Review & Sinopsis : Oh My Baby

Review & sinopsis Oh My Baby
Entah kenapa, sejak awal mengikuti drama Oh My Baby, saya berasa relate banget. Rasanya gampang aja buat berempati dengan kegalauan dan kebimbangan tokoh-tokohnya. 

Boleh jadi itu, karena usia saya yang nggak jauh berbeda dengan para tokohnya. Atau memang cara bertutur drama Oh My Baby memang segitu apiknya sampai bikin penonton berasa relate

Entahlah. Yang jelas, drama besutan sutradara Nam Ki Hoon dan naskahnya ditulis oleh No Sun Jae ini cukup cerdik memotret konflik kehidupan lajang berusia jelang 40 tahun. Jadi, meski kelihatan ngenes tapi tetap ada hikmah yang bisa dipetik dan disyukuri. 

Apa sih konflik yang biasa dialami oleh lajang berusia nyaris 40 tahun? 

Ya biasanya memang nggak jauh-jauh dari kegalauan tentang mencari jodoh dan berkeluarga. Ada desakan sosial, ada kekhawatiran soal organ reproduksi yang mulai tidak prima. Lalu ada juga kebimbangan antara kenyamanan hidup melajang atau kestabilan berkeluarga. Dalam Oh My Baby, semua konflik itu tergambar jelas.  

Oh My Baby, mendapuk Jang Nara sebagai tokoh utamanya. Penampilan Jang Nara tak pernah mengecewakan. Kalau dalam drama VIP tahun lalu, Jang Nara sukses membuat kita ikut gemas karena perselingkuhan suaminya. Di Oh My Baby, Jang Nara bikin penonton tersipu dengan keluguannya soal percintaan. 
Review & Sinopsis : Oh My Baby

Aktris yang satu ini memang nggak pernah gagal membangun chemistry dengan lawan mainnya. Kali ini, dalam Oh My Baby, Ja Nara dipasangkan dengan Go Joon

Sepanjang pengetahuan saya, ini kali pertama Go Joon mendapat peran utama. Meski pengalaman aktingnya cukup panjang, Go Joon biasanya hanya kebagian peran pendukung. Kesempatan ini nggak disia-siakan oleh Go Joon. Kentara, aktingnya matang dan penampilannya sebagai pria lajang yang takut berkomitmen di drama Oh My Baby sangat mempesona. Gemas aku tuh lihat dia. Hahaha

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Oke, kita langsung ke sinopsis ya. 

Sinopsis 

Jang Ha Ri (Jang Na Ra), perempuan lajang berusia 39 tahun. Ia adalah wakil editor majalah parenting, The Baby

Sebagai wakil editor, Ha Ri boleh dibilang sangat kompeten. Pengalaman bekerja di majalah The Baby selama 15 tahun membuat Ha Ri fasih tentang ilmu parenting. Sayangnya, ilmu parenting itu nggak banyak berguna di kehidupan Ha Ri sehari-hari. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Yup sebagai perempuan lajang, jangankan anak, suami saja dia nggak punya. 

Inilah yang membuat Ha Ri frustasi. Label perempuan tua lajang melekat erat di dahi Ha Ri. Membuat banyak orang sekitarnya mengasihaninya dan sesekali mencibirnya dibalik punggung. Ibu Ha Ri, Lee Ok Ran (Kim Hye Ok) mau nggak mau ikutan risih dengan pergunjingan teman-temannya. Ia ikut mendesak Ha Ri untuk segera menikah dan memiliki anak. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Ha Ri bukannya tidak mau punya anak. Sebaliknya, keinginannya untuk hamil dan memiliki bayi sendiri sangat besar. 

Sayang, ia kesulitan mencari pasangan hidup yang tepat. Ini bukan semata karena Ha Ri terlalu gila kerja. Sebagai perempuan, Ha Ri memang kurang peka dengan sinyal pria yang sedang pedekate. Alhasil kesempatan-kesempatan untuk berpacaran pun selalu terlewatkan. 

Setelah 10 tahun melajang tanpa kekasih, Ha Ri menyadari bahwa kesempatannya buat memiliki keturunan sendiri semakin kecil. Dokter memvonisnya menderita endometriosis yang membuat peluang Ha Ri memiliki anak semakin kecil. 

FYI, endometriosis merupakan kondisi dimana jaringan endometrium (lapisan dinding rahim) tumbuh di luar rahim. Pada kasus endometriosis, endometrium bisa tumbuh di indung telur, usus, tuba falopi, vagina, bahkan rektum. 

Jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim ini tak dapat luruh seperti layaknya endometrium yang ada di rahim. Akibatnya, timbul rasa nyeri luar biasa, dan bisa menyebabkan kemandulan. 

Kondisi inilah yang dialami Ha Ri. Agar tidak semakin parah, dokter menyarankan Ha Ri segera melakukan operasi. Opsi lainnya, Ha Ri harus hamil dalam waktu enam bulan. Lebih dari itu, ia akan makin sulit mendapat keturunan. 

Vonis dokter jelas bikin hati Ha Ri kebat kebit. 

Bagaimana mungkin hamil dalam waktu 6 bulan, sementara calon suami saja nggak punya. Saking putus asa, Ha Ri sempat membulatkan tekad untuk punya anak tanpa suami. Tapi hukum Korea hanya mengizinkan donor sperma untuk pasangan menikah. Sementara lajang seperti Ha Ri nggak bisa mendapat donor. 

Nggak habis akal, Ha Ri mencoba mencari donor sperma ilegal yang mengantarkannya pada seorang penipu. Parahnya lagi, penipu itu digrebek polisi saat ia sedang mencoba bertransaksi dengan Ha Ri. Alhasil, Ha Ri pun ikut digelandang ke kantor polisi karena diduga penyewa jasa. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Pemberitaan tentang staff The Baby yang mencari donor sperma ilegal, membuat citra majalah tercoreng. