Kreasi Dengan Canva : Cara Membuat Pembatas Buku

kreasi-canva-pro-gratis

“Eeehh, Nak. Ujung bukunya jangan dilipat dong, nanti cepat rusak dan nggak rapi bukunya!”
 

Ini kali kesekian saya mengingatkan Narend, anak saya, supaya nggak melipat ujung buku setelah membaca. 

Nggak terasa, bocah ini sudah 9 tahun sekarang. Dia sudah nggak lagi baca buku board book. Bahan bacaannya sudah lebih beragam. Kadang baca komik, buku cerita anak, sesekali juga majalah lama koleksi ibunya. 

Sempat saya tawari membaca novel untuk anak, tapi dia masih ogah. Katanya tulisannya terlalu banyak dan kecil. Okelah. 

Sebagai ibu, saya senang dong punya anak yang referensi bukunya makin beragam. Tapi di sisi lain, Narend nih mulai punya kebiasaan yang nggak terlalu saya sukai. 

Ya itu tadi, dia suka melipat ujung buku untuk menandai halaman yang terakhir dibaca. Entah kebiasaan itu dia tiru dari siapa, karena saya sendiri paling nggak suka melipat ujung buku untuk pembatas. Mending pakai sticky notes deh.

“Tapi nanti Narend nggak tahu bacanya sudah sampai mana.” Dia beralasan. 

Bikin Pembatas Buku Sendiri 

Gegara kebiasaan Narend itu, saya jadi kepikiran untuk mengajaknya membuat pembatas buku sendiri.

Yup, kenapa tidak? 

Ini malah bisa jadi kegiatan yang seru buat kami berdua. Asyiknya lagi, kegiatan ini juga bisa membuat Narend bebas mengeksplorasi kreativitasnya. Mau diwarnai merah, kuning biru, boleh. Mau dikasih gambar yang lucu-lucu juga boleh. 

Pas banget, bulan lalu saya baru saja upgrade akun Canva saya jadi Canva Pro. Ah, kenapa nggak sekalian saja dimanfaatkan? 

Btw, sudah pada tahu Canva kan? 

Canva adalah platform desain yang menyediakan banyak element dan template desain. 

Platform ini membuat kita semua, jadi bisa mendesain sendiri. Nggak perlu punya sertifikat atau mengikuti sekolah khusus dulu buat mendesain. Karena kita tetap bisa membuat desain yang bagus dengan memanfaatkan berbagai elemen desain yang disediakan Canva. 

Di Canva, kita bisa pilih-pilih font, grafis, foto, video, audio. Bahkan buat yang memang nge-blank banget urusan desain, seperti saya, Canva menyediakan ribuan template desain yang bisa dimodifikasi. Pokoknya #CanvaBanyakBisanya

Sebenarnya sudah lama saya kenal Canva. Rutinitas nge-blog dan circle pertemanan saya, membuat saya cukup familiar dengan platform ini. Pun begitu, sampai dua bulan lalu, saya masih bertahan dengan Canva gratisan. 

Oh iya, sampai lupa mau bilang, di Canva tersedia dua pilihan akun ya. Ada Canva gratisan dan Canva Pro. 

Perbedaannya terletak pada akses varian desain yang bisa dipakai. Kalau Canva gratisan pilihan desain yang bisa dipakai terbatas. Sebenarnya akun gratis ini pun sudah sangat memuaskan. Makanya saya bisa betah menggunakan Canva gratisan sampai bertahun-tahun. 

Tapi kalau mau desainnya sampai di the next level sih emang bagusnya upgrade ke Canva Pro. Karena Canva Pro, memungkinkan kita untuk mengakses elemen desain yang lebih variatif. 

Selain itu, dengan Canva Pro kita juga bisa mengakses fitur-fitur premium, seperti : 

fitur-canva-pro

Cara Membuat Pembatas Buku Dengan Canva 

Langkah awal untuk berkreasi dengan Canva, tentu saja harus punya akun Canva dulu. 

