Roboguru, Solusi untuk Bantu Siswa Jawab Soal Susah

roboguru-ruangguru

Sebagai anak pertama, saya sering jadi tempat bertanya adik-adik kalau mereka kesulitan mengerjakan PR. Kebanyakan sih masih bisa saya bantu. 

Tapi lama kelamaan, makin tinggi kelas mereka, makin sulit pula soalnya. Kadang saya harus ikut kelimpungan mencari jawaban di berbagai buku. Itupun nggak menjamin jawabannya benar. 

Pernah suatu kali adik bungsu saya pulang sekolah sambil ngomel karena jawaban soal yang saya ajarkan salah semua. Haduuhh. 

Ya gimana lagi, saya sudah lama melewati masa sekolah. Banyak pelajaran yang sudah saya lupakan. Tapi kalau melihat adik kesulitan mengerjakan soal, saya nggak tega juga kalau nggak bantu. 

Eh tapi sejak tahun lalu, adik bungsu saya jarang minta bantuan mengerjakan soal. Saya jadi penasaran, apa iya dia nggak ada tugas? Bukankah selama pandemi, tugas sekolah justru harus dikerjakan di rumah semua? 

“Sekarang minta bantuannya sama roboguru dong. Dijamin jawabannya akurat,” kata adik bungsu saya. Dia masih duduk di bangku SMP. 

Rupanya fitur roboguru yang membantunya mengerjakan soal sekolah adalah kecerdasan buatan dari ruangguru yang dapat dimanfaatkan untuk membantu siswa menemukan jawaban soal-soal pelajaran. Fitur ini gratis dan bisa dimanfaatkan tanpa harus berlangganan paket belajar ruang guru. 

Cara pakai roboguru sederhana banget dan bisa dilakukan melalui pesan whatsapp. 

roboguru-ruangguru
Begini langkah-langkah memakai roboguru melalui whatsapp : 

  1. Ketik “ROBOGURU” lalu kirim ke nomor whatsapp 0815-7815-0000
  2. Tunggu balasan dari roboguru
  3. Pilih jenjang pendidikan, dan mata pelajaran yang ingin ditanyakan
  4. Kirim foto soal. Pastikan foto yang dikirim bukan tulisan tangan, tidak buram/berbayang, tidak miring dan hanya satu soal dalam satu foto. Hal ini untuk memudahkan roburu memberi jawaban.
  5. Tinggal tunggu jawaban dan pembahasan soal dari roboguru. Praktis banget kan? 

Adik bungsu saya suka banget dengan fitur ini, karena pembahasan soal di roboguru membantunya menyelesaikan soal lebih cepat. Dia nggak perlu lagi menunggu bantuan saya untuk menyelesaikan soal sulit. 

roboguru-ruangguru

Selain itu, jawaban dari roboguru juga sudah disertai pembahasan lengkap yang membantunya memahami pelajaran. Sehingga kalau mendapati soal serupa di masa depan, dia bisa mengerjakannya. 

Selain bisa diakses melalui nomor whatsapp, fitur roboguru sekarang juga bisa diakses di aplikasi ruangguru lho. Mau tahu caranya? 

roboguru-ruangguru
Ikuti langkah penggunaan fitur roboguru di aplikasi ruangguru berikut: 

  1. Klik ikon roboguru di aplikasi ruangguru untuk masuk ke fitur roboguru.
  2. Setelah masuk ke laman roboguru, foto soal yang ingin ditanyakan
  3. Pastikan soal yang ingin ditanyakan sudah masuk ke area yang di-highlight. Lalu kirim foto.
  4. Roboguru membutuhkan waktu 3-5 detik untuk menjawab soal.
  5. Roboguru berhasil menjawab soal lengkap dengan pembahasannya. 

Meski begitu penggunaan fitur roboguru ini dibatasi ya. Hanya bisa 5 soal dalam sehari. Jadi manfaatkan sebaik-baiknya. Gunakan roboguru untuk menjawab soal yang benar-benar sulit saja, jangan dipakai untuk mengerjakan semua soal. 

roboguru-ruangguru

roboguru-ruangguru

Uniknya lagi, saat menjawab soal fitur roboguru tidak hanya akan menampilkan satu jawaban. Melainkan 5 soal dan jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan yang kita kirim. Dengan begitu, siswa juga akan mendapat referensi soal lain yang serupa. 

Kok bisa gitu? 

Hal ini karena roboguru bekerja dengan mengoptimalkan 3 komponen dasar yaitu :
  • Akurasi (ketepatan jawaban)
  • Runtime (kecepatan memproses data) 
  • Memori 
Tiga komponen ini saling mendukung dan berjalan beriringan agar dapat memberi hasil yang optimal dalam menjawab soal. 

Roboguru mendeteksi soal-soal yang berasal dari kumpulan soal Ujian Nasional (UN) selama 5 tahun terakhir. Juga dari buku-buku paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna ruangguru. 

Saat ini, ada puluhan ribu soal yang tersimpan dalam memori roboguru. Jumlah soal ini akan terus ditingkatkan dan diakhir tahun ditargetkan akan tersimpan 1 juta soal yang bisa dideteksi melalui aplikasi. 

Dengan demikian makin banyak dan makin variatif pula soal yang bisa dijawab melalui roboguru. Dan siswa pengguna roboguru pun bisa mendapat referensi soal dan jawaban yang lebih banyak dan akurat. 

Soal seperti apa sih yang bisa dijawab oleh roboguru? 

Hampir semua soal mata pelajaran bisa didapatkan jawabannya melalui fitur roboguru. Demikian pula bentuk soalnya, bisa dalam bentuk soal bergambar, sebab akibat hingga soal pilihan ganda. Yang penting, pastikan foto soal yang dikirim tidak buram ya. 

roboguru-ruangguru

Belajar zaman sekarang jadi lebih mudah ya dengan berbagai fitur dari ruang guru. Buat siswa yang ingin mendapat penjelasan lebih lengkap tentang mata pelajaran bisa belajar di ruangbelajar

Yang butuh ikut bimbingan belajar bisa belajar di Brain Academy dengan bantuan master teacher. Yang ingin belajar Bahasa Inggris dengan tutor professional berstandar internasional dapat mengakses English Academy. Dan siswa yang membutuhkan bantuan saat mengerjakan soal sulit bisa langsung bertanya dengan roboguru secara gratis. 

Sebagai orang tua yang memiliki anak usia sekolah, kehadiran ruangguru tentu sangat membantu. Kita nggak perlu lagi stress tentang perkembangan pendidikan anak, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Karena meskipun anak-anak kita harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ), dengan bantuan ruangguru, proses transfer ilmu bisa tetap berjalan lancar dan menyenangkan. 

Semoga jadi tambah tahu.

Tidak ada komentar