Rekomendasi 9 Webtoon Penghibur Hati selama PPKM

rekomendasi-9-webtoon

PPKM diperpanjang! Kabar duka pun tak henti-hentinya datang, seperti mau meyakinkan kita bahwa Indonesia memang sedang berada di situasi genting. 

Sedih? Wajar kok. Nggak ada diantara kita yang suka dengan keadaan ini. Tapi jangan berlarut-larut ya sedihnya. Percayalah badai pasti berlalu. 

Nah, supaya nggak terus terlarut dalam stress karena kebanyakan baca berita buruk, gimana kalau kita baca webtoon saja? 

Ada banyak platform penyedia komik online. Kalau yang saya tahu sih ada LINE Webtoon by naver, Ciayo Comics, Kakaopage dan Tapas. Selain deretan platform tersebut, sebenarnya masih ada banyak lagi tapi belum pernah saya ulik. 

Di postingan kali ini kita bahas dulu webtoon dari platform yang paling popular di Indonesia yaitu LINE Webtoon. Platform yang satu ini sudah menyediakan komik dalam terjemahan bahasa Indonesia. Jadi lebih nyaman dan lebih mudah dipahami. Beberapa terjemahan bahkan dibuat sangat Indonesia dengan istilah-istilah gaul lho. Kapan-kapan kita bahas ya. 

Sekarang kita bahas dulu beberapa webtoon romantis yang menggemaskan. Kalau lagi suntuk saya emang paling suka baca genre komik yang seperti ini. 

Eh, sebelum lanjut ke daftar rekomendasi 9 webtoon versi ibusegala tau, pastikan jaringan sinyal kalian lancer ya. Soalnya kalau jaringannya ngadat, gambar webtoon nggak mau muncul. 

Sebagai pengguna smartfren, saya sih nggak pernah merasakan kendala tuh tiap kali mau baca webtoon karena sinyalnya lancar dan kuat banget. Scroll dikit aja gambar sudah langsung muncul sempurna. 

Apalagi sekarang kan smartfren #RejekiWOW sudah mulai season 2. Hadiahnya WOW, menggiurkan banget lho. Nggak kalah mantap dengan loaylity program #RejekiWOW season 1. Ada pulsa, emas, smartphone, tablet, laptop, TV, motor. Kita juga berkesempatan mendapatkan Grand Prize berupa emas 50 gram, tabungan ratusan juta dan mobil. 

Pokoknya ntar jangan lupa unduh dan install aplikasi MySF. Langsung login dengan nomor smartfren kalian. 

Kalau yang pakai modem wifi smartfren juga bisa kok login di aplikasi MySF di handphone. Caranya cukup sambungkan koneksi wifi smartfren kita ke smartphone yang memiliki aplikasi MySF, lalu login menggunakan nomor wifi. 

Setelah itu lakukan transaksi. Bisa dengan mengisi pulsa, membeli paket atau bayar tagihan pasca bayar. Saya sendiri memiliki 3 nomor smartfren yang diikutkan program #RejekiWOW. Jadi bisa panen banyak hadiah langsung dan kesempatan menang Grand Prize juga lebih besar. 

rekomendasi-9-webtoon

Oke, sekarang lanjut ke daftar webtoon ya. 

1. You’re My No 1 

rekomendasi-9-webtoon

Kisah percintaan 2 aktor TOP. Seo Geonwoo adalah aktor terkenal di Korea. Dia dikenal dengan sikapnya yang dingin tapi sangat professional. Hal ini membuat ia disegani oleh oleh orang-orang. Sampai suatu ketika, Seo Geonwoo jatuh cinta dengan aktris pendatang baru yang juga rekan satu agensi-nya, Min Seo-yoon. 

Namun Min Seo Yoon menyimpan masa lalu pahit. Ia pun bersikap acuh saat Geonwoo mendekatinya. Bikin Geunwoo makin penasaran. Webtoon karya Seo Hye Eun dan digambar oleh Park Rae Mo terhitung pendek, hanya 50 episode. 

Ceritanya ringkas, tanpa konflik yang rumit. Tapi tetap mengesankan. Suka banget dengan gaya bucinnya Seo Geonwoo. Dialog terjemahannya juga bagus. 

2. Must be Happy Ending 

rekomendasi-9-webtoon

Webtoon adaptasi novel korea karya Flada ini baru terbit 7 episode di LINE Webtoon Indonesia. Gambarnya bagus, hidup banget dan ceritanya menarik. 

