Moms, Pertimbangkan 5 Hal ini Saat Mau Membeli Rumah

3:37 PM

Senyaman-nyamanya tinggal di rumah orangtua atau mertua, memiliki rumah sendiri tentu jadi impian setiap keluarga baru. Terutama buat kita, para ibu rumah tangga. Rumah sendiri berarti kita bebas membuat aturan sendiri, bebas menentukan warna cat apa yang kita mau, dekorasi seperti apa yang kita suka, hingga merk kompor dan kulkas yang kita inginkan.

Tapi memilih dan membeli rumah sebenarnya tidak sesederhana itu kan? Selain mempertimbangakan biaya yang harus dikeluarkan, ada banyak pertimbangan lain yang juga harus kita pikirkan masak-masak. Wajar lah ya, karena kita kan mengharapkan rumah bukan hanya sebagai tempat istirahat, tapi juga tempat yang ideal untuk membangun keluarga bahagia, membesarkan anak-anak dan syukur syukur bisa buat investasi jangka panjang, warisan berharga buat anak nantinya.

Jadi pertimbangan apa sih yang harus kita pikirkan saat membeli rumah?

Ramah anak 

Sepertinya layak kalau saya tempatkan poin ini sebagai pertimbangan utama saat kita mau membeli rumah. Ibu-ibu mungkin sepakat, membesarkan anak di zaman sekarang tuh banyak banget tantangannya. Dan tinggal di hunian dan lingkungan rumah yang ramah anak setidaknya bisa bikin kita sedikit lebih tenang saat melepas anak bermain di area rumah atau luar rumah.

So, kita butuh lingkungan dan rumah yang kondusif buat mendukung tumbuh kembang anak. Misalnya nih tersedia halaman yang cukup di rumah buat area bermain anak. Ada taman publik di dekat rumah yang bisa jadi area bermain sekaligus tempat anak bersosialisasi dengan teman sebaya. Ini agak sulit dipenuhi di hunian kawasan urban karena keterbatasan lahan. Kalaupun ada, lokasi dan keamanannya seringkali nggak memadai.

Eh tapi ada juga ding hunian di kawasan urban yang menyediakan fasilitas publik dan rumah ramah anak, misalnya Perumahan Citra Maja Raya, Banten. Kawasan permukiman yang dikembangkan oleh Ciputra Group ini menyediakan banyak tipe rumah dengan desain yang ramah lingkungan dan ramah anak. Tiap rumah dilengkapi halaman yang cukup lega sebagai area bermain si kecil.

Ada dua tipe rumah yang disediakan, tipe Rumah Sederhana (RS) dan Real Estate (RE) (lihat ilustrasi).


Bisa dilihat kan ketersediaan halaman yang memadai di tiap-tiap tipe rumah? Nah untuk kawasan hunian tahap satu ini konon sudah laku terjual lebih dari 7.000 unit hanya dalam 11 hari lho. Fantastis! Sekarang Rumah Maja kembali memasarkan kawasan residensi tahap 2 di lahan seluas 340 hektare.

Berwawasan Lingkungan 

Kita kerap mengambinghitamkan pembangunan sebagai penyebab bencana. Hmmm saya tidak sepenuhnya setuju dengan opini itu. Nyatanya, selalu ada cara bijak agar kebutuhan kita terhadap permukiman bisa sejalan dengan kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan memilih permukiman yang berwawasan lingkungan, seperti yang diupayakan pengembang Ciputra Residence melalui pembangunan perumahan Citra Maja Raya di Lebak Banten.

Eco Culture, begitu konsep pembangunan Rumah Maja ini. Eco Culture adalah konsep pengembangan kota yang ramah lingkungan. Sederhananya, kita bisa lihat ada alokasi sekitar 30 % dari total lahan yang diperuntukan sebagai kawasan hijau. Soal pembangunan berkonsep Eco Culture ini, Ciputra Residence sudah berpengalaman saat mengembangkan Citra Raya Tangerang.

Seperti dikutip melalui situs resmi ciputra.com, Budiarsa Sastrawinata, Direktur Ciputra Grup menyebut mereka telah mengadopsi konsep Eco Property untuk pengembangan kawasan Citra Raya Tangerang. Konkritnya, mereka mulai memanfaatkan energi matahari dan biogas dari pengolahan sampah untuk kebutuhan listrik fasilitas publik.

