Jangan Biarkan Anak Stres, Yuk Ajak Mereka Berkreasi Bersama Faber-Castell

faber-castell-creative-art-series

“Anak kecil itu enak ya, bisa main setiap hari. Nggak pernah stress kayak kita,”
komentar orang tua. 

Eiits nanti dulu. Kata siapa anak nggak bisa stress? 

Anak zaman dulu mungkin saja banyak yang beruntung karena bertumbuh tanpa stress. Tapi perkembangan zaman, membuat dunia kanak-kanak tak lagi bebas stress seperti dulu. 

Coba bayangkan, anak zaman sekarang harus tumbuh dengan memenuhi berbagai tuntutan. Anak usia dini sudah dipaksa membaca kalimat panjang, pekerjaan rumahnya seabrek. Belum lagi harus les ini itu supaya di masa mendatang jadi anak yang serba bisa. 

Kondisi ini diperparah oleh datangnya pandemi. 

Karena wabah virus, anak-anak kita kian tak leluasa bermain di luar rumah. Sementara di satu sisi, pembelajaran jarak jauh sama sekali tak memberi peluang untuk “bernapas lega” karena banyak tugas yang harus dikerjakan. 

Satu hal yang perlu kita sadari sebagai orang tua, bahwa pemicu stress pada anak bisa jadi sangat berbeda dengan pemicu stress pada orang dewasa. 

Pun begitu hakikatnya sama. Ada perasaan tertekan, tidak nyaman, gelisah dan kalau terus menerus diabaikan bisa jadi akan mengakibatkan masalah yang lebih besar. 

Saat mengikuti Webinar Parenting bertema “Soft Skill Apa Yang Diperlukan di Abad Digital?” bersama Faber-Castell, 25 September 2021 silam, saya jadi tahu bahwa stress dan depresi pada anak bisa mengakibatkan beberapa masalah serius, antara lain : 
  • Masalah kesehatan fisik
  • Keterlambatan bicara
  • Masalah atensi dan konsentrasi
  • Masalah pada executive function, yaitu kemampuan untuk berpikir kritis fan mengeksekusi ide
  • Masalah perilaku
  • Kualitas kelekatan antara orang tua dan anak menurun 
Di sisi lain, perkembangan teknologi yang diharapkan membuat hidup manusia jadi lebih sederhana. Dalam artian hidup jadi lebih mudah karena banyak kegiatan yang bisa digantikan oleh teknologi. Justru membuat hidup makin kompleks karena mengakibatkan banyak soft skill yang tak terasah optimal. 

Sebut saja urusan menyapu rumah. Di masa lalu, untuk menyapu lantai, kita harus melakukan banyak gerakan. Harus mengambil sapu, lalu menelusuri setiap bagian rumah sambil membersihkan debu. Dalam kegiatan sederhana itu, tanpa sadar kita melatih banyak kemampuan motorik. 

Beda dengan sekarang, kita bahkan punya robot vacuum cleaner yang bisa membersihkan lantai secara otomatis. Robot ini juga punya sensor mengenali kotoran dan bisa menghindar kalau ada halangan di depannya. Kita sama sekali tak perlu repot. 

Begitupun yang dilakukan oleh banyak orang tua zaman sekarang, teknologi sering dimanfaatkan sebagai pengganti “kehadiran” orang tua di samping anak. 

Saat orang tua sibuk dengan urusan kerja dan pergaulannya, mereka memberikan gadget untuk hiburan anak-anak. Sekadar pengalih, supaya anak bisa lebih tenang dan tak menuntut perhatian orang tua. 

faber-castell-creative-art-series

Jujur, saya pun kerap melakukan hal ini pada anak. Saat saya disibukan dengan urusan pekerjaan, ada kalanya saya biarkan anak saya bermain gadget supaya lebih tenang. 

Untung saja, kami punya kesepakatan mengenai durasi penggunaan gadget. Jadi seringkali tanpa disuruh, anak saya berhenti memakai gadget dan mulai menggambar sekena hati. Dia memang sangat suka menggambar. 

Makin hari, saya perhatikan dia makin serius belajar menggambar. Video youtube yang dia buka pun tak pernah jauh-jauh dari tutorial menggambar atau berkreasi membuat mainan. 

Hasil gambarnya memang tak terlalu sempurna, tapi saya percaya ini adalah proses melatih kreativitas. Makanya saya berusaha untuk selalu mendukung. Gambar-gambar kreasi Narend, anak saya, kami pajang di dinding ruang keluarga. Kami buat semacam wall of fame gitu. Hahaha 

Saya jarang membelikan mainan jadi untuk Narend. Anak saya tidak punya mainan mobil-mobilan, di smartphone yang dia pegang juga tak banyak game yang di-install

Saya lebih sering membelikan mainan yang bisa merangsang imajinasinya untuk bermain peran. Ada wayang, ada lego, clay dan tentu saja berbagai peralatan gambar. 

Saat tahu bahwa Faber-Castell memiliki koleksi Creative Art Series, saya dan Narend pun jadi penasaran. 

Kami punya dua koleksinya, yaitu paket colour your own tote bag dan paket glow in the dark. Faber Castell Creative Art Series ini menurut saya bagus untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi Narend. 

