Perempuan Harus Tahu! 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

oli-motor-matic

Dua hal di dunia yang paling sering kena silent treatment dari perempuan adalah, laki-laki dan motor!

Hayooooo, valid nggak nih?

Setidaknya begitulah yang berhasil disimpulkan berdasarkan pengalaman pribadi saya, dan teman-teman perempuan di circle pertemanan saya yang nggak seberapa besar ini. Ha ha ha ha… 

Jangan ditanya alasannya. Saya pun sebenarnya nggak ngerti kenapa dua hal tersebut, lelaki dan motor, paling sering kami acuhkan, kalau lagi ngambek atau PMS. 

Silent treatment ke laki-laki, sih masih bisa dianalisa atau dikira-kira alasannya ya. Paling umum, karena lelaki tuh nggak paham “kode keras” perempuan. Kalau nggak gitu, laki-laki suka nggak pengertian, kurang perhatian dan terlalu menyepelekan keluhan kita, kaum perempuan. 

Saking sudah capeknya ngomel, barisan perempuan dongkol ini pun memilih acuh. Anggap aja, mereka nggak ada. Silent treatment mode on! 

Itu kalau kasusnya yang di-silent treatment lelaki. Lantas bagaimana dengan motor? 

Apa lah dosa motor sehingga para perempuan pengendara motor ini sering cuek dengan mereka? 

Nah, kalau ditanya begini, saya pun bingung menjawabnya. 

Saya punya motor dan mengendarai motor sejak awal kerja, kira-kira 20 tahun lalu. Selama kurun waktu itu, tak terkira berapa ribu kilometer yang sudah kami lalui bersama. Tapi seberapa sering motor itu saya bawa ke bengkel untuk di-service, kayaknya bisa dihitung pakai jari deh. 

Dulu, mendiang Bapak lah yang rutin membawa motor saya ke bengkel untuk di-service. Kadang, malah dioprek sendiri di rumah. Tentu dengan sedikit omelan dan petuah tentang betapa pentingnya service rutin untuk motor. 

Sebenarnya bukan saya nggak mau service motor. Tapi suasana bengkel, nggak terlalu nyaman buat saya. Udahlah panas, berisik, tempatnya nggak pernah wangi pula. 

Ditambah lagi, saya buta, sebuta-butanya soal motor. Mana yang harus diganti, mana yang harus dicek, saya nggak tahu sama sekali. 

Pentingnya Service Motor 

Service rutin buat motor, sama pentingnya seperti pemakaian skincare untuk wajah. Fungsinya, tentu saja untuk menjaga supaya performa motor terjaga. Sehingga motor akan terasa lebih nyaman dan aman saat dikendarai. 

Pengecekan kondisi motor secara rutin, wajib dilakukan. Terutama untuk motor yang sudah mencapai jarak tempuh tertentu. 

Service motor yang dilakukan rutin berkala dapat mengurangi resiko kerusakan, memperpanjang usia pemakaian motor dan mendeteksi permasalahan lebih dini. 

Untuk pemeriksaan standar, mekanik biasanya akan memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. 

Supaya makin tahu, bagian mana saja yang wajib diperiksa saat service motor, baca artikel ini sampai habis ya. 

Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor 

Oli Mesin 

Oli mesin, bisa dibilang sebagai salah satu bagian krusial pada sepeda motor. Selain bermanfaat sebagai pelumas, oli mesin juga berfungsi jadi pendingin dan pelindung mesin sepeda motor. 

Kalau suara mesin motor kalian terdengar kasar, itu adalah tanda nyata bahwa oli mesin harus segera diganti. 

Tapi, sebagai perempuan, mana lah mungkin saya bisa mengenali perbedaan suara mesin motor. Makanya, untuk patokan mudah, biasakan rutin mengganti oli saat kendaraan telah mendekati batas titik tempuh. Rata - rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesin di 2500 km. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km. Atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. 

Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

oli-motor-matic

Oh iya, sebagai perempuan, kita juga perlu tahu bahwa tidak semua oli sama. Oli motor matic tidak bisa digunakan untuk motor manual, demikian pula sebaliknya. 

Perbedaan oli motor matic dan manual terletak pada kekentalan dan fungsinya. Motor manual membutuhkan oli yang lebih kental karena oli di motor manual juga berfungsi untuk membuat kopling lebih presisi. Sementara, oli motor matic umumnya lebih encer karena fungsi utamanya adalah melumasi mesin. 

