Kebiasaan Kecil yang Bisa Mengasah Otak, Supaya Nggak Gampang Pikun

latihan asah otak

Pernah nggak kalian mengalami hal seperti ini, seharian obrak-abrik rumah mencari kacamata. Ternyata selama ini kacamata bertengger di kepala. 

Atau pengalaman yang ini? Masuk ke dalam kamar lalu buka lemari karena ingin mencari sesuatu, tapi malah lupa barang apa yang harus dicari. 

“Aduuh pikun amat sih.” 

Pikun, bagi kebanyakan orang, masih sering dianggap sebagai penyakit degeneratif yang dialami orang-orang lanjut usia. Tapi belakangan, pikun nggak hanya terjadi pada lansia lho. Banyak juga orang-orang usia produktif yang mengalami hal ini. 

Walau terkesan lucu dan konyol, gejala seperti ini perlu diwaspadai. Kalau hanya terjadi sekali atau dua kali, boleh lah dimaklumi. Bisa jadi saat itu, kamu lagi stres. 

Tapi bila frekuensinya makin sering, boleh jadi kalian sedang mengalami gejala awal demensia atau mungkin ada gangguan fungsi otak lainnya. 

Apapun penyebabnya, pikun bisa mengganggu aktivitas harian kita. Bahkan lebih ekstrim lagi, pikun akan berdampak pada memburuknya hubungan sosial dengan lingkungan. 

Makanya, mumpung masih sehat, yuk kita melatih otak supaya nggak gampang pikun. 

Bagusnya, pikun sebenarnya bisa dicegah. Caranya klise sih, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, mengelola stres dengan baik, dan mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menunjang kinerja otak. 

Selain itu, beberapa kebiasaan sederhana juga bisa kita lakukan untuk mencegah pikun. 

Yuk disimak, kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa dilakukan untuk mengasah otak supaya nggak gampang pikun. 


Rutin Olahraga 

Olahraga akan selalu jadi jalan terbaik untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat. Gerakan aktif saat olahraga membuat aliran darah dan oksigen ke otak lancar. Selain itu, olahraga juga dapat membantu melepaskan stres. Istilah zaman sekarang tuh healing

olahraga

Kalau kalian sama seperti saya yang selalu kewalahan melakukan olahraga kardio, coba lakukan olahraga yang lebih santai. Bisa yoga, renang, atau jogging. Nggak perlu terlalu intens kok, yang penting rutin. Lakukan olahraga yang disukai selama 30 menit sebanyak 3-5 kali seminggu. 

Meditasi 

meditasi

Kesannya hanya sekadar duduk diam, padahal sebenarnya meditasi merupakan latihan untuk membangun kesadaran. Praktik meditasi sudah diterapkan ribuan tahun dan terbukti bermanfaat untuk meningkatkan fokus, empati dan melatih kesadaran. Untuk pemula, meditasi bisa dilakukan dengan duduk diam, dan memperhatikan pola napas. Lakukan kebiasaan ini 10 menit tiap hari. 

Belajar Hal Baru 

belajar hal baru

Mempelajari hal atau keterampilan baru membuat otak lebih aktif bekerja. Ini merupakan cara terbaik untuk melatih otak. Di dunia yang luas ini, ada banyak hal bisa kita pelajari. Kita bisa belajar bahasa asing, bisa belajar menyetir, belajar menanam bunga dan lain sebagainya. 

Membaca dan Menulis 

membaca dan menulis

Membaca juga merupakan cara yang baik untuk melatih otak. Ada banyak kerja otak yang terjadi saat kita membaca. Mulai dari mencermati tulisan, memahami kata dan kalimat hingga menafsirkan bacaan. Membaca juga membuat otak kita menelaah informasi baru. 

Bakal lebih baik lagi kalau kegiatan membaca itu dilanjutkan dengan menulis. Ini juga salah satu alasan saya tetap menghidupkan blog ini, supaya otak terus aktif. 

Main Game Asah Otak 

Eh seriusan nih, main game bisa mengurangi resiko pikun? Seperti dikutip dari situs National Institutes Of Health, nih.gov, game dapat meningkatkan aktivitas otak dibagian perhatian dan memori. Dengan kata lain, bermain game 1-3 jam sehari bisa melatih konsentrasi dan kemampuan kognitif kita.

main game asah otak

Permainan seperti apa yang bisa mengasah otak kita? Pilihannya ada banyak. Tapi buat saya, permainan strategi sederhana seperti solitaire adalah permainan favorit untuk asah otak. Mainnya seru, simple dan benar-benar bikin mikir. Hehehe 

Sesuai namanya, solitaire bisa dimainkan sendirian. Saya suka permainan ini karena nggak perlu bersaing dengan siapapun saat memainkannya. 

