Tips Nonton Drakor Biar Tetap Fun

tips-nonton-drakor-smartfren

Drama korea memang kayak candu! Sekalinya kecemplung nonton, susah mau berpaling. Iya nggak? 

Saya sudah mulai nonton drama korea sejak tahun 2003. Jadi keinget, drama korea pertama yang bikin saya addicted tuh judulnya “All about Eve”. Aktor utamanya Jang Dong Gun dan Chae Rim yang sekarang sudah nggak terlalu aktif lagi di dunia showbiz. 

Di masa itu popularitas drama korea sepertinya belum se-hype sekarang. Media sosial juga belum massif. Mau cari info drama korea terbaru masih susah. 

Nontonnya juga berasa kayak beli kucing dalam karung. Nggak pakai baca review, nggak pakai minta rekomendasi. Pokoknya apa yang tayang di TV atau di channel langganan, ya tinggal tonton aja. 

Enaknya, di masa itu, kita bisa agak santai nonton drama korea. Nggak keganggu ama spoiler, nggak dibuat bising ama status soal prediksi drakor. Pokoknya nikmatin nonton aja. 

Sejak pandemi, peminat drama korea meningkat tajam. Apalagi di masa PPKM Darurat begini. Yang tadinya sok nggak minat ngedrakor, sekarang malah ikutan war antara tim Do San & Tim Ji Pyeong. Gila dah! 

Saya sebenarnya senang sih, sekarang ada banyak teman buat rumpiin drama korea. Tapi saking hype-nya dan makin banyaknya list drama yang direkomendasiin buat ditonton, rasanya kok rada engap ya. 

Kenapa ngedrakor yang harusnya fun malah jadi ajang buat pamer banyak-banyakan nonton drakor. Jadi kayak lomba lari aja. 

tips-nonton-drakor-smartfren

Saya tuh cuma berharap hobi ngedrakor ini kembali ke jalan yang benar aja. Jangan sampai nih, hobi yang seharusnya bikin imun kita nambah ini malah bikin stress dan emosi karena gagal move on, terlarut dalam fanwar, dan sebagainya. 

Jadi kalau kalian sama seperti saya yang mulai lelah dan terbebani pas ngedrakor, coba ikutin tips berikut : 

1. Stop being FoMO (Fear of Missing Out) 

Ingatlah nggak ada yang maksa kita buat ngikutin semua drama ongoing yang lagi hype kok. Kalau yang lain pada sibuk ngerumpiin Penthouse atau Vicenzo, sementara kita nggak minat dengan dua drama itu. Ya sudah. 

Jangan nonton karena sekadar ngikutin trend padahal genrenya nggak cocok ama selera kita. 

tips-nonton-drakor-smartfren

2. Pilih marathon atau on going? 

Penonton drakor biasanya terbagi jadi dua kelompok ini. Ada yang suka binge-watching alias marathon, nunggu seluruh episode drama kelar dulu, baru nonton. Ada juga yang lebih suka ongoing, yang nonton episode tayang tiap minggu. 

Saya sendiri termasuk keduanya. Ada drama yang saya nonton marathon, ada juga yang saya ikutin ongoing. Dua-duanya seru aja tuh. 

Keuntungan binge-watching, kita bisa jaga mood nonton. Buat saya pribadi, binge-watching rasanya bisa bikin kita merasa masuk banget ke cerita. Jadi bisa lebih memahami jalan ceritanya. 

Minusnya, jelas mata jadi lelah karena berjam-jam terpaku di gadget. Kadang kurang tidur juga. Makanya kalau sedang binge-watching, saya kerap memberi jeda istirahat 15 sampai 30 menit tiap dua episode. 

Sementara keuntungan nonton drama ongoing, kita nggak ketinggalan trend. Minim resiko kena spoiler, buat yang nggak suka spoiler, dan punya jadwal nonton yang lebih manusiawi. 

Tapi minusnya, jeda waktu seminggu sampai ke episode berikutnya kadang bikin kita kehilangan mood nonton. Atau sebaliknya tersiksa dengan rasa penasaran. Ini saya rasain banget waktu nonton Mouse. Wah gila sih, beneran tersiksa dengan rasa penasaran. 

tips-nonton-drakor-smartfren

3. Baca review dulu 

Enaknya nge-drakor zaman sekarang tuh, ada banyak info dan ulasan drama yang bisa kita baca atau lihat dulu sebelum nonton. Kalau kalian bingung mau nonton drama apa, cari aja review atau rekomendasi drama korea. 

Banyak kok blog dan situs yang memberi rekomendasi drama korea gini. Misalnya aja blog ibusegalatau ini. Hehehehe 

tips-nonton-drakor-smartfren

4. Nonton dimana ya? 

Pilihan platform video streaming sekarang banyak. Kalau yang legal sih kebanyakan memang harus bayar. Tapi ada juga kok beberapa platform video streaming legal yang menyediakan drama lama secara gratis. 

