9 Tips Bikin Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Walau Punya Anak Kecil

tips rumah bersih dan rapi

Ibu yang punya anak kecil di rumah, umumnya akan melalui fase stress karena keteteran membagi waktu antara mengurus anak dan menyelesaikan pekerjaan domestik, terutama membersihkan rumah. 

Saya juga pernah ada di fase itu. 

Sudah jadi hal normal, ketika saya baru saja merapikan ruang keluarga, anak balita saya lantas datang dan membuat “kekacauan” kecil di sana. Tak lama dia berpindah lagi ke ruangan lain, lalu melakukan eksplorasi lain lagi di tempat itu. 

Alhasil pekerjaan beberes rumah bagai jalan tak berujung. Melelahkan. 

Saat curhat ke suami, tanggapannya cuma begini, “Kalau ada anak kecil di rumah, memang mustahil rumah bisa kelihatan selalu rapi dan bersih.” 

Lha padahal kalau anak kecil kan justru rumah harus terjaga kebersihannya, supaya anak nggak gampang terpapar kuman penyakit. Rumah bersih dan rapi juga bikin anggota keluarga yang tinggal di dalamnya jadi merasa nyaman dan aman. 

Kebiasaan Sederhana yang Bikin Rumah Selalu Rapi

Berbulan-bulan kemudian saya baru menyadari bahwa “kekacauan” ini sebenarnya bisa diminimalisir. Rumah bisa tetap terjaga kebersihan dan kerapiannya bila kita melakukan beberapa kebiasaan baik yang sederhana berikut ini; 

1. Rapikan Tempat Tidur 

Memulai hari dengan merapikan tempat tidur selalu berhasil bikin saya makin semangat beberes rumah. Hanya dengan merapikan kasur, menata bantal dan melipat selimut, kamar sudah kelihatan rapi dan bersih. 

tips rumah bersih dan rapi

2. Biasakan untuk langsung merapikan sepatu atau sandal setiap kali masuk rumah 

Sandal dan sepatu yang bertebaran nggak karuan di depan pintu bikin rumah kelihatan berantakan. Belum lagi sepatu dan sandal yang berserakan itu juga menghalangi orang yang hendak masuk dan keluar rumah. Makanya biasakan untuk selalu merapikan alas kaki setiap kali masuk rumah. 

Di rumah, saya selalu membiasakan anak dan suami untuk meletakan sepatu dan sandal langsug di rak sepatu. 

tips rumah bersih dan rapi

3. Cuci piring dan peralatan makan segera setelah dipakai. 

Menunda mencuci piring dan peralatan makan hanya bikin cucian menumpuk. Dapur kelihatan berantakan dan bukan tidak mungkin area ini jadi sarang kuman. Karena itu, segera cuci peralatan makan setelah digunakan. 

Buang dulu sisa makanan di wadah terpisah, supaya sisa makanan tak banyak menumpuk di sink. Setelah mencuci segera lap area bak cuci piring sampai kering supaya nggak meninggalkan noda air. 

4. Usahakan mencuci baju setiap hari 

Kecuali dalam situasi terdesak, upayakan untuk tidak menumpuk baju kotor. Tempatkan baju kotor pada keranjang khusus dan usahakan mencuci baju setiap hari. Tumpukan baju kotor seringkali menimbulkan bau tak sedap dan membuat rumah terkesan berantakan. 

tips rumah bersih dan rapi

5. Kelola sampah rumah tangga dengan baik 

Lebih dari sekadar aksi ramah lingkungan, pemilahan sampah rumah tangga sangat efektif membuat rumah kelihatan lebih rapi dan bersih. Pisahkan sampah sisa makanan dan sampah yang bisa di daur ulang. 

Sampah sisa makanan harus dibuang setiap hari atau tempatkan di komposter supaya bisa dimanfaatkan jadi pupuk. Makin minim sampah organik yang ada di tempat sampah, makin bersih dan nyaman juga rumah kita. 

Sementara itu, sampah plastik sebaiknya dicuci dulu sebelum dibuang. Kalau ingin disalurkan ke bank sampah, kumpulkan dan pilah sampah plastik dan kertas dalam wadah terpisah. 