Berkisah tentang Lee Yeon Woo yang memutuskan bercerai dengan suaminya, Kang Seon Jae. Kehidupan pernikahan mereka selama 2 tahun bagai penjara untuk Yeon Woo. 

Seon Jae yang merupakan putera keluarga konglomerat selalu bersikap dingin dan acuh kepadanya. Walau pernikahan mereka juga bukan pernikahan yang didasari cinta pada awalnya, namun sikap dingin Seon Jae kian memperburuk keadaan. Yeon Woo merasa tak dibutuhkan di keluarga itu. 

Namun di hari putusan cerai mereka, Seon Jae meninggal karena kecelakaan. Yeon Woo yang sangat sedih dan merasa bersalah, tiba-tiba kembali ke masa lalu. Masa ketika suaminya masih hidup dan mereka belum bercerai. 

Yeon Woo bertekad kali ini ia tak akan membiarkan Seon Jae mati. Mereka pun menjalani kehidupan untuk kedua kalinya. 

3. Me & My Professor 

rekomendasi-9-webtoon

Kisah percintaan menggemaskan antara Yali, seorang mahasiswi S2 dan asisten dosen jurusan sejarah dengan professor di kampusnya yang ganteng tapi sangat galak, Beiye Zongmin. 

Karena kesalahan pahaman pemilik gedung, Yali dan Professor Beiye terpaksa hidup serumah. Yali yang nggak punya tempat tujuan dan kekurangan uang, menyewa kamar sewa murah di apartemen Beiye. 

Sikap Professor Beiye yang galak dan sangat penuntut bikin Yali kesal setengah mati. Tapi sebuah insiden terjadi. Yali dan Beiye yang sama-sama mabuk menghabiskan malam bersama. Hubungan mereka pun berkembang. Cerita ini gemas banget. Banyak adegan lucu juga. 

4. Kiss My Sixth Sense 

rekomendasi-9-webtoon

Pernah terbayang nggak punya kekuatan melihat masa depan saat mencium seseorang? Nah, kekuatan itulah yang dimiliki Yesul. Suatu ketika, tanpa sengaja ia mencium leher atasannya, Direktur Minhu. 

Tiba-tiba muncul gambaran masa depan yang mengejutkan. Yesul melihat dirinya dan Direktur Minhu bermesraan. Apakah itu artinya mereka akan menjalin cinta di masa depan? 

Ramalan masa depan itu membuat Yesul galau sekaligus ketakutan. Ia mulai salah tingkah dihadapan atasannya. Webtoon ini baru terbit sampai episode 7. Situasi canggung yang penuh salah paham masih mendominasi bagian awal komik ini. Bikin ngakak. 

5. Mama Maaf 

rekomendasi-9-webtoon

Sebenarnya ini bukan genre romantis. Tapi punya cerita mengharukan dan sangat mengena sehingga menurut saya layak direkomendasikan. Ceritanya lumayan panjang. Sekarang sudah mencapai episode 101 dan sudah tamat. 

Berkisah tentang Hyo Chan yang memberikan usianya kepada ibunya yang akan meninggal. Setelah melakukan transaksi umur, Ibu Hyo Chan berhasil sembuh dari penyakit dan jadi muda kembali. 

Untuk membalas segala pengorbanan dan penderitaan ibunya selama membesarkan dirinya, Hyo Chan pun mendorong ibunya untuk bersekolah kembali. Ibu Hyo Chan pun mulai menjalani kehidupan sebagai gadis muda. 

Ceritanya komplit. Ada sedih, ada haru, ada lucu. Konflik yang ditampilkan pun cukup banyak. Tapi untungnya nggak bikin bosan. Recommended banget. 

6. The Forbidden Marriage 

rekomendasi-9-webtoon

Komik ini adaptasi dari novel karya Chun Ji Hye berjudul sama. Ceritanya mengambil setting era kerajaan Joseon. Saat itu banyak rakyat terutama kaum muda menderita karena kebijakan raja yang melarang rakyat Joseon menikah. 

Alasannya sebenarnya sangat pribadi. Sang Raja masih belum bisa move on dari kematian tak wajar permaisurinya tujuh tahun silam. Maka sejak saat itu, ia pun menetapkan kebijakan melarang pernikahan di seluruh Joseon. 

Lalu masuklah Ye Sorang di kehidupan Raja. Ye Sorang sebenarnya merupakan gadis penipu yang hidup dengan menjual jasa meramal nasib. Saat dikejar pasukan kerajaan karena tuduhan penipuan, ia berpura-pura kerasukan dan bisa melihat arwah Sang Permaisuri. Raja pun penasaran dan mengangkatnya jadi dayang pribadi. 

Di sisi lain, Sorang pun makin akrab dengan pejabat pengadilan yang juga sahabat masa kecil Raja, Lee Shinwoon. Sepertinya ada aroma cinta segitiga nih. 

Kisah romansa kerajaan yang diwarnai intrik politik tapi lihai menyelipkan adegan dan dialog kocak. Bagus banget lho. 

7. First Night with The Duke 

rekomendasi-9-webtoon

Komik ini juga bertema kerajaan. Tentang seorang gadis yang masuk ke dunia novel yang dibacanya. Ia terbangun sebagai tokoh pendukung bernama Ripley. 

Di cerita asli novel itu, The Duke harusnya berpasangan dengan Nona Etoile si tokoh utama. Namun kehadiran Ripley malah membuat si tokoh utama pria, The Duke jatuh cinta setengah mati kepadanya. 

Masalahnya The Duke adalah bangsawan yang terkenal pemarah, dingin dan kejam. Ripley pun berusaha mengembalikan jalan cerita sesuai novel, tapi usahanya malah menuntun The Duke makin cinta padanya. Serba salah. 

Sejak awal, komik ini sudah dipenuhi adegan kocak penuh kesalah pahaman. Biar begitu adegan romantisnya juga banyak kok, dan tetap bikin gemas. 

8. All I Want is You 

rekomendasi-9-webtoon

Nah kalau komik yang satu ini ceritanya agak rumit. Tentang cinta lama yang bersemi kembali antara Ban Jinhoo, seorang CEO perusahaan besar dengan mantan tunangannya, Gong Eunyul. 

Lima tahun lalu, pertunangan mereka batal karena Gong Eunyul pergi tanpa kabar. Jinhoo menduga Eunyul berselingkuh dengan sahabatnya. 

Kini keduanya bertemu lagi lantaran surat wasiat kakek Jinhoo mensyaratkan Jin Hoo harus menikah dengan Eunyul dan memasukan anak Eunyul dalam kartu keluarga sebagai syarat warisan. 

Cerita tipe begini biasanya mudah ditebak alurnya, tapi nggak begitu dengan komik All I Want is You. Masih banyak banget rahasia yang bikin penasaran. Seru. 

9. Let’s Meet in The Next Life 

rekomendasi-9-webtoon

Cerita tentang orang yang telah bereinkarnasi dan menjalani 19 kehidupan. Uniknya ia bisa mengingat seluruh kehidupan masa lalunya. 

Kini di kehidupan ke-19 sebagai Ban Ji Eum, ia ingin bertemu lagi dengan orang-orang dekatnya di kehidupan ke-18. Di kehidupan itu, Ji Eum terlahir sebagai Joo Won, gadis 12 tahun yang meninggal karena kecelakaan mobil. 

Setelah kematiannya sebagai Joo Won, kehidupan orang-orang terdekatnya berubah drastis. Seorang anak lelaki, temannya di kehidupan itu kini tumbuh sambil berjuang melawan trauma. 

Ceritanya terkesan agak berat, karena ada intrik dunia bisnis dan kerumitan kehidupan keluarga konglomerat. Meski begitu, ceritanya mengalir rapi. Tarik ulur hubungan Ji Eum dan sang tokoh utama pria, Seo Ha bikin gemas dah. 

Demikian rekomendasi 9 webtoon asyik buat menemani kita selama PPKM. Sebenarnya masih panjang banget listnya. Pertama kali saya sortir ada lebih dari 30 judul webtoon. Bakal kepanjangan kalau ditulis semuanya. Jadi dipersingkat jadi 9 dulu ya.

FYI, webtoon di LINE biasanya update setiap jam 22.00 WIB. Jangan lupa pastikan kalian punya kuota internet yang jaringannya stabil dan harganya murah kayak smartfren! Apalagi situasi lagi kayak gini jadi wajib banget buat tetep hemat. 

Ada #RejekiDepanMata buat kalian pengguna smartfren dengan ikutan #RejekiWOW periode II yang sedang berlangsung dari tanggal 1 Juni-12 September 2021 mendatang. SEMUA pasti menang dan dijamin langsung dapet hadiah pasti mulai dari Smartpoin, pulsa, TV, laptop, tablet, motor, dan kesempatan menang Grand Prize E-money, emas 50 gram, mobil, dan tabungan ratusan juta rupiah! 

