Kombinasi Zat Besi & Vitamin C, Bantu Si Kecil Kembangkan 5 Potensi Prestasi

zat-besi-untuk-anak-sgm-eksplor

 

Ayo tunjuk tangan, siapa yang mau Si Kecil tumbuh maksimal?! 
Saya percaya, memiliki buah hati yang tumbuh maksimal, sehat dan ceria adalah impian semua orang tua. Tak terkecuali saya. Sebagai ibu, rasanya tidak ada hal yang lebih membahagiakan selain melihat Si Kecil tumbuh besar dengan bahagia dan mampu mengeksplorasi semua potensi dirinya. 

Tentu saja, membesarkan anak dan membimbingnya menggali potensi diri bukanlah perkara mudah. Ada banyak tantangan yang dihadapi orang tua. Salah satunya adalah pola hidup urban yang bisa dibilang kurang sehat. 

Terlalu banyak terpapar gadget, menyamil kudapan manis, makan asal kenyang tanpa memperhatikan asupan nutrisi, hingga malas olahraga. Banyak banget ya tantangannya? 

Saya sendiri menyadari kerap tergoda dengan berbagai kemudahan hidup. Kalau lagi sibuk dan malas makan, sudah deh jajan aja. Buat anak juga, cari aja makanan yang mudah dicari. Yang penting kenyang. 

Aduh…aduh. Kalau yang seperti ini jadi kebiasaan kan nggak bagus juga buat perkembangan anak ya. Bisa-bisa nggak terpenuhi dong kebutuhan nutrisi buat tumbuh kembangnya. 

Salah satu tantangan dalam pemenuhan nutrisi tumbuh kembang anak ini adalah kekurangan zat besi. 

Sudah pada tahu kan? Menurut data yang dirilis riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2018, satu dari tiga anak Indonesia kekurangan zat besi dan berpotensi anemia. 


Kalau masalah ini tak segera tertangani, mimpi Indonesia untuk mewujudkan generasi emas 2045 sudah pasti juga akan pupus. 

Kenapa anak butuh zat besi? 

Menurut President of Indonesian Nutrition Association (INA), yang juga seorang Dokter Spesialis Gizi Klinis, Dr. dr. Luciana B. Sutanto, MS, SpGK, zat besi merupakan mineral penting dalam hemoglogin. 

Hemoglobin yang merupakan komponen pembentuk sel darah merah (eritrosit) ini memiliki peran penting sebagai pengangkut oksigen dalam tubuh. 

Kalau kadar hemoglobin rendah, ukuran sel darah merah akan mengecil dan tak mampu mengedarkan oksigen yang cukup ke seluruh organ tubuh. Akibatnya proses metabolisme energi, perkembangan sel otak, dan berbagai sistem tubuh juga bakal terganggu. 

“Zat besi sangat penting untuk sintesis neuron dan sel saraf. Kalau kekurangan zat besi di masa pertumbuhan bisa berdampak pada penurunan kecerdasan,” terang dr Luci dalam Konferensi Pers : Dukung Anak Generasi Maju Tumbuh Maksimal, Sarihusada Luncurkan SGM Eksplor Pro-gress Maxx dengan IronC yang dilaksanakan secara daring, 18 Februari 2021 silam. 

Nggak cuma itu, kekurangan zat besi juga bisa mengganggu fungsi vili usus sehingga akan menghambat proses penyerapan makanan. FYI, vili usus merupakan tonjolan-tonjolan kecil di dinding usus. Tonjolan inilah yang bekerja menyerap nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Bagaimana cara mencegah kekurangan zat besi? 

Cara terbaik mencegah anemia akibat kekurangan zat besi adalah dengan mengonsumsi makanan bervariasi dengan komposisi gizi yang seimbang. “Isi piring untuk balita agak berbeda dengan isi piring dewasa. Pada balita, komposisi isi piringnya terdiri dari 35% makanan pokok, 35% lauk pauk dan 30 % sayur dan buah,” terang dr Luci. 