6. Selalu kembalikan barang yang sudah dipakai ke tempat semula 

Kebiasaan ini selain memudahkan kita mencari barang yang dibutuhkan, juga membuat rumah lebih rapi dan bersih. 

7. Sediakan area bermain khusus untuk anak 

Menyediakan area bermain khusus buat anak bermanfaat untuk melokalisir area yang berantakan. Kalau rumah tidak terlalu luas, fungsikan saja ruang yang agak longgar seperti ruang keluarga. Bukan membatasi gerak anak, aturan ini justru bisa melatih anak untuk pandai menempatkan diri. Akan lebih baik lagi, kalau kita juga melatih anak untuk terbiasa membereskan kembali mainannya dan membersihkan area bermain. 

8. Decluttering 

Kebiasaan menyortir dan menyingkirkan barang tak terpakai membuat rumah terasa lebih lega dan bersih. Makin sedikit tumpukan barang tak terpakai di rumah, makin mudah pula kita membersihkan rumah. 

9. Sapu rumah setiap hari 

Kebiasaan ini sih nggak boleh ditawar-tawar. Lantai yang bersih adalah hal wajib terutama kalau kita punya anak kecil. Bagian ini harus diupayakan untuk selalu bersih agak anak nyaman bermain di lantai. Saya sendiri biasanya menyapu rumah lebih dari 2 kali sehari. Jadwal menyapu rutin sih biasanya pagi dan sore, tapi bisa lebih tergantung situasi dan kondisi. 

Dari sekian banyak kebiasaan itu, jujur saja, urusan menyapu rumah paling banyak menyita waktu dan tenaga. 

Nggak seperti rutinitas lain yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat, menyapu seluruh lantai rumah menghabiskan banyak waktu. Apalagi kalau harus membersihkan bagian kolong tempat tidur dan meja. Haduh bikin sakit pinggang. 

Urusan menyapu sebenarnya bakal lebih praktis kalau kita memanfaatkan vacuum robot seperti smart robot vacuum cleaner Avaro X1

Rekomendasi robot vacuum cleaner buat ibu-ibu 

Saya pertama kali mengetahui ada vacuum cleaner yang bisa berjalan sendiri seperti ini, gegara nonton drama korea. Sejak saat itu, saya jadi sering terbayang buat punya robot vacuum cleaner seperti itu. 

 Alangkah enaknya kalau punya robot vacuum cleaner, saya nggak perlu bolak balik menyapu. 

Salah satu robot vacuum incaran saya saat ini adalah Smart Robot Vacuum Cleaner Avaro X1. Vacuum Robot yang satu ini, selain tampilannya cakep, juga dilengkapi dengan dustbin ukuran besar yang bisa menampung debu dan kotoran lebih banyak. 

smart-robot-vacuum-cleaner-Avaro-X1

Yuk kita lihat lagi apa saja kelebihan Avaro x1 Robotic Vacuum Cleaner ini. 

1. Dilengkapi AI Sensor 

Avaro X1 dilengkapi dengan sensor AI, sehingga robot vacuum ini bisa otomatis menghindari benturan dengan furniture atau jatuh. 

2. Tidak berisik 

3. Kapasitas dustbin besar 

Kapasitas dustbin-nya 300 ml. Cukup besar untuk menampung debu dan kotoran di seluruh rumah.

4. Teknologi Ultraviolet C (UVC) Sanitizing Light 

Sinar UVC terbukti ampuh membunuh partikel kecil seperti virus dan kuman dengan singkat. Kalau lantai rumah bebas kuman, kita nggak perlu was-was lagi membiarkan anak bermain di lantai. 

smart-robot-vacuum-cleaner-Avaro-X1

5. Mopping Function 

Avaro X1 juga dilengkapi tangki air yang bisa dikontrol otomatis sehingga bisa digunakan untuk mengepel lantai. Jadi pembersih 2 in 1 nih. 

6. Kemampuan menghisap debu 2700 PA 

Avaro X1 memiliki vacuum power 2700 PA sehingga efektif untuk membersihkan lantai dan karpet secara optimal 

7. Anti slip 

Robot vacuum ini stabil pada permukaan yang basah atau berair dan aman digunakan. Alat ini bahkan bisa memanjat permukaan sampai setinggi 2 cm. 