Nggak sulit kok, kalian bisa akses Canva melalui web browser atau langsung unduh dan instal aplikasi Canva di Playstore atau App Store. Buka akun dengan menggunakan email aktif dan ikuti saja petunjuknya. 

Setelah itu, kita bisa langsung menggunakan Canva gratis. Atau, mau coba trial Canva Pro secara gratis selama 30 hari juga bisa. Nanti upgrade aja di link Canva Pro Gratis 30 Hari ini. 

Udah gitu doang. Lalu kalian bisa pakai semua fitur premium secara gratis selama sebulan. Kalau suka, nanti bisa diperpanjang lagi. Pembayarannya bisa pakai kartu kredit atau debit online. Mau pakai rekening online seperti Bank Jago, Jenius atau BCA Blu juga bisa. 

Oke lanjut ya bikin pembatas buku… 

  1. Untuk mulai membuat pembatas buku, buka dulu akun Canva-nya 
  2. Di bagian “search”, kita bisa langsung ketikkan “bookmark” untuk mencari template desain pembatas buku.
    kreasi-canva-pro
  3. Ada lebih dari 4.000 desain pembatas buku yang bisa dipilih untuk dikreasikan. 
  4. Berhubung Narend menyukai dinosaurus, kami pun mencari desain pembatas buku bertema dinosaurus. Desainnya lucu-lucu banget. 
    kreasi-canva-pro
  5. Setelah itu, berkreasilah sesuka hati dengan memanfaatkan berbagai elemen yang ada di Canva Pro. 
  6. Karena desainnya sudah sangat menggemaskan, Narend hanya menambahkan beberapa elemen kecil dan teks.  
    kreasi-canva-pro
  7. Hasilnya seperti ini…  
    kreasi-canva-pro
  8. Pembatas buku hasil kreasi Narend, 9 tahun, dengan Canva pun jadi. 
  9. Hasilnya bisa langsung diprint dan dipakai. Kalau mau lebih awet, pembatas bukunya bisa di-laminating. Atau boleh juga dilubangi bagian atasnya dan diberi pita. Pokoknya kreasikan saja sesuka hati. 
kreasi-canva-pro

Narend bangga banget nih dengan kreasi pembatas bukunya. Malah dia sempat kepikiran untuk berjualan pembatas buku. “Nanti Narend bikin pembatas buku yang banyak. Ibu beli ya. Nanti Narend bikin yang ada gambar BTS,” katanya. 

Ada-ada saja…. 

#CanvaBanyakBisanya ya. Bahkan anak usia 9 tahun pun bisa mendesain dengan mudah menggunakan Canva. Berasa nggak sia-sia deh upgrade akun Canva jadi Canva Pro, soalnya sepadan banget. 

Awas aja ntar kalau ada yang tanya, memangnya Canva bisa dipakai apalagi selain bikin pembatas buku? Banyak banget lah!!! 

Hampir semua desain gambar yang ada di blog ini, saya buat menggunakan Canva. Untuk bikin konten media sosial pun pakai Canva. Bikin konten jualan pakai Canva. Mau bikin jadwal, bikin cover buku, sampai bikin Instagram reels yang cakep juga bisa pakai Canva. Beneran #CanvaBanyakBisanya deh. 

Sekarang Narend juga sudah install aplikasi Canva di smartphone miliknya. Tentu saja menggunakan akun Canva Pro milik saya. Enaknya Canva nih, satu akun bisa dipakai di beberapa gadget. 

FYI aja, saya sangat selektif memilih aplikasi untuk smartphone Narend. Tapi saat Narend bilang mau install aplikasi Canva, saya langsung kasih approval karena dia bisa menggunakan aplikasi ini untuk melatih kreativitasnya dalam membuat berbagai macam desain. 

Kalau kalian mendesain bersama tim, kalian juga bisa mengundang anggota tim lain untuk membuat desain bersama. Tinggal share dan beri akses kepada anggota tim kalian. Dan kalian bisa langsung bikin desain bareng. 

