Review & Sinopsis : Two Cops, Kisah Aksi Detektif Polisi dengan Arwah Penipu

review-sinopsis-two-cops

Two Cops
menampilkan bromance yang apik antara detektif polisi dengan arwah seorang penipu ulung. Premis cerita Two Cops sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Tapi penampilan kedua aktor utamanya, Jo Jung Suk dan Kim Seon Ho benar-benar bikin drama ini layak dapat jempol dari ibusegalatau. 

Nyesel banget baru nonton Two Cops sekarang. Drama sepanjang 16 episode ini sebenarnya sudah tayang 2017 lalu di MBC, tapi waktu itu sama sekali nggak saya lirik. 

Baru belakangan, pas ada waktu agak longgar saya sempatkan binge watch drama ini, dan ternyata seru banget!! 

Kalau ada yang pernah nonton drama Good Detective, nah ini premis ceritanya hampir sama. Two Cops disutradarai oleh Oh Hyun Jong yang juga menggarap Find Me in Your Memory dan Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Sementara naskahnya ditulis oleh Byun Sang Soon

Mengisahkan tentang polisi yang bekerja sama dengan penipu. Keduanya berusaha membongkar kasus beku yang ternyata melibatkan sejumlah pejabat polisi. Mau tak mau, demi memecahkan kasus, sang polisi harus “melawan” orang-orang di intitusinya sendiri. 

Tapi Two Cops dikemas lebih santai, lebih banyak aksi seru, adegan konyol dan bertabur scene romantis. Ada romansa cinta segitiga yang gemas segala. Jadi nggak terlalu puyeng nontonnya.

Kita masuk ke sinopsis dulu ya 

Sinopsis 

Cha Dong Tak (Jo Jung Suk) merupakan detektif polisi andalan di Unit Kejahatan Berat, Kantor Polisi Pusat Seoul. 

review-sinopsis-two-cops

Dia detektif andalan dan sangat berdedikasi pada pekerjaan. Pengabdiannya untuk kepolisian terlalu total, sampai-sampai seperti tak punya kehidupan lain. Hari-harinya habis untuk mengejar pejahat. Dia tidur di kantor, makan di kantor, sampai menjemur pakaian pun di kantor. 

Lebih dari Itu, Dong Tak sangat terobsesi mencari pelaku pembunuhan rekannya, Jo Hang Joon (Kim Min Jong)

Hang Joon tewas dibunuh saat sedang melakukan pengintaian bersama Dong Tak. Pembunuhnya menggunakan helm, dan belum diketahui identitasnya. 

Tak ada bukti dan rekaman CCTV di sekitar lokasi kejadian, sehingga kasus itu ditutup tanpa penyelesaian. Dong Tak yang juga sempat menjadi korban penusukan si pembunuh berkeras ingin terus menyelidiki kasus ini, tapi usahanya dihalangi para petinggi kepolisian. 

Selain bukti yang minim, Hang Joon juga dikabarkan sebagai polisi korup. Dan para pejabat kepolisian beralasan, penyelidikan kasus yang lebih dalam malah akan memperburuk citra polisi sendiri. 

Kasus pembunuhan Jo Hang Joon juga menarik minat seorang reporter junior di NBC News, Song Ji An (Lee Hyeri)

review-sinopsis-two-cops

Dia menghubungi Dong Tak, untuk mendapat informasi mengenai kasus pembunuhan tersebut. Tapi Dong Tak merasa kehadiran reporter menggangu kerjanya. 

Berkali-kali dia mengusir gadis itu dari kantor, tapi Ji An yang keras kepala selalu kembali. 

Di sisi lain, setelah melihat kegigihan Dong Tak menyelidiki kasus Hang Joon, pimpinan kepolisian memutuskan untuk mencari kambing hitam untuk kasus ini. 

Terpilihlah Gong Soo Chang (Kim Seon Ho) sebagai kambing hitam, orang yang akan dipersalahkan untuk pembunuhan Jo Hang Joon. 

review-sinopsis-two-cops

Gong Soo Chang adalah target yang sempurna. Dia seorang residivis kasus penipuan. Ia masuk penjara karena ditangkap oleh Jo Hang Joon dan dibebaskan sehari sebelum kematian Hang Joon. 

Ditambah lagi, Soo Chang sempat sesumbar pada orang-orang di penjara bahwa ia akan membalas dendam kepada polisi yang menangkapnya. 

Yang orang tidak tahu, hubungan Hang Joon dan Soo Chang sebenarnya cukup baik. Hang Joon bahkan mengunjungi penipu ini di penjara dan berjanji akan membantunya memulai kehidupan baru setelah keluar dari penjara. 

Kok bisa seorang polisi bersimpati dengan penipu yang dia tangkap? 

Jadi, Soo Chang bisa dibilang penipu budiman yang terpaksa menipu karena keadaan. 

Dia yatim piatu. Ayahnya meninggal dalam kecelakaan beruntun 20 tahun silam. Dan ia tak punya banyak pilihan untuk bertahan hidup selain menipu. 

Walau begitu, Soo Chang punya prinsip tegas dan aturan main saat menipu. Dia pantang menipu orang sakit, orang miskin dan orang baik. Jadi orang-orang yang jadi sasaran penipuannya biasanya memang orang berengsek yang suka menipu orang lain juga, misalnya suami tukang selingkuh. 

Seorang saksi tiba-tiba muncul, mengaku melihat Soo Chang membunuh detektif Jo Hang Joon dan menusuk Cha Dong Tak. 

Dengan bekal kesaksian itu, polisi memburu Soo Chang. Setelah menelusuri keberadaan Soo Chang melalui rekan-rekan penipunya, Cha Dong Tak berhasil menangkap Soo Chang. 

