Cheat on Me, if You Can : Belajar Mengenali Ciri Suami yang Berselingkuh ala Kang Yeo Joo

 sinopsis-cheat-on-me-if-you-can


Dari judulnya kita pasti bisa menebak, Cheat on Me if You Can adalah drama bertema perselingkuhan. 

Saya sebenarnya agak jenuh nonton drama yang isinya orang selingkuh melulu. Tapi berhubung cast yang gabung di Cheat on Me if You Can bukan aktor sembarangan, akhirnya tergeraklah hati ini untuk ikut nonton. 

Makin ditonton, makin ternganga saya dibuatnya. Lho…lho kok jadi drama thriller misteri gini? 

Yup, alih-alih menebar scene romantis dan kegalauan khas drama keluarga, Cheat on Me If You Can malah mengajak kita menelusuri misteri kematian aktris ternama. Tapi nggak cuma itu, kematian sang aktris pun ternyata berhubungan dengan konspirasi politik. Sampai melibatkan pejabat badan inteljen segala tuh. Puyeng dah. 

Rumit, tapi anehnya sukses bikin saya penasaran untuk mengikuti sampai akhir. Penuturannya runut dan santai. Ditambah selipan adegan komedi bikin Cheat on Me if You Can cukup menarik buat ditonton walau sebenarnya mengusung tema berat. 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Cheat on Me if You Can disutradarai oleh Kim Hyung Suk yang menggarap drama My Golden Life dan Oh My Venus. Sementara, skenarionya ditulis oleh Lee Sung Min yang berpengalaman menulis skenario drama Queen of Mystery 1 &2. 

Lebih dari itu, yang bikin drama ini greget banget karena ada aktris sekelas Cho Yeo Jeong ikut tampil. Kali ini Cho Yeo Jeong disandingkan dengan Go Joon, sebagai lead male actor

Go Joon boleh saja nggak seterkenal Cho Yeo Jeong. Tapi jam terbang aktor yang satu ini sebenarnya lumayan banyak. Terakhir, ia tampil cukup mengesankan bersama Jang Na Ra di drama Oh My Baby sebagai pria gagah yang insecure karena permasalahan reproduksi. 

Nah kalau untuk performa Cho Yeo Jeong, kayaknya nggak perlu dipertanyakan lagi lah ya. Aktris ini selalu total dalam setiap perannya. Kalau nggak percaya coba aja ntar liat penampilannya di film The Servant, The Concubine dan film peraih Oscar, Parasite. Beeuuuh mantap deh. Terlepas dari adegan hot-nya, aktingnya memang bagus. 

Yuk disimak dulu sinopsisnya 

Sinopsis 

review-cheat-on-me-if-you-can

Center 
dari drama ini adalah Kang Yeo Joo (diperankan Cho Yeo Jeong), penulis novel thriller best seller ternama di Korea. 

Novel-novel yang ditulis Kang Yeo Joo hampir selalu bernuansa dark. Berkisah tentang pembunuhan yang digarap sangat detail dan nyata. Seolah cerita itu dituliskan sendiri oleh sang pembunuh. Ada satu kesamaan di setiap novelnya, yaitu kematian mengenaskan dari tokoh pria yang berselingkuh. 

Publik bahkan punya julukan istimewa buat Kang Yeo Joo, yaitu penulis belalang sembah. Hal ini mengacu pada kebiasaan belalang sembah betina yang suka memangsa jantannya. Julukan yang menyeramkan sebenarnya. 

Berbeda dengan sang istri yang disegani sekaligus dipuja publik karena cerita novelnya yang kelam, suami Kang Yeo Joo, Han Woo Sung (Go Joon) malah dipuja karena ke-bucinan-nya pada sang istri. Dia dikenal sebagai suami nasional. Jadi role model buat para suami se-Korea. 

review-cheat-on-me-if-you-can

Han Woo Sung berprofesi sebagai pengacara perceraian. Ia cukup terkenal dan sering diundang ke berbagai acara TV. Citranya sebagai suami nasional membuat Woo Sung makin dipercaya publik sebagai contoh suami yang baik. 

Ia memasak sarapan untuk istrinya, membantu istri belanja. Pokoknya idaman banget deh. Tapi apa benar Woo Sung sebaik itu? 

Rupanya, dibalik imej suami nasional, Han Woo Sung adalah playboy kelas kakap. Selingkuhannya bertebaran dimana-mana. Bahkan dia sampai punya jadwal khusus buat bertemu dengan pacar-pacarnya. Bangsat banget kan? 

Padahal sebelum nikah dengan Kang Yeo Joo, Woo Sung sudah membuat surat pernyataan bahwa dia nggak bakal berselingkuh lho. Di surat itu tertera, kalau Woo Sung selingkuh berarti dia siap mati! 

Perjanjian pra nikah yang nggak wajar kan? Tapi surat itu juga dibuat oleh Woo Sung sendiri sih. Ceritanya dulu sebelum nikah, Yeo Joo menolak lamaran Woo Sung, bahkan memutuskan hubungan mereka karena dia tahu Woo Sung berselingkuh. 

Keduanya sempat putus kontak dan Woo Sung patah hati luar biasa. Tapi di pernikahan Son Ji Hoo (Jung Sang Hoon), sahabat Woo Sung, keduanya bertemu lagi. Woo Sung tak mau melewatkan kesempatan dan langsung melamar Yeo Joo. 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Demi mendapat kepercayaan Yeo Joo kembali, Woo Sung pun membuat pernyataan tak akan berselingkuh itu. Intinya, If I cheat, I die

Emang dasar buaya ya, insting Woo Sung untuk berpetualang cinta tetap tak terbendung meski ia sudah menikah. Ia berselingkuh dengan kolega pengacaranya, berselingkuh pula dengan aktris ternama, Baek So Jung (Hong Soo Hyun)

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Woo Sung tahu istrinya sangat peka dan punya intuisi yang kuat. Maka ia pun nggak kalah cerdik mengakali supaya perselingkuhannya tak terendus. Selain membuat jadwal bertemu reguler dengan para selingkuhannya, Woo Sung juga punya tempat-tempat khusus untuk bertemu mereka. 

Seperti misalnya tempat pertemuannya dengan Baek So Jung, adalah apartemen studio. Tiap kali ke apartemen itu, Woo Sung selalu masuk lewat jalan pintas, melalui minimarket yang ada di lantai dasar gedung apartmen. 

Masalah mulai rumit setelah Baek So Jung tetiba menghilang. Tepat tak lama berselang setelah Woo Sung memutuskan hubungan dengannya. Detektif Jang Seung Cheol (Lee Si Eon) dan Ahn Se Jin (Kim Ye Won) yang menyelidiki kasus hilangnya Baek So Jung yakin kalau sang aktris sudah mati terbunuh. Dugaan itu diperkuat bukti jejak darah di apartemen studio Baek So Jung. 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Sementara itu, Kang Yeo Joo yang sedang mempersiapkan novel terbarunya bersikeras mengikuti proses penyelidikan kasus Baek So Jung. Ia beralasan, melakukan riset untuk novelnya. 

Tapi sikap dan gerak gerik Yeo Joo sepanjang penyelidikan malah membuatnya makin dicurigai polisi. Mungkinkah Yeo Joo adalah pelaku pembunuhan Baek So Jung? 

Yeo Joo sendiri sebenarnya menyimpan rahasia terkait masa lalunya. Woo Sung bahkan tak mengenal satu pun keluarga dari pihak istrinya. Saat mereka menikah, tak ada anggota keluarga Yeo Joo yang hadir. Orang dari masa lalu Yeo Joo yang tetap setia mendampinginya setelah menikah hanya pelayan rumah tangga, Yeom Jin Ok (Song Ok Suk)

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Sebenarnya rahasia apa sih yang disimpan Kang Yeo Joo? 

Siapa pembunuh Baek So Jung? 

Dan apakah Han Woo Sung bisa terus menyembunyikan perselingkuhannya? 

