ya kemarin. Aku ngabisin bagianmu :((.
    Aku plg suka yg Bbb rice. Pas di lidah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks iya. Leci udah di eman2, malah diembat 😭😭😭

      Hapus