Kalau saya sebagai pengguna smartfren, sering memanfaatkan paket video streaming yang disediakan smartfren. Salah satunya pake Kombo VIU 3 GB, yang menyediakan gratis langganan VIU Premium 28 hari. Jadi nggak cuma dapat kuota nonton tapi juga bisa dapat paket langganan. Untung banget kan? 

tips-nonton-drakor-smartfren

5. Jaringan internet lancar 

Jaringan internet yang lancar jaya adalah syarat utama ngedrakor. Apalagi kalau kalian termasuk aliran nonton streaming ketimbang download dulu. Jaringan lelet, pasti bikin kita nggak bisa nikmatin drama. Malah sebaliknya bikin emosi jiwa. 

Percayalah! Sebagai pecinta drakor sejak dulu kala saya tuh sudah berpengalaman nonton drama menggunakan berbagai layanan provider. Dan sejauh ini, jaringan smartfren Unlimited MAXI tetap provider dengan jaringan sinyal terlancar, terbaik dan termurah deh. 

tips-nonton-drakor-smartfren

Btw, tahu nggak apa yang bikin saya lebih semangat dan setia jadi pengguna smartfren. Tak lain tak bukan karena loyality program #RejekiWOW yang hadiahnya benar-benar WOW banget. 

Sekarang smartfren Rejeki WOW sudah masuk season 2 lho. Hadiahnya nggak kalah WOW dengan season 1. Ada pulsa, emas, smartphone, tablet, laptop, TV, motor. Kita juga berkesempatan mendapatkan Grand Prize berupa emas 50 gram, tabungan ratusan juta dan mobil. 

tips-nonton-drakor-smartfren

Caranya masih sama kok dengan #RejekiWOW season 1, cukup dengan unduh dan install aplikasi MySF lalu rajin melakukan transaksi. Bisa isi pulsa, beli paket, bayar tagihan pasca bayar dan sebagainya. Dengan total transaksi Rp 100.000, kapal kita akan meluncur ke pulau harta yang menyimpan peti berisi hadiah. 

Jangan lupa rajin-rajin juga check-in ke Rejeki WOW buat dapat tambahan poin tiap hari. Benar-benar #RejekiDepanMata nih. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

23 komentar

  1. Hahhaaa, asiikk semoga tipsnya membantu juga buat drakor lovers. Aku tim hore temen2 yang nonton drakor aja. Yang penting mah tetep damai, adem, tentrem ga ada war2-an atulaah.
    Mari nikmati keunyu2an pemain2nya ajaa, hahaaa.
    Btw, apalah nonton drakor kalo ga didukung oleh jaringan yang kenceng, bisa mnejadi pilihan nonton bareng smartfren makin mageer yaa.

    BalasHapus
  2. Aku akhirnya juga nonton drakor meskipun ya gak semua kudu ditonton.. paling 1-2 judul aja.. dan itu nonton yang on going aja.. Karena memang takut ketagihan haha

    BalasHapus
  3. Aku paling suka nonton drakor yang berepisode dan langsung dikeluarin seharian hahaha makanya internet so pasti harus super duper kenceng biar penonton nngga kecewa :)

    BalasHapus
  4. Aku sukanya nonton maraton mbak, tapi habis itu lemah letih lesu wkwkwkkkk... kalau nontonnya bersambung gitu rasanya nggak sabar deh, belum pandai ngatur waktu nih

    BalasHapus
  5. Pas banget ini, Molzania juga pengguna smartfren. Ikutan ahh kuisnya siapatau bisa menang dan beruntung dapat hadiah..

    BalasHapus
  6. Aku nonton yg heiiits kalau genrenya aku suka jugaa. Setuju sama poin2nya mbaa. Jaman dulu nonton drakor di tipi skrg mah sambil ngumpet di kamar bisa ya walau di kamar nggak ada tipiii hihii
    Pake akses inet yg kenceng biar nggak suram di tengah jalan cerita ^^

    BalasHapus
  7. Sebetulnya saya belum pernah bisa menikmati drakor kalau menonton sendirian. Tetapi, saat kumpul keluarga, di mana sebagian besar penggemar drakor dan sering nobar, saya jadi suka ikutan. Kalau nontonnya rame-rame begini, saya suka jadi kebawa suka.

