Ini Perbedaan dan Ciri Khas dari Aneka Soto di Indonesia

aneka-soto-di-indonesia

Indonesia adalah negara yang dilimpahi kekayaan kuliner. Mulai dari Sabang sampai Merauke, negara kita mempunyai ciri khas makanan masing-masing di setiap daerahnya. Salah satunya soto. Soto merupakan makanan khas Indonesia yang ternyata memiliki varian yang beragam. 

Aneka soto di Indonesia dilatarbelakangi oleh daerah asal soto itu diracik dan disajikan. Seperti soto betawi, soto medan, soto solo, soto mie bogor, soto lamongan, soto kudus, dan masih banyak lagi. Penasaran kan tentang perbedaan dan ciri khas aneka soto di Indonesia? Yuk simak kelanjutannya di bawah ini! 

Aneka Soto di Indonesia, Ciri Khas, dan Perbedaannya

1. Soto Medan 
Untuk Soto Medan, ciri khas yang membedakannya dengan soto dari berbagai daerah lain adalah kuah santannya yang cukup kental. Sajian utama dari Soto Medan biasanya menggunakan daging sapi, daging ayam, hingga udang. Menariknya, kedai Soto Medan menambahkan perkedel kentang, emping, telur, tomat, tauge, dan bihun ke dalam porsi sotonya. Dengan begitu, Soto Medan dengan mudah dibedakan dengan sajian soto-soto lainnya. 

2. Soto Betawi 
Soto Betawi memiliki sedikit kesamaan dengan Soto Medan, yakni kuahnya yang cukup kental juga. Namun, kuah Soto Betawi rasanya gurih dan memiliki aroma yang menggiurkan karena dicampur dengan cengkeh, kapulaga, dan pala. Rempah-rempah yang hanya digunakan pada sajian kuah Soto Betawi. Isian dari Soto Betawi dilimpahi oleh jeroan, tak lupa dengan tambahan tomat, kentang, emping, dan daging sapi. 

3. Soto Solo 
Soto Solo mampu dibedakan dan dikenali ciri khasnya lewat kuahnya yang bening, tidak seperti soto lain yang memiliki kuah berwarna atau bahkan kental. Pembuatan Soto Solo juga masih secara tradisional dimasak di kuali. Isian dari Soto Solo biasanya daging ayam, bihun, taoge, dan nasi yang telah dicampur ke dalam satu mangkuk soto. 

4. Soto Mie Bogor 
Soto Mie Bogor memiliki ciri yang khas karena isian mi yang sangat menonjol. Kuah dari Soto Mie Bogor mirip dengan Soto Solo, hanya saja isinya begitu membedakan kedua aneka soto tersebut. Soto Mie Bogor memiliki isian mi, risoles, bihun, kol, babat, kikil, dan daging. 

aneka-soto-di-indonesia

5. Soto Lamongan 
Soto Lamongan membedakan dirinya dengan aneka soto yang lain menggunakan bubuk taburan koya pada mangkuk porsinya. Dengan kuah bening dan gurih serta taburan koya, Soto Lamongan dikenali. Untuk sajiannya, Soto Lamongan dilengkapi dengan daging ayam irisan, bihun, dan kol. 

6. Soto Kudus 
Jika kamu biasanya melihat sajian soto dengan mangkuk besar, Soto Kudus disajikan menggunakan mangkuk yang berukuran kecil. Isian utama dari Soto Kudus adalah daging ayam dan daging sapi, dilengkapi dengan taoge, seledri, dan bawang merah atau putih yang digoreng. 

Nah, sudah jelaskan apa yang membedakan aneka soto di Indonesia tadi? Bukan hanya dari kuah, perbedaan dan ciri khas dari soto-soto yang ada di Indonesia bisa juga terletak di isiannya lho! 

Cara Membuat Soto di Rumah 

Untuk kamu yang ingin mencoba membuat sajian soto dengan versinya sendiri, kamu boleh simak baik-baik tulisan di bawah ini, ya! Di kondisi pandemi seperti sekarang, ada konsekuensi yang cukup berat jika kita bepergian ke luar. Jangan sedih, resep soto di bawah ini kiranya dapat membantu kamu menghilangkan kerinduan mencicipi soto. 

aneka-soto-di-indonesia

Bahan:
 
  • 4 potong ayam yang sudah dibersihkan 
  • Irisan sayur kol secukupnya 
  • 2 bungkus bihun 
  • 1 daun bawang 
  • Daun seledri secukupnya (opsional) 
  • 1 buah tomat 
  • 8 buah cabai 
  • 1 buah telur rebus 
  • Bawang goreng secukupnya 
  • 5 buah bawang putih, merah, dan kemiri 
  • 1 ruas jahe, lengkuas, dan kunyit 
  • 2 lembar daun salam dan jeruk 
  • 1 serai geprek 
  • 1 bumbu rasa ayam 
  • Lada bubuk 
  • Minyak secukupnya 

Langkah: 
  1. Rebus daging ayam dengan air secukupnya 
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan lengkuas 
  3. Angkat daging ayam, simpan air rebusannya untuk dijadikan kuah soto 
  4. Masukkan minyak dan tumis bumbu halus, serai, daun salam, daun jeruk, dan serai geprek hingga halus. 
  5. Saring air rebusan ayam tadi lalu masukan ke dalam bumbu yang sudah ditumis tadi, masukan merica, bumbu rasa ayam, gula (koreksi rasa) 
  6. Goreng daging ayam yang telah direbus, angkat dan tiriskan kemudian iris daging ayam. 
  7. Rebus cabai, angkat kemudian haluskan dan sisihkan 
  8. Potong tomat, daun bawang, dan seledri 
  9. Masukkan bihun, kol, tomat, daun bawang, dan irisan daging ayam ke mangkuk bersih 
  10. Cicipi kuah, jika dirasa cukup dan matang, siram kuah tersebut ke dalam mangkuk berisi yang telah diisi. 
  11. Taburkan bawang goreng, daun seledri, dan sambal. tambahkan potongan telur matang dan jeruk sebagai pelengkap. Hidangan sudah siap. 

aneka-soto-di-indonesia

Begitu kira-kira resep untuk membuat aneka soto di Indonesia dari dapur rumah kamu, dan jangan lupa untuk menggunakan santan kemasan SASA untuk melezatkan makanan yang kamu buat. 

Selamat menikmati dan mencoba! 

2 comments

  1. Awalnya aku fans berat soto solo dan soto bening boyolali, tapi setelah mencicipi soto betawi langganan istri di Bekasi, ternyata ketagihan juga heheheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto betawi tuh enak. Tp blom nemu jualan soto betawi yg enak di solo

      Delete