Rekomendasi Cleanser Low pH [Review : Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam]

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

Setelah sukses bikin saya susah move on dari Paeonia Brightening Series-nya, Dewpré kini bikin saya jatuh cinta lagi dengan produk Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Cleanser product yang satu ini sebenarnya masih serangkaian dengan Dewpré Paeonia Brightening Series yang sudah lebih dulu saya tulis review-nya di blog ini. Saking sukanya dengan rangkaian skincare itu, saya jadi penasaran juga buat cobain cleansing foam-nya yang diklaim vegan, formulated to match the skin’s pH (approximately 5.5) & balanced sebum

Senyaman apa sih? 

Sebelum masuk ke ulasan mengenai Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam, kayaknya kita perlu obrolin dulu mengapa pembersih wajah dengan pH human balance ini penting buat kulit kita. 

Berapa pH yang baik untuk kulit wajah

Berdasarkan sejumlah artikel kesehatan yang saya baca, derajat keasaman alias potential Hydrogen (pH) wajah manusia normal berkisar pada 4 - 6 yang berarti sedikit asam. 

Bila terlalu asam atau ada dibawah pH kulit wajah normal, kulit jadi lebih mudah iritasi dan gampang berjerawat. Begitu juga kalau kulit wajah ada di kondisi basa, kulit akan jadi sangat kering dan terlihat kusam. Di beberapa kasus bahkan menimbulkan kemerahan, gatal dan mengelupas. 

Ada sedikit perbedaan antara pH kulit wanita dan pria. Dalam beberapa literasi disebutkan pH kulit wajah wanita dewasa ideal sekitar 4,5 – 5,7, sementara pH pada kulit pria cenderung lebih asam. 

Derajat keasaman kulit wajah ini sebenarnya juga dipengaruhi banyak faktor sih. Antara lain: usia, paparan sinar matahari, penggunaan sabun pembersih wajah yang tak sesuai, pola makan, perawatan kulit yang salah atau eksfoliasi berlebihan. 

Mungkin ada yang bertanya, “Sabun pembersih wajah kan cuma kontak beberapa menit dengan kulit. Memang seberpengaruh itu?” 

review-dewpre-teatree-cleansing-foam
ilustrasi

Kecuali kulit kalian sensitif, dalam jangka pendek penggunaan produk sabun pembersih yang tak sesuai dengan pH alami kulit mungkin tak akan nampak pengaruhnya. Paling-paling kita hanya merasa kulit wajah tertarik atau kulit terasa kering setelah memakai sabun pembersih. 

Tapi dalam pemakaian jangka panjang, pH cleansing wash yang tidak sesuai bisa menyebabkan ketidakseimbangan pH kulit. 

Pemakaian produk cleanser dengan pH tinggi, seperti sabun mandi, bisa merusak acid mantle yang ringkih sehingga menyebabkan moisture barrier kulit rusak. Dampaknya sudah bisa ditebak, kesehatan kulit terganggu dan mulai timbul banyak masalah. 

Karena itu, penggunaan produk pembersih wajah yang low pH sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit. 

Beberapa tahun terakhir, produk cleanser dengan klaim low pH banyak bermunculan terutama dari brand-brand asal Korea. Makanya saat tahu ada brand lokal yang juga mempunyai klaim pH 5.5 yang sesuai dengan pH alami kulit, saya jadi penasaran. 

Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Namanya sudah cukup menggambarkan keunggulan produk ini. Produk cleanser yang mengandung tea tree oil ini diklaim memiliki pH 5.5 yang mendekati pH ideal kulit wajah kita. 