    Makanya saya memang gak update drakor. Karena moodnya masih terpengaruh sama situasi. Menonton saat rame-rame aja

    BalasHapus
  8. kalau saya dulu nonton endless love mba. tahun 2000an kayaknya. setelah sebelumnya addict dengan telenovela

    BalasHapus
  9. Drakor memang mempesona emak-emak tidak hanya pemain ganteng tapi alur cerita menarik. Harus fun nonton drakor agar tahu hikmah dibalik sebuah kisah drama korea

    BalasHapus
  10. Hahaha, bener mbak. Pokoknya kalau imun meningkat gara2 nonton Drakor lanjutkan saja, bikin happy aja diri kita

    BalasHapus
  11. Bener banget nih, aku kalo mau nonton gak ikut trend, nonton yg aku minat aja. Bahkan aku suka larut di drakor yg berulang2, gak move on. Wkwkwk yg penting aku enjoy aja

    BalasHapus
  12. Nah iya mbak dulu nonton drakor di channel TV ya seadanya aja gak bisa milih. Terus sebelnya tiba2 dicut gitu ga tau kelanjutannya gimana sebel banget bikin gemas hahaha.
    Untungnya sekarang banyak layana streaming film ya jadi bisa milih deh filmnya.
    Suamiku juga mulai ikutan nongton drakor nih selama pandemi, kerja di rumah trus refreshing drakor cuma beda genre aja sama aku. Aku langganan Netflix & Viu maruk banget ya

    BalasHapus
  13. Kalau di rumah trus nonton drakor dgn Internet jaringan smartfren Unlimited MAXI yg jaringan sinyal terlancar, terbaik dan termurah pasti bikin happy lah lancar Jaya

    BalasHapus
  14. Sampai sekarang aku masih penikmat review teman-teman yang hobi ngedrakor, mba. Salah satunya ya suka baca di blogmu ini. Seru aja gitu nyeritainnya.

    Kalau untuk nonton langsung, aku masih belum tergoyahkan dari film-film Hollywood. Nah ini baru tau rasanya nyandu nonton setelah langganan salah satu app penyedia film, trus nyobain nonton yang model berseason2 gitu. Duh lah bener, mata sepeeet banget. Mana aku orangnya penasaran. Bisa sehari nonton 5 episode lebih. Rasain deeeh..

    Aku aman deh dari spoiler2 karena jarang teman blogger yang ngereview film serial buatan negara Uncle Sam. :)

    BalasHapus
  15. Nonton darkor untuk hiburan banget, apalagi tema2 yang mirip dengan kehidupan sehar2 seperti kehidupan keluarga dan tema kedokteran. Aduh, jatuh cinta deh!

    BalasHapus
  16. Bener nih soal FOMO, aku ngerasa nonton drakor sekarang kok dikejar-kejar gitu. Makanya sekarang nggak mau dijadiin beban, lah kan nonton drakor kan buat happy ya mbak. Hehe. Jadi sekarang aku team on going aja buat menghindari begadang nonton marathon.

    BalasHapus
  17. Ada paket combo VIU premium juga? Wah ini alasan bagus untuk beralih ke Smartfren nih. Hihihi. Padahal bea langganan juga aslinya ga mahal amat (di bulan pertama) tapi lebih suka yang gratisan atau paketan. Kesannya beda.
    Saya jarang nonton drakor sih aslinya tapi aplikasi VIU sesekali saya tengok kalau kangen nonton drakor

    BalasHapus
  18. Drama zaman sekarang memang belum ada yang memorable kaya dulu...
    Kerasa banget yaa...dulu minim info, tapi aku punya satu blog keshayangan yang always berbagi drama per-eps (recap). Jadi aku suka baca recapnya dulu, baru nonton dramanya.

    BalasHapus
  19. Sebagai orang yang jarang nonton drakor, berterima kasih untuk tipsnya. maklum saya kalau nonton drakor kalau benar-benar mendapat hidayah wkwkkw. Wuih emang wuuz kalau pakai paket smartfren buat nonton drakor

    BalasHapus
  20. Memang bener mbak, kayanya penonton drakor meningkat kian tajam sejak pandemi ini ya. Meskipun saya sebenernya bukan penonton drakor garis keras. Tapi cukup menikmati review review yang bertebaran di sosial media

    BalasHapus
  21. kalau marathon kudu bener-bener liat reviewan bagus nggak kalau aku
    taoi ya gitu cek cek dulu 1-3 episode kalau boring ya udah skip
    jadi emang lebih enak nonton on going yang emang disukai
    cuma ya itu kalau penasaran ama drakor lain kudu nonton...marathon
    drkaornya tamat kerjaannya belom wkwkkw

    BalasHapus
  22. Aku tim marathon.. XD

    Jarang nonton yg on going kecuali lg kena racun disosmed.

    Tp krn jd tim marathon akhirnya pagi harinya teler. Haha

    BalasHapus
  23. Saya termasuk yang nggak nonton tapi sering dapat cerita dari yang nonton. Jadi suka ikut gemes sendiri. Belum pengen ikut nonton karena takut ketagihan.. Hihi.. Btw paket smartfren memang hemat. Saya juga pakai ini..

    BalasHapus