Belanja Puas Tanpa Tekor: Ini Cara Bijak Memanfaatkan Voucher dan Promo Belanja

6:14 PM

Perempuan mana yang nggak suka belanja? Mau itu belanja di mall, belanja online, belanja di pasar tradisional , pokoknya belanja! Dan buat kita, para perempuan, belanja lebih dari sekedar kegiatan menghabiskan uang. Bagi para perempuan #ZamanNow, belanja itu seperti seni tingkat tinggi yang butuh skill khusus. Apaan sih?

Serius lho! Orientasi perempuan zaman now kalau belanja, adalah gimana caranya supaya dengan pengeluaran seminimal mungkin bisa dapat barang sebanyak-banyaknya, dan harus dapat bonus, kalau perlu dengan kesempatan hadiah liburan plus bisa dicicil. Yah, semacam promo Blibli Histeria itulah. Bayangin aja, masa ada promo belanja super irit dengan promo cashback, promo 1111 dan kesempatan memenangkan grand prize liburan ke Jepang? Duh pengen langsung meluncur ke Blibli.com deh



Itu sebabnya, kita senang banget dengan segala bentuk voucher dan promo belanja. Dimana ada diskon kita serbu. Toko mana yang bikin promo belanja gede-gedean kita sambangi. Pokoknya asal bisa belanja banyak, tapi ngeluarin uangnya dikit.

Sayangnya, kita juga suka gelap mata nih kalau berhadapan dengan promo, voucher dan diskon belanja. Akibatnya gimana? Ya kadang kita belanja barang-barang yang nggak kita butuhin banget, atau beli barang yang sudah mepet masa kadaluarsanya. Kalau nggak gitu, kita juga suka males baca detail promo dan kurang jeli saat membaca syarat dan ketentuan promo. Akhirnya, boro-boro bisa belanja puas, kita malah tambah tekor. Jadi, apa saja sih yang perlu diperhatikan dari segala bentuk promo belanja? Beberapa tips ini mungkin berguna supaya kita bisa belanja puas dengan memanfaatkan promo dan voucher belanja.

1. Skala Prioritas Belanja 

Skala prioritas belanja nggak hanya perlu diterapkan saat belanja rutin bulanan. Saat memanfaatkan promo dan voucher belanja pun, skala prioritas belanja tetap harus ada. Tempatkan item produk yang paling diidam-idamkan tapi belum kebeli karena harganya mahal dan produk-produk yang sangat dibutuhkan dalam jangka waktu pendek pada urusan teratas (top list).
Sebaiknya jangan keburu-buru memakai voucher atau promo belanja untuk pembelian barang-barang yang rutin kita beli. Yah, sebenarnya boleh juga sih kalau memang ada kasus khusus, seperti masa berlaku voucher atau promo sudah hampir kadaluarsa.

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Promo 

Nah, bagian ini nih yang biasanya sering luput dari perhatian. Entah karena terlalu antusias sehingga kurang teliti saat membaca, memang nggak paham dengan Syarat dan Ketentuan Promo atau memang hanya malas membaca. Yang pasti untuk kenyamanan saat menikmati vouher dan promo belanja sangat dianjurkan buat paham benar S&K yang diberlakukan. Jangan sampai menyesal kemudian.

Program promo dan voucher ini kan dirancang penjual supaya belanjaannya laris dan untung. Jadi bisa dipastikan selalu ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan saat pembeli mau memanfaatkan promo belanja. Term and condition ini biasanya meliputi item barang apa yang didiskon, kapan masa berlaku promo, di store mana kita bisa memakai voucher, jenis pembayaran dengan apa, dan masih banyak lagi.

Kerap terjadi, beberapa malah terjadi di depan mata sendiri, ada pembeli yang protes karena voucher belanjanya tidak berlaku, atau keuntungan belanja yang didapat tidak sesuai dengan yang tertera pada pengumuman promo. Dan pangkal masalahnya malah sering gara-gara pembeli lalai membaca term and condition shopping promo ini.