Oli Gardan 

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Buat yang belum tahu, oli gardan adalah oli transmisi. Pada motor matic dibutuhkan oli terpisah untuk melumasi bagian transmisinya. 

Fungsi oli gardan untuk melumasi gear dan mengoptimalkan kinerja di area Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus, 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. 

Busi 

Busi merupakan part atau bagian motor yang berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Kalau busi tak berfungsi dengan baik, sistem pengapian tidak dapat bekerja sempurna. Alhasil, motor sulit dinyalakan. Itu sebabnya, busi perlu diganti rutin. 

Kampas Rem 

kampas-rem-service-motor

Kampas rem adalah salah satu komponen penting pada motor yang sangat berpengaruh pada keselamatan saat berkendara. Kalau kampas rem menipis, rem jadi kurang pakem. Kalau diabaikan beresiko besar pada keselamatan pengendara karena berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting sekali selalu melakukan pengecekan kampas rem saat service

Filter Udara 

Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Bagian ini menangkal masuknya kotoran yang berpotensi menyumbat sistem injeksi dan karburator. Saat service, mekanik biasanya akan melakukan pemeriksaan terlebih dulu sebelum memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti. 

Aki atau Accu 

Idealnya, tegangan aki saat motor dalam kondisi mati berkisar antara 12,3 - 12,6 volt. Sementara, di kondisi mesin menyala, tegangan aki ada di 13,7 - 14.2 volt. Bila saat dicek tegangan aki tidak sesuai dengan ketentuan itu, berarti ada yang masalah. Boleh jadi ada kebocoran atau kondisi terminal berkarat. 

Untuk mengetahui penyebab pasti, mekanik perlu melakukan pemeriksaan detail. Jangan ragu mengganti aki motor, bila kondisinya sudah tidak layak. 

Ban 

service-motor-periksa-ban

Pemeriksaan ban, juga penting dan wajib dilakukan secara berkala lho. Malah sebenarnya, pemeriksaan ini harus dilakukan setiap kali kamu mau menggunakan motor. Jangan sampai kejadian seperti saya, yang nggak sadar mengendarai ban dalam kondisi bocor hingga habis angin. Gegara kelalaian itu, saya sampai hampir jatuh terjun bebas ke sawah. 

Saat service, mekanik biasanya akan memeriksa tekanan udara di dalam ban. Lalu mengecek kondisi fisik ban secara keseluruhan, apakah sudah gundul atau belum. 

Tune up Motor Rutin 

Service tune up motor adalah servis yang dilakukan untuk mengembalikan performa motor ke performa standar. 

Mekanik biasanya akan melakukan pemeriksaan seluruh komponen, terutama komponen-komponen yang terkait dengan performa motor seperti, tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem dan klakson. 

tune-up-motor-rutin

Service tune up
kadangkala disertai penggantian oli mesin, oli gardan atau penggantian sparepart. Yang biasanya membutuhkan biaya tambahan lagi. Tapi nggak usah khawatir, mekanik biasanya akan menginformasikan dulu kok. Kalau kita setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. 

Bengkel Servis Motor Terbaik 

Sudah jadi hukum alam, kalau mau mendapat layanan servis motor yang bagus, ya kita harus cari bengkel servis motor yang bagus juga. 

Berdasar pengalaman dan rekomendasi teman-teman, salah satu bengkel yang bisa diandalkan adalah, Planet Ban. 

Di bengkel ini, kita bisa mendapatkan servis motor rasa mesin baru. Eh bentar…. Maksudnya apa tuh, servis mesin rasa baru? 

Servis motor rasa baru, dikenal juga sistem servis terpadu. Jenis servis ini bertujuan meng-upgrade atau meningkatkan performa serta ketahanan motor, dengan cara cepat dan biaya lebih hemat. 

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru terletak pada bagian-bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, jarang dicek dan disetel rutin. 

Manfaat Servis di Planet Ban 

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi yang mampu meningkatkan performa motor, sekaligus memproteksi mesin. Dengan begitu, mesin jadi lebih awet dan jarang rusak. 
  • Kombinasi servis dengan penggunaan sparepart asli, membuat pemakaian jadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng 
  • Ganti oli dilakukan cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km saja. Yaitu sekitar 4-6 bulan sekali. Jadi, kita nggak perlu terlalu sering ke bengkel. Hal ini bisa menghemat biaya servis. 
  • Rutin servis motor di Planet Ban, artinya kita ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup dengan mengurangi resiko emisi dan polusi dari motor. 

