Tentang Ngeblog : Dulu dan Sekarang

simplewp niagahoster

Tahun ini, genap 9 tahun saya nge-blog. Ah, sebenarnya nggak persis 9 tahun juga sih. Karena sebelum itupun saya sudah sempat punya beberapa blog. 

Tapi ya gitu deh. Nggak ada yang serius. Sama persis seperti kehidupan percintaan saya di masa itu. Bahkan nama blognya pun saya sama sekali nggak ingat.

Waktu itu saya bikin blog murni karena iseng, ikut-ikutan teman. Istilah anak sekarang sih FOMO (fear of missing out). 

Kebetulan circle pertemanan saya saat itu nggak jauh-jauh dari dunia tulis menulis. Kebanyakan bekerja atau berhubungan dengan media. Ada yang jadi wartawan cetak, wartawan TV, periklanan dan sebangsanya. 

“Bikin aja, nggak rugi ini kalau punya blog,” suara hati saya memotivasi. 

tentang blog

Tapi ya begitulah, namanya juga iseng. Nggak ada motivasi buat konsisten ngeblog. Dan karena waktu itu juga masih kerja, terlalu sibuk karena harus liputan sana-sini. Blog pertama itu terlupakan. 

Hal yang sama berulang pada blog kedua dan ketiga. 

Baru di blog keempat ini, saya akhirnya sukses konsisten. Terbukti, usia blog ini sudah 9 tahun. Lumayan lama, dibanding pendahulunya. 

Tapi apalah artinya sebuah angka. Pengalaman 9 tahun ngeblog nggak serta merta bikin saya jadi blogger master yang gape (ahli) soal printilan blog 

Nggak banyak beda dengan masa ketika saya memulai blog ini, sampai sekarang pun saya masih suka cengok kalau sudah urusan teknis ngeblog. 

Kalau boleh membela diri, sebenarnya bukan saya yang salah. Emang kemajuan teknologi dan trend ngeblog aja yang terlalu cepat. Jadi susah kan buat emak-emak dengan kapasitas otak seperti saya, untuk mengikuti trendnya. Hahaha 

Duluuuuuuu banget, saat pertama kali membuat blog, saya pikir yang namanya menulis di blog nggak ada bedanya dengan menulis untuk koran. Tinggal nulis terus posting. Kelar! 

Ternyata nggak bisa gitu ya. Semakin dalam saya berada di dunia per-blogging-an makin mumetlah saya. Harus pasang google analytics lah, harus nyambungin ke search console lah, belum lagi ngatur theme blog biar tampilannya cakep, enak dibaca, pengarsipan tulisan lama rapi, dan berbagai tetek bengek lainnya.

simplewp dari niagahoster

Lu kira kelar sampai disitu? Nggak. Masih ada urusan SEO demi ranking Google dan bisa masuk page one. Sungguh bikin penat. Bisa nggak sih, ngeblog tuh dibikin simple aja? 

Dulu saya sengaja pilih platform blogspot untuk ngeblog karena kelihatan lebih beginner friendly ketimbang wordpress. Biaya maintainnya juga relatif lebih murah. Jadi di otak saya yang ogah rugi, mending ngeblog pakai blogspot aja deh. 

Tapi….. 

Kian hari, kian banyak bergaul dengan blogger-blogger keren diluar sana, saya makin tertarik dengan wordpress. Konon, platform ini menyediakan banyak fitur yang bikin performa blog kita lebih bagus, fitur security-nya juga oke dan bisa pasang plugin Yoast SEO juga. 

Saya pun pengin blog ini bisa begitu, tapi saya sama sekali nggak ngerti dan nggak sanggup menahan keribetan kalau harus ngurus semuanya sendiri. 

Lebih Simple dengan SimpleWP 

Lalu datanglah info ini… 

instagram niagahoster.id simplewp

Persis seperti visualnya, postingan Niagahoster ini kelihatannya kok menjanjikan sekali. Katanya kalau pakai Simple WordPress dari Niagahoster, kita nggak perlu lagi pusing ngurusin hosting dan coding. Seriusan nih? 

Apa itu SimpleWP? 

Sederhananya, Simple WordPress merupakan layanan managed Wordpress yang memudahkan kita dalam mengelola website Wordpress. 

Simple WP menawarkan berbagai fitur Wordpress Premium, tapi dengan pengelolaan web hosting yang lebih sederhana, sehingga lebih ramah untuk pemula. Dengan SimpleWP, kita sebagai pemilik website nggak perlu repot lagi melakukan pengaturan cPanel sendiri. 

perbedaan WP dan SimpleWP

Melalui SimpleWP Dashboard, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari instalasi, konfigurasi sampai optimasi website cuma dengan beberapa klik. 