8. Kapasitas baterai 5200 mAh Lithium 

Dengan kapasitas baterai sebesar ini, Avario X1 bisa membersihkan seluruh ruangan hingga 200 menit. Hebatnya lagi, alat ini dapat melakukan charging otomatis pada docking. 

9. Auto schedule with app 

Fitur ini nih yang bikin saya makin kesengsem dengan Avaro X1 robot vacuum. Kita bisa mengatur jadwal pembersihan otomatis melalui smartphone. Praktis banget kan?

Dengan bantuan smart robot vacuum cleaner Avaro X1 ini pasti nggak sulit lagi buat kita menjaga kebersihan dan kerapian rumah sepanjang waktu, sembari mengurus anak. 

smart-robot-vacuum-cleaner-Avaro-X1

Produk robotik vacuum cleaner Avaro X1 ini sudah bisa dibeli lho di toko resmi di Tokopedia. Saat ini lagi ada diskon lho, dan pembayarannya pun bisa dicicil 12 bulan lho. 

Semangat bersih-bersih ya. Kalau rumah bersih dan rapi, kita pun lebih nyaman dan lebih sehat. 

Semoga jadi tambah tahu.

24 komentar

  1. aku juga menerapkan di rumah setelah menggunakan apapun harus segera dibereskan atau dirapikan, apalagi bebenah bisa pakai robotik vacuum cleaner Avaro X1

    BalasHapus
  2. Salah satu produk smart home yang mesti dimiliki oleh kita ibu-ibu yang tiap hari sibuk beberes adalah vacuum cleaner macam smart robot vacuum cleaner Avaro X1 ini. Asisten canggih yang bikin kita bisa mendelegasikan tugas tanpa ada penolakan. Tinggal remote pakai app di hp, diapun siap bekerja :D

    BalasHapus
  3. Punya rumah yang rapi salah satunya tuh memperbaiki mood. kalau pas sibuk, nyapu aja sampai lupa lho mba.. emang benernya beli robot bersih2 semacam Avaro X1 ini ya. Minimal kalau lupa tuh rumah bersih tanpa debu mengganggu.

    BalasHapus
  4. Hahaha.. bentaran mbak mau numpang tertawa dulu, kayak mengejar sesuatu yang muter terus beberes rumah ini, gak ada abisnya. poin nomer 6 paling bikin jengkel, ketika kita udah berusaha balikin apa apa pada tempatnya, bocil bocil kemudian dengan enaknya lempar barangnya disembarang tempat hahaha. Wes dijalanin aja mbak dengans sabar :D

    BalasHapus
  5. Tips no 6 PR banget, bukan PR ku tapi PR suami dan anak-anak hiks. Jadi kesel kalau barang ga di tempatnya, trs pas mau nyari entah dimana. Wow vacum cleanser robot nya keren ada uvc sanitizing Light dan ga berisik pula.

    BalasHapus
  6. Dari semua kegiatan rumah tangga, saya suka menyapu dan mengepel. Makanya khusus 2 aktivitas ini suami yang mengerjakan hahaha. Jadi pengen banget punya robot vacuum ini. Apalagi sekarang suami mulai ngantor. Biar tugasnya ada yang gantiin :D

    BalasHapus
  7. Waaah kereen banget robot vacumnya, teknologi bener-bener sudah berkembang ya, dulu hanya bayangan kalau merasa plelah dg kerjaan rumah yg tak ada habisnya, coba ada robot yg bs beresin 😁

    BalasHapus
  8. Naksir Avaro nih jadinya. Berhubung punya karpet tapi karena gak dilaundyr dan dibersihinnya cuma pake sapu lidi aja berhubung gak punya vacuum cleaner juga, jadilah debu & pasir pun nempel mesra di tu karpet. Penghuni rumah malah jadi bersin-bersin deh. Kalo beli Avaro dan buat bershin karpet pasti mantap nih ya kan.