Nanti nonton sendiri aja deh, biar seru! 

Perempuan penuh misteri 

Seperti yang saya sebut diawal, pusat cerita sekaligus tokoh paling misterius dalam drama ini adalah Kang Yeo Joo. 

Tokoh perempuan ini digambarkan sebagai sosok nyentrik, menonjol sekaligus penuh aura misteri. Gesture-nya, cara berjalan, cara bicara bahkan cara dia menatap orang pun bikin kita kagum sekaligus terintimidasi. Wajar sih kalau Han woo Sung, jadi ngebucin tapi juga takut dengan istrinya ini. 

Di mata saya, Kang Yeo Joo tuh keren banget. Kang Yeo Joo, semacam representasi sosok perempuan mandiri yang tangguh. 

Belakangan akan diceritakan betapa menyedihkan sebenarnya perjalanan hidup Kang Yeo Joo. Pengkhianatan sang ayah, dan kematian ibunya membuat Yeo Joo sangat membenci perselingkuhan. Tapi alih-alih frustasi dan terpuruk, dia malah tumbuh jadi sosok yang kuat. 

Dan satu lagi, kemampuan analisa Yeo Joo kayaknya juga perlu dimiliki oleh istri-istri sejagad raya deh. Supaya istri-istri terlatih buat mencium kebohongan suami. Hehehe

Coba kita buat list dulu ya, apa sih yang bikin Kang Yeo Joo layak jadi inspiring woman

1. Kemampuan analisa setara Sherlock Holmes 

review-cheat-on-me-if-you-can

Ini pendapat saya sendiri sih. Kemampuan analisa Yeo Joo itu setara dengan detektif Sherlock Holmes. Dia bisa menggambarkan profil seseorang hanya dari parfum yang dipakai. Dia bisa memperkirakan cara pembunuhan dengan melihat TKP sekilas. 

Detektif kepolisian saja sampai kéki kok karena Yeo Joo selalu selangkah lebih maju dalam penyelidikan kasus Baek So Jung. Kalau menurut saya sih, kemampuan analisanya ini karena dia jeli menangkap detail yang sering terlewatkan oleh orang lain. Ditunjang dengan pengetahuannya yang luas, jadilah kemampuan analisa setara detektif begitu. 

Bu..ibu, kemampuan analisa begini penting lho. Jadi kita bisa cepat tahu kalau ada sesuatu dengan anak atau suami. 

2. Tidak emosional

review-cheat-on-me-if-you-can

Kang Yeo Joo bukan tipikal perempuan yang berisik dan berapi-api kalau marah. Dia tenang, dan berpikir panjang. Kentara kalau dia selalu mengambil tindakan terukur setiap melakukan sesuatu. Kendati dia tampak seperti siap membunuh, sepanjang drama ini Kang Yeo Joo nggak menyakiti siapapun. 

Saya perhatikan, tiap kali ada hal yang nggak memuaskan hati atau membuatnya kesal, dia selalu menutup mata dan menarik napas panjang. Sepertinya cara ini juga bagus kalau kita terapkan supaya nggak gampang marah. Ya nggak? 

3. Berdedikasi pada pekerjaannya 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Kang Yeo Joo itu penulis yang sangat berdedikasi. Bisa dibilang untuk menulis satu novel, usahanya all out banget. Riset dilakukan dengan serius. Cara membunuh pun dia coba peragakan sendiri menggunakan boneka. 

Kalau ada yang gagal, dia coba cara lain. Karena novelnya tentang pembunuhan, Kang Yeo Joo memikirkan segala cara untuk membunuh sekaligus menghilangkan jejaknya. Semua dipikirkan detail. Hebat banget. Saya sih pengin bisa se-all out itu kalau mengerjakan sesuatu. 

3. Penyayang 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Sifat ini mungkin nggak terlalu tampak. Tapi kalau dilihat dari kepercayaannya pada Han Woo Sung dan usahanya melindungi Bibi Yeom Jin Ok, kentara sekali bahwa Yeo Joo sangat menyayangi orang-orang terdekatnya. Ia siap pasang badan buat melindungi mereka. Perempuan model begini nih, tipikal orang yang keras di luar tapi hatinya lembut. 