Semakin dalam saya ulik SimpleWP, makin saya tertarik dengan produk terbaru Niagahoster ini. Selain membuat pengelolaan website jadi lebih sederhana, SimpleWP juga miliki banyak fitur, antara lain : 
  • Visitor Tracker, untuk memantau jumlah kunjungan unique visitor dan sebagainya
  • PageSpeed Insight, untuk menampilkan skor kecepatan halaman website, komplit dengan rekomendasi perbaikan masalah.
  • SimpleWP Dashboard yang beginner friendly, bisa login sekali klik tanpa password. Dan kita bisa mengkreasikan layout hanya dengan drag & drop, nggak ribet coding.
  • WordPress Accelerator, yang bikin website kita bisa diakses lebih cepat
  • Proteksi, SimpleWP dilengkapi proteksi BruteForce & DDos serta scanning Malware mingguan otomatis.
  • Auto Update WordPress, merupakan fitur otomatis yang tersedia di dashboard Simple WP.
  • Instal otomatis Yoast SEO dan Google Site Kit untuk optimasi SEO. 

Nggak cuma itu, Niagahoster juga menyediakan premium support untuk pelanggan SimpleWP selama 24 jam sehari. Jadi kapan aja ada kendala kita bisa langsung hubungi CS. Termasuk bantuan pemulihan kalau website diserang hacker dan backup harian. 

Menariknya lagi nih, SimpleWP bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, nggak cuma buat bikin blog aja. Tetapi bisa juga untuk company profile, bikin portofolio online dan toko online. Nah, kalian-kalian yang punya bisnis online dan pengin upgrade bisnis biar kelihatan lebih bonafide, bisa juga nih memanfaatkan SimpleWP. 

Biaya SimpleWP cukup terjangkau kok. SimpleWP untuk blog misalnya, hanya Rp 32.000 per bulan. Kalau dibanding dengan berbagai fasilitas yang didapat, harga ini terhitung murah kan? 

Kalian bisa dapat tambahan diskon 10% lagi kalau menggunakan kode promo : WIDYANARENDRA

Paket SimpleWP

Pilihan metode pembayarannya juga banyak, bisa dengan virtual account, e-wallet, Paypal, hingga pembayaran offline melalui minimarket. 

Fix deh, kehadiran SimpleWP bakal memudahkan aktivitas ngeblog kita. Nggak perlu lagi dipusingin dengan printilan teknis blog, sehingga kita bisa lebih fokus pada kualitas dan kuantitas konten. 

Rasanya saya jadi makin mantap nih buat migrasi ke SimpleWP dari Niagahoster. Biaya migrasinya juga gratis dan akan dapat full support dari CS Niagahoster. Kalian nggak pengin migrasi juga nih? 

Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa cek akun Instagram @niagahoster.id atau langsung website Niagahoster

Semoga jadi tambah tahu 

#Niagahoster #simplewordpressNH #NiagaHosterSimpleWP

23 komentar

  1. Sepertinya kita sama sih, mengawali blog dari iseng yang penting nulis aja haha
    Dulu tulisanku kebanyakan kalo gak ngeluh yah paling ngomel sih haha

    Jadi blogger zaman sekarang udah mulai banyak yah tuntutannya, harus semangat belajar teruuus.Aku juga pake blogspot dan mulai lirik2 wordpress sih, ngiler juga haha

    BalasHapus
  2. Ah kita hampir sama pengalamannya mom.Aku termasuk gaptek dalam teknologi aku pikir nulis di blog itu = news karena dulunya pernah berkecimpung di bidang jurnalistik eh ternyata printilannya banyak.Untung yang muda-muda blogger mau berbagi ilmunya padaku,he he he

    BalasHapus
  3. lah iya lho mba, aku pun berpikiran yang sama kalo nulis di blog yaudah nulis aja, ternyata ada banyak trik, strategi dan fasilitas agar blognya ciamik

    BalasHapus
  4. Menarik banget mba perjalanan ngeblognya. 9 tahun tuh lama lho. keren banget bisa stabil selama itu. pantesan sih kalau tulisannya mba wiwid keren. Aku udah pakai wordpress juga sih, tapi masih gratisan, hehehe....

    BalasHapus
  5. Wah hebat, sudah ngeblog dari 9 tahun yang lalu
    Keren mbak, pasti sudah banyak pengalamannya
    Apalagi KLO ngeblog pakai SimpleWP ini

    BalasHapus
  6. Saya dulu awal punya blog juga di blogger mbak. Tapi ngerasa ribet kalau mau kustom tampilan blog. Terus coba-coba pakai wordpress, dan ngerasa lebih nyaman. Akhirnya keterusan.