    BalasHapus
  9. Aku tuh termasuk yang ingin selalu rumah rapi. EH nggak hanya aku sih tapi semua orang. Hehhe. Nah cara paling sering aku lakukan ya selalu bersihkan dan selalu minta anak abis main, rapikan lagi tempat bermain. Jadi terbiasa

    BalasHapus
  10. Udah saatnya nih punya robot vacuum cleaner biar pekerjaan rumah berkurang karena ada yang bantuin

    BalasHapus
  11. Punya anak kecil memang luar biasa. Terutama urusan bersih-bersih. Nyapu berkali-kali di rumah, pasti selalu kembali dibikin kotor. Yang dari makanan, mainan atau lainnya.

    Seneng banget nih kalau ada robot vacum cleaner gini. Bisa ngebantu bersih-bersih rumah dan ngurangin capek kita.

    BalasHapus
  12. Iya banget, kalau ada cucian tuh kudu langsung dicuci. Atau kalau lengket, boleh lah direndam sebentar. Tapi jangan terlalu lama, karena yang namanya cucian piring, gelas dan kawan-kawannya ini gak selesai-selesai.

    Alhamdulillah,
    Untuk bebersih, ada si canggih nan mungil vacuum cleaner Avaro X1.
    Sungguh idaman sekaliii..

    BalasHapus
  13. wah iya, klo punya anak kecil rumah tu jarang bisa bersih
    capek juga krn harus sering nyapu, nampaknya butuh vacuum cleaner Avaro X1 ini deh

    BalasHapus
  14. Wah ini memang barang impian nih gak perlu nyapu ngepel lagi hehe.

    BalasHapus
  15. cuci piring selepas digunakan itu bantu banget biar ga numpuk ya mba, dan kerasa pisan kalau udah ditumpuk banyak tuh..btw itu vacum cleanernya idaman jadi pengen punya

    BalasHapus
  16. Butuh banget ini kalo ada alat ini di rumah, saya juga sedang mengajak seluruh anggota keluarga untuk bisa tertib menjaga PHBs dan kebersihan rumah, memilah sampah dan juga menjaga kebersihan dengan baik

    BalasHapus
  17. senangnya kalau punya satu Avaro x1 Robotic Vacuum Cleaner di rumah nih, bisikin harganya donk mba, makasih :)

    BalasHapus
  18. Kecuali decluttering yang jarang2 kyknya sisanya aku dah lakuin semua hahaha
    Baiklah akan dicoba nih supaya gak banyak barang tertimbun :D
    Punya Avaro X1 robot vacuum kyknya enak juga yaaa, pekerjaan rumah khususnya membersihkan lantai bisa jd lbh enteng :D

    BalasHapus
  19. Sejak anakku todler, radanya susah banget melihat rumah rapi dan bersih ntuk jangka yg lama, setelah dibersihin kotor lgi, hikss jd capek sendiri. Syukur bgt nih ad pembersih yg bisa buat emak santai membersihkan rumah

    BalasHapus
  20. wah saya yang desclutering belum jalan nih, padahal udah gemes liat banyak barang heuheu btw enak juga ya kalau nyapu pakai vacum cleaner macam punyanya ice bear hehe jadi sekalian bisa dipake buat pindah sana sini hiihhi ngayal aja. Tapi beneran nyaman ya kalau lantai bersih. idaman banget punya robot vacum

    BalasHapus
  21. urusan beberes kalau punya anak kecil itu rasanya ga pernah beres. hahaha ...
    aku menerapkan sebagian tips di atas. Yang menantang ya beresin mainan. Walau udah ada corner untuk bermain, ada aja mainan yang dibawa anak pergi ke tempat lain. Trus yang ribet itu kalau terselip. Orang serumah ikut mencari, deh.

    BalasHapus
  22. Anakku tuh udah ada area bermain sendiri ya tetep sih mak, mainan dibawa kemana2. Udah SD aja rumah selalu berantakan, habis di rapiin ya mainan lagi. Btw, naksir vacum cleaner nya.. Cuz ke Tokped nihh

    BalasHapus
  23. Pengen banget punya device robot vacuum ini karena beneran praktis dan membantu banget untuk ngebersihin rumah saat lagi sibuk banget dengan pekerjaan yang lain :D

    BalasHapus
  24. Saya termasuk yang sulit mendisiplinkan diri untuk membereskan segera. Selalu ditunda-tunda dengan alasan tanggung, sebentar lagi gawean yang ini kelar... dan begitulah. rumah jadi sering tidak rapi

    BalasHapus