Nostalgia Permainan Anak Tahun 90-an, Mana yang Paling Bikin Kangen?

permainan-anak-tahun-90an

Ada alasan kenapa anak 90an, seperti saya, susah move on dari masa kecilnya. Masa kecil kami begitu indah, diisi dengan aneka ragam permainan. 

Masa 90-an bisa dibilang sebagai masa peralihan. Dari yang serba manual, menuju ke era digital. Tak terkecuali pada pilihan permainannya. 

Anak-anak di masa itu masih sangat fasih dan familiar dengan permainan tradisional seperti benteng, gobak sodor, lompat karet dan sebagainya. Berbagai macam board game juga sangat popular di masa 90-an. Siapa yang tidak pernah main monopoli, atau ular tangga? 

Board game di era itu hadir dalam banyak versi. Ada yang versi mahal dengan board tebal atau magnetik, dan ada pula board game versi murah yang bisa didapatkan di penjual mainan keliling. 

Di tahun-tahun yang sama pula, anak 90-an, mulai mengenal permainan konsol. 

Saat SD, saya masih ingat betapa populernya Nintendo di masa itu. Ibu memang tidak mengizinkan kami memiliki Nintendo, tapi para sepupu dan teman dekat saya waktu itu, memiliki permainan konsol ini. 

So, walaupun nggak jago-jago amat, saya cukup familiar dengan games Nintendo. Beberapa permainan Nintendo yang sangat saya suka antara lain Super Mario, Galaga, Ice Climber dan Duck Hunt

Waktu berjalan, zaman berganti dan saya pun bertumbuh jadi perempuan dewasa, jadi ibu yang tak leluasa lagi bermain seperti dulu. 

Beberapa permainan masa kecil yang saya mainkan setiap hari pun perlahan memudar dan terlupakan orang. Kini, jarang sekali saya lihat anak-anak yang bermain gobak sodor di lapangan. Tidak ada lagi anak-anak yang bermain lompat karet seperti dulu. 

Permainan-permainan anak 90-an sudah hilang, tapi tidak dengan kenangannya. 

Saya kadang kangen bermain seperti dulu. Saya yakin ini pula yang dirasakan oleh kalian, wahai pembaca yang menghabiskan masa kecilnya di tahun 90an. 

Jadi, permainan anak tahun 90-an apa saja sih yang paling bikin kangen? 

1. Lompat karet 

permainan-lompat-karet

Anak perempuan se-zaman dengan saya pasti pernah, setidaknya sekali, memainkan permainan ini, lompat karet. Untuk memainkannya kita hanya butuh rangkaian karet gelang yang panjang, dan tempat lapang. 

Lompat karet biasa dimainkan sedikitnya 4 orang. Sebenarnya bisa sih dengan 3 orang, dua orang bertugas memegang dan merentangkan karet dan satu lagi melompati karet. Tapi kalau hanya bertiga gitu kurang seru. 

Dulu saya lumayan jago nih main lompat karet. Mungkin karena badan saya kurus kecil dan ringan jadi mudah melompat melewati bentangan karet. 

Jujur, kalau ada kesempatan lagi untuk main lompat karet sekarang, saya bakal dengan senang hati memainkannya kembali. 

2. Gobak Sodor/Galasin 

gobak-sodor

Salah satu permainan favorit saya di masa kecil. Di kota tempat saya tumbuh, permainan ini lebih popular disebut calak cadang.Saya malah baru tahu belakangan kalau permainan ini punya nama lain yaitu gobak sodor atau galasin. 

Permainannya simpel, dilakukan oleh dua tim yaitu penyerang dan penjaga. 

Tim penjaga harus mempertahankan wilayahnya yang berbentuk petak-petak segi empat. Sementara tim penyerang harus berusaha menerobos pertahanan lawan dan kembali ke titik semula tanpa tersentuh tim penjaga. 

Permainan ini seru karena selain butuh keterampilan dan kelincahan individual juga menuntut kerjasama tim yang solid dan strategi matang. Makanya sebelum permainan dimulai, tiap tim pasti harus berdiskusi dulu untuk membuat strategi mengalahkan lawan. Asyik banget. 

3. Petak Umpet 

petak-umpet

Permainan sejuta umat. Permainan ini dimainkan oleh nyaris semua anak di dunia, meski mungkin ada sedikit perbedaan pada aturan main. 

Saya pun dulu sering bermain petak umpet, atau di daerah saya lebih sering disebut, sembunyi-sembunyian. 

