Review : Bonvie, Rekomendasi Produk Hair Care Lokal untuk Perawatan Rambut Rontok

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Jujur aja, produk hair care lokal yang baru saya coba ini benar-benar berhasil bikin saya merasa woooow! 

Namanya Bonvie. Hair care ini, katanya sih memakai bahan-bahan alami, sampai-sampai disarankan untuk disimpan di dalam kulkas supaya lebih tahan lama. Maklum nggak pakai pengawet. Tapi kok hasilnya bisa cepat gitu ya? 

Baru pakai sekitar seminggu, sudah kelihatan progress-nya. Kuantitas rambut rontok per hari berkurang cukup drastis. Kan ajaib ya? 

Udah gitu, harganya terjangkau pula. Mulai dari Rp 50.000 aja. 

Eh tapi ada kekurangannya juga ding. 

Kekurangannya satu, produk hair care ini sempat susah didapat. Selain memang laris banget, produk Bonvie ternyata juga sempat melakukan rebranding di awal tahun ini. Jadi agak mundur tuh proses produksinya. 

Ada kali saya nunggu hampir setengah tahun buat mendapatkan produknya. Untung sabar. 

Sampai akhirnya awal Juli 2021 lalu, kesampaian juga deh mencoba produk hair care ini. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Muncul dengan nama dan wajah baru, brand hair care yang sebelumnya bernama Bounty itu sekarang berubah menjadi Bonvie. 

Bonvie berarti “good life” dalam bahasa Perancis. Tag line-nya : good hair, good life. Jadi kira-kira maknanya, dengan rambut yang sehat, kita bisa lebih semangat untuk menjalani hidup yang lebih baik gitu lah. Ini perkiraan saya aja sih. 

Tapi benar juga kan? 

Coba deh, siapa yang nggak kepikiran kalau melihat rambutnya rusak, makin tipis, dan rontok banyak banget? Pasti jadinya stres. Ya nggak? 

Makanya biar nggak stres, yuk sehatin rambutnya. 

Karena terbuat dari bahan-bahan alami, Bonvie diklaim aman untuk ibu hamil/ menyusui dan orang-orang yang memiliki kulit kepala sensitif. Produk Bonvie juga sudah teregistrasi BPOM. 

Penasaran nggak, bahan alami apa yang jadi key ingredients produk-produk Bonvie? 

Yang pertama, jahe. Rimpang yang satu ini ternyata sudah sejak lama diketahui berkhasiat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Jahe disebut memiliki sifat anti inflamasi yang bagus buat menenangkan kulit kepala, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan mengurangi rasa gatal. 

Khasiat jahe untuk rambut, selain bisa merangsang pertumbuhan rambut, juga baik untuk mengurangi kerontokan. Membuat rambut lebih elastis, serta melindungi kelembaban alaminya, sehingga tidak mudah kering dan bercabang. Oh, iya, katanya juga bisa bantu mengatasi ketombe tuh. 

Bahan utama berikutnya, lemon. Buah ini bermanfaat mengurangi produksi minyak berlebihan di kulit kepala, serta mengatasi rambut kusam dan membuat rambut jadi berkilau. 

Nggak sampai disitu, lemon juga disebut dapat mengencangkan pori di kulit kepala sehingga bisa mengatasi kerontokan rambut. 

Sebelum lanjut ke review produk Bonvie, saya mau kasih tahu dulu nih kondisi rambut saya. 

Jadi, bagian pangkal rambut saya lumayan berminyak. Bikin rambut kelihatan cepat lepek terutama kalau lagi beraktivitas di luar rumah. Itu sebabnya saya lebih nyaman kalau keramas setiap hari. 

Sebaliknya, bagian batang rambut, terutama yang dekat dengan ujung rambut kelihatan kering. Ngerti kan, kalau rambut kering itu kelihatan kayak rambutnya nggak jatuh gitu. Lebih gampang kusut dan kelihatan rapuh. 

Selain menghadapi karakter rambut yang tricky itu, saya juga punya masalah kerontokan rambut. Memang bukan kerontokan yang ekstrem, tapi sekarang sudah sampai tahap mengkhawatirkan. 

Memang rambut saya nggak seketika kelihatan tipis. Tapi di bagian dahi kelihatan lebih lebar dari sebelumnya. Sedih kan? 

Makanya saat memakai dua produk Bonvie, yaitu hair serum dan hair mask, saya lebih fokus ke bagian dahi. 

Bonvie yang saya punya ini merupakan paket bundling yang berisi 2 botol hair mask, dan satu botol hair serum ukuran kecil. Masih dapat bonus shower cap, pita meteran dan kartu petunjuk penggunaan hair mask serta hair serum. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Sekarang, mari kita lanjut ke review Bonvie Hair Serum dan Bonvie Hair Mask (Fermented Herbs)

Bonvie Hair Mask (Fermented Herbs) 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Dikemas dalam botol plastik berukuran 250 ml dengan aplikator spray. Keterangan nama produk, cara penggunaan dan komposisinya tertera di stiker hijau yang menempel di botol kemasan. 