Tapi ada yang aneh. Saat ia sedang menggiring Soo Chang ke kantor polisi, mobil yang mereka kendarai dikepung dan dihadang sekumpulan preman bermotor. 

Tak punya pilihan lain, Dong Tak dan Soo Chang berusaha melawan. 

Saat dikeroyok oleh preman-preman itu, Soo Chang pingsan karena dipukul kepalanya. Untuk membebaskan diri Dong Tak pun membawa Soo Chang menceburkan diri bersama di sungai. 

Saat Soo Chang sadar dari pingsan, ia terkejut bukan kepalang karena dirinya berada dalam tubuh detektif Cha Dong Tak. Sementara tubuh Soo Chang sendiri sedang koma. 

review-sinopsis-two-cops

Mau tak mau, Soo Chang dalam tubuh Dong Tak pun mulai menjalankan peran sebagai detektif. Dia juga penasaran kasus apa yang sebenarnya yang menjerat dirinya jadi tersangka. 

Melalui tubuh Dong Tak, penipu ini berusaha membuktikan bahwa ia tak bersalah.

Emang dasar penipu kelas kakap, nggak susah buat Soo Chang berpura-pura jadi detektif. Walau rekan Dong Tak banyak yang keheranan dengan perubahan Dong Tak yang tetiba ramah dan modis, mereka sama sekali tak curiga. 

review-sinopsis-two-cops

Soo Chang pun dengan mudah akrab dengan reporter Song Ji An. Dia juga berhasil mengajak beberapa preman dan penipu lain untuk membantu penyelidikan. 

Namun saat tubuhnya terkena air, arwah Soo Chang tiba-tiba keluar dari tubuh Dong Tak. Dong Tak pun tersadar. 

Tapi dia kebingungan karena bisa mendengar suara arwah Soo Chang. Tak lama, ia pun bisa melihat penampakan Soo Chang dalam wujud arwah. 

Secara bergantian Soo Chang dan Dong Tak menempati tubuh Dong Tak. Mereka bekerja sama untuk mengungkap kasus yang coba ditutupi oleh para petinggi itu.

Penyelidikan kasus pembunuhan Jo Hang Joon ternyata menggiring mereka menuju kasus beku yang lebih rumit lagi. Pembunuhan Hang Joon ternyata terkait dengan kasus kecelakaan beruntun yang mengakibatkan kematian Ayah Soo Chang dan ternyata melibatkan Dong Tak yang waktu itu masih remaja. 

review-sinopsis-two-cops

Berhasilkah mereka? 

Aksi Polisi dan Penipu yang Diwarnai Cinta Segitiga

Two Cops sebenarnya mengusung kasus yang lumayan rumit. Kita seperti dilempar kesana kesini sebelum akhirnya menemukan petunjuk kuat tentang dalang dibalik kasus tersebut. 

review-sinopsis-two-cops

Dalangnya, tentu saja orang yang cukup berkuasa sampai bisa mengkambing hitamkan orang tak bersalah dan menutupi kasus berpuluh tahun. Saya cukup apresiasi dengan kemampuan penulis membuat konflik berlapis dalam drama ini. Rumit tapi nggak bikin yang nonton sampai lelah. 

Tentu saja selain jalan cerita yang menarik, kekuatan utama drama ini terletak pada kemampuan akting Jo Jung Suk dan Kim Seon Ho yang baguuuuus banget. 

Interaksi kedua tokoh utama ini berkembang mulus dan natural. Bagian konflik percintaannya juga lumayan seru. Dong Tak dan Soo Chang yang bergantian menempati satu tubuh terlibat percintaan dengan gadis yang sama, Song Ji An. 

review-sinopsis-two-cops

review-sinopsis-two-cops

Nuansa rivalitasnya lucu. Rasanya antara kasihan tapi pengin ketawa saat melihat usaha arwah Soo Chang untuk mendapat perhatian Ji An. 

Sayangnya, sebagai second lead nasib percintaan Soo Chang berakhir sedih. Kim Seon Ho tampil sangat bagus lho di bagian ini. Akting patah hatinya bikin penonton simpati. Nggak tega lihat dia sedih gitu. 

Cerita percintaan second couple antara Dokgo Sung Hyeok (Hoya-Infinite) dan Ko Bong Sook (Lim Se Mi) juga menggemaskan. Yang satu polisi, yang amat sangat taat peraturan. Satu lagi asisten penipu yang suka mencopet. 

review-sinopsis-two-cops

Beberapa pertemuan tak sengaja membuat keduanya jadi saling suka, dan akhirnya pacaran. Tapi karena beda profesi dan gaya hidup, gaya pacarannya benar-benar bikin gemas. 

Secara keseluruhan, cast dalam drama ini tampil bagus. Satu-satunya yang bikin ganjalan adalah akting Hyeri yang kelihatan agak berlebihan dan canggung. Kayaknya dia masih belum bisa lepas dari karakter Deok Sun di Reply 1988

Untung aja lawan mainnya itu Jo Jung Suk. Jadi nggak terasa terlalu membosankan. Akting Jo Jung Suk yang brilian bisa sedikit menutupi celah akting Hyeri. 

FYI, Hyeri sebenarnya bukan opsi pertama untuk peran Song Ji An. Peran ini awalnya ditawarkan ke Han Ji Min, tapi ditolak. Akhirnya dipilihlah Hyeri. 

Two Cops rasanya bakal cocok buat penggemar drama kriminal yang lagi malas diajak mikir berat. Karena meski menampilkan alur cerita dan kasus yang agak njlimet, drama ini dikemas ringan. Banyak scene komedi yang lumayan segar dan menampilkan ekspresi lucu Jo Jung Suk dan Kim Seon Ho. 

Recommended lah! 

Semoga jadi tambah tahu ya.

Tidak ada komentar