    Blog ke dua saya juga hosting di niagahoster, kaget aja pas pertama dapat email kalau wordpressnya udah update ke versi terbaru. ternyata emang tanpa setting apapun, udah otomatis update. Beda dengan blog pertama, mesti klik update dulu baru diupdate ke versi terbaru

    BalasHapus
  7. Wah..sudah senior banget jadi blogger dirimu, Mbak. Salim:)
    Aku pengin pindah ke WP tapi ya gitu deh gaptek, belum-belum dah mikir ntar mesti banyak ribetnya.
    Kalau ada SimpleWP begini kan membantu sekaliii

    BalasHapus
  8. Kalau ada yang bikin simple kenapa harus pakai cara ribet ya ...
    Saya pun pakai WP dan terima beres aja nih Mbak. Hehehe...

    BalasHapus
  9. Dulu ngeblog itu iseng dan betulan otodidak, belajar sendiri karena hampir gak ada teman real yang berkecimpung di dunia tulis. Ngeblog itu terus belajar. Ternyata emang macam-macam ilmunya

    BalasHapus
  10. Mba Widya, aku juga ngurusin tetek bengek blog baru lima tahun belakangan ini. Dan emang yang paling bikin males itu pasang pasang perintilan apalagi masih html ya. Huhuhu, untung tau ada simple wp kaya gini, jadi mupeng kan buat migrasiiii hihihi

    BalasHapus
  11. Aku belum familiar nih pake WP. Pengen sih migrasi ke WP. Karena lebih banyak pilihan template juga kan ya

    BalasHapus
  12. Beneran bikin mupeng deh WP ini. Sedari dulu kepengen migrasi ke WP, tapi ragu. Males ngurus dari awal lagi. Padahal WP ini lemgkap banget ya fiturnya. Urusan seo juga katanta jos ya.

    BalasHapus
  13. Betul memang. Ngeblog jaman dulu sama sekarang emang udah beda.
    Kalau dulu, nulis-posting-udah.
    Kalau sekarang, nulis-posting-monetize

    BalasHapus
  14. Boleh juga nih Mb sarannya. Aku belum ada blog basic WP. Ini ren aba mau bikin blog lagi apa pakai WP aja yah

    BalasHapus
  15. EAaaah kereen 9 tahun berkrcimpung di dunia blog pasti rasanya nano nano dan susah banyak asam garam dunia blog ya mak..

    Semoga banyak karya bagus di ciptakan dan kepoo tentang ulasan simpleWP.

    BalasHapus
  16. beneran itu harganya cuma 32ribuan mbak? murah banget yaa dengan fasilitas yang mumpuni. jadi tertarik nih untuk menghostingkan WPku yang masih gratisan. semoga jadi makin rajin menulis deh

    BalasHapus
  17. sama aku pun dulu iseng aja buat nulis2 diary pas masih lajang *eaaaaaaaaaa
    tapi jadi ketagihan
    aku masih belum biasa pakai wp makanya masih blogspot aja ini. pengen tapi masih bingunggg

    BalasHapus
  18. Aku juga udah pake niaga hoster dengan kemudahan WP nya selama 3 tahun ini,,, segera bergabung deh mba alhamdulillah lancar dan cepet prosesnya...

    BalasHapus
  19. Kalau saya sendiri 10 tahun ngeblog tetap menjadi pendapatan yang selalu memberikan oase di tengah tercekiknya kehidupan akan kebutuhan... Makanya saya selalu berupaya menulis dan menulis saja

    BalasHapus
  20. Ngeblog dulu dan sekarang ini tetp dijalani dengan penuh cinta dan binar-binar kebahagiaan yaa...
    Aku salut banget sama kak Wied.
    Sukses dengan blogspot dan WP bersama Niagahoster.

    BalasHapus
  21. Baru tau nih tentang Simple WP. Mau ulik lagi aaahh... selama ini masih pinjem hosting ke si mbah aja hehehee...

    Btw, dulu aku mulai ngeblog justru karena jenuh dengan rutinitas kantor. Ngeblog tuh rasanya melegakan bangeeett... bisa nulis apa saja di situ.

    BalasHapus
  22. Untuk yang baru-baru mau coba pake WP cocok banget nih Simple WP apalagi masih ramah dikantong, jadi jika memang gak nyaman pake WP gak terlalu buang-buang uang untuk biaya hosting yang memang notabane nya mahal

    BalasHapus
  23. aku dulu punya WP trus mumet ngurusnya jadilah tutup, hahaha
    lihat iklan simple WP kok jadi tertarik yah, penasaran mau cari info lebih lanjut. Katanya WP lebih ramah SEO.
    Kalau mbak Wiwied mau beralih ke WP?

    BalasHapus