Sementara untuk isi piring dewasa terdiri dari ⅓ makanan pokok, ⅙ lauk pauk, ⅙ buah-buahan dan ⅓ sayuran. 

Ditambahkan dokter Luci, makanan yang dikonsumsi sebaiknya juga bervariasi. Nasi, sambung dia, bukan merupakan satu-satunya karbohidrat. Jadi nggak perlu terus memaksa anak buat makan nasi. “Kalau dia bosan makan nasi, ya bisa diganti dengan kentang, singkong, jagung dan sebagainya. Begitu pula dengan sayur dan lauk. Kenalkan anak dengan berbagai jenis makanan.” 

Untuk menumbuhkan kesukaan anak memakan sayur, ada baiknya di masa pengenalan makanan beri sayur yang rasanya manis terlebih dahulu. Setelah itu baru bertahap ke jenis-jenis sayur lainnya. “Dan yang lebih penting lagi, orang tua harus memberi contoh suka makan sayur,” tegas dia. 

Zat besi sendiri banyak terkandung pada sumber hewani seperti daging merah, hati ayam, hati sapi, ikan, kerang, bayam dan kacang-kacangan. Beri makanan sumber zat besi yang bervariasi pula supaya anak nggak bosan. 

zat-besi-untuk-anak

Meski begitu, kita juga perlu mengindahkan fakta bahwa kondisi ideal seperti diatas memang sulit terpenuhi di masa seperti sekarang. 

Saya sendiri pernah mengalami, sudah jungkir balik menyediakan makanan bergizi buat anak, tetap saja anak enggan makan. Kadang dia mau makan daging tapi enggan makan sayur atau buah. Kadang juga sebaliknya. Padahal semua nutrisi ini baru bisa bekerja optimal kalau dikonsumsi bersamaan lho. 

zat-besi-untuk-anak

Misalnya saja, penyerapan zat besi bisa lebih optimal kalau dibantu dengan asupan vitamin C. Kalau tidak, zat besi yang sudah dimakan malah akan terbuang percuma karena tak mampu terserap sistem tubuh. Kan sayang jadinya. 

zat-besi-untuk-anak

Menanggapi permasalahan yang dihadapi anak Indonesia ini, PT Sarihusada Generasi Mahardika (Sarihusada) meluncurkan inovasi formula terbaru SGM Eksplor, yaitu SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan Iron C

“Kami percaya kemajuan bangsa Indonesia di masa depan bergantung pada kualitas anak-anak masa kini. Terlebih, saat ini anak-anak Indonesia butuh bantuan dalam mengatasi tantangan Kesehatan seperti kondisi kekurangan zat besi. Sarihusada melalui SGM Eksplor berinovasi dan meluncurkan formula terbaru SGM Eksplor yatu SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan IronC,” kata Astrid Prasetyo, Marketing Manajer SGM Eksplor dalam konferensi pers, kemarin. 

Apa sih SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan IronC? 

SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan Iron C adalah susu pertumbuhan terfortifikasi inovasi terbaru dari Sarihusada. 

sgm-eksplor-pro-gress-maxx-ironc

Sesuai dengan namanya, susu pertumbuhan ini mengandung IronC yaitu kombinasi zat besi dan vitamin C dalam rasio molar yang telah disesuaikan. Kandungan ini memberi asupan zat besi kepada anak, sekaligus memastikan asupan tersebut terserap optimal. Bisa dibilang ini adalah susu formula kaya zat besi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. 

Ditambahkan Astrid, SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan Iron C diharapkan dapat membantu orang tua memenuhi kebutuhan zat besi dan nutrisi penting lain untuk anak. Dengan begitu anak Indonesia bisa terhindar dari dampak jangka panjang kekurangan zat besi. 