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

Klaim

Diklaim sebagai pembersih yang pH balancing, mild formula, soothing, calming, dan antioxidant. Produk ini juga diperkaya dengan sejumlah key ingredients alami, antara lain : 
  • Tea tree oil, merupakan minyak pohon teh yang sudah lama dikenal baik untuk kulit. Mengandung senyawa anti radang, antimikroba, anti iritasi dan mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. 
  • Camelia Sinesis Leaf, mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk peremajaan kulit dan mengurangi risiko kerusakan kulit akibat paparan berlebih sinar UV. 
  • Green Tea Leaf Extract, berfungsi sebagai eksfoliator alami yang mampu mengontrol minyak berlebih sekaligus menjaga kelembaban alami kulit. 
  • Glycerine & Butylene Glycol, kedua bahan ini berguna untuk menjaga kelembaban kulit, memperbaiki kondisi kulit dengan memperkuat skin barrier
  • Quillaja Saponaria Bark, dikenal juga pohon kulit sabun karena kulit bagian dalam Quillaja Saponaria, sering dimanfaatkan sebagai sabun alami. Selain itu, bahan ini juga kerap digunakan untuk mengobati luka dan gatal pada kulit. 
Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam juga diklaim no SLS added dan no perfume added sehingga aman untuk semua jenis kulit termasuk pemilik kulit sensitif. 

Kemasan 

Produk ini dikemas dalam tube yang sedikit bulky berukuran 120 ml dengan tutup flip top. Desainnya senada dengan kemasan Dewpré Paeonia Brightening Series, minimalis tapi tetap cantik dengan warna dominan putih dan sedikit aksen berwarna hijau pastel. 

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

Di bagian muka tertulis nama produk dalam huruf latin dan nama dalam huruf Hangul Korea. Sementara di bagian belakang, tertera lengkap keterangan produk, cara pakai, ingredients, peringatan, no BPOM hingga expired date

Tekstur & Aroma 

Cleansing foam ini memiliki tekstur gel kental. Warnanya bening dan busanya tidak terlalu banyak. Saya suka dengan tekstur pembersih macam begini karena terasa gentle di kulit. 

Dan yang lebih menyenangkan lagi, Tea Tree  Cleansing Foam punya aroma segar tea tree yang khas. Aromanya nggak terlalu kuat tetap juga nggak samar banget. Bikin nyaman saat digunakan. 

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

Cara pakai 

Cara pemakaian produk sebenarnya nggak jauh beda dengan sabun pembersih yang lain. 

Mula-mula basahi wajah dengan air. Lalu tuang Dewpré Cleansing Foam ke telapak tangan secukupnya, beri sedikit air dan busakan. FYI, busa yang dihasilkan oleh pembersih ini nggak terlalu banyak ya. Jadi asalkan sudah sedikit berbusa, bisa langsung diaplikasikan ke wajah. 

Ratakan produk ke seluruh wajah sambal pijat perlahan selama beberapa menit agar formula terserap dengan baik lalu bilas. 

Saya biasa memakai Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam 2-3 kali sehari. 

Kesan setelah pemakaian 

Super nyaman! Rasanya nggak ada istilah lain yang bisa saya katakan untuk menggambarkan kesan setelah memakai Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam

Walaupun gentle di kulit, kemampuan membersihkannya cukup bagus kok. Saya sudah sering menggunakan produk ini sebagai second cleanser untuk membersihkan sisa make up. Dan so far, hasilnya sangat memuaskan. 

Setelah dibilas pun, kulit terasa nyaman, nggak ada kesan ketarik atau terlalu licin. Rasanya lembab dan bersih aja gitu. 

Btw, untuk membuktikan klaimnya mengenai ph yang sesuai dengan pH alami kulit wajah itu, saya sudah sempat melakukan uji pH menggunakan kertas lakmus. Dan seperti ini hasilnya : 

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

Pengujian pH ini sengaja saya lakukan dengan langsung mengoleskan produk ke kertas lakmus, tanpa melarutkannya dulu ke air. Maksud hati sih, supaya hasilnya bisa lebih akurat. Pasalnya kalau dicampur dengan air, kadar pH air juga bisa mempengaruhi hasil pengujian.