Masker rambut ini punya tekstur sangat cair seperti air dengan warna putih keruh. Aromanya perpaduan jahe dan lemon. Segar, tapi tetap ada sedikit aroma kecut selayaknya produk fermentasi. Tapi masih enak kok, nggak ganggu baunya. 

Berikut ingredients lengkap Bonvie Hair Mask (Fermented Herbs): 

Water, Zingiber Officinale Extract, Citrus Limon Fruit Oil, Argania Spinosa Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Cananga Odorata Oil, Cedrus Deodara Oil, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol. 

Berhubung teksturnya cair, masker rambut ini diaplikasikan di rambut dengan cara disemprotkan ke seluruh bagian rambut. Terutama bagian batang rambut. Jangan lupa kocok dulu sebelum disemprot. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Disarankan untuk mengaplikasikan Bonvie Hair Mask 2 hari sekali, setiap sebelum keramas. Diamkan selama 30 - 60 menit, sambil tutup rambut dengan shower cap. Biar nggak ketempelan debu lagi. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Setelah itu bilas hair mask dan keramas seperti biasa. 

Kalau nggak punya shower cap gimana? Tenang, di dalam kemasannya ada shower cap bawaan kok. Tapi sebenarnya nggak pakai shower cap juga nggak masalah sih, soalnya Bonvie Hair Mask ini cara pakainya tinggal semprot, jadi nggak menetes dan menempel kemana-mana. Praktis banget.

Meski keramas setiap hari, saya tetap menggunakan Hair Mask sesuai petunjuk, yaitu 2 hari sekali. 

Awalnya saya semprotkan Bonvie Hair Mask merata ke seluruh bagian rambut, sampai agak kuyup gitu. Ternyata jadinya malah rada boros. Sekali pakai hampir ngabisin sepertiga botol. 

Tapi ini mungkin tergantung kondisi rambut masing-masing ya. Rambut saya sekarang ukuran sebahu dan ukuran helai rambutnya agak tebal. 

Di pemakaian kedua, saya lebih fokus pengaplikasian di area dahi, yang berasa makin lebar itu, serta bagian tengah batang rambut hingga ke ujung. Pokoknya asal kelihatan basah aja deh. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Walau pakai lebih irit ternyata hasilnya tetap oke tuh. Rambut terasa lebih lembut. Bilasnya juga gampang, tinggal siram air dan keramas seperti biasa. 

Paling kelihatan efeknya di bagian ujung rambut, jadi nggak kering dan terbang lagi. Rambutnya jadi lebih jatuh. 

Bonvie Hair Serum 

Ini produk terfavorit. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Setelah seminggu pemakaian, saya langsung repurchase lagi Bonvie Hair Serum ukuran besar. Biar puas pakainya. 

Seperti Bonvie Hair Mask, hair serum ini juga dikemas dalam botol plastik dengan aplikator spray. Tersedia 2 ukuran kemasan, yaitu 60 ml dan 250 ml. 

Kalau Bonvie Hair Mask diberi label sticker berwarna hijau, keterangan produk Bonvie Hair Serum tertera pada label sticker berwarna kuning. Warna yang senada dengan warna hair serumnya. 

Ini ingredients list Bonvie Hair Serum : 
Water, Zingiber Officinale Extract, Citrus Limon Fruit Oil, Argania Spinosa Oil, Lavandula Angustifolia Oil, Cananga Odorata Oil, Cedrus Deodara Oil, Phenoxyethanol, Caprylyl Glycol 

Tekstur Bonvie Hair Serum juga cair, berwarna kuning keruh. Kalau didiamkan seperti ada endapan putih di bagian bawah botol. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Tapi nggak masalah kok. Karena terbuat dari bahan alami, endapan itu adalah hal wajar. Nanti saat mau dipakai tinggal dikocok aja, endapan dan bagian cairnya akan menyatu. 

Aroma hair serum ini segar. Mirip wedang jahe jeruk. Wangi lemon tapi ada sedikit pedas jahe. Segar dan enaaak banget. 

Cara pakainya juga gampang. Kocok dulu Bonvie Hair Serum, lalu semprotkan ke kulit kepala. Pijat ringan sebentar. Selesai. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Disarankan mengaplikaskan hair serum 2 kali sehari. Tapi berhubung baunya enak, saya bisa pakai sampai lebih dari 5 kali sehari. 

Bisa dipakai setelah keramas, saat rambut masih setengah basah, atau dalam keadaan rambut kering. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Walau dipakai berkali-kali, hair serum ini sama sekali nggak bikin rambut lepek lho. Malah sebaliknya, saya merasa minyak dikulit kepala nggak sebanyak biasanya. Kulit kepala jadi nggak lengket dan rambut lebih mudah diatur. 

Bagaimana efeknya untuk mengatasi kerontokan rambut? 


Seperti yang saya sebutkan di atas, kinerja Bonvie Hair Mask dan Hair Serum beyond my expectation deh. 

Rambut saya biasanya rontok lumayan banyak saat keramas. Seminggu setelah pakai Bonvie, rambut yang rontok saat keramas benar-benar bisa dihitung pakai jari. 

Oh iya, tadi saya bilang kalau saya fokus pada pemakaian di area dahi kan? 

Ini dia progress-nya setelah sekitar seminggu pemakaian. 

bonvie-rekomendasi-haircare-perawatan-rambut-rontok

Bisa dilihat di gambar paling kiri adalah kondisi dahi saya sebelum memakai Bonvie. Di area sudut dahi lumayan lebar. Di bagian atas juga rambutnya agak jarang. 

Gambar paling kanan, kondisi setelah sekitar 7 hari pemakaian Bonvie. Di area sudut dahi, baby hair kelihatan lebih panjang. Jadi bikin kesan kalau dahinya lebih kecil. Sebenarnya ada baby hair yang baru tumbuh juga, tapi kalau di foto nggak terlalu kelihatan karena tertutup rambut yang mulai panjang. 

Repurchase? Jelas dong. 

Seminggu setelah pakai Bonvie, saya langsung order lagi hair serum ukuran 250 ml. Buat stock, jaga-jaga kalau kehabisan. 

Antara hair serum dan hair mask mana yang paling recommended? 

Kalau menurut saya, lebih bagus pakai keduanya sih. Hasilnya lebih optimal. Serius! Nggak bohong deh. 

Tapi kalau mau coba-coba dulu bisa mulai purchase hair serumnya. Bonvie Hair Serum ukuran 60 ml ada yang dijual satuan seharga Rp 50.000 aja. 

Hair Serum ini nggak boros kok. Soalnya aplikatornya spray jadi pemakaiannya lebih mudah dikontrol. Nggak ada ceritanya produk terbuang percuma karena menetes atau tertuang terlalu banyak. 

Buat yang penasaran, dan emang lagi cari solusi buat masalah rambut, kalian bisa langsung cek akun instagram Bonvie di @bonvie.id. Dan kalau mau beli produknya, bisa cek di official store di shopee : bonvie.id dan tokopedia : Bonvie Haircare. Super recommended! 

Semoga jadi tambah tahu ya

26 komentar

  1. Wah, ada kandungan jahe dan lemon ya di produk perawaan rambut rontok Bonvie ini :) Rambutku tuh sering rontok terutama saat keramas. Berminyak juga apalagi pas kelar berolahraga atau keluar rumah. AKu kepengen mencobanya deh. Harga masih terjangkau lah mulai 50K ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terjangkau dan dengan kualitas sebagus itu menurutku hitungannya murah si. Puas aja aku pakai ini.

      Hapus
  2. kandungan yang alami memang baik dan bagus digunakan secara rutin, dan efeknya terasa banget. Tapi susah ya buat didapetin saking seringnya sold out, artinya banyak yang cocok menggunakan produk ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh banyak yg cocok. Ratingnya di toped ama shopee juga tinggi kok 4.9. Review di FD juga bagus. Makanya waktu itu aku penasaran banget. Ternyata emang seeebagus ntu

      Hapus
  3. Affordable price bangeett
    aku beberapa kali baca review produk ini di femaleDaily dan banyak yg recommend
    ini ndilalah rambutku juga sering rontok
    pengin cobaaaaa

    BalasHapus
  4. Aku tandain dulu deh. Gejala rambut kita sama soalnya, cuma ya karena aku pakai kerudung, aku jadi jarang memperhatikan kondisi rambut.

    BalasHapus
  5. Ow ow. pas banget aku baru aja pengen beralih dari shampo sejuta umat yang terkenal untuk rambut rontok - dan tidak bekerja untuk rambutku!

    Adik ipar malah memutuskan hair transplant untuk menutupi kebotakan yang tadinya cuman rontok itu!

    Oke aku coba ya mbak Wied, semoga cocok untuk rambut dan kulit kepalaku

    BalasHapus
  6. Aku ini udah hopeless sama rambutku. Rontok melulu, meski udah ganti shampoo. Gimana ya, ganti shampoo untuk anti rontok, tapi gantian ketombe yang muncul. Sampe tadi pagi(baru tadi pagi banget nih) pas cuci piring, aku ngobrol sama Opik.. Kalau diizinin sama Mas Yopie mah kayaknya pilih tak gundul aja sekalian, huhu...

    Ini aku auto kasih tau ke Opik nih.. Nanti mau beli buat barengan, mudah-mudahan cocok.

    BalasHapus
  7. wah senangnya sudah menemukan perawatan rambut rontok yang cocok ya kak. Saya pernah juga mengalami rambut rontok. Alhamdulillah dapat juga obat rambut untuk mengatasi rambut rontok. Kalau udah cocok emang sampai ke hati yaa. Apalagi harganya juga terjangkau banget ini ya.

    BalasHapus
  8. Aku punya problem yang sama nih..rontok.. Kayaknya perlu coba pake Bonvie.. biar gak rontok-rontok lagi...

    BalasHapus
  9. Saya suka kalau model semprot gini. Memang iya sih lebih irit pemakaiannya. Trus, lebih merata juga dalam sekali semprot

    BalasHapus
  10. Wah, keliatan bedanya. Yang afternya banyak tumbuh. Anak rambut ya itu. Terus rambut juga lbh tebal. Jadi pengen nyoba juga nih,, harga juga terjangkau. Ntar kepoin ignya ah...

    BalasHapus
  11. Waah bisa jadi solusi nih. Aku termasuk yang jarang rontok rambutnya. Tapi sejak kena covid 3 bulan lalu langsung rontok banyak. Thx mbak artikelnya

    BalasHapus
  12. Rambut juga penting untuk dirawat ya mbak
    dengan memakai produk haircare
    bagusnya emang memilih haircare yang alami seperti Bonvie ini ya mbak

    BalasHapus
  13. Ya ampun aku pengen cobain Wid rambutku rontok jadi coba sampo malah nggak ngefek bahannya alami ya sampai kudu ditaruh di kulkas ey

    BalasHapus
  14. 50 ribu sih jatuhnya murah ya mbak. Apalagi cara pakai nya praktis gitu. Wah recomended nih. Mau coba ah aku. Share ke temen-temen ku juga

    BalasHapus
  15. Akhir-akhir ini saya juga ngerasain rambut yang mulai rontok. Kalau keramas suka sedih lihat banyak rambut rontok. Sepertinya serum rambut Bonvie ini patut dicobain, deh! Asyik juga, gak keliatan lepek meski dipakai berkali-kali.

    BalasHapus
  16. Wah menarik banget, produk rambut berbahan alami non pengawet. Baru dengar nih ada produk begini. Saya sampe sekarang belum nemu produk yang cocok buat rambut saya. Udah rontok, ketombean pula. Duh bikin jengkel banget. Pengen nyobain pake bahan-bahan alami aja, tapi males bikinnya. Bonvie cocok kayaknya dicoba nih.

    BalasHapus
  17. Wah wah, jadi inget rambutku yang rontok banget nih. Huhu iya, abis beres sembuh dari infeksi Covid, rambutku rontoknya parah. Kayaknya perlu perawatan ekstra deh. Nyari Bonvie ah, murah ya. Semoga gak susah nyari dan bisa cocok ngobatin rontoknya rambutku.

    BalasHapus
  18. Untuk rambutku yang rontok sangat parah, bisa nggak ya? Kalau cocok, bolehlah dicoba cari kalau liat progresnya bagus gitu

    BalasHapus
  19. Wah, boleh juga ini mbak. Sejak melahirkan rambutku rontok banget sampai skarang. Padahal udah aku potong, tapi ya gitu tetep, Next mau nyobain Bonvie, semoga aja cocok

    BalasHapus
  20. asik nih produk, tambah asik kalo yang melakukan perawatan suamik yah kan, hehehe. Moga beliau mau beliin sekaligus membantu saya menggunakannya, benarkan harganya gak mahal, hehehe

    BalasHapus
  21. rambut sehat emang mesti dijaga selalu ya, kalau udha rontok, aduh sediih...aku pernah sisir rambut eh rontoknya banyaaaak.... hiks.... mana ketombeaan pula

    BalasHapus
  22. Rambutku setiap sisiran ith rontoknya naudubillah mba. Jadi pas baca postingan ini ak langsung order obllllone ada yang murah

    BalasHapus
  23. Mau nyobain hair serumnya juga dah, perlu banget buat dahiku yang juga makin lebar. Terutama dahi suami, belum 40 tahun tapi ukuran dahinya udah nambah hampir separuh dari ukuran normal. Kalau hair mask butuh reminder banget karena aku orangnya gak telaten merawat rambut. Tapi kalau hair serum masih lebih praktis lah ya, tinggal semprot ini, kemudian pijat-pijat.

    BalasHapus
  24. wah, langsung mupeng. begitu abis shampoo skg, bakal beli langsung deh. Penasaran banget sih, tapi tetep kudu irit kaaaan :D hihi.

    thanks for sharing

    BalasHapus