-->

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Juni 01, 2020

Review Sinopsis Find Me in Your Memory
Saat pertama kali nonton drama Find Me in Your Memory, saya nggak punya ekspektasi luar biasa. Yaaaa namanya juga drama romance, paling ya begitu kan? Ketemu, jatuh cinta, berkonflik, lantas balikan lagi dan happy ever after

Apalagi lead couple di Find Me in Your Memory punya gap usia yang lumayan, 13 tahun. Bisa nggak nih chemistry-nya terbangun? 

Kim Dong Wook, sebagai lead actor, emang sudah lebih senior di dunia akting. Saya sih nggak meragukan kemampuan aktingnya. Ahjussi ini sudah membuktikan kualitas aktingnya dengan mencoba berbagai peran di drama dan film. Sejauh ini tak ada yang mengecewakan. 

Yang bikin saya rada khawatir sebenarnya justru lead actress Find Me in Your Memory, Moon Ga Young. Terakhir, saya melihat aktingnya di Welcome to Waikiki 2. Jujur saja, aktingnya di drama komedi itu nggak terlalu mengesankan. Walau juga nggak bisa dibilang buruk. Yah, standar aja sih. 

Terlepas dari keraguan tentang chemistry dan kualitas akting aktor-aktornya, Find Me in Your Memory mengangkat isu yang, boleh dibilang, masih jarang dibicarakan publik yaitu hyperthymesia.

Apa sih Hyperthymesia? 

Hyperthymesia merupakan suatu kondisi langka yang membuat pengidapnya memiliki daya ingat super. Mereka bisa mengingat hampir semua detail pengalaman hidupnya. Tidak hanya sebatas apa yang ia alami atau lakukan di masa lalu, tapi hingga detail pakaian yang dikenakan, kalimat dalam buku yang dibaca. Semua bisa diingat jelas oleh pengidap hyperthymesia

Sayangnya kemampuan ini tak selalu bisa dianggap anugerah, karena seorang pengidap hyperthymesia juga tidak akan mampu melupakan kejadian buruk yang ia alami. 

Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan hyperthymesia. Namun dicurigai hal ini berkaitan dengan kelainan kerja otak. 

Sinopsis 
Lee Jung Hoon adalah seorang news anchor (pembaca berita) ternama. Ia bahkan memiliki acara tv sendiri bertajuk Live News with Lee Jung Hoon

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Hyperthymesia yang diidapnya sejak berusia 7 tahun, justru sangat membantu Jung Hoon dalam menjalankan tugas. Ia dengan mudah mengingat skrip hanya dengan sekali baca. Sehingga saat teleprompter mengalami gangguan, acara tetap bisa dilanjutkan tanpa cela. 

Tak heran kalau ia dicintai penonton dan jadi kesayangan sekaligus andalan perusahaan. 

Sebagai news anchor, Lee Jung Hoon dikenal kritis dan lugas. Dia nggak sungkan mengkonfrontir narasumbernya yang berbohong, dengan fakta yang didapat. Khas jurnalis banget deh. Tegas dan dingin. 

Namun, Lee Jung Hoon tak hanya dingin saat bekerja sebagai jurnalis. Dalam kehidupan pribadi, Lee Jung Hoon juga dikenal sangat dingin. Jangankan pacar, teman saja bisa dihitung pakai jari.  

Satu-satunya sahabat Jung Hoon adalah Yoo Tae Eun (Yoon Jong Hoon), psikiater yang juga dokter pribadi Jung Hoon. Persahabatan keduanya sudah terjalin sejak keduanya berusia 7 tahun. Ayah Tae Eun adalah psikiater yang dulu menangani dan meneliti kasus Jung Hoon. 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Tapi memiliki daya ingat yang luar biasa tak selalu menyenangkan untuk Jung Hoon. Karena inilah yang membuatnya susah move on dari pengalaman buruk masa lalu. Salah satunya adalah ingatan saat kehilangan cinta pertama dengan cara yang sangat tragis. 

Beberapa tahun lalu, Lee Jung Hoon berpacaran dengan seorang balerina bernama Jung Seo Yeon (Lee Joo Bin). Kisah cinta mereka boleh dibilang sangat indah dan romantis, namun sayangnya tak berlangsung lama. 

Seo Yoon meninggal, setelah sebelumnya diculik dan disekap oleh penggemar rahasianya, Moon Sung Ho (Joo Suk Tae)

Pria yang mencintai Seo Yeon secara diam-diam ini memang sakit jiwa. Ia jatuh cinta pada Seo Yoon, dan menganggap Seo Yoon kekasihnya. Padahal Seo Yoon sendiri sama sekali tak mengenal pria ini. 

Sung Ho merasa dikhianati setelah tahu Seo Yoon berpacaran dengan Jung Hoon. Pria gila itu menculik Seo Yoon dan menyekapnya di sebuah kamar. Ia bahkan sempat menelpon Jung Hoon buat memberi peringatan. 

Jung Hoon yang sadar kekasihnya diculik, bergegas mencari Seo Yoon. Namun terlambat, Seo Yoon dilemparkan dari atap gedung dan jatuh persis didepan mobil Jung Hoon. 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Orang biasa aja pasti bakal sulit melupakan kejadian itu, apalagi Jung Hoon yang punya kemampuan mengingat super. Rasa sakit karena kehilangan orang tercinta, masih sangat membekas. Dan membuatnya enggan membuka hati dengan wanita manapun. 

Hingga akhirnya, ia bertemu Yeo Ha Jin. 

Yeo Ha Jin merupakan aktris yang terkenal dengan berbagai skandal cinta. Sepanjang karir aktingnya, dia kerap kebagian peran antagonis atau peran yang tak seberapa penting. Kendati begitu, lantaran aktif di media sosial, ditambah lagi rumor kisah cintanya dengan beberapa selebritis pria, Ha Jin jadi memiliki banyak fans dan antis (haters). 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Dibalik image sebagai aktris penuh skandal, Yeo Ha Jin sebenarnya pribadi yang menyenangkan. Dia orang yang ceria, selalu berpikir positif pada orang lain, dan sopan. Rumor percintaan yang menimpanya juga lantaran ia berkawan baik dengan semua selebritis pria itu. 

Kebalikan dari Jung Hoon yang punya ingatan super, Yeo Ha Jin justru mudah lupa. Itu sebabnya, ia tak pernah menaruh dendam pada orang-orang yang menjahatinya karena ia mudah lupa. 

Sikap Ha Jin yang sangat polos inilah yang bikin manajer sekaligus adik kandungnya, Yeo Ha Kyung (Kim Seul Gi) selalu khawatir. Dia khawatir sikap polos kakaknya disalah artikan dan dimanfaatkan oleh orang jahat. Makanya, Ha Kyung selalu mendampingi Ha Jin kemanapun dia pergi. 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Karir Yeo Ha Jin mulai melesat saat ia mendapat peran utama dalam film First Love. Karena kesuksesan film itu, Yeo Ha Jin pun diundang sebagai bintang tamu di Live News with Lee Jung Hoon

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Pertemuan pertama keduanya meninggalkan kesan buruk buat Jung Hoon. Jung Hoon gerah dengan sikap Ha Jin yang sok akrab. Apalagi, dalam siaran langsung itu, Ha Jin mengucapkan kalimat yang mengingatkan Jung Hoon pada mantan kekasihnya. 

Jung Hoon jadi makin jaga jarak dengan Ha Jin. 

Tapi beda dengan Jung Hoon, Ha Jin malah mulai menyukai news anchor tersebut. 

Selepas siaran langsung, skandal baru merebak. Yeo Ha Jin dirumorkan berpacaran dengan Lee Jung Hoon. Sejumlah media gosip bahkan mendapat foto-foto keduanya yang bertemu didepan gedung kantor Jung Hoon selepas siaran langsung. 