Supaya lebih objektif, saya juga juga membandingkan hasil pengujian pH Dewpré Cleansing Foam dengan beberapa sabun pembersih wajah yang tersedia di rumah. 

Agak kaget juga sih saat lihat hasilnya karena produk cleanser ter-gentle yang saya punya sebelum memakai Dewpré bahkan memiliki kadar keasaman yang lebih tinggi dari Dewpré yaitu sekitar 7. 

review-dewpre-teatree-cleansing-foam

Pantas aja cleansing foam ini nyaman banget di kulit saya yang rentan dehidrasi ini. Dan selama beberapa minggu menggunakan produk ini, saya merasa kulit saya jadi memang lebih minim masalah. Kalau pun ada jerawat, paling hanya jerawat hormon yang sembuh dalam beberapa hari. 

Jadi bagaimana kesimpulannya, apakah Dewpré Cleansing Foam recommended? Tentu saja, apalagi kalau dipakai bersama rangkaian Dewpré Paeonia Brightening. Makin mantap deh. 

Semoga jadi tambah tahu ya 

#DewPre #Teatree5.5 #Gentlecleanser #phbalancecleanser #dewpreofficial #keepskinnatural

25 komentar

  1. Wah kemasannya elegan ya mba. Keliatan berkelas dengan warna yang lembut dan netra. Mba ini kan ada teanya ya berati apakah pembersih wajah ini cocok nggak ya buat tipe wajah kulit kering?

    BalasHapus
  2. Kemasannya cakep ya, classy gitu mba. Untuk hasil terbaik berarti Dewpré Cleansing Foam harus dipakai barengan sama Dewpré Paeonia Brightening ya mba?

    BalasHapus
  3. Tea tree biasanya buat kulit yang cenderung berminyak.sama.berjerawat ya kak, kalau yg kulit normal apa kak?

    BalasHapus
  4. to be honest baru perhatikan mengenai pH ini. Ga tahu deh berapa ya pH facial wash yang rutin ku pakai.
    Oh ya, mbak, kalau untuk mencuci wajah dengan cleaning foam ini sebenarnya setelah diratakan bisa langsung dibilas atau didiamkan sekian menit baru dibilas?

    BalasHapus
  5. wah udah lama aku gak main2 sama kertas lakmus nih, jadi pengen beli juga buat ngecek yg di rumah. soalnya akupun kalo pake cleanser suka nyari yg ph seimbang

    BalasHapus
  6. Sepertinya ada peluang utk dicoba produk nya, semakin tertarik baca setelah baca reviewnya.

    BalasHapus
  7. Waduh, jadi penasaran juga berapa PH facial wash-ku. Btw jika bagi sebagian orang pemilihan facial wash ini cenderung nggak tricky karena cuma kontak sebentar sama kulit, aku justru kebalikannya karena kulitku paling sensi sama facial wash. Gonta-ganti krim masih oke, tapi begitu gak cocok facial wash, kulitku langsung kayak menghitam, kaku dan pastinya jerawatan.

    BalasHapus
  8. Asikk banget nih ada cleanser low ph. Jadi bikin wajah gak kering..

    BalasHapus
  9. kalau aku jujur lebih suka pembersih wajah yang ada busanya. kalau busanya dikit aku jadi pengen nuang banyak-banyak yang bikin pemakaian sabun jadi boros. hehe

    BalasHapus
  10. Wah, akurat nih pengujiannya. Aku jadi ingat saat bertugas di sebuah lab, kalau pH meter lagi ngadat, kita pakai lakmus. Kok jadi penasaran juga ya, bandingin pH cleanser yg biasa dipakai. Nice sharing Mbak

    BalasHapus
  11. Kadang menggunakan produk pembersih wajah yang formulanya ringan banget kayak nggak berasa gitu di muka, kayak nggak nendang untuk bersihin wajah tpai produk ini beda ya tetap bersih wajahnya, PHnya juga bagus untuk kulit wajah