“Selain IronC, SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga dilengkapi oleh nutrisi penting lainnya seperti Minyak Ikan, Omega 3 & 6, Tinggi Protein, Kalsium, Vitamin D, Serat Pangan, dan Zinc, dukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia,” jelas Astrid. 
sgm-eksplor-pro-gress-maxx-ironc


Dukung pertumbuhan anak dengan stimulus tepat 

Setelah kebutuhan nurisi tumbuh kembang terpenuhi, perkembangan anak juga perlu lho diberi stimulus yang tepat. Supaya Si Kecil bisa meraih potensi prestasi yang diharapkan. 

Ayoooo tunjuk tangan lagi, siapa yang mau Si Kecil tumbuh maksimal? 

“Selain nutrisi yang lengkap, stimulasi juga penting buat mengasah potensi prestasi anak. Terutama dengan berbagai tantangan yang ada saat ini. Pada kondisi seperti sekarang, orang tua dan anak harus menyesuaikan diri dengan kondisi baru yang tak menentu. Anak juga dituntut untuk bisa berpikir cepat, tangguh, percaya diri, tumbuh tinggi dan aktif bersosialisasi,” kata Psikolog Anak & Keluarga, Anna Surti Aiani, S.Psi., M.Psi yang akrab disapa Bunda Nina, dalam kegiatan yang sama. 

Seluruh potensi prestasi itu, ditambahkan Bunda Nina, harus berkembang setara dan bersamaan sesuai dengan tahapan perkembangan anak menurut umur. “Jadi ngggak boleh ada potensi prestasi yang terlambat,” lanjutnya. 

Bagaimana sih cara memberi stimulasi yang tepat buat Si Kecil? 

Banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan di rumah. Misalnya dengan mengajak ngobrol atau bermain peran. 

Oh iya, permainan peran ini bisa sangat membantu meningkatkan kemampuan sosialisasi Si Kecil di masa pandemi begini lho. Misalnya saja, bermain tamu-tamuan. Si Ibu pura-pura jadi tamu dan Si Kecil jadi tuan rumah. Di kesempatan itu, kita bisa tuh mengajarkan sopan santun saat bertamu. Misal harus mengucap salam, duduk rapi dan sebagainya. 

Sementara anak juga bisa berlatih tentang adab menerima tamu. Misal mempersilahkan duduk dengan bahasa yang sopan, menawarkan dan menyiapkan minuman dan masih banyak lagi. Seru kan? 

zat-besi-untuk-anak

zat-besi-untuk-anak

zat-besi-untuk-anak

Memang nggak mudah ya jadi orang tua. Ini adalah proses belajar yang tak pernah berhenti. Sebagai orang tua, kita dituntut untuk selalu kreatif dalam membesarkan anak. Kadang saya juga pusing sendiri kok. Memikirkan menu makan, memikirkan stimulus yang tepat harus seperti apa. Capek euy

Ternyata nggak cuma saya yang merasa begini, Alyssa Soebandono, artis dan ibu 2 putra ini juga merasakan hal serupa. “Kalau lagi stuck nggak punya ide buat masak atau permainan, saya cari inspirasi di www.generasimaju.co.id,” kata dia. 

Di situs ini, kita juga bisa menemukan resep makanan lho. Di kesempatan konferensi pers itu, Alyssa bercerita bahwa anak pertamanya merupakan picky eater. Dia pemilih dan susah makan sayur. Akhirnya Alyssa mencoba menerapkan resep yang ada di situs generasimaju.co.id itu. Eh anaknya suka lho. 

Salah satu resep yang bisa kita coba adalah Bola Goreng Bayam. Bentuknya menarik ya? Cara buatnya juga nggak susah kok. Silahkan langsung klik gambar untuk tahu resep lengkapnya. Lengkap dengan penjelasan tentang manfaat dan gizi yang terkandung di bayam. 

zat-besi-untuk-anak

Selain resep, kita juga bisa melihat Sekolah Generasi Maju di situs ini. 

zat-besi-untuk-anak

Sekolah Generasi Maju merupakan platform yang berisi berbagai materi edukasi dan stimulasi untuk anak. Ada banyak artikel tumbuh kembang dan ide stimulasi yang bisa kita terapkan di rumah. Jadi sebagai orang tua, kita nggak pusing lagi cari cara buat memilih stimulus yang tepat buat tumbuh kembang anak. 

Jangan lupa coba juga aplikasi Analisis Potensi Prestasi Anak Generasi Maju. Cukup dengan memasukan data Si Kecil dan mengisi kuisioner kita bisa mendapat hasil analisa potensi yang bisa dimanfaatkan untuk memantau perkembangan anak. 

zat-besi-untuk-anak

Rencananya nih, April 2021 mendatang SGM Eksplor juga akan menggelar Online Festival Generasi Maju. Acara ini merupakan event daring yang diselenggarakan di platform digital. Bakal banyak topik tentang tumbuh kembang anak yang dibahas bersama para ahli. Pasti seru tuh! 

zat-besi-untuk-anak

Semoga jadi tambah tahu ya.

57 comments

  1. Anak keduaku sempat ADB krn dia bayi ASI dan males makan pas MPASI. Kemudian terapi zat besi alhamdulillah bobotnya normal dan perkembangan motorik bisa catchup. Anemia emang sangat bahaya. Makanya hati2 kalau bayinya ASI aja dan males makan hehe
    Yes vitamin C dan makanan mengandung zat besi adalah perpaduan baik utk anak :D
    Oh ternyata susu SGM ini mengandung iron sekaligus vit C ya? gud gud

    ReplyDelete
  2. dari tulisan ini langsung deh aku memahami betapa pentingnya zat besi bagi tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  3. Seriusan, aku tu baru tahu sepenting itu zat besi untuk proses tumbuh kembang anak. Selama ini sih selalu usaha variasi makanan terpenuhi. Terutama pas MPASI, saat anak masih gampang disuapi semua jenis makanan sehat. Sekarang cenderung picky eater. Next kudu lebih aware. Nggak cuma buat anak, tapi juga suami, diri, dan keluarga

    ReplyDelete
  4. SGM terus menerus berinovasi!
    Kece khan maiiinn
    trus ini kandungan gizi dan nutrisinya super duper cihuyyy ya mba

    Banyak sekali manfaat minum susu SGM.
    Salah satunya adalah mencukupi kebutuhan zat besi anak.
    Karena kalau anak kekurangan zat besi ternyata berbahaya juga yaa... penyerapan nutrisi menjadi tidak maksimal.

    ReplyDelete
  5. Aku mau coba ini ada resep juga ya mba. Resep itu sesuatu deh hihi. Menarik online festivalnya mba.. penting banget edukasi kayak gini

    ReplyDelete
  6. Nah iyaa, kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak wajib terpenuhi. Juga sebagai ibu, perkembangan anak pun harus dapat perhatian kita. Senang kalo anak-anak mendapat asupan nutrisi yang tepat

    ReplyDelete
  7. Anakku yang kedua terlahir bakat anemia, karena pas hamil saya kurang aware sama anemia, malah HB rendah dan potensi caesar melahirkan. Dengan ada susu SGM ini bisa ya, buat anak-anak yang terlahir anemia.

    ReplyDelete
  8. zat besi sangat penting dalam pertumbuhan anak. Agar anak bias tumbuh kembang dengan baik. Pada akhirnya dia bisa jadi generasi emas di masa dating.

    ReplyDelete
  9. Anakku udah minum SGM Eksplor Pro-Gress Maxx dengan Iron C ini, tiga hari pertama mencret, mungkin penyesuaian kali ya. Setelah itu alhamdulillah nggak ada masalah.