Caranya gampang banget lagi, cuma dengan melakukan transaksi melalui aplikasi MySmartfren, kalian pasti dapet hadiah langsung! 

Yuk ikutan jangan sampe ketinggalan ya!

rejeki-wow


33 komentar

  1. Waah bisa lancaaar nih mantengin Webtoon andalan buat menghibur kalo kuotany pake smarfren yang WOW banget.
    Wah, REJEKI WOW ada periode keduanya , makin asik aja niih mengisi kegiatan PPKM di rumah aja, asik berselancar dengan jaringan yang ngacir bisa sambil dapet rejeki WOW..

    BalasHapus
  2. Ya ampuuun Mbak Wiwied.. sangar banget. Ini 9 komik udah selesai dibaca semua? Aku pernah sakit gara-gara begadang baca webtoon. Aku mah gitu, kalau lagi suka, harus selesai baca dalam satu kali duduk. Makasih ya rekomendasinya! Mau aku cari juga ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan banyak yg masih ongoing mbak. Yang tamat baru Mama Maaf itu aja. Webtoon banyak yg bagus2, nggak kalah seru lah dari nonton drakor

      Hapus
  3. Jujur aku belum pernah baca webtoon mbak. Kalau sedang bahas drakor dengan teman2 di medsos, biasanya ada saja teman yang nyeletuk, "eh aku sebelum nonton dramanya, udah baca duluan di webtoon. Beda lho ternyata versi webtoon dan dramanya. Kamu udah baca belum?" Saya selalu jawab belum he he.

    Anakku yang cewek yang hobi baca webtoon.

    Ohya, itu Smartfren sedang bagi-bagi hadiah ya? Banyak bener hadiahnya. Jadi mupeng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini udah #RejekiWOW season 2 mbak.. Doain aku dapet rejeki wow ya. hadiahnya mobil tuuh.

      Hapus
  4. egg noid juga bagus ceritanya di webtoon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh bagus. Tadinya mau kumasukin jg tp beneran takut kebanyakan 🙈🙈

      Hapus
  5. banyak banget nih webtoon yang dijadiin film atau serial ya. karena jalan ceritanya yang bagus dan keren. makasi buat rekomendari penghibur hati

    BalasHapus
  6. Mba saya belum pernah nonton webtoon. Jadi penasaran itu bentuknya komik gitu kah? atau gambar bergerak macam animasi?

    Jadi mau searching deh ini... ceritanya bagus2. Genre saya banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini komik tapi online mbak. Bacanya biasa kayak baca komik sih. Bisa download aplikasi webtoon dulu mbak.

      Hapus
  7. Aku akuuu.. Suka banget baca webtoon.. Entah kenapa, bisa seenjoy itu menikmati gambar2 cantik yg dibuat sama authornya.
    Nanti kucoba intip weebtoon 'Me and My Professor' mbak. Semoga kusuka nanti..

    BalasHapus
  8. Bagus2 mba webtoon nya. Yang nomor 3 itu me and my profesor udah ada dramanya kan ya? Yang judul mama maaf itu aku kebayang semengharukan apa. Huaa terus anaknya gimana umurnya jadi berhenti atau mati atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau kukasi spoiler nggak? Hehehe Sedih banget tuh episode2 akhir.. baru kali ini aku baca webtoon mpe nangis. Untung akhirnya happy sih

      Hapus
  9. Wah, boleh juga ini rekomendari webtoonnya. Lumayan ya buat stok PPKM yang di perpanjang. Btw,ini seriusan Smartfren ngadain Rezeki WOW season kedua?mau ikutannn

    BalasHapus
  10. Waaah banyak nih rekomendasi cerita Webtoon, aku baru baca satu dan nggak lanjut. Kelupaan judulnya juga, wkwkwk... Coba deh mau baca yang judulnya Mama Maaf, kayaknya lucu juga

    BalasHapus
  11. Biasanya komik dari Webtoon itu panjang-panjang banget ya. Dan dengar suara anak mbarep saya tertawa sendiri saat baca tu, kayaknya asyik banget. Dan ceritanya sangat beragam. Kadang dia ceritain saat kami di dapur, sih.
    Tapi saya belum pernah baca. Mungkin usia, yang jelas sih waktu yang jadi alasan

    BalasHapus
  12. Udah lama banget nggak baca komik baik versi cetak apalagi di webtoon. Boleh deh ntar nyoba nih emak baca komik lagi hehe. Buat refreshing kan ya.

    BalasHapus
  13. Wiihii.. jarang-jarang baca review tentng Webtoon jadi mengingatkan kesukaanku baca komik dulu tapi suka minjem.

    Kesemua webtoon ini cuma bisa dibaca di aplikasi LINE Webtoon ya mba?
    Lewat PC bisa ngga mba?

    Semua judulnya bikin gemes penasaran mau baca, aku pengen baca yang MAMAMAAF, Me & My Professor, Kiss Sixth Sense.
    Setuju, gambar tokoh di Must Be Happy Ending itu bagus. Alus pisan, yang gambar orang Jepang ya mba?

    Kalau sekarang suami yang suka baca webtoonnya One Peace.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kebanyakan komik korea sih. Bagus ya gambarnya...ceritanya jg bagus2. Nonton pake PC bisa kok mbak.

      Hapus
  14. Let's meet in the next life doang mbak Wid.
    menarik tokoh ceweknya udah 19 kali karena reinkarnasinya - dan si cowo yang jadi CEO trauma duduk di jok belakang mobil ya?

    Aku jadi penasaran, reinkarnasi itu beneran ada gak, sih ya kok sampe sedetail itu penulis gambarkan?

    BalasHapus
  15. Kalau komik gini memang kita kudu punya sinyal yang kuat ya. Sip lah smartfren bisa diandalkan. Dari ke9 rekomendasi tadi menurutku yang pertama bakalan kubaca yang nomer 7. Kocak juga itu si Ripley malah mengacaukan cerita di novelnya ya. Justru dia yang digandrungi sama si Duke yang kejam. Trus gimana akhirnya?

    BalasHapus
  16. wah banyak banget rekomendasi webtoonnya mbak
    aku jadi ikutan penasaran nih
    belum pernah baca webtoon aku mbak
    ternyata banyak ya yang punya cerita menarik

    BalasHapus
  17. Catet deh. Aku udah lama gak baca Webtoon. Terakhir itu, apa ya? Alice kayanya. Banyak yang mandek kaya The Secret of Angel apalagi pas dibikin drama

    BalasHapus
  18. Wah, aku ngikutin 8 dari 9 ini. Semua seru sampe bela-belain beli koin buat baca episode preview. Yang paling bikin mewek Mamamaaf sih, sedih bangeeeet tapi banyak pelajarannya. Yang uwuwuwu Kiss My Sixth Sense dan Me and My Professor tapi buat 18+ khususnya yang udah nikah yaaa

    BalasHapus
  19. Asik, asiik, ada rekomendasi webtoon!
    Sebenernya aku blm pernah uprek2 webtoon gitu sih mba
    tapi ini kok jadi mupeng, gegara baca review dikau :D

    Btw, Wiihh, SmartFren emang bener2 memanjakan konsumennya yaaa
    udah ada periode 2 Rejeki WOW, cuss lahh kudu ikutan

    BalasHapus
  20. Aww.. Berusaha gak komplit baca takut keracunan. Haha. Gawat banget kalo mulai baca webtoon ah. Bs auti begadang. Aku penasaran nih sm mama maaf itu. Ceritanya menarik banget.

    BalasHapus
  21. Hampir gak pernah baca webtoon, suamiku yang suka hehe
    Owalah barun tahu ternyata apdetannya tu selalu malam gtu ya
    Asal kuota lancar saat malam hari nyimak webtoon pun tanpa gangguan ya buat hiburan di rumah. Wah hadiahnya banyak banget dari Smartfren mbak :D

    BalasHapus
  22. Saya belum pernah menikmati webtoon deh... Padahal seru-seru ya pilihan ceritanya... Tertarik banget sama tema cerita yang mama maaf...

    BalasHapus
  23. Soal internet, Smartfren ini andalan aku Mak, aku juga pakai Smartfren...
    Dari 9 list webtoon nya, aku belum baca... Udah lama bgt ggbaca webtoon, pdhal biasanya ngikutin Pasutri Gaje itu loh aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu komik lokal terbaik itu... lucu banget.. kalau yg horror lokal ada creep ini, mak. Udah baca blom?

      Hapus
  24. Komik..webtoon..banyak yang menghibur hati ya.., ini buat ningkatin imun juga donk..selalu happy..apalagi kalo lucu2

    BalasHapus
  25. Aku belum pernah buka webtoon mak khawatir ga bisa lepas. Soalnya dulu pernah ketagihan wattpad hahaha

    BalasHapus