4. Punya karakter kuat, nggak gampang terhasut 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Tipe orang yang baru percaya sesuatu setelah melihat atau membuktikan sendiri. Skeptis! Sepertinya itu kata yang tepat buat menggambarkan Kang Yeo Joo. Kalaupun ada asumsi, dia akan cari bukti pendukungnya. Orang seperti ini pantang menuduh sembarangan tanpa bukti dan jadi nggak gampang terhasut omongan orang, apalagi jadi korban HOAX.

Itu sebabnya ia bolak-balik menyelidiki bukti yang mengarah pada perselingkuhan suaminya. Sayangnya Han Woo Sung ternyata nggak kalah cerdik menutupi perselingkuhannya, ditambah Woo Sung punya kaki tangan yang selalu siap back up saat Woo Sung nyaris ketahuan. 

Karakter Kang Yeo Joo yang kompleks ini diperankan bagus banget oleh Cho Yeo Jeong. Salut deh, aktris kawakan memang nggak setengah-setengah kalau memainkan peran. 

Jalan cerita yang susah ditebak 

Daya tarik lain dari drama Cheat on Me if You Can adalah jalan cerita yang sulit ditebak. Rasanya seperti dibawa masuk berjalan di lorong labirin yang nggak ketahuan ujungnya. 

Awalnya saya kira alurnya akan begini, eh ternyata salah. Saya kira ceritanya bakal begitu ternyata keliru lagi. Sampai saya sama sekali nggak sempat memikirkan ending, saking sibuknya diajak berputar-putar mengikuti cerita. Seru sih tapi sedikit disesalkan kenapa endingnya begitu. 

Di akhir cerita barulah Kang Yeo Joo mengetahui perselingkuhan suaminya, persis disaat suaminya sudah tobat nggak mau selingkuh lagi. Bagaimana kelanjutan pernikahan mereka, ya terpaksa kita tebak sendiri. 

Rada dongkol sih di bagian itu. Untungnya bagian cerita lain, termasuk masa lalu Kang Yeo Joo dan misteri pembunuhan Baek So Jung terungkap tuntas. 

Oh iya, satu lagi yang agak mengganjal adalah bagian dimana salah satu tokoh pendukung, Ko Mi Rae (Yeon Wo), berhasil menjebloskan suaminya yang pecandu ke penjara. 

FYI, Ko Mi Rae adalah chaebol yang sempat naksir Han Woo Sung. Keduanya nyaris saja terlibat perselingkuhan, untungnya Han Woo Sung saat itu sudah tobat nggak mau selingkuh lagi. 

sinopsis-cheat-on-me-if-you-can

Ko Mi Rae rupanya korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dia sering dipukuli suaminya yang seorang cucu konglomerat. Mi Rae ingin cerai tapi nggak punya nyali sampai berkali-kali mencoba bunuh diri. 

Tapi dengan dukungan Woo Sung, Mi Rae akhirnya berani menceraikan suaminya dan bahkan memenjarakannya. Nah, di bagian ini sepertinya ada scene yang dihapus, soalnya kelihatan nggak nyambung dengan cerita sebelumnya. Sayang banget sih, padahal perkembangan karakter Mi Rae dari perempuan tertindas jadi kuat ini juga menarik buat diangkat. 

Lumayan seru kan dramanya? Terus dimana nontonnya? 

Nonton di Viu

Nah pertanyaan ini sering banget ditanyakan orang. "Mbak, nonton drama korea yang itu dimana sih?"

Jadi sekalian dijawab sekarang aja. Biasanya saya nonton drama korea itu di aplikasi ViuTermasuk nonton Cheat On Me If You Can ini. Kalau nggak salah ingat, saya sudah instal aplikasi Viu sejak 2017. Dan masih setia sampai sekarang. 

