JNE Ajak UKM Sukses Bareng di “JNE Ngajak Online 2022 Goll..Aborasi Bisnis Online”

JNE Ngajak Online

Badai pasti berlalu…. 
Buat saya, kata-kata ini bukan hanya petikan lirik lagu, bukan pula sekadar kalimat penghibur. Sungguh saya meyakini betul bahwa seperti kebahagiaan yang tak abadi, kesedihan dan kesulitan pun pasti akan berganti. 

Makanya saat pandemi pertama kali menerpa, dan banyak orang tetiba limbung menghadapi perubahan mendadak ini. Saya masih yakin bahwa semua pasti akan berlalu. 

Saya percaya kebanyakan orang Indonesia sebenarnya juga menyadari hal itu. Kemampuan orang Indonesia buat beradaptasi tuh tinggi banget. Sepertinya sudah ada dalam DNA kita. 

Anak 90-an mungkin ingat saat krisis moneter 1997 melanda. Masa itu, adalah masa yang sangat sulit. Krisis keuangan, disusul krisis sosial dan politik datang bertubi-tubi. Sulit dibayangkan, negara ini masih bisa survive dan utuh setelah melalui masa kelam itu. Kita hebat, kan? 

Kok bisa? Saya percaya, itu karena ada DNA pejuang dalam diri orang Indonesia. 

Semangat Gotong Royong dan Kolaborasi 

Selain daya juang orang Indonesia yang hebat, salah satu rahasia kita selalu “santai” menghadapi masalah adalah karena semangat gotong royong yang nggak pernah pupus. 

Eh ini serius lho! Anak-anak muda zaman sekarang boleh aja ada yang nggak hapal Pancasila. Tapi sebenarnya tanpa menghapal itu pun, karakter pancasilais yang penuh dengan semangat gotong royong sudah mendarah daging dalam tubuh. 

Nggak heran, saat pandemi datang, walau banyak yang tumbang karena gagap menghadapi perubahan mendadak ini. Kita berhasil bangkit lagi menghadapi krisis. 

Kini banyak yang kian sukses menjalani bisnis dari rumah dengan memanfaatkan kemajuan digital. Skala bisnisnya memang kecil tapi jumlahnya banyak dan semua saling bantu. Maka dampak yang dihasilkan pun jadi luar biasa. 

Mirip lah seperti semut. Badan semut kecil tapi kalau sudah berkumpul dan bergerak bersama, jadi hebat juga kan? Saat pandemi, dunia bisnis makin ramai dengan kedatangan Usaha Kecil Menengah (UKM) baru. 

Para pemain UKM lama pun makin semangat menghadirkan inovasi. Pasar jadi makin ramai, persaingan makin ketat. Dan seperti semut yang berkumpul, kontribusi para UKM untuk pertumbuhan ekonomi nasional pun sangat signifikan. 

Alih-alih berkompetisi sengit, para UKM ini malah saling kolaborasi, mengikuti dorongan genetik yang tertanam di diri mereka. Ya, gotong royong. 

Semangat gotong royong pulalah yang mendorong JNE kembali menghadirkan JNE Ngajak Online 2022-Goll…Aborasi Bisnis Online tahun ini.

JNE Ngajak Online 2022

Perhelatan virtual ini diadakan sebagai usaha JNE untuk membantu meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM di skala nasional dan global. Acara ini rencananya akan berlangsung di 59 kota. Dimulai dari JNE Goll..Aborasi Cilacap yang digelar, 25 Maret 2022 silam.

“Melalui acara ini, semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh menuju perkembangan bisnis 5.0. yang akan bertransformasi secara cepat. Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusaha,” ujar Marsudi, Head Regional JNE Jateng-DIY saat itu. 

Di kesempatan itu, hadir juga Direktur Teman Kreasi Cilacap, Sugeng Paijo dan Owner Workshop Ableh 47 Custom (AK47 Project), Arif Hermawan. Keduanya ikut berbagi tips sukses berbisnis online pada peserta yang hadir. 

Tips sukses ala Sugeng Paijo yang patut dicatat adalah berpromosi secara soft selling. “Meski berjualan, konten yang diproduksi jangan berisikan jualan setiap hari. Saya tidak selalu mengunggah soal stik sukun. Tapi juga mengunggah kegunaan buah sukun dan informasi lain yang menarik dan bermanfaat,” ujar pengusaha yang sudah memulai bisnis onlinenya sejak 2016 ini. 

Menurut Sugeng, konten yang soft selling akan membuat audience media sosial kita jadi lebih nyaman menyimak. Konten jenis ini juga lebih potensial menggaet pasar baru. 

Tips ala Sugeng lainnya adalah diferensiasi. Hal ini merupakan cara yang tepat untuk menghadapi kompetisi. Mengemas dan menyajikan produk dengan cara yang berbeda dengan kompetitor akan memberi kesan menarik bagi calon konsumen. 

Melengkapi tips bisnis Sugeng, di kesempatan itu Arif Hermawan menekankan pentingnya menjaga value dalam berbisnis. Salah satunya dengan melakukan kolaborasi agar terbangun ekosistem yang baik di dunia bisnis. 

“Banyak tenaga kerja kami yang sebelumnya pengangguran. Kami ingin, mereka bisa berkreasi dan membangun UKM sendiri di Cilacap. Apabila sudah pintar, dipersilahkan membuat workshop sendiri”, ujarnya. 

Arif juga menambahkan tentang pentingnya menyusun strategi pendekatan ke pelanggan demi pengembangan bisnis. 

Tentu saja, untuk mendukung kemajuan bisnis, pengaplikasian tips dari Sugeng dan Arief tadi juga harus didukung dengan kejelian memilih partner jasa ekspedisi yang terpercaya. 

Sebagai pengusaha sukses, Arief dan Sugeng kerap melakukan pengiriman produk dalam skala besar. Pemilihan partner jasa ekspedisi yang terpercaya tentu merupakan syarat mutlak supaya bisnisnya tetap lancar. 

“Saya sering menggunakan fasilitas JNE Trucking (JTR), dengan minimal 10 KG biaya ongkosnya hanya separuh, tentunya lebih murah. Bisa juga menggunakan layanan pick up,” jelas Sugeng. 

Rupanya, bentuk dukungan JNE kepada pengusaha UKM nggak sebatas menyediakan layanan  ekspedisi saja lho. 

Menurut Kepala Cabang JNE Cilacap, Bagus Indra Zulfikar, JNE juga memiliki program khusus bagi pengusaha UKM yaitu e-fulfillment. Program ini membantu para pengusaha UKM yang tak memiliki gudang untuk menyimpan produknya. “Kami akan sediakan tempatnya,” kata Bagus. 

Selain itu, tambah dia, JNE juga sering lho menggelar pelatihan digital marketing dan pelatihan membuat konten menarik untuk mendukung perkembangan para UKM. 

Wah seru banget ya gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online ini. Setelah ini acara akan berlanjut dengan roadshow Goll…Aborasi di Sukabumi pada 1 April 2022 dan lanjut ke Malang pada 5 April 2022. 

JNE Ngajak Online

Seperti yang disebut sebelumnya, JNE Ngajak Online 2022- Goll..Aborasi Bisnis Online ini akan digelar di 59 kota. Jadi tunggu aja buat kota-kota yang lain ya. 

Semoga jadi tambah tahu.

Tidak ada komentar