Saya ingat sekali, saat kali pertama kami membuka paket Faber-Castell Creative Art Series, Narend banyak bertanya dan komentar. “Ini untuk apa ya, Bu?”. “Kalau yang ini apa?” “Hoo jadi begini ya bentuknya mesin jam. Narend baru tahu.” 

faber-castell-creative-art-series

Berikutnya, kami pun mulai mempelajari secara seksama tahapan pembuatannya. Untuk Faber Castell Creative Art Series, kita bisa mengikuti petunjuk yang tertulis di kertas panduan di dalam paket. Tapi kalau mau lebih jelas bisa juga menonton videonya di website dan channel youtube Faber-Castell. 

Narend sendiri, kalau saya perhatikan, masih agak kesulitan kalau hanya mengikuti panduan yang tertulis di kertas. Makanya saya mengajak dia untuk menonton videonya juga. 

Bagaimana komentar Narend berkreasi dengan Faber-Castell Creative Art Series ini? Katanya, seru! 

Saya memang membiarkan dia untuk brekreasi sesuka hatinya. Misalnya seperti saat mewarnai burung hantu di paket colour your own tote bag, dia memilih warna yang berbeda dengan contoh. Dia juga berkreasi dengan mencampur berbagai warna. 

Tapi saat mengerjakan paket glow in the dark, saya mau tak mau ikut turun tangan. Terutama saat memasang mesin jam. Setelah ini, Narend ingin mencoba paket make your own kite, dan stone deco art

Oh iya, sampai lupa kasih tau, Faber-Castell Creative Art Series ini punya 10 koleksi untuk mengembangkan kreatifitas anak lho. 

faber-castell-creative-art-series

  1. Basketball Arcade, satu set berisi 4 tube Acryilc Colur, 1 UHU All Purpose 20ml, 1 Grip Brush, 1 Pallete, 1 set bahan-bahan membuat Basketball Arcade, booklet petunjuk pembuatan, dan kupon workshop gratis.
  2. Glow in the dark Clock, satu set berisi 1 tube Acrylic Glitter Silver, 1 UHU All Purpose 20ml, 1 Grip Brush, 1 set bahan-bahan membuat jam dinding, booklet petunjuk pembuatan, dan kupon workshop.
  3. Colour Your Own Drawstring Bag, satu set terdiri dari 1 buah tas serut dengan desain 2 sisi, 1 set Acrylic Colours Tube, kuas, palet, dan kupon workshop.
  4. Finger Printing Art Set, satu set terdiri atas ink pad dengan 5 warna yang cerah, 10 worksheet, 3 connector pen, 5 connconn, 1 conpen cap, booklet referensi, dan kupon workshop.
  5. Stone Deco Art, dalam set ini terdapat 8 pcs batu lukis, 2 set Acrylic Colours Tube, kuas, palet, permanent marker hitam, booklet referensi, dan kupon workshop.
  6. Origami Fashion Design, satu set komplit sudah termasuk 8 pcs fashion paper template, origami washi paper, pensil warna set 12, UHU Stick 8.2 gram, booklet referensi, dan kupon workshop.
  7. Colour Your Own Tote Bag, dalam satu set ini terdapat totebag ukuran 30x40cm, 2 set Acrylic Colors Tube, kuas, palet, kupon workshop.
  8. Air Jet Sport Car, satu set komplit terdiri atas lem UHU All Purpose 20ml, Acrylic Colour, 1 set alat penggerak berupa balon dan sedotan ukuran besar dan kupon workshop.
  9. Make Your Own Kite, satu set komplit sudah termasuk bahan dan alat untuk merakit layangan seperti potongan bambu, kertas layangan, benang, lem UHU All Purpose 20ml, dan connector pen untuk menghias layangan. Bahan yang tersedia bisa dipakai untuk membuat 2 layangan.
  10. 3D Art Frame, satu set terdiri dari frame berbahan karton duplex, fineliner permanent dan tripen glitter (masing-masing 3 warna), UHU All purpose 20ml untuk membuat efek 3 dimensi dengan tehnik papertole (Teknik menggabungkan atau menumpuk beberapa lapis frame).
Banyak kan kreasi yang bisa dipilih. Dan yang lebih penting lagi, kegiatan ini bisa melatih kreativitas dengan cara yang menyenangkan lho.

Menurut psikolog, Yohana Theresia dalam webinar lalu, kegiatan kreatif semacam ini juga bagus untuk melatih motorik halus, serta meningkatkan self esteem dan self confidence anak. \

“Selain itu juga bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak, karena kegiatannya dilakukan bersama-sama,” jelas dia. 

Nah ibu-ibu, di masa pandemi ini, yuk ajak anak kita melakukan kegiatan yang bisa melatif kreativitasnya. Biar mereka nggak stress dan bisa bertumbuh kembang secara optimal. 

faber-castell-creative-art-series

Kalau bingung cari kegiatan seru, bisa kok mulai dengan membuat kreasi Faber Castell Creative Art Series

Paket-paketnya bisa dipilih dan dibeli di official store Faber-Castell di Shopee dan Tokopedia ya. Tiap pembelian paket creative series kita juga dapat kupon workshop online gratis tuh. Makin seru kan? 

Semoga jadi tambah tahu ya

Tidak ada komentar