Tak disangka skandal percintaan kali ini, membuat image Ha jin jadi bagus. Film pertamanya pun makin sukses. Ha Jin makin populer dan memiliki lebih banyak fans. 

Melihat reaksi positif masyarakat itu, agensi Ha Jin pun menyarankan keduanya buat berpura-pura menjalin cinta. Akhirnya dibuatlah kesepakatan pacaran pura-pura antara Hajin dan Jung Hoon. 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Nah kelanjutannya bisa nebak sendiri kan? Dari pacaran pura-pura, perasaan Ha Jin dan Jung Hoon berkembang jadi saling peduli dan saling simpati. 

Apalagi di pertengahan episode terungkap bahwa Ha jin menyimpan trauma masa lalu. Rasa bersalah setelah kehilangan sahabat baiknya. Karena terus menyalahkan diri sendiri, Ha Jin sempat depresi dan nyaris bunuh diri. Usaha bunuh dirinya gagal, tapi Ha Jin kehilangan ingatan tentang sahabatnya itu. 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Siapa sangka sahabat Yeo Ha Jin itu ternyata Seo Yoon, yang juga mantan kekasih Jung Hoon. 

Chemistry luar biasa  
Rasanya keraguan saya di awal soal chemistry kedua pemain utama sia-sia. 

Duet Kim Dong Wook dan Moon Ga Young ternyata luar biasa. Nggak terasa canggung meski perbedaan usia mereka terpaut jauh. 

Kim Dong Wook seperti biasa menyajikan akting yang sangat bagus dan mengesankan. Dan bagusnya, hal ini juga menular pada penampilan Moon Ga Young. Nggak seperti penampilannya di Welcome to Waikiki yang flat. Akting aktris kelahiran Jerman di Find Me in Your Memory ini, terasa sangat pas. Nggak over, nggak flat juga. Pas aja. 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Moon Ga Young bisa menampilkan karakter Yeo Ha Jin yang gemesin dengan cara bicara yang manja tapi lucu. Kita yang nonton saja gemas lihat dia, apalagi anchor-nim. Ya nggak? 

Sungguh, penampilan keduanya kelihatan sangat meyakinkan sebagai pasangan yang tengah di mabuk cinta. Bagus banget chemistry keduanya. Dan menurut saya salah satu kekuatan drama ini adalah percikan-percikan cinta dan momentum penuh ke-uwu-an antara Jung Hoon dan Ha Jin. So sweet

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Saya suka dengan pengembangan karakter Jung Hoon yang tadinya kaku dan dingin alias tsundere banget, pelan-pelan berubah jadi bucin ke Ha Jin. Karakternya berkembang dengan sangat mulus dan alami. 

Yah, selayaknya cinta di kehidupan nyata lah. Tumbuh perlahan, bersemi dan akhirnya berbunga indah. Duuhh suka banget lihatnya. 

Konflik yang terjadi dalam Find Me in Your Memory pun sebenarnya cukup rumit. Melibatkan pengagum rahasia yang nekad, teror oleh pembunuh Seo Yoon sampai reporter gosip yang balas dendam pada pasangan Jung Hoon dan Hajin. Jadi cerita Find Me in Your Memory bisa dibilang lumayan berwarna. 

Satu lagi yang nggak bisa diabaikan dari drama ini adalah penampilan Kim Seul Gi sebagai second lead female

Seperti biasa kehadiran Kim Seul Gi dalam drama selalu sukses menghidupkan suasana. Suaranya yang cempreng, nggak bikin karakternya kelihatan sama di tiap drama yang dia bintangi. Kim Seul Gi emang keren. 

Untungnya Find Me in Your Memory juga memberi porsi yang cukup besar untuk second couple, jadi saya bisa lebih lama nonton Kim Seul Gi. 

