5 Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Jendela dan ventilasi memiliki banyak fungsi esensial bagi sebuah rumah. Siapa pun yang melakukan aktivitas jual beli rumah baru atau jual beli rumah bekas perlu mengutamakan jendela dan ventilasi. 

Kehadiran ventilasi dan jendela, bisa dibilang wajib ada di sebuah hunian. Bayangkan, betapa gelap dan menyeramkan sebuah bangunan yang tak memiliki jendela atau ventilasi. 

Para pemburu properti pun akan mencari hunian yang memiliki jendela dan ventilasi baik. Kalau kalian pernah memperhatikan, kamar indekos dengan jendela mengarah ke luar dan indekos dengan jendela menghadap ke dalam memiliki harga yang berbeda. 

Umumnya kamar indekos dengan jendela dan ventilasi yang menghadap luar akan dihargai lebih mahal. Ini menandakan bahwa sebuah jendela dan ventilasi mempunyai nilai yang tak terhingga. Wajar karena keberadaan jendela dan ventilas juga berpengaruh pada kenyamanan penghuninya.

Berikut adalah ulasan mengenai 5 alasan pentingnya keberadaan ventilasi dan jendela pada rumah.

5 Alasan Pentingnya Ventilasi dan Jendela 

Beberapa orang mungkin lebih suka jendela dan ventilasi rumah yang terbuka. Ternyata memang ada pentingnya kehadiran ventilasi dan jendela. 

Yuk kita simak pentingnya dua elemen tersebut pada sebuah rumah. 

Media penghantar cahaya dan udara 

Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Alasan pertama sebuah rumah memerlukan ventilasi dan jendela, adalah karena fungsinya sebagai media penghantar cahaya dan udara. Rumah tanpa ventilasi dan jendela yang baik akan terasa lembab dan juga sumpek. 

Lokasi jendela yang baik adalah menghadap ke bagian luar rumah sehingga sinar matahari pagi bisa masuk. Sementara ventilasi umumnya berada di atas jendela. Namun, kamu juga bisa membuat ventilasi di bagian atap sehingga celah pergantian udara masuk dan ke luar semakin banyak. 

Ornamen penghias rumah

Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Selain sebagai media penghantar udara dan cahaya, jendela serta ventilasi bisa menjadi ornamen penghias rumah. 

Bagi kamu yang mengaplikasikan gaya minimalis pada bangunan rumah, maka desain jendela dan ventilasi bisa memperkuat sentuhan minimalis pada hunian. 

Di lain sisi, jika kamu mengaplikasikan gaya industrialis maka ventilasi dan jendela bisa didesain menyesuaikan tema rumah. Tentunya sentuhan industrialis bisa semakin kuat dengan kehadiran jendela dan ventilasi dengan gaya tersebut. 

Celah untuk mengeluarkan bau tak sedap 

Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Apakah kamu di rumah suka masak? Atau memelihara hewan seperti kucing dan anjing? Nah, kehadiran ventilasi dan jendela bisa menjadi media pertukaran udara sehingga mampu mengeluarkan bau tak sedap. 

Sinar matahari yang masuk ke rumah pun akan membunuh kuman dan bakteri sekaligus menghilangkan bau tak sedap yang berada di rumah. Ini akan membantu kamu mengurangi penggunaan semprotan pewangi ruangan.

Mampu membunuh kuman dan bakteri 

Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sinar matahari dapat membunuh kuman dan bakteri, oleh karena itu banyak orang saat ini yang berjemur. Tujuannya untuk membunuh kuman yang menempel di tubuh. 

Kehadiran jendela dan ventilasi yang bisa menghantarkan sinar matahari bisa membantu kamu mengusir bakteri dan kuman. Jadi pastikan jendela dan ventilasi kamu menghadap sinar matahari pagi ya. 

Membuat rumah lebih segar 

Alasan Pentingnya Keberadaan Ventilasi dan Jendela pada Rumah

Kehadiran jendela dan ventilasi bisa membuat rumah menjadi lebih segar. Jendela yang mengarah langsung ke luar rumah, khususnya taman bisa membuat pandangan mata lebih segar. Pemandangan tersebut bisa membuat kamu sebagai penghuni rumah merasa rileks dan damai. 

Memiliki rumah pada dasarnya harus memperhatikan semua elemen bangunan utama. Mulai dari tata letak pintu, jendela dan ventilasi. Di mana pun lokasi rumah kamu, baik itu rumah di jakarta pusat atau di pedesaan, pastikan keberadaan jendela dan ventilasi selalu menjadi perhatian utama. 

Semoga informasi mengenai ventilasi dan jendela tersebut bisa memberikan inspirasi untuk kalian ya. Semoga jadi tambah tahu. 

Tidak ada komentar