Berapa biaya langganan Canva Pro? 

Dengan berlangganan Canva Pro, biayanya hanya Rp 95.000 per bulan, dan bisa patungan hingga 5 orang. Jadi ajakin aja teman-teman untuk berlangganan bareng, dan biaya langganannya nanti hanya Rp 19.000 per bulan. Terjangkau banget kan? 

kreasi-canva-pro

Hmmm
, habis ini enaknya Narend belajar bikin desain apalagi ya dengan Canva? Kalau bikin comic strip gimana? Kasih pendapat di komen ya. 

Semoga jadi tambah tahu.

54 komentar

  1. Pengguna Canva hadiiir. Senang banget ada aplikasi ini, yang dulu cupu sekarang suhu #eh hehe dulu ya kalau bicara desain suka mumet, jadi minta tolong temen deh untuk bikinkan. Sekarang udah bisa sendiri pakai Canva, jadi hemat biaya juga. Aktivitas ngeblog, urus konten, webinar pun sekarang makin mudaah. Laff banget Canva.

    BalasHapus
  2. Aiihh, Narend pinter euy, pembatas buku Dinonya lucu2 itu yaa. Sstt, bener sini ate bisikin kita jualan ajaa yaa, yuk! Tapi nanti ate bikinin yang BTS juga donk eeeaa..

    Btw Canva emang semua jadi mudah yaa dan banyak bisanya tinggal ulik2 sesuai dengan kebutuhan, apalagi perbulannya yang pro terjangkau banget tuh, belom lagi kalo di pake rame2 makin murmer itung2 jajan semangkok baso yaa.

    BalasHapus
  3. ih gemes bener pembatas bukunya mba, anakku juga suka banget baca buku terus lipet2 bikin ga cantik hahaha mau coba ah bikin di rumah cari desainnya sendiri

    BalasHapus
  4. dari Canva tuh banyak hal bisa diciptakan lho, buat tugas anak aja bisa, pernah ya aku bantu anakku bikin desain cover book, cuma dikasih tau caranya, eh dia udah bisa

    BalasHapus
  5. Para content creator kayaknya harus berterima kasih berlipat nih kepada Canva. Denga aplikasi mereka, sekarang siapapun bisa desain untuk keperluan blog, sosial media dan bahkan bikin pembatas buku sendiri. Resources merka ibarat gudang yang darinya kita bisa menggunakan pernik-pernik untuk mendukung desain kita sendiri :)

    BalasHapus
  6. Wah pembatas buku dari canvanya lucu lucu ikh mba desainsnya. Aku suka 😍. Aku tu pengguna Canva dan apa - apa suka bikin desains pakai Canva. Tapi aku baru tahu lho mba kalau ternyata bisa bikin pembatas buku dari Canva juga ya. Lengkap ya Canva ini 😊

    BalasHapus
  7. Duh, Canva ini bagaikan aplikasi yang menjadi solusi kita yaaah, mau bikin apa aja bisaaaa di Canva asalkan kita rajin ngulik aja. Itu pembatas bukunya gemesh bangeeet

    BalasHapus
  8. Ya ampuunn kece kece amaattt hasilnyaaa

    Ini ntar bisa dijual k teman² d sekulaahh

    Emang CANVA sahabat kita semua dalam hal per design an yaakk

    BalasHapus
  9. Lucu bangeeet pembatas bukunya. Anak-anak juga bisa diasah kreativitasnya lewat canva dengan bikin pembatas buku, ya. Jadinya bisa bikin semangat membaca buku.

    BalasHapus
  10. Wahh cuanettt. Emang deh aku juga jadi ketergantungan pake canva yang Pro. Jadi ada yang kurang kalo abis yang pro. Ntar bikin pembatas buku juga ahh..