Kali ini Kim Seul Gi yang berperan sebagai Yeo Ha Kyung terlibat cinta dengan reporter rekan kerja Jung Hoon, Jo Il Kwon (Lee Jin Hyuk)

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Beda dengan percintaan Jung Hoon dan Ha Jin yang serba romantis, kalem penuh dengan adegan saling menatap, kisah cinta Ha Kyung dan Il Kwon adalah kisah cinta yang ceria. Menghabiskan waktu bersama sambil ketawa cekakakan. Tapi tetep uwu. Duuh gemes banget 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Seperti yang saya bilang sebelumnya, Find Me in Your Memory sebenarnya memiliki pola yang tak jauh beda dari drama romance kebanyakan. Buat yang lagi cari drama romantis yang ringan dan bikin hati berbunga-bunga, drama ini layak jadi pilihan. Yang jelas, drama ini cukup memberi kita pelajaran tentang bagaimana cara move on dari masa lalu. 

Aku masih ingat terlalu banyak kenangan 
Aku yakin kenangan ini tidak akan hilang seumur hidupku 
Semuanya akan tetap ada dalam diriku 
Kini aku tahu cara menyimpan kenangan itu dihatiku & bergerak maju 
Aku tahu kenangan itu bisa jadi kenangan indah, bukan luka 
Aku hanya perlu menjalani momen ini dengan indah.
 - Lee Jung Hoon - 

Review & Sinopsis : Find Me in Your Memory

Semoga jadi tambah tahu ya....

You Might Also Like

24 comments

  1. Waaahhh ini kayaknya perlu ditonton niih
    Daku masih mantengin Hospital Playlist
    Abis gini mau nonton Find Me in Your Memory ahhh
    Mau lihat ke-uwuuu-an pasangan ini :)

    BalasHapus
  2. Kadang dari drama Korea gini malah jd tahu beberapa penyakit atau kelainan langka ya. Iya sih sangat menyenangkan bisa mengingat banyak hal detail, cuma kalau ada ingatan buruk itu yang bakal bikin nightmare hehe.
    Ini khas drama/ pilem Korea yaaa, pacaran pura2 berlanjut suka beneran hehe :D
    TFS reviewnya

    BalasHapus
  3. Aku pernah kagum sama orang yang ingatannya detil. Sekaligus sebel kalau dia inget kesalahanku dan diungkit. Nah yang ga kebayang sebelumnya olehku soal pengalaman rasa sakit yang susah hilang juga. Huhuhu kalau udah gini aku bersyukur ga harus inget semuanya secara detil

    BalasHapus
  4. Waah blom nonton udah berasa kyk nonton nih baca reviewnya mba wiwied
    As usual lengkap dan bikin imajinasiku ikut berkelana

    BalasHapus
  5. Wah drama ini berseliweran di TL ku, ternyata ceritanya menarik juga ya jadi pengen coba nonton episode satu dulu ah..

    BalasHapus
  6. Ceritanya bagus, mana aktornya cakep-cantik lagi.

    Aku blm lama liat drakor...gara2 yang heboh dokter yang suaminya selingkuh itu...

    Pada dasarnya suka sih, cuma malesnya karena ga sekali nonton selesai. Banyak episode itu loh..! Pengen yang 2 jam kelar...tahu ending ceritanya. Ada nggak to?

    BalasHapus
  7. Mba wid sukses buat aku penasaran ish..aku suka drama yang romantis gini.. apalagi latar kehidupan orang dewasa yang sudah mengenal arti cinta yang sesunguhnya hehe.. jadi romance perasaan orang dewasanya disini bermain yaa.. pesan filmnya juga menarik.. iyess harus bisa move on dari masa lalu yak.. walaupun kadang sulit hehe

    BalasHapus
  8. Wah, dramanya penuh intrik ya. Mulai dari pengadum rahasia, percintaan hingga pembunuhan. Ada juga cerita pemeran menjadi busin saking cintanya yang besar. Bisa mewek ini kayaknya kalau nonton sendirian, kalau rame2 malu kali ya hihihi :D

    BalasHapus
  9. belom nonton sih, tapi jadi kepingin gara2 baca ulasannya mbak. jadi hyperthymesia kebalikan dari amnesia ya? baru tahu ada penyakit kaya gitu