    Beberapa temen juga bilang kalau setelah minum SGM eksplor yang kemasan baru, anaknya jadi mencret

    ReplyDelete
  10. sedih juga kadang orang kurang memperhatikan atau malah abai asupan zat besi dan vitamin c, padahal penting sekali peranannya dalam pertumbuhan dan juga kesehatan anak supaya bisa maksimal prestasinya

    ReplyDelete
  11. Wah makin komplit yaa formula sgm sekarang. Tumbuh kembang anak terjamin asupan gizi dan vitaminnya

    ReplyDelete
  12. Aku selalu nunggu event-event dari SGM, karena selain seru, temanya juga pasti bermanfaat karena relate dengan permasalahan si kecil sehari-hari, apalagi dibahas bersama Para Ahli di bidangnya. Jadi semakin aware terhadap apa yang harus diperhatikan supaya tumbuh kembang si kecil optimal.

    ReplyDelete
  13. wah bola bayam gorengnya menggoda banget nih...kayaknya gampang nih buat di recook di rumah.
    btw memang kita suka lupa peran pentingnya Vit C dalam penyerapan zat besi ke dalam tubuh nih...

    ReplyDelete
  14. Zat besi ini penting banget ya kak untuk pertumbuhan anakapalagi sejak dini ya

    ReplyDelete
  15. aku ikutan webinar ini mbaa jadi banyaaak belajar mengenai nutrisi anak. Ternyata yaa makan makanan mengandung zat besi aja enggak cukup, perlu asupan vitamin C juga. That's why makan daging dengan tomat, dan sebagainya.
    btw, anakku minum SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga, nih, yang madu.

    ReplyDelete
  16. Ketampar aku tu. Beberapa hari kemarin, aku tu sibuk banget dan bapake juga malah nyaranin beli aja. Kebanyakan belinya makanan untuk kaum dewasa, anak kicikku kurang luwes juga dicari makanan di luar.

    Akhirnya telur ceplok atau telur orek lagi. Duh kasihan banget.

    Akupun sebetulnya tuh kurang sreg kalau makan tanpa sayur. Malah lebih seneng makan dengan sayur dan lauk sederhana saja itu sudah bahagia sekali.

    Kecukupan zat besi memang dibutuhkan untuk orang dewasa dan anak-anak. Apalagi anak-anak nih ya, butuh sekali untuk pertumnbuhan dan perkembangan mereka, jangan sampai kekurang zat besi.

    Bayam juga salah satu sayuran yang paling disuka dan mudah dimasak nih. Itu bola bolanya cakep banget.

    ReplyDelete
  17. Wow bola bola bayam ...
    Seneng banget dengan sharing Sari Husada, gak hanya dapat ilmu tentang gizi juga aplikasi nya

    ReplyDelete
  18. Keren banget tentang perjuangan ibu dalam mengurusi seorang anak, dan Inspiratif sekali nih event parenting yang diselenggarakan oleh SGM dan Sarihusada.

    ReplyDelete
  19. zat besi memang sangat penting bagi tumbuh kembang anak ya mbak
    anak anak yg kekurangan zat besi, bisa terhambat pertumbuhannya, misalnya kenaikan berat badannya jadi seret

    ReplyDelete
  20. Anak akan tumbuh dengan baik ketika kita sebagai orang tua juga memberikan dukungan dan makanan yang baik pula. Plus stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang anak.

    SGM ini dari dulu selalu memberi dukungan agar anak tumbuh optimal. Bahkan sampai menyediakan website generasi maju, biar kita bisa masak sesuai kebutuha anak dengan kadungan gizi yang tepat.

    ReplyDelete
  21. wah keren banget sgm semakin memperhatikan perkembangan gizi anak indonesia, bukan hanya susu saja. terimakasih sg,

    ReplyDelete
  22. Dulu anak-anak saya kalau udah makan sop ayam pakai kentang, gak pernah saya kasih nasi lagi. Tetapi, memang bagi lingkungan sekitar kelihatan aneh. Kesannya saya kayak gak kaish makanan utama. Padahal udah ada kentang sebagai pengganti nasi hehehe

    ReplyDelete
  23. Kita harus selalu memperhatikan isi piring ya agar anak tidak kekurangan zat besi dan menghambat pertumbuhan mereka..fatal efeknya...