Cara bermainnya sederhana, satu anak bertugas mencari teman-temannya yang bersembunyi. Wilayah permainan biasanya dibatasi supaya lebih mudah dicari. Anak-anak yang berhasil ditemukan, lantas jadi “tawanan”. 

Permainan ini paling seru kalau dimainkan beramai-ramai, setidaknya 5 sampai 10 orang. 

4. Engklek 

permainan-engklek

Dulu saya menyebutnya cak ingkling. Permainan ini menggunakan kotak-kotak yang digurat di tanah. Masing-masing pemain harus berjalan di kotak-kotak tersebut menggunakan satu kaki. 

Saya nggak tahu bagaimana peraturan permainan engklek di daerah lain, tapi kalau di tempat saya, engklek dimainkan dalam beberapa tahap. 

Yang pertama harus melewati semua kotak dengan satu kaki. Lalu yang kedua, pemain harus meletakan gaco (pecahan genting atau batu pipih) di satu tangan sambil digoyangkan dan berjalan satu kaki di tiap kotak. 

Bagian ketiga, kita harus melewati kotak tanpa melihat ke area permainan. Mata harus ditutup atau melihat ke atas. Pemain yang menginjak garis atau gaco lawan berarti kalah. 

5. Ular Tangga 

Selain monopoli, ular tangga adalah board game kecintaan saya. Ular tangga sebenarnya pemainan yang simpel sih. Kita hanya perlu melempar dadu, lalu menjalankan pion sesuai dengan jumlah dadu yang keluar. 

Kalau ada tangga kita bisa naik, sementara kalau bertemu kepala ular, pion harus turun sampai ke ekor ular. Pemain yang paling cepat mencapai kotak finish adalah pemenang. 

Permainan ini sampai sekarang masih popular dan masih sering saya mainkan bersama anak. Bedanya, kalau dulu saya benar-benar memainkan menggunakan board game, sekarang bisa dilakukan secara online di Plays.org. Cara mainnya persis sama, malah lebih mudah karena kita cukup mengklik untuk melempar dadu. 

6. Games Nintendo Klasik 

Ketika saya SD, Nintendo sangat popular terutama di kalangan anak laki-laki. Banyak teman saya memiliki game konsol ini. 

Pun begitu, kami lebih suka memainkannya beramai-ramai. Janjian kumpul di rumah siapa gitu, lalu main Nintendo bersama secara bergantian. Seru banget. 

Entah kenapa, saya tuh jarang menang kalau main Nintendo. Apalagi kalau permainan fighting, semacam street fighter atau Yi-Ar Kungfu, haduh nyerah dah. 

Walau sering kalah, ada beberapa permainan Nintendo klasik yang saya suka banget, dan masih sering dikangenin sampai sekarang. Kalian anak 90-an juga mungkin ingat dengan game klasik seperti; 

a. Super Mario Bros 

super-mario-game-nintendo

Sungguh game klasik terasyik yang pernah saya mainkan. Game ini popular sekali pada masanya. Karakter utamanya adalah seorang tukang pipa bertubuh pendek gemuk memakai kaos dan topi merah, serta berkumis tebal. 

Mario punya misi menyelamatkan Princess Peach yang diculik oleh monster kura-kura aneh bernama, Bowser atau King Koopa. Sebelum sampai ke King Koopa, Mario harus melawan para tentara Koopa yang tersebar di penjuru Kerajaan Jamur. 

Setelah sempat vacuum puluhan tahun dari game ini, sekitar sebulan lalu saya menemukan Super Mario versi jadul di Plays.org. 

game-super-mario-playsorg

Asli! Mirip banget dengan game Mario klasik yang saya mainkan dulu, lengkap dengan musiknya yang khas. Ahhh, rasanya jadi nostalgia lagi. 

b. Galaga - Invace Spaders 

Ini permainan klasik yang kemarin saya temukan di Plays.org juga. Tapi di Plays.org, namanya bisa dicari dengan mengetik Invace Spaders

Tampilannya hampir sama dengan Galaga karena memang terinspirasi oleh game jadul itu. Cara main Invace Spaders alias galaga ini sederhana kok. Kita hanya perlu menghancurkan pasukan pesawat dari galaksi lain. 

invace-spaders-playsorg

Tingkat kesulitannya ada di skala 4/10 deh, lumayan gampang tapi tetap seru. Itu alasannya saya suka memainkan game ini saat SD dulu, karena mudah. Hahaha

c. Pac-Man 

Dibandingkan game zaman sekarang, Pac-Man amat sangat kelihatan sederhana. Sebagai pemain kita hanya perlu menjalankan si Pac-Man, bola bulat supaya bisa memakan dot kecil, di area game. 

Cuma begitu? Eits nanti dulu... misi itu harus dilakukan sambal menghindari pasukan berupa hantu sprei warna-warnai yang berkeliling di area game. Kalau ketemu hantu, Pac-Man pun mati. 

Ah, ngapain saya cerita ya, kalian pasti sudah pada tahu cara main Pac-Man. 

game-pac-rat-playsorg

Tapi tahu nggak sih, di Plays.org, saya lagi-lagi menemukan game serupa. Tapi namanya Pac-Rat. Tokoh utamanya bukan bola bulat, melainkan tikus. Dan musuh yang haris dia hindari saat memakan keju adalah para kucing. 

Wah, saya hampir lupa waktu saat memainkan Pac-Rat ini, berasa jadi anak kecil lagi. 

d. BomberMan 

Jenis permainan strategi yang bisa dimainkan oleh satu atau dua pemain. Tugas bomberman adalah menempatkan bom untuk menghancurkan rintangan atau pemain lawan. 

game-bomberman-klasik-nintendo

Saya dulu, lebih sering memainkan single player sih karena jarang ada sepupu yang mau ikutan main. Tahu nggak sih, lagi-lagi saya menemukan game serupa bomberman ini di Plays.org lho. Namanya super ballon bomb

super-ballon-bomb-playsorg

e. Othello 

Othello sebenarnya board game, tapi saya dan teman-teman dulu lebih sering memainkannya di Nintendo. 

Pemainan ini juga merupakan permainan strategi, dua pemain dibekali disks (semacam koin dua sisi) berwarna hitam dan putih. Kita harus menempatkan disks di papan berisi kotak 16 kotak dan berusaha membalik disks milik lawan.

game-othello-playsorg

Jujur saja, saya lebih jago memaikan game strategi seperti ini daripada games fighting. Berasa adrenalin banget kalau memainkan game yang pakai mikir gini. 

Dan setelah sekian lama nggak memainkan Othello, saya akhirnya menemukan keasyikan lagi dengan bermain Othello di Plays.org. 

Nostalgia game klasik di Plays.org 

By the way, dari tadi nyebut Plays.org melulu. Sebenarnya apa sih Plays.org ini? 

Well, sepertinya saya harus bilang bahwa Plays.org adalah surga bagi anak 90-an yang kangen dengan berbagai permainan konsol jadul. 

website-game-online-playsorg

Plays.org merupakan website yang menyediakan ratusan games menarik. Mulai dari game jadul 90-an, games tahun 2000-an sampai games kekinian bisa kita temukan di situs ini. 

Nggak perlu download, nggak perlu langganan, nggak perlu registrasi yang ribet, nggak ada iklan dan bisa dimainkan di berbagai device. Bisa dimainkan lewat smartphone, tablet, PC atau laptop. Asyik banget kan?

Varian games yang tersedia banyak banget, ada dari berbagai genre dan bisa untuk berbagai umur. Ada banyak games edukasi untuk anak-anak preschool, dan anak-anak usia SD. Serta ada banyak games klasik yang bakal bikin anak 90-an seperti saya puas bernostalgia. 

Gegara ketemu aneka games klasik di Plays.org, saya dan Narend bahkan sekarang punya waktu khusus yang sama untuk bermain game. 

Sekadar informasi, di keluarga kami memang ada kesepakatan bahwa Narend hanya boleh bermain game di waktu tertentu. Biasanya siang hari, antara pukul 14.00-17.00. Normalnya, saat Narend asyik menikmati waktu nge-game, saya melakukan aktivitas lain seperti nonton drama korea. 

Tapi belakangan, alih-alih nonton drama, saya malah asyik main game juga di Plays.org. 

Hayuk siapa yang yang pengin nostalgia dengan game klasik, berkunjung saja ke Plays.org. Usia kita mungkin sedikit agak ketuaan untuk melakukan permainan tradisional seperti gobak sodor atau lompat karet, tapi kita bisa bernostalgia dengan game masa kecil di Plays.org.

Selamat bernostalgia dan semoga jadi tambah tahu ya

15 komentar

  1. aku termasuk usia sekolah SD dan SMP di tahun 90an, dan suka banget main lompat karet dan benteng. kalo main games tentu mario bros yang juga bikin ngangenin

    BalasHapus
  2. Aku sukaaakkk semua games thn '90-an ini mba
    simpel ga terlalu ribet, dan bisa meningkatkan bonding dg tetangga hahahah
    dan, main di Plays.org bener2 mengusung kebahagiaan masa lalu, trus bisa main lagiii games klasikk, ahhh senengnyaaaa

    BalasHapus
  3. hampir tak pernah melihat anak sd main lompat tali lagi ataupun galasin. kemajuan zaman dan teknologi merubah semuanya.

    BalasHapus
  4. Wah mba. Permainan permainannya jadi ngingetin ke masa kecil aku. Makanya klau anak anakku agak gede aku pengen nyediain mereka permainan tradisional juga rencananya.

    Oh ya ngomong ngomong anak aku juga pernah main di plays.org ini. Permainannya ada bnyak ya. Bahkan ada kategoringa juga. Jadi anak bisa pilih mainan yang dia sukai

    BalasHapus
  5. Paling kangen sama game Mario yang nyawanya unlimited. Jaman dulu pernah dapat yang begitu, jadi seru banget bisa main terus ngga berhenti-berhenti. Ngomongin Mario Bros, tampilan Mario versi Play org bagus ya, aku suka lihat palet warnanya segar

    BalasHapus
  6. Ya ampun berasa diajak ke masa kecilku akutuuu. Beneran asyik mainan baik yang tradisional maupun game jadoel itu. Senangnya kini sudah bisa dimainkan di plays org ya. Kubahagiaaa

    BalasHapus
  7. waaan main karet, satu2nya permainan yang saya ga bisa. Kalau pas kerja tim saya bagian pegangin karet.. hahaha... lompatan saya selalu kena karetnya.. xkixixixi

    BalasHapus
  8. Sampai sekarang suka main petak umpet dan engklek dengan anakku. Kalau Mario Bros dulu sempat buat versi manualnya pakai kardus bekas.

    btw, aku main Plays juga lho. Banyak game online yang cocok buat anak TK. Gratis!

    BalasHapus
  9. wah iya, banyak ya permainan 90 adn dulu
    jadi kangen juga,
    oke klo mw nostalgia game 90 an langsung cus ke plays aja deh

    BalasHapus
  10. Dulu jaman kecil, hampir tiap sore main lompat karet sama Engklek. Seneng banget rasanya. Selain itu, game Nintendo juga hadir mewarnai saya waktu SD.

    Abis itu, lupa semuanya, makin besar disibukan dengan hal-hal lainnya, ditambah lagi jaman makin berkembang. Kangen rasanya nostalgia gitu.

    Untungnya di plays.org ini bisa membuat kita kembali ke masa lalu, karena ada game klasiknya.

    BalasHapus
  11. Anak zaman sekarang jarang mainin itu,apalagi pandemi hadeh makin susah deh mainin permainan outdoor. Kalau game sih masih bisa yaa, tapi tetep kudu kita dampingi.
    Ah Mario Bross ini zaman SD dulu sering mainin juga, kalau punya nintendo pada masanya dah ngrasa keren deh wkwk
    Skrng cukup nostalgia via web Plays aja yaaa

    BalasHapus
  12. Ya ampuun, ini jadi ngingetin mainan aku juga jaman dulu. Perubahan mainan mulai tahun 2000 kesini ya, Wid. Tapi anakku masih ngalamin permainan kayak gobak sodor itu. Kalo yang game ya semua itu dia mainkan karena kelahiran pertengahan tahun 90an, hihiii

    BalasHapus
  13. Aku sekarang masih sering main engklek dan petak umpet sama anak-anak mbak. Walau masih dalam lingkungan rumah, nggak kayak jaman kecil dulu, sembunyinya lintas kebun tetangga.

    Kalau permainan pakai gadget juga suka ke plays.org, karena nggak perlu install

    BalasHapus
  14. ini nggak ada permainan benteng? hehe.. aduh pac man itu keren yaa, jadi inget masa muda dulu. ketakutan kalau dimakan wkwkw.. memang game online jadi pilihan bukan aja karena pandemi, tapi juga udah jarang ada lahan terbuka di jakarta dan kota besar lainnya.

    BalasHapus
  15. Nostalgia banget..
    Permainan anak 90an ini terkenal masih 2 dimensi, tapi menyenangkan. Tanpa efek khusus pun, para anak 90an bahagia banget bisa memainkan games sederhana.

    BalasHapus