Tips Mengatasi Bayi Mogok Menyusu

11:36 PM

Wah, ternyata macam-macam juga ya penyebab bayi mogok menyusu. Tapi, jangan buru-buru berkecil hati, karena ada banyak cara untuk mengatasinya. Berikut beberapa tips, yang diperoleh dari situs resmi AIMI:
1. Lakukan lebih banyak kontak kulit dengan bayi. Ibu dianjurkan untuk membangun kebersamaan yang lebih intens dengan bayi. Sejumlah ahli, menyarankan untuk melakukan kontak kulit langsung dengan bayi. Caranya, gendong atau dekap bayi tanpa menggunakan pakaian bagian atas (topless), sementara itu biarkan bayi telanjang, hanya dengan menggunakan celana dalam atau popok. Tentu saja dilakukan di ruang pribadi yang tertutup, agar lebih nyaman. Biarkan bayi bereksplorasi sendiri, tidak perlu memaksanya untuk langsung menyusu. Pada tahap awal, bayi mungkin hanya akan mencari kenyamanan dengan bersantai di dekapan ibunya. Ini langkah awal yang baik agar bayi mau menyusu lagi.
2. Tunggu sampai bayi sangat mengantuk. Kebanyakan bayi biasanya tidak menolak menyusu saat sedang ngantuk berat. Jangan paksa bayi mendekati payudara, misal dengan mendorong kepalanya mendekati payudara, bisa-bisa bayi malah protes dan makin ogah menyusu.
3. Rajin menawarkan. Saat suasana hati bayi sedang baik, misalnya sedang bermain, coba tawarkan untuk menyusu. Tapi sekali lagi, jangan dipaksa.
Menyusu sambil menimang-nimang. Menyusu sambil duduk di kursi goyang, dengan alunan musik yang lembut dapat membuat bayi lebih tenang dan mengurangi penolakan. Sesekali coba juga susui sambil berjalan-jalan di area rumah, seperti di area kamar tidur atau ruang keluarga.
4. Ciptakan suasana kamar yang tenang, Redupkan lampu kamar, jauhkan dari suara-suara bising, seperti suara televisi.
5. Coba ganti posisi atau cara menggendong bayi. Cara menggendong yang kurang pas, bisa membuat bayi tidak nyaman sehingga menolak menyusu.
6. Kenakan pakaian yang sederhana, dan memudahkan akses bayi ke payudara ibu. Saat lapar atau haus, beberapa bayi dapat menjadi sangat tidak sabar menunggu ibu. Kalau terlalu lama meladeni keinginannya menyusu, bisa-bisa bayi kehilangan minat.
7. Periksakan kesehatan bayi. Ini hanya untuk berjaga-jaga bila mogok menyusu si bayi lantaran sakit atau luka. Gangguan seperti infeksi telinga atau lidah berjamur, membuat bayi tidak nyaman menyusu. Dalam kondisi ini perlu dilakukan tindakan medis.
Selamat menyusui…

You Might Also Like

0 comments