Review iUNIK Propolis Vitamin Synergy Serum & Sleeping Mask

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Lagi-lagi membahas rekomendasi skincare anti aging

Harap maklum ya, saya tuh memang lagi concern banget dengan masalah penuaan kulit. Jadi kalau mencoba skincare baru, pasti harus yang punya klaim mengatasi wrinkle, flek hitam dan sebagainya. 

Nah, produk skincare yang bakal saya ulas kali ini adalah brand skincare asal Korea, iUNIK

Produk iUNIK sebenarnya sempat hype dan sering dibicarakan oleh teman-teman skincare enthusiast. Sebagian besar sih memberi review positif. Banyak yang cocok. 

Saya sempat penasaran banget tuh. Tapi sampai awal tahun ini masih maju mundur aja nih buat purchase. Bukan apa-apa, saya bingung harus pilih produk yang mana. 

Sekadar informasi, brand asal Korea Selatan ini mengusung konsep minimalis dalam setiap produknya. 

Skincare iUNIK diklaim menggunakan bahan-bahan natural yang hipoalargenik dan EWG (Environmental Working Group) green level. Artinya bahan yang dipakai tak hanya sesuai dengan standar kesehatan tetapi juga ramah lingkungan. 

Nama iUNIK sendiri merupakan singkatan dari visi dan misi produk skincare ini, yaitu: 
IDEAL – Ideal for skin 
UNIQUE – Unique and effective products 
NATURAL – Using only natural, safe formulations. Ingredients form mother nature 
INGREDIENTS – Remove the bad ingredients, add good ingredients 
KNOWHOW – Know-how to develop the best products for skin 

iUNIK memiliki beberapa produk yang concern ke masalah aging. Ada varian Rose Galactomyces Synergy Serum, Rose Galactomyces Essential Toner, Propolis Vitamin Synergy Serum, Beta Glucan Power Mousture Serum, Black Snail Restrore Serum, dan lainnya. 

Banyak kan? Wajar dong kalau saya jadi bingung memilih. 

Tapi setelah melalui pertimbangan panjang dan pemikiran mendalam, akhirnya saya putuskan untuk mencoba varian Propolis Vitamin


iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Belinya di Ponny Beaute, dijamin orisinal. Semua produk yang dijual di Ponny Beaute tuh juga sudah pasti punya izin edar dari BPOM. 

Enaknya lagi, kalau belanja Ponny Beaute, kita bisa sambil mengumpulkan poin. Nama programnya Happy Skin Reward. Jadi, poin yang kita dapat dari belanja bisa ditukar dengan produk skincare. 

Bisa juga cek akun instagram @ponnybeaute, kalau kalian mau dapat informasi dan edukasi seputar skincare. Jadi bisa memilih produk yg tepat untuk karakter kulit kita.

Produk yang saya punya dan bakal dibahas kali ini adalah iUNIK Propolis Edition Skincare Set, yang terdiri dari sleeping mask dan mini serum, dan Propolis Vitamin Synergy Serum 50 ml

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Kita langsung ulas produknya satu persatu ya. 

iUNIK Propolis Vitamin Synergy Serum 

Serum ini sudah menarik perhatian saya sejak awal. Kenapa? Karena dia mengandung Propolis Extract 70%. Nggak tanggung-tanggung kan. 

Propolis, ibarat bahan ”ajaib” yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Getah yang dihasilkan lebah madu ini disebut mampu melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori, sehingga aman digunakan oleh pemilik kulit acne prone dan sensitif. 

Tak hanya itu, Propolis juga efektif buat meredakan peradangan, melindungi kulit dari radikal bebas dan merangsang regenerasi sel sehingga kulit terasa lebih lembut dan halus. 

Maka jangan heran kalau banyak produk skincare yang memanfaatkan propolis sebagai hero ingredients-nya. Kendati begitu, Propolis Vitamin Sinergy Serum adalah produk dengan kandung propolis terbanyak yang pernah saya coba. 

Selain mengandung Propolis Extraxt 70 %, serum ini juga diperkaya dengan Hippophae Rhamides (Sea Buckthorn) Fruit Extract 19%. 

Sea Buckthorn, sejak lama dikenal dalam pengobatan timur. Orang Tibet kuno menggunakan sea buckthorn untuk menyembuhkan penyakit kulit. 

Bahan ini memiliki kemampuan merangsang regenrasi sel kulit, menjaga kulit tetap lembab dan elastis, sehingga sangat sesuai untuk menyembuhkan luka bakar. 