    BalasHapus
  11. Wahh mau juga nih, mak, langganan kalau cuma 20an ribu sebulan mah. Affordable banget kan ya.
    Banyak untungnya soalnya pakai canva pro. Apalagi sekarang desain gitu yang keren-keren banget emang pakai yang pro sih.
    Eniwe, Narend keren nihh. Akta aja belom pernah ku kenalin canva loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akta sih lebih canggih, udah belajar coding dia

      Hapus
  12. Seru banget buat desain di Canva. Pembatas bukunya lucu-lucu dan menggemaskan mbak setelah di print, anak-anak pasti suka dan semakin semangat belajarnya

    BalasHapus
  13. Saya termasuk penggemar canva buat bikin2 konten.
    Tapi masih sebatas yang gratis gratis.
    Memang canva membantu sekali, mudah pengaplikasiannya.

    BalasHapus
  14. Kyaaa.. cakep banget Narend! Pembatas bukunya lucu-lucu. Keren juga ide jualannya Narend. Hahaha. Kalau pakai Canva Pro memang lebih leluasa ya Mba untuk desain macam-macam. Aku juga udah pakai yang Pro.

    BalasHapus
  15. Wah Narend yang masih 9th sudah mulai belajar desain pake Canva, keren! Nanti kalau telaten ngulik Canva jadi pro deh. Aku juga selalu pake Canva untuk banyak hal. Memang desainnya unik-unik & emak-friendly ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih aku jadi kepikiran mau ngajarin anakku juga belajar desain pakai Canva gini. Siapa tau nanti dia bercita-cita menjadi seorang desainer grafis.

      Hapus
  16. Canva uni andalanku juga Mbak. Segala urusan gambar dan design pakai canva pokok e. Emang masih gratisan sih. Belum pakai yang pro tak pikir mahal. Eh ternyata murah banget ya. Makasih infonya.

    BalasHapus
  17. Seru juga ya kalau bikin pembatas buku sendiri
    Pasti hasilnya lucu dan unik, karena desain sendiri pakai aplikasi Canva ini

    BalasHapus
  18. Naren pasti seneng banget bisa punya pembatas buku sendiri. Apik loh mba gambarnya.

    BalasHapus
  19. Wah baru tahu deh Canva juga bisa untuk pembatas buku bisa nih ajak anak-anakku berkreasi membuat pembatas buku sekeren Narend yaa..jadi pengen langganan Canva deh...

    BalasHapus
  20. Wah, lutjuuu. Bisa jadi ide bebikinan prakarya buat isi liburan sekolah ini. Memang ya Canva banyak bisanya. Tapi ku belum pernah coba buat pembatas buku begini. Inspiratif ini!

    BalasHapus
  21. Selama ini nge-canva buat bikin konten mulitpost gitu di IG. Terus untuk buat gambar pendukung di postingan blog, cover video di Youtube, e-flyer untuk beberapa kebutuhan.. Gak kepikiran lho bikin pembatas buku gini, padahal si sulung saya doyan bener membaca. Kalau tandain bacaannya di buku tuh pakai kertas-kertas apa yang ada. Hahahah. Pasti senang tuh dia kalau saya buatkan pembatas buku dengan desain sendiri pakai canva, cetak, terus kasih ke dia deh..Thanks idenya ya mbak.

    BalasHapus
  22. Aih cakep2 desain Canva-nya mbak. Bikin pembatas buku sendiri bikin makin semangat baca buku hehe
    Canva nih emang membantu yang gak bisa desain bahkan terlihat seperti profesional yaaa. Makanya aku juga suka pakai nih soalnya membantu banget. Aku udah langanan Canva juga jadi templatenya bisa dapat lebih banyak yg cakep2 :D

    BalasHapus
  23. Suka banget sama desain unik dan cantik dari Canva.
    Waah...tinggal ditambahin sentuhan sedikit dari imajinasi sang anak, maka pembatas buku yang kiyut siap menemani hari-hari bahagia bersama buku keshayangan.