    ReplyDelete
  24. ya Allah.. serem ya kalau vili2 usus ga terbentuk.. seneng banget pas lihat salah satu zat besi terkandung di salah satu lauk fav anakku. Memang penting banget yaa hemoglobin ini buat tubuh kita..

    ReplyDelete
  25. Anakku enggak picky eater sih, tapi pengin juga nyobain resep bola goreng bayamnya. Unik ya bentuknya, bisa habis banyaaak nih anakku kalau dibuatin kayak gini.

    Penting banget ternyata ya kebutuhan zat besi pada anak, plus ditunjang dengan vitamin C juga.

    ReplyDelete
  26. Sepakat Mbak
    Saya juga senang memperhatikan artikel yang menghubungkan zat besi dengan tumbuh kembang anak khususnya stimulasi

    ReplyDelete
  27. SGM Eksplor sangat gencar mengedukasi para orangtua khususnya Ibu akan pentingnya asupan makanan dan stimulasi yang tepat untuk anak.
    Acara SGM selalu dinanti.

    ReplyDelete
  28. Aku juga ingat pelajar Kimia Pangan dulu kenapa zat besi akan sempurna diserap dengan vitamin C
    Makanya ada minuman kemasan di luar sana berupa vitamin C tapi mengandung ion Fe

    ReplyDelete
  29. Sebenernya untuk membuat anak tercukupi zat besinya simple dan sederhana kok ya mba. KAlau dari tulisan mbak, yang saya tangkap gizi serta asupan makanan harus seimbang untuk anak.

    ReplyDelete
  30. Iya dong jadi tambah tahu. Dan SGM Eksplor sudah memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin c untuk anak

    ReplyDelete
  31. zat besi sangat penting bagi semua org terlebih khusus bagi anak-anak. Sebagai seorang ibu, tentunya kita kudu well prepare dlm mempersiapkan anak di masa pertumbuhannya

    ReplyDelete
  32. memang ga mbak, agar anak tumbuh hebat selain memberikan stimulasi yg tepat juga harus diimbangi dengan gizi yg optimal

    ReplyDelete
  33. Vitamin c ini yang kadang suka terlupakan kalau kasih makan anak. Dipikir daging, sayur aja udah cukup ya, padahal buah yang mengandung vit. C juga penting sekali untuk penyerapan zat besi.

    ReplyDelete
  34. Dampak kekurangan zat besi ini sangat berbahaya sekali ya mbk. Beberapa aku ikut webinar yang bagas tentang pentingnya zat besi untuk si kecil. Wah, ini produk SGM terbaru ya mbk

    ReplyDelete
  35. masa pertumbuhan memang harus berkecukupan gizi nih terutama vitamin c dan zat besi yang dua sekawan ini, manfaatnya jelas banyak bgt dan pastinya bisa kembangkan potensi anak ya

    ReplyDelete
  36. Wah terima kasih infonya ya,mbak. Saya jadi tau mengembangkan potensi anak itu ada 5 point' yang bisa kita mulai sejak dini.
    Saya juga suka buka website generasi maju buat cari referensi resep makanan buat anak anak :)

    ReplyDelete
  37. Benar kata Alisa soebandono memang perlu ide untuk masak. Tidak hanya sekedar anak anak suka tapi juga harus sehat dan tidak ngebosenin makannya

    ReplyDelete
  38. Seru nih bermain peran seperti jadi tamu dan anak tuan rumahnya. Bermain sambil mengajarkan tata budi dan sopan santun yang baik. Stumulasi bisa didapat dari orangtua dan asupan gizi sehingga pertumbuhan anak jadi optimal

    ReplyDelete
  39. Resep bola bola ayamnya kelihatan sangat enak nih. Boleh di coba nih dan resep lainnya. Mencoba resep salah satu cara agar tidak bosen makan

    ReplyDelete
  40. Yang penting anak kenyang bikin praktis dan anak suka itu aja sih pola pikir emak emak. Makanya emak emak selalu stok nugget dan frozen food.

    Kalau ada website sgm yang menyajikan resep masakan enak dan anak suka maka makin rajin Mencoba resep baru

    ReplyDelete
  41. Agar lebih optimal menyerap tubuh, perlu kolaborasi makanan gizi seimbang ya, makanya makan yang mengandung zat besi diimbangi dengan yang mengandung vitamin C

    ReplyDelete
  42. Beruntung ya mba saat ini sudah ada SGM dengan Iron C, jadi membantu banget buat ibu yang punya anak susah makan sayur dan buah-buahan. Padahal keduanya membantu dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh.

    ReplyDelete
  43. Mba, aku juga ikut talkshow-nya. Menarik dan bermanfaat sekali. Sampai ketemu di online festival bulan april yaa..

    ReplyDelete
  44. Anakku pernah kekurangan zat besi, dan berat badannya jadi susah naik. Sedih banget.. Konsul ke dokter lalu dikasih suplemen zat besi

    ReplyDelete
  45. Terima kasih infonya, Kak. Sekarang saya jadi lebih banyak cari referensi makanan yang enak dan sehat buat kebutuhan tumbuh kembang anak-anak saya.

    ReplyDelete
  46. Setju banget kak, anak-anak wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, yes. Tapi sekarang dalam satu susu formula juga sudah ada kandungan zat besi ya.

    ReplyDelete
  47. Makasih banyak infonya kakk. Sebagai seorang ibu juga, aq jadi lebih aware dengan asupan nutrisi anakku.

    ReplyDelete
  48. Sepakat banget mbak zat besi penting bagi anak. Bola2 bayamnya menarik mbak, cucok buat anak-anak yang ga suka sayur tapi suka ngemil. 5 potensi ini memang perlu dikembangkan ya pada Anak

    ReplyDelete
  49. pengembangan potensi anak yang cukup sulit sekarang ini adalah sosialisasi yaa. Karena di rumah aja jadi agak tricky buat dia mengenal orang baru.

    Alhamdulillah pengolahan makanan saat mpasi sampai sekarang dengan alakandarnya pun anak sehat. sekarang ini nggak konsumsi multivitamin juga, tapi lebih perbanyak buah aja yg memang banyak vitamin c nya.

    ReplyDelete
  50. Zat besi di bahan makanan sehari-hari sebenarnya banyak ditemukan ya. Cuma kadang menu masyarakat kita ga terlalu banyak protein hewaninya.

    ReplyDelete
  51. Sial zat besi ini emang ngga bisa disepelekan, terus digaungkan juga karena penting bangt terlebih buat balita. Akibat kekurangannya juga bisa fatal ya :')

    ReplyDelete
  52. Bagus bgt ya programnya SGM. Aku juga suka kepoin ignya SGM. Bener2 nyata kontribusinya utk ibu2 dan anak2 Indonesia.

    ReplyDelete
  53. Kekurangan zat besi ini banyak disepelekan dan dipandang sebelahmata, padahal dampaknya besar banget yah jika kekurangan zat besi.

    ReplyDelete
  54. Masalah kekurangan zat besi ini masih banyak yang sepelekan yah, padahal efek kekurangan zat besi ini serius banget.

    ReplyDelete
  55. Wah Bola-bola bayamnya patut dicoba nih. Gak nyangka kombinasi zat besi dan vitamin C bisa bikin penyerapan zat besi menjadi lebih baik

    ReplyDelete
  56. zat besi itu penting banget secara ya kita kan emang kudu bener2 nyobain bagaimana caranya agar tumbuh kembangnya sesuai

    ReplyDelete
  57. Makin lengkap kandungan SGM nih. Apalagi anak juga perlu zat besi dan vitamin c ya. Penting soalnya.

    ReplyDelete