Viu-aplikasi-nonton-drama

Aplikasi Viu merupakan aplikasi nonton berlangganan. Jadi buat dapat akses ke semua fiturnya memang harus bayar. Tapi biaya langganan Viu premium terjangkau banget sih, dan yang saya suka karena update-nya cepat dan subtitle-nya bagus, nggak bikin emosi jiwa gitu. Hahaha. Drama yang mau kita nonton juga bisa diunduh dan ditonton offline. Kualitas videonya juga bisa diatur.

Biaya berlangganan Viu Premium terjangkau lah, saat saya menulis ini ada promo langganan Rp 100.000 buat 6 bulan. Sekarang ada banyak promo lainnya juga kok. Ntar cek aja langsung ke aplikasi Viu.

Kalau berlangganan Viu Premium, kita bebas nonton semuanya. Ada drama korea, drama cina, dorama jepang, lakorn Thailand, variety show, film korea. Ah banyak banget deh pokoknya, ntar download aplikasi Viu aja kalau mau tahu lengkapnya. Kalau belum mau langganan dulu juga nggak masalah kok. Soalnya banyak drakor yang bisa ditonton gratis. Tapi kalau mau puas nonton, ya langganan Viu Premium dong. 

Yang saya suka lagi dari Viu, karena aplikasi ini kalau kasih notifikasi drama baru atau update-an drama suka lucu kalimatnya. Pas baru buka aplikasinya juga suka muncul info menarik tentang drama atau film korea. Sebenarnya itu detail kecil sih, tapi menyenangkan buat saya. Jadi nambah info fun fact seputar drama korea. 

aplikasi-viu

Semoga jadi tambah tahu ya.

26 comments

  1. Wah, aku belum nonton drakor ini. Wajib tonton nih. otw VIU....

    ReplyDelete
  2. salah satu dari 3 serial drakor yang aku ngeri buat tonton mak hahahha, bikin pikiran traveling kemana-mana trus jadi overthinking deh

    ReplyDelete
  3. Oooh, saya kira pas baca judulnya, drakor ini semacam The World of Marriage gitu yang bikin emosi. Ternyata drama thriller ya? Wah, tertarik nonton nih saya kalo begini...

    ReplyDelete
  4. Sekarang emang di Kdramaland lagi nge-heits banget plot selingkuh yah mbaaak hahaha. Nontonnya suka sambil emosi tapi bikin nagih sih. Apa lagi kalo nonton di Viu pastinya makin nagih deh hehe.

    Aku belum sempet nonton Cheat on Me If You Can nih, tapi kayaknya seru campur misteri pembunuhan gitu yah mbaaak. Jadi pengen coba nonton nih

    ReplyDelete
  5. Wah drama ini belum ku tonton euy, kayaknya menarik karena karakter perempuannya kuat banget dan ceritanya menarik. thanks reviewnya

    ReplyDelete
  6. Cerita perselingkuhannya ditambah misteri dan adegan ala detektif gitu ya kayaknya, jadi bikin penasaran. Yakin kalau nonton ini pasti bakal keterusan karena gak sabar pengen tahu lanjutannya, haha.

    ReplyDelete
  7. Saya nyaris gak pernah menonton drakor. Tetapi, saya suka perhatiin style fashionnya artis perempuannya. Banyak yang bagus-bagus

    ReplyDelete
  8. Aku drama ini belum nonton. Sepertinya seru nih. Tar deh kelar The Penthouse nonton ini.

    ReplyDelete
  9. Aku suka akting Go Joon bareng Jang Nara eh ternyata dapat peran utama lagi di drama ini, seru kayaknya drama tentang penulis, tema selingkuh tapi nggak bikin emosi jiwa.. Mau nonton ah..