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat Lain 

Pengalamanku servis di tempat lain, seringkali ada kejadian kotoran, debu dan sisa pembakaran di mesin motor. Bahkan nggak jarang juga kedapatan ada kotoran dan debu di blok CVT yang bikin motor terasa lebih berat. 

Beda kalau servis motor rutin Planet Ban. Di sana, seluruh bagian atau part mesin dibersihkan dengan seksama sampai kelihatan seperti baru. 

servis-motor-di-planet-ban

Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran. Betul-betul terlihat seperti mesin baru deh! 

Serius! Servis motor di Planet Ban bikin motor kita serasa punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM dan mesin bersih total. 

Soal harga bisa diadu. Biaya servis motor komplit di Planet Ban, terjangkau banget. Nggak bakal bikin boncos. 

Nih ya, kukasih gambaran. Service motor injeksi hanya Rp 20.000, service CVT sekaligus rantainya Rp19.500. Bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000. 

Setelah baca artikel ini, kamu pasti jadi lebih tahu kan apa manfaat mengecek kondisi motor secara rutin dan bagian mana yang perlu diservis. 

Ayo, sekarang coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu servis motor? Jangan nunggu motor kamu bermasalah ya. Kalau perlu servis motor, cuuusss langsung meluncur ke Planet Ban aja dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru. 

Semoga jadi tambah tahu...

26 komentar

  1. Kasian banget motornya kalo kena silent treatment 😄😄 Tapi emang sebagai perempuan pengguna sepeda motor, minimal tau bagian-bagian apa aja yang perlu dicek waktu servis motor.

    BalasHapus
  2. Waah jadi tahu bagaian-bagian motor, banyak yang baru aku tahu nih mbak. Bahkan Oli juga ada untuk mesin dan ada untuk gardan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya akupun baru tau lho 😁😁😁 soalnya sekarang bawa ke bengkel sendiri kan

      Hapus
  3. Kapan ya.. nyaris lupa karena saya cuma tim make, tim benerin tugasnya paksu haha.. Ternyata banyak juga ya yang perlu dirawat, nggak cuma dipake doang motor itu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. 😂😂 Samaan. Sebenarnya cuma tau pake. Tapi akhirnya mau nggak mau harus ngerti dikit2 kan. Walau hal basic doang

      Hapus
  4. Aku biasanya di servisin pak suami 😅 motor ituuu. Soalnya udalah mumet dengan tugas domestik, kalau harus turun gunung antar ke bengkel. Huaaa, mager. Tapi aku jadi tau nih bagian apa aja yg kudu dicek

    BalasHapus
    Balasan
    1. akupun begini, urusan motor sama suami.
      dulu sih waktu masih single kan punya motor untuk mobilitas. Urusan servis ga berani otak-atik sendiri karena ku tak mengerti. Rajin aja ke bengkel tiap bulan dan memang sudah dianggarkan.

      Hapus
  5. Hihi aku tahunya ganti ban dan oli saja. Ternyata banyak sekali yang harus dicek. Untung mas-mas bengkel langganan udah paham sama kebutuhan pelanggannya.
    Setuju banget kalau kendaraan jangan cuma pas rusak aja dibawa ke bengkelnya, melainkan harus cek rutin.
    Planet Ban bisa menjadi salah satu pilihan karena kyknya cabang bengkelnya banyak nih, di mana 2 ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku pernah ketemu bengkel nggak jujur mak. Disuruh ganti ini itu, dan karena nggak ngerti ku iyain aja. Jadi bokek dah

      Hapus
  6. Gak cuma laki2 sih, wanita juga mesti paham cara merawat motor. Jadi kalo suaminya ke luar kota, bisa mau servis sendiri jadi gak bingung.

    BalasHapus
  7. Karena aku gak punya motor, tapi ini juga hampir sama dengan merawat mobil ya. Mengganti oli, ngecek rem, mesin dan juga penggantian ban memang harus ditangani oleh bengkel terbaik ya. Kalau kita rajin merawat kendaraan bermotor, sudah pasti juga lebih enak ya dipakainya.