Dua puluh tahun lalu, tiap kali suntuk mengerjakan skripsi, saya pasti mengistirahatkan otak sejenak dengan bermain solitaire yang terinstal di pc. Kadang saya terheran juga, kok bisa ya mengerjakan permainan yang bikin mikir seperti ini malah bikin otak jadi segar lagi. 

Kalau dulu, saya memainkan solitaire di pc, sekarang beda lagi ceritanya. 

Main solitaire kini bisa lebih fleksibel. Berkat solitaire.org, game favorit saya ini, sekarang bisa dimainkan di berbagai device. Mau main di laptop bisa, main di pc bisa, main via tablet bisa. Main solitaire di smartphone pun gampang. 

game online solitaire.org

Udah gitu di solitaire.org, varian game-nya banyak banget. Kalau lagi bosan main solitaire, kita bisa pilih game yang lebih gampang seperti hidden object. Atau sebaliknya, waktu ingin menantang diri sendiri dengan game yang lebih susah, ada sudoku dan crossword yang bikin otak lebih aktif bekerja. 

Mumpung lagi ngomongin game, kali ini sekalian saya share beberapa game di solitaire.org, yang menurut saya seru banget. 

Rekomendasi Game Seru di solitaire.org

Klondike (Classic Solitaire) 

klondike

Game klasik dimainkan dengan cara menyortir dan mengelompokan kartu. Mulai dari As hingga ke King. Sederhana sih, tapi kadang bikin gemas juga. Hahaha. 

Sudoku 

daily-sudoku

Permainan logika yang lumayan menguras otak. Prinsip permainannya, kita harus menyusun angka 1-9 pada 9 bidang kotak. Tanpa pengulangan angka. 

Freecell 

freecell

Salah satu varian solitaire yang populer. Prinsipnya hampir sama dengan klondike. Bedanya, di klondike tidak semua kartu terbuka. Sementara freecell, semua kartu dibuka bersamaan, tugas kita adalah menyusun kartu-kartu tersebut. 

Mahjong Solitaire 

mahjong solitaire

Jujur, saya nggak tahu aturan permainan mahjong yang asli. Yang saya tahu, permainan mahjong yang ada di solitaire.org dimainkan dengan cara mencocokan dua gambar ubin mahjong. Walaupun tugasnya sederhana, percayalah, permainan ini nggak sesederhana itu. Di solitaire.org pilihan permainan mahjong ini cukup banyak. Ada yang mudah, tapi nggak sedikit juga yang sulit. 

Hidden Object 

hidden object

Tugas kita adalah mencari object yang tersembunyi di sebuah gambar. Anak saya paling suka permainan yang ini. 

Crossword, alias teka teki silang 

teka teki silang

Teka-teki silang dalam bahasa indonesia saja sudah bikin pusing, lha gimana kalau pakai bahasa inggris. Jujur ngerjainnya bikin gemas banget, tapi seru. Bagusnya, permainan ini juga bikin pengetahuan saya bertambah karena bolak balik buka google. Hahaha 

Tetra blocks 

tetrablocks

Permainan ini mirip seperti tetris di game dan hape zaman dulu. Kita akan mendapat skor bila berhasil menyusun blok dengan susunan tertentu hingga membentuk garis lurus di lapangan permainan. 

Sebenarnya ada banyak lagi game asah otak yang tersedia di solitaire.org. Tapi kalau ditulis semuanya pasti bakal jadi panjang banget. Mending kalian langsung buka aja situsnya, dan lanjut main. 

Tenang aja. Situs ini nggak mengharuskan kita untuk mendaftar atau mengunduh aplikasi kok. Kita bisa memainkan semua permainannya melalui browser, tanpa gangguan iklan. 

Asyik kan? Yuk rajin-rajin mengasah otak supaya nggak gampang pikun. Tidak perlu mengubah gaya hidup secara drastis kok. Lakukan saja kebiasaan-kebiasaan sederhana diatas secara bertahap dan konsisten 

Semoga jadi tambah tahu ya.

Tidak ada komentar