    BalasHapus
  10. Enak banget baca resensi drakornya mbak, kayak aku lagi berhadapan sama mbak Wiwid yang lagi cerita. Mengalir banget. biasanya aku skip skip haha tapi baca resensi drakor di sini betah juga. Thanks mbak, jadi tambah tau alhamdAlhamdu

    BalasHapus
  11. Mmebaca judulnya Find me In your memory, aroma drama romantisnya sudah terlihat banget ya Mbak. Poin plus drakor ini, selain scene yang roamntis, setidaknya tambah pengetahuan baru tentang Hyperthymesia (baru tahu kondisi ini, sptnya ini kebalikannya amnesia kali ya?)

    BalasHapus
  12. Wah, menarik nih... Jadi pengen nonton deh... Butuh tontonan yang menghibur di masa kaya gini...

    BalasHapus
  13. Wah jadi terlalu banyak dan mudah mengingat detil bisa jadi masalah juga ya mba.. apalagi kalau tidak terkontrol ya.. hmmm
    .asyik nambah lagi koleksi bacaan review kpopnya. Nontonya kapan2 ah..

    BalasHapus
  14. Aku ini buta drama Korea. Ngerti dikit-dikit. Nama bintangnya aja nggak ngerti. Taunya cuma Lee Min Ho. Ini ceweknya yang main di serial drakor The King bukan sih mbak? yang jadi pasangannya Lee Min Hoo? Miriip yaa....

    BalasHapus
  15. Cinta soko kulino hahaha dari biasa jadi terkiwir-kiwir ya mak
    Belum nonton ini. Tapi ku suka jalan cerita hepi ending

    BalasHapus
  16. Kayanya kalau jadi artis mesti punya penyakit kaya Ha Jin gini yaa..
    Jadi gak baperan yang berefek buruk bagi psikologis.
    Aku belum nonton drama ini. Asiikk niih...

    BalasHapus
  17. aaah more Korean drama for all their lovers. I haven't really embarked on a journey as a K-drama lover mba but I do enjoy reading the review

    BalasHapus
  18. Baru tau nih ada hyperthymesia ini, kebalikan dari amnesia gitu ya. Apa-apa teringat semua, memorinya apa enggak full kayak hardisk yang belum upgrade yak. Jadi penderitaan tersendiri ya karena orang yang mengalami hal ini jadi tak pernah lupa pada apapun yang terjadi.

    So sweet ya jalinan cinta Jung Hoon dan Ha Jin, akhirnya bisa saling mencintai dengan kekurangan yang ada pada mereka masing-masing.

    BalasHapus
  19. dulu tukang nonton drakor sekarang udah jarang banget, lihat sinopsisnya jadi kepo wahaha pengen meengenang masa lalu me time with drakor ^_^

    BalasHapus
  20. Daku nonton drama ini karena Kim Dong Wook-nya :)
    Selalu suka aktingnya Dong Wook di film/drama apapun.
    Aku suka drama ini, karena hampir semua pemain dapat porsi seperti Kim Seul Gi dan Lee Jin Hyuk. Ibarat sayur yang enggak enak tanpa garam, drama ini pun juga, kurang greget tanpa ceritanya Seul Gi dan Jin Hyuk.

    BalasHapus
  21. Aaaak... aku juga suka drama ini dan baru aja aku tulis di blog kesanku saat nonton drama ini. Suka gemes sama kedua pasangan ini, uwu banget. Sebagai penggemar drakor romance, find me in your memory memberi kesan yang bagus dan melekat di hati penonton. Eh awalnya aku juga ragu loh mbak mau nonton, hehehe

    BalasHapus
  22. drakornya emang kece ya belajar juga mengenai melupakan kenangan atau menyimpan kenangan. baca ini jadi ingat aktingnya. nonton sih buat menghibur diri hehe

    BalasHapus
  23. Wahhh jadi tertarik buat nonton..

    BalasHapus
  24. Duh ini judulnya indah banget...romantis banget. Bikin aku kepikiran bikin judulnya buat novelku hehehe

    BalasHapus