    BalasHapus
  8. Service motor di Planet Ban saat ini sedang viral lho. Selain murah, terkenal kalau mekaniknya itu telaten, ramah dan gerak cepat bersih dalam bekerja
    Kalau rutin service insyaallah kondisi kendaraan terjaga baik ya

    BalasHapus
  9. Nah ini sering kali terlupakan ya oleh perempuan dari sepeda motornya. Termasuk aku nih. Ganti oli aja sering lupa. Untungnya suami yang suka ngingetin. Gak kebayang deh kalo kelewat. Motor bisa cepet rusak ya.

    BalasHapus
  10. Nah ini sering kali terlupakan ya oleh perempuan dari sepeda motornya. Termasuk aku nih. Ganti oli aja sering lupa. Untungnya suami yang suka ngingetin. Gak kebayang deh kalo kelewat. Motor bisa cepet rusak ya.

    BalasHapus
  11. Perempuan juga harus tahu apa saja yang perlu di cek saat servis motor ya mbak.
    Klo rutin di servis, pasti motor jadi awet y

    BalasHapus
  12. naini wajib diketahui oleh pengendara motor terutama para wanita yang katanya hanya bisa mengendarai tapi gak becus merawat hehehe itu mah aku ya, makanya yuk wajib cek rutin dan melakukan service pada kendaraan motor

    BalasHapus
  13. Akhirnya, perempuan juga kudu aware nih sama kendaraan yang ditunggangi setiap hari. Jangan sampai nunggu mogok, hihi... jadi rajin servis kalau bengkelnya nyaman seperti di Planet Ban.

    BalasHapus
  14. Akuu... aku termasuk yang jarang servis motor hehehee... duuh kudu insyaf nih. Motor kan kudu dirawat juga yaa... ga cuma dikendarai aja. Boleh juga nih Planet Ban, terpercaya dan memberikan pelayanan terbaik.

    BalasHapus
  15. Kapan hari saya nanyain nih ke Pak Suamik, kenapa sih kalau ada yang jual motor second, terus diinfokan bahwa pemilik/pemakai sebelumnya adalah perempuan, biasanya harganya bakal jatuh dan kurang diminati. Oalah, rupanya karena anggapan banyak orang, perempuan tuh sering kelupaan ganti oli dan service motor. Ya ampun, mungkin gak semua sih ya, semoga artikel ini bikin lebih banyak perempuan yang aware pada perawatan kendaraan motor yang dimilikinya.

    BalasHapus
  16. Baca tulisan ini jadi inget waktunya ganti oli Hihi..
    Emang paling bener tiap servis dimasukin kalender dan reminder biar ngga kelupaan servis rutin.
    Apalagi motor matic yang harus rutin diservis

    BalasHapus
  17. Akuu mak dr dulu urusan mobil motor ikut turun tangan soale ikut make kan ya...jadi service rutin itu wajib ya apalagi matic.

    BalasHapus
  18. hihi aku ngikik baca perumpamaan silent treatment-nya. btw aku juga termasuk yang sering sirent treatment ke motor untung ada suami yang suka ngecekin kondisi motor jadi tahu ada masalah di mana

    BalasHapus
  19. Aku merasakan sekali manfaat rajin service motor berkala. Sekarang motorku jadi awet sekali padahal digunakan dari jaman SMA dulu.

    BalasHapus
  20. Perempuan harus tau, ibu juga harus tau ya, mak wid.. heheh...
    Aku tuh sbg profesional passenger tentu saja nggak ngerti treatment motor harus gimana, tapiii... aku bisa ngerasain kalau motornya belum diservis nggak nyaman bgt dibawa jalan, haha.

    BalasHapus
  21. Mbaaaak aku pernah gak ngeh sama oli gardan ini. Kirain oli mesin doang yg diganti. Nah jadinya pas mau ganti oli gardan dah beku dan putih semua saking gak pernah diganti.

    Emang meski wanita kita harus aware ya sama motor. Jangan tau pakai doang

    BalasHapus
  22. Kalau saya rutin meriksa kondisi ban mbak, kalau masih kerasa keras ya jalan, kalau terasa kempes langsung panggil pak suami buat mompa. Nah kalau urusan busi, oli dan sebagainya nggak ngerti. Emang paling bener bawa service rutin aja ke planet ban yak, apalagi biaya servisnya juga terjangkau banget.

    BalasHapus