Fasilitas umum lengkap 

Siapa yang nggak suka punya rumah yang dekat dengan sekolah, rumah sakit, pasar, wahana olahraga, dan fasilitas hiburan yang lain? Syukur-syukur kalau dekat tempat kerja juga. Enak kan, nggak perlu menghabiskan banyak ongkos dan tenaga. Maka, saat memilih rumah, penting banget untuk mempertimbangkan kelengkapan fasilitas umum di sekitarnya.

Kalau di Rumah Maja sih nggak perlu diragukan lagi ya. Kawasan ini memang sengaja dikembangkan sebagai kota mandiri kok, makanya segala kebutuhan fasilitas umum juga sudah dirancang dengan baik. Setidaknya 20% dari total luas lahan 2.000 hektare dialokasikan untuk pembangunan fasilitas umum, sosial dan komersil. Lebih dari cukup kan?

Kemudahan transportasi publik 

Ah punya kendaraan sendiri kok, ngapain mikirin akses transportasi publik? Eh jangan salah ya. Mengendarai mobil atau motor sendiri nggak selalu nyaman lho. Apalagi kalau kita harus beraktivitas di kawasan padat. Macet, boros bahan bakar, dan itu bikin tekor. Solusinya? Ya manfaatkan transportasi publik dong. Kita bisa berkontribusi mengurangi kemacetan, dan pemborosan bahan bakar.

Tinggal di permukiman dengan dukungan fasilitas transportasi yang terintegrasi pasti akan sangat membantu. Seperti kalau kita tinggal di Citra Maja Raya. Karena niat awal dibangun sebagai Kota Mandiri sekaligus penyangga kawasan industri di Banten, Rumah Maja didukung Transit Oriented Development, KRL Commuter Line rute Stasiun Maja-Serpong-Tanah Abang dengan jarak tempuh hanya 90 menit. Rencananya bakal disediakan juga bus feeder untuk menghubungkan kawasan perumahan. Wah, kalau saya boleh menilai, kota ini memang dirancang selayaknya kota di negara maju.
Stasiun Maja, dibangun dengan struktur bangunan dua lantai dan dilengkapi teknologi access control. Penumpang yang menggunakan moda ini harus memakai card system. (citramaja.com)

Harga terjangkau dan investasi menguntungkan 

Harga, bisa dibilang jadi faktor penentu keputusan akan membeli rumah atau tidak. Maunya sih dapet rumah impian dengan harga yang amat sangat bersahabat gitu. Cicilan ringan dan lebih baik lagi kalau bisa jadi investasi yang menguntungkan. Kalau melihat kriteria diatas, rasanya mustahil ada perumahan kece dengan harga murah. Apalagi buat kawasan berkembang seperti Banten. Tapi Rumah Maja ternyata tersedia perumahan murah lho. Bayangin ya, tipe rumah sederhana tahap satunya aja kemaren dibanderol mulai Rp 150 jutaan. Gilaaaa!
Credit : citramaja.com

Saya nggak tinggal di sekitar sana sih, tapi kalau buat investasi kayaknya oke juga. Pasalnya, kalau ngintip fasilitas dan lokasinya, rumah di Citra Maja Raya nih harganya bakal terus naik. Kalau penasaran dengan perumahan Citra Maja Raya, mampir gih ke :


Marketing Office 
Ruko Tol Boulevard BSD Blok C.29-30  
Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang 15310 
 Telp +6221 5315 8888  
Email info@citramaja.com

You Might Also Like

6 comments

  1. Kosep perumahan nya sama kyak Citra Raya yang di cikupa tangerang ya...? masih punya ciputra juga top lah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..masih dr pengembang yg sama.. emang top bgt

      Hapus
    2. Citraraya sekarang udah bukan sekedar perumahan idaman dengan objek wisata menarik, tapi udah jadi surganya tempat belanja di Tangerang terutama bagi warga kabupaten. Mantap!

      Hapus
  2. Milih rumah rumitnyaa jan tenan .,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi betul mbak nana..coba ciputra bikin perumahan gini jg di solo. Masalah kita kelar deh

      Hapus
  3. tapi emang penting sih pertimbangan2 ini, biar nyaman tinggal di rumah sendiri hehe citra maja ini udah okay banget sih, harus sabar nunggu dibangun aja sih. kalau butuhnya butuhnya Rumah Siap Huni bisa langsung cek di sini tuh.

    BalasHapus