    ReplyDelete
  10. Ahhh penasaran dengan Drakor yang kayaknya genre thriller, kesukaan aku. Cheat on Me if You Can, aku catat dulu deh. Karakter Yeo Joo dan suaminya menarik untuk dijadikan pilihan me time. Aku masih pilih pilih nonton drakor, padahal VIU udah premium, bingung sih pilih judul Drakor yang bagus

    ReplyDelete
  11. beberapa kali baca review n sinopsis drama korea cheat on me if you can ini, jd makin penasaran deh...makin penasaran sama sosok dan Karakter Kang Yeo Joo yg menurutku super misterius di sini...dr tatapan matanya aja udah bikin pinisiriin

    ReplyDelete
  12. Duh jadi penasaran ini gimana akhirnya. Gimana masa lalunya di tokoh wanita, gimana pula si pria akhirnya tobat untuk nggak selingkuh lagi.

    ReplyDelete
  13. Wuih, bikin penasaran penginnonton nih. Beneran menginspirasi nih tokoh ceritanya. Menghadapi perselingkuhan dengan smart thinking ya. Nggak mudah terhasut dan gelap mata. Bermain cantik gitu..keren..

    ReplyDelete
  14. Fix, aku penasaran bangett dengan suami role model yang ternyata playboy dan si Yeo Joo yang cerdiiikkkk. Jadi pingin nonton di viuuuu

    ReplyDelete
  15. Kang Yeo Joo manis banget ke istrinya ternyata buat menutupi ke-playboy-annya ya hihihi. Kaya bercocok tanam aja menabur benih di mana-mana, dia selingkuhannya di mana-mana. Aku jadi penasaran sama rahasia istrinya nih, harus nonton sendiri deh

    ReplyDelete
  16. Wah menarik juga ya karakter tokoh ini... Ternyata tema perselingkuhan cukup banyak juga mewarnai drakor..

    ReplyDelete
  17. Belum nonton dan jadi mau nonton supaya belajar triknya juga ini hahaha
    Tapi semoga ga ngalami deh ya

    ReplyDelete
  18. Aku suka nih drakor yang ada bucin bucinnya hahhaa... soalnya dulu juga bucin. Apalagi cewek yang karakternya misterius. Bikin penasaran terus soalnya.

    ReplyDelete
  19. Akutuh yaa..pas nonton drama Cheat On Me kaget sendiri, karena cewek yang jadi selingkuhannya itu (yang mahasiswa) sebelumnya main di Live On, jadi anak SMA.
    Huhuu, jadi pas liat doi di sini dengan karakter dan peran berbeda, jadi agak pengen bilang kalo "gak cocok".

    Tapi yaa...dia kan bukan first lead kan yaa..Let it be~

    Aku juga suka sama Yeo Jeong eonni.
    Gimana bisa karakter sama nama aslinya mirip gituh?
    Hehhee, uda jodoh sih yaa..

    ReplyDelete
  20. whoaaa aku tertarik nonton Cheat on Me If You Can!
    aku tuh biasanya lewat gitu aja soal drakor karena gak betah nonton lama. Tapiii tema cerita yang ini detektif dan ada pembunuhan menarik yang membuatku makin penasaran. Asik ... makasih ulasannya ya mbak. Aku baca sampai tamat lho reviewnya.

    ReplyDelete
  21. Teruuus siapa jadinya pelaku pembunuhan Baek So Jung? Jadi penasaran jadinya, berharap diakhir tulisan ada bocoran siapa sosok yang membunuh Baek So Jung.

    ReplyDelete
  22. Aduh, aku cuma bisa ngintip aja deh drakor tema begini. Nyadar diri orangnya esmosian. Takut spanneng terus 😅

    ReplyDelete
  23. Menarik dramanya, Mbak Wied kalau ngasih referensi mesti gak biasa. Jadi bikin penasaran. Btw, aku masih langganan yang bulanan karena takut nonton bae, kekeke, padahal murah juga ya yang 6 bulan begini

    ReplyDelete
  24. ngeri juga kalau ada di dunia nyata hahaha sepintar2nya tupai melompat akhirnya akan jatuh juga

    ReplyDelete
  25. Aku tadinya mau nonton cheat me if you can ini tapi di episode 1 ga tahu kenapa akhirnya skip. Hehe. Tapi baca ini jadi penasaran lagi. Tos dlu aku juga pakai viu

    ReplyDelete