    BalasHapus
  24. ini lucu banget pembatas bukunya! ternyata ada template bookmark di Canva. Mau buat juga ah... Oh ya mbak, kalau patungan 19ribu gitu misal bukan sekeluarga, berarti kita bisa lihat projectnya teman yang patungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak mbak, akunnya tetap sendiri-sendiri. Cuma bayarnya aja yang patungan. Udah pake Canva Pro? Kalau belum, trial gratis aja dulu. Linknya ada di artikel, abis tu pas perpanjang sekalian ngajakin temen. Jadi lebih murah.

      Hapus
    2. Gak kok mbak, saya pakainya akun patungan nih. Berlima sama teman-teman, dan gak bisa saling lihat project satu sama lain. Aman, dan pastinya lebih hemat. Dibanding bayar sekian rupiah, terus dipakai sendiri.

      Hapus
  25. aaaa mau cobain buat desain pembatas buku. Lucu banget pasti bisa mendesain pembatas buku sendiri. Apalagi buat anak2 pasti makin suka dan antusias

    BalasHapus
  26. Canva sejauh ini emang masih yang paling favorit.. Pakenya gampang..aku pun suka pake tapi belum yang Pro nih.. menarik juga ya pake rame2 yang pro

    BalasHapus
  27. Wuaa pembatas bukunya kok lucu lucu banget ya. Canva emang paling jado deh ya urusan desain grafis. Mau cetak juga ah buat pembatas buku.. Lumayan juga ya Canva Pro kalau patungan gini, lebih murah

    BalasHapus
  28. Bagus banget mba, kreatif banget. Baru tau ternyata bisa ya bikin pembatas buku lewat canva selama ini cuma bikin poster dan feed IG aja yg pake canva 😅

    BalasHapus
  29. Nyapa Andy Hardiyanti dl deh ya. Seneng ketemu Andy di lapak ini. Hii...emang bunda sendiri kl abis baca buku atau Al'Qur'an pembatasnya ya kertas ya ujung keftas juga di lipet dikit. Canva ternyata emang Something ya. Md2an baca beberapa tulisan MakEmak di sini tentang bagaimana Canva membantu menambah indah blog kita, bunda jd harus mencambuk diri nih utk gak menyerah bljr Canva.

    BalasHapus
  30. Asyik banget bisa bikin pembatas buku super unyu pake Canva yaah. Emang Canva nih segala ada deh, asal kita niat eksplor mau apa aja ada deh hehe. Jadi kepengin upgrade juga ke pro nih, soalnya selama ini masih pake yang gratisan akutu hehe

    BalasHapus
  31. Canva tuh memang memudahkan ya mak, apalagi dengan menggunakan Canva banyak sekali yang bisa kita kreasikan. Ini aku pernah bikin jug anih, saking gak mau buku yang aku baca rusak.

    BalasHapus
  32. Tuh ya, Narend juga awzlnya kayak bunda suka nekuk2 ujing halaman buku. Bunda kuga pdhal udah dikadih pembatas stick hibi tetep aja ditekuk unung halamannya. In shaa Alkah bunda juga bisa bljr Canva dan rajin ngulik2nya pokoknya bljr sampe bisa bahkan pinter. Apa iya bunda bisa? Harus! Tak kenal maka tak bisa.

    BalasHapus
  33. Wah kalo punya anak seusia narend bisa banget dianakkn bikin pembatas buku kaya gini buat ngisi waktu ya mbak. Pasti betah deh anak2 nguprek2 canva desainnya gemoy banget.
    Eh abang Narwns xoba deh nikin yg banhak ntar klo udh masuk skolah dijual deh lumayan buat nambah uang jajan

    BalasHapus
  34. Canva, Canvaaa...ternyata Canva itu "something" ya buat blogger. Bunda kemana aja? Blm apa2 udah nyerah bljr karena sulit, ribet dllsb. Padahal harus rajin ngulik ya. Bunda gak boleh nyerah nih!

    BalasHapus
  35. Bebetapa links mengupas tentang kerennya appl Canva. Berarti bunda haru harus dan harus mengulik ya kl ingin tetap jd blogger. Blogger itu identik dengan keuletan mengupgrade beragam ilmu yg perlu utk juga mengaphrade tampilan blog demi manisnya dan menariknya sebuah postingan.

    BalasHapus
  36. Murah banget biaya langganan perbulan cuma 19K. Harga segitu bisa banyak guna untuk keperluan berbagai desain. Aku pun pakai mbak. Anakku juga sering pake buat bikin desain tugas-tugas sekolahnya, apalagi kalau pas ada event, biasanya anakku yang kebagian tugas bikin poster dan lainnya. Andalannya ya pake Canva itu.

    BalasHapus
  37. Setujuuu, canva memang banyak bisanya. Kita bisa eksplore berbagai desain di canva, ya! Lucu juga bikin pembatas buku di canva. Desainnya bagus-bagus, seperti yang udah dibuat Narend. Mau bikin juga, ah .... hehehe

    BalasHapus
  38. langsung praktik nih sambil buka canva cari template bookmark yang OK. Kami senang membaca buku, kadang 1 buku dibaca bergantian. Nah perlu buat bookmark untuk tiap2 anggota keluarga.

    BalasHapus
  39. pokoknya Canva memang oke banget yaaa mba aku pun sukaaa.. banyak sekali terbantu untuk edit aneka hal

    BalasHapus
  40. Mengulik Canva ternyata gak ada habisnya ya. Fiturnya banyak dan bisa membuat design apa aja termasuk pembatas buku.

    BalasHapus
  41. Eh iya juga jadi kepikiran mau buat pembatas buku buat ngajinya bocah. Ternyata mudah ya buatnya kalau pakai pro desainnya banyak.

    BalasHapus
  42. Wah, pinter nih narend. Naluri bisnisnya jalan.. Tahu saja ibu-nya suka BTS. Langsung kepikiran buat jualan. Tapi canva ini memang menarik ya. Bisa buat ide kartu ucapan yang bisa dipersonalisasi juga. Biar yang nerima hepi...

    BalasHapus
  43. Bikin apapun jadi mudah ya bikin desainnya dengan adanya canva. Apalagi banyak element & template yang disediakan juga kalau berlangganan canva premium. Jadi pingin ikutan bikin pembata sbuku juga, cute gitu

    BalasHapus
  44. Lucu nih
    Aku mau coba bikin di rumah ya
    Anak sulung hobi ngoprek Canva
    Dia pasti suka kalah aku ajak bikin pembatas buku

    BalasHapus
  45. Cakepnya pembatas buku dari Canva ini. Aku pun sekarang suka pakai buat desain untuk foto blog. Belum terlalu pintar, tapi lumayan lah buat belajar desain

    BalasHapus
  46. Canva kereen saya pengguna canva, banyak pilihan model tulisan dan desainnya. Nah untuk pembatas buku ini aq lihatin ke kk aah supaya mupeng

    BalasHapus
  47. Keren banget pembatas buku buatan Narend. Nah, tante jadi terinspirasi nih untuk bikin pembatas buku juga. Untuk novel-novel lama yang pembatas bukunya udah pada ilang, bisa banget nih dibuatin seperti ini yaa... Seru deh, dengan Canva semuanya bisa dilakukan.

    BalasHapus
  48. Bener ya mau bikin pembatas buku bisa pakai Canva aja, apalagi kalau sudah upgrade premium bakal banyak designnya. Narend aja bisa pakai Canva ini artinya Canva memudahkan penggunanya pakai aplikasinya

    BalasHapus
  49. Aku suka koleksi buku sejak kecil, inget banget dulu suka bikin pembatas buku manual, jadi kertas bufalo aku gunting bentuk love atau bulatan atau segi panjang, dibolongin kasih pita dan dihias dengan bunga kering, kata-kata mutiara. Sekarang ada Canva lebih mudah ya

    BalasHapus
  50. aku baru tahu loh kalau bisa bikin bookmark juga di canva wkwk

    BalasHapus