    BalasHapus
  12. Senang saat tahu Dewpre mengeluarkan produk cleasnser ini
    produk yg cocok dengan pH kulit wajah kita ya mbak

    BalasHapus
  13. Aku paling suka tuh setelah digunakan tapi nggak bikin kulit wajah jadi ketarik dan bikin wajah kering. Soalnya wajahku juga kering sih mba. Makasih rekomendasinya mba :)

    BalasHapus
  14. Wah iya selama ini kalau pakai pembersih wajah tu gak pernah kepikiran menyesuaikan pH-nya ternyata emang penting supaya tetep bikin kulit selalu sehat ya mbak?
    Aku suka banget sama kemasannya mungil gtu, tutupnya juga rapat dan gak gampang bikin isinya keluar ya.

    BalasHapus
  15. oh jadi derajat keasaman alias potential Hydrogen (pH) wajah manusia normal berkisar pada 4 - 6 yang berarti sedikit asam. kalo kurang dari itu kulit jadi kusam ya

    BalasHapus
  16. Kalo liat ingredientnya apalagi kandungan utama itu kayaknya bagus banget buat kulit berejerawat dan sensitif ya mba,, bagus jaga pH balance

    BalasHapus
  17. Aku jadi membayangkan aroma tea tree, kayaknya beneran bikin menenangkan kalo abis menggunakan cleansing foam Dewpre low Ph ini. Bisa jadi pilihan nih setelah cleansing foam ku abis dan nyari sellernya gak ketemu, hihiii

    BalasHapus
  18. Wah dapat review pembersih wajah lagi nih saya. Seneng banget kalo baca review kayak gini. Membantu banget untuk emak-emak kayak aku saat butuh skincare dan bodycare

    BalasHapus
  19. Terima kasih ulasannya, selama ini aku suka pake aja dab yang paling kusuka kalo ada kayak bulirnya, jadi kalo digosok berasa kayak ada yang mater2 di wajah, hehehe

    BalasHapus
  20. Wah baru tahu pembersih wajah sekarang ternyata juga memperhatikan pH ya. Selama ini sih ga musingin pH, jadi kepikiran euuyy

    BalasHapus
  21. Aku langsung cek dong ke websitenya dewpre, sebagus itu ya hasilnya dan lagi diskon akhir tahun, aku jadi pengen pake juga dong. Apalagi ini bahan dasarnya vegan kan ya. aku sedang ingin beralih pada produk yang vegan. makasih infonya ya mbak.

    BalasHapus
  22. Wiih...seremserem, mainannya kertas lakmus loo..
    Hihii...memang membuktikan pH yang paling mudah dan cepat adalah dengan kertas lakmus.
    ((kok jadi pelajaran Kimia?!))

    Facial wash ini aku cari yang bener-bener bikin kulitku nyaman. Mau cobain Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam jugaaaa...tapi aku suka gonta-ganti merk gitu...gak jadi masalah kah?

    BalasHapus
  23. Wah baru tahu kalau kadar pH di pembersih muka harus pada angka tertentu. Jadi ingat dulu pernah beli merek tertentu eh ternyata wajah kerasa ditarik, gak cocok deh. Ternyata kadar pH-nya gak sesuai ama wajah.

    BalasHapus
  24. Wah baru tahu kalau kadar pH di pembersih muka harus pada angka tertentu. Jadi ingat dulu pernah beli merek tertentu eh ternyata wajah kerasa ditarik, gak cocok deh. Ternyata kadar pH-nya gak sesuai ama wajah.

    BTW kemasan produknya cakep bener. Kalau mengandung tree tea oil berarti cocok untuk oily skin ya?

    BalasHapus
  25. Waah Dewpre clenasing foam ini kadar keasamannya paling rendah ya mbak. PH nya 5. Paling mendekati PH kulit wajah ya mbak. ...jd nyaman dipakai.

    BalasHapus