Berikut ini komposisi lengkap Propolis Vitamin Synergy Serum 

Propolis Extract, Hippophae Rhamnoides (Sea Buckthorn) Fruit Extract, Water, Butylene Glycol, Glycerin, Methylpropanediol, Niacinamide, Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Rosa Damascena (Rose) Flower Water, Sodium Hyaluronate, Betaine, Glycosyl Trehalose, Honey Extract, Beta-Glucan, Hydrogenated Starch Hydrolysate, Allantoin, Carbomer, Arginine, Hydroxyethylcellulose, Adenosine, Dipotassium Glycyrrhizate, Pentylene Glycol, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Centella Asiatica (Gotu Kola) Extract, Portulaca Oleracea (Green Purslane) Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Punica Granatum (Pomegranate) Extract, Ficus Carica (Fig) Fruit Extract, Morus Alba (White Mulberry) Fruit Extract, Ginkgo Biloba (Maidenhair Tree) Nut Extract, Caprylyl Glycol 

Klaim 

Diklaim aman untuk digunakan segala jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Dan sangat direkomendasikan untuk mereka yang punya kulit kering, kusam, dan kulit dengan maslah kerut. Singkatnya, nourishing, brightening dan wrinkle care

Kemasan 

Propolis Vitamin Synergy Serum dikemas dalam botol kaca bening. Tutupnya ulir dan memiliki aplikator pipet. 

Serum ini tersedia dalam dua ukuran, yaitu 15 ml, seperti yang ada di Propolis Edition Skincare Set, dan ukuran real size 50 ml. Mini serum juga bisa dibeli terpisah, di Ponny Beaute harganya dibanderol Rp 140.000. Sementara serum ukuran 50 ml, Rp 280.000. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Serum 50 ml dilengkapi dengan box berwarna putih, dengan sedikit ornamen garis kuning. Tampilannya simple, khas produk-produk Korea. 

Nyaris semua keterangan yang tertera di box ditulis dalam huruf Hangul. Tapi kalau beli di Ponny Beaute, produk yang kita dapat juga akan diberi sticker berisi keterangan dalam Bahasa Indonesia. Lengkap dengan QR code buat mengecek No BPOM. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Orisinalitas produk juga bisa diketahui dengan memindai QR Code yang tertera di segel hologram. Biasakan untuk mengecek bagian ini ya, supaya nggak terjebak dengan produk palsu. 

Tekstur dan Aroma 

Sepintas lalu, tampilan serum ini seperti madu. Warnanya kuning bening, konsistensinya sekilas kelihatan agak kental. Tapi saat diteteskan ke tangan ternyata lumayan encer, sehingga sangat mudah diaplikasikan ke seluruh wajah. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Di kulit saya yang normal to oily, serumnya berasa agak licin saat pertama dipakai. Tapi nggak terasa greasy sama sekali. 

Surprisingly, serum ini menyerap cukup cepat di kulit saya yang kerap dehidrasi ini. Paling hanya sekitar 10 detik, sudah bisa langsung saya layer dengan produk skincare lainnya. 

Propolis Vitamin Synergy Serum punya aroma manis dan segar, tapi samar sekali. Kalau nggak diendus-endus, nyaris nggak tercium baunya. 

Cara pakai 

Cara pakainya sama seperti kebanyakan serum. Cukup tuang di tangan dengan takaran pipet, lalu usapkan ke wajah. Tepuk-tepuk lembut supaya lebih cepat terserap. 

Saya pakai serum iUNIK Propolis Vitamin ini sebagai am & pm routine. Kadang dipakai bersama serum lain, kadang dipakai sendiri. 

Performa di kulit 

Propolis Vitamin Synergy Serum bekerja sangat baik di kulit saya. Dia membuat kulit lembab, kenyal dan bebas jerawat. 

Untuk klaim wrinkle care, kinerjanya bisa dilihat dari kerut yang sedikit lebih samar di bagian dahi. Tapi untuk kerut di sekitar mata masih nampak jelas. 

Dari semua klaim yang disebut, kemampuan nourishing-nya memang paling terasa. Kayaknya serum ini memang pas banget buat yang punya kulit kering atau dehidrasi seperti saya. 

iUNIK Propolis Vitamin Sleeping Mask 

Banyak orang memberi review positif untuk sleeping mask ini. 

Propolis Vitamin Sleeping Mask diperkaya dengan Proplis Extract 16 %. Dan sama seperti serumnya, Propolis Sleeping Mask juga memiliki kandungan Hippophae Rhamides (Sea Buckthorn) Fruit Extract, yang dikombinasikan dengan beberapa ekstrak tanaman lain. 

Berikut ini komposisi lengkap Propolis Vitamin Sleeping Mask 

Water, Propolis Extract, Butylene Glycol, Glycerin, Hippophae Rhamnoides Fruit Extract, Centella Asiatica Leaf Water, Ceterayl Alcohol, Cetyl Ethylhexanoate, Cyclopentasiloxane, Caprilyc/Capric Triglyceride, Niacinamide, Cyclohexasiloxane, Glyceryl Stearate, Cetearyl Olivate, Sorbitan Olivate, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Arginine, Cetearyl Glucoside, Beta-Glucan, Centella Asiatica Extract, Portulaca Oleracea Extract, Allantoin, Ethylhexylglycerin, Adenosine, Dipotassium Glycyrrhizate, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Pentylene Glycol, Aspalathus Linearis Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Commiphora Myrrha Resin Extract, Perilla Frutescens Leaf Extract, Yucca Schidigera Root Extract 

Klaim 

Aman digunakan segala jenis kulit. Diklaim dapat melembabkan dan menutrisi kulit secara intensif. 

Menghidrasi kulit sehingga menghasilkan kulit yang bersinar alami. Tak hanya itu, sleeping mask ini juga disebut double functional product karena bermanfaat untuk mencerahkan dan mengatasi masalah kerut. 

Kemasan 

Sleeping Mask yang saya punya bundling dengan mini serum. Di Ponny Beaute, Propolis Edition Skincare Set ini dibanderol Rp 350.000. Kalau mau beli sleeping mask doang sih bisa juga, harganya Rp 228.000. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

iUNIK Propolis Set dikemas dalam kotak berwarna putih yang dihiasi ornamen motif daun berwarna kuning. Di bagian belakang ada sticker hologram untuk mengecek keaslian produk. 

Sekali lagi kalau beli di Ponny Beaute, kemasan Propolis Set seperti yang saya punya ini juga dilengkapi dengan keterangan cara penggunaan produk berbahasa Indonesia yang ditulis di sticker tambahan. 

Propolis Sleeping Mask dikemas dalam tube plastik 60 ml berwarna kuning muda, yang dilengkapi tutup flip berwarna putih. Dibagian belakang tube ada keterangan produk yang ditulis dalam Bahasa Inggris dan huruf Hanggul. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Tekstur dan Aroma 

Aroma sleeping mask ini hampir sama dengan Propolis serum, tapi aroma sleeping mask sedikit lebih kuat. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Teksturnya light cream berwarna krem keruh. Saat dioleskan ke kulit, krimnya lumer menghasilkan lapisan seperti lilin dipermukaan kulit. 

Agak licin saat dibalurkan tapi nggak lengket. Sama seperti serum, sleeping mask ini juga mudah diserap. 

Cara pakai 

Aplikasikan sleeping mask secukupnya ke wajah dan leher. Tak perlu dibilas. Biasanya saya pakai sleeping mask sebagai step akhir skincare routine. 

Disarankan untuk memakainya 1-2 kali seminggu. Atau disesuaikan saja dengan kondisi kulit masing-masing. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Performa di kulit 

Hari pertama pemakaian, saya sudah bisa langsung merasakan efeknya di kulit. Pagi hari, setelah semalaman memakai sleeping mask, kulit saya terasa lembab, lembut dan halus. Kelihatan glowing, bukan berminyak, meski dalam keadaan bare face

Bodohnya, saya nekad memakai sleeping mask ini lagi di hari berikutnya. Padahal di keterangan kemasan sudah disarankan untuk memakai 1-2 kali saja dalam seminggu. 

Alhasil, keesokan harinya area dagu, pipi dan leher ditumbuhi fungal acne. Whitehead juga nampak di hidung. 

Saya cek lagi kandungannya, ternyata oh ternyata ada bahan Glyceryl Stearate, Cetearyl Olivate, Cetyl Ethylhexanoate dan Sorbitan Olivate yang dapat memicu fungal acne. Ada juga kandungan Cetearyl Alcohol juga yang comedogenic. 

Sleeping Mask ini baru saya pakai lagi sekitar 7 hari kemudian. Setelah fungal acne-nya sembuh di hari keempat, saya sempat jeda dulu. 

Selang sepekan baru coba sleeping mask lagi, dan kini efek yang saya dapat sama seperti hari pertama. 

Fix deh, kesimpulannya memang sleeping mask ini sebaiknya nggak dipakai setiap hari. 

Untuk before after bisa dilihat dari foto di bawah ini ya. 

iUNIK-propolis-vitamin-synergy-serum-sleeping-mask

Foto A, tampak kulit saya sebelum memakai Propolis Vitamin Synergy Serum dan Sleeping Mask. 

Foto B, adalah kondisi kulit saya setelah sekitar 2 minggu pemakaian iUNIK Propolis set. Kelihatan lebih lembab. 

Foto C, adalah fungal acne di area pipi karena terlalu “rajin” memakai sleeping mask. 

Repurchase? Untuk serum sih iya. Tapi untuk sleeping mask sepertinya nggak purchase dulu dalam waktu dekat. 

Karena sekarang saya hanya pakai sleeping mask ini 1 kali sepekan, dalam jumlah yang nggak terlalu banyak pula. Jadi kelihatannya bakal awet. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

No comments