3. Selalu Perhatikan Masa Berlaku Promo dan Voucher Belanja 

Bagian ini memang harus diulang-ulang terus. Perhatikan masa berlaku promo dan voucher. Berkaca dari pengalaman pribadi sih, beberapa kali saya mendapat voucher belanja dari berkah nge-blog begini. Saking bingungnya mau belanja apa, saya sengaja simpan itu voucher. Maksud hati mau dimanfaatkan nanti untuk barang yang benar-benar dibutuhkan. Eh, sayang memang bukan rejeki, giliran mau dipakai ternyata masa berlaku voucher sudah lewat. Cuma bisa gigit jari deh.

4. Bandingkan Produk yang Dijual dengan Produk Sejenis di Toko Lain 

Saran ini boleh diikuti boleh tidak. Tapi menurut saya membandingkan harga produk promo dengan harga produk sejenis di toko lain tidak ada salahnya dilakukan. Sekali lagi berdasar pengalaman pribadi, saya pernah belanja di salah satu toko retail yang sedang menawarkan promo belanja gede-gedean. Wah puas rasanya bisa belanja ini itu dengan iming-iming diskon hingga 40%. Saya pun pulang dengan jumawa dan puas karena berasa bisa melakukan penghematan sedemikian besar.

Eh, tak dinyana tak diduga, saat mampir ke retail dekat rumah ternyata hampir 80% barang yang saya beli dengan harga diskon itu, harganya masih jauh lebih mahal dari harga produk sejenis yang dijual di retail dekat rumah. Huuuhhhh mangkelnya setengah mati. Nah, sejak saat itu, saya jadi rutin ngecek harga. Kalaupun mau memanfaatkan promo, saya pasti belanja dengan item produk yang jarang dijual di toko lain.

5. Khusus untuk Consumer Goods, Jangan Lupa Perhatikan Tanggal Kadaluarsa 

Bukan rahasia, beberapa program promo diadakan sebagai strategi penjual untuk menghabiskan stock barang yang sudah hampir habis masa kadaluarsanya. Dari pada terbuang percuma, mending diobral sekalian. Lumayan masih bisa balik modal. Begitu kan? Sekarang tinggal cerdik-cerdiknya kita, pembeli buat memanfaatkan hal itu. Tidak ada salahnya memanfaatkan promo ini, asal kita yakin, produk itu bisa kita habiskan sebelum habis masa berlakunya.

Sekedar tips, produk yang mudah dijangkau atau mudah terlihat biasanya memiliki masa kadaluarsa paling cepat. Kalau mau produk dengan masa kadaluarsa lebih lama sebaiknya ambil di susunan yang agak dalam. Ini karena, kebanyakan toko menganut sistem first in first out untuk barang-barang kategori consumer goods.

Asyik, mumpung masih tanggal muda, uang gajian juga masih banyak, ayo manfaatkan promo belanja sebaik mungkin.

Eh FYI, Blibli.com lagi bikin promo belanja yang asyik banget tuh. Blibli Histeria datang lagi !! Promo belanjanya macam-macam, ada promo flat price, promo cashback, promo 1111. Ada promo partners juga, jadi dengan pembayaran menggunakan kartu kredit/ debit dari bank tertentu kita bisa dapet diskon. Promonya cuma berlaku seminggu lho, tanggal 6-11 November 2017. Oia, dengan belanja pada periode promo ini, dengan minimum transaksi Rp 100.000 kita juga berkesempatan mendapatkan tiket jalan-jalan ke Bali, Sumba, atau Belitung selama 3 hari 2 malam grandprize ke Jepang selama 7 hari 6 malam.

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

2 comments

  1. Yg point membandingkan sy masih belum telaten.
    Tpi klo adek saya telaten mak..jdi dri toko A loncat ke toko F bakal dlakoni utk dpt hrga yg miring gtu...wlo ntar ujung2ny mbalek ke toko C ...hihi


    Trmksih sharingnya mak

    BalasHapus
  2. Ini mah harus selalu update ya, Teh, biar tahu tanggalnya, setelah pas dan ada dana, barulah beli barang yang idamkan.. he
    Salam kenal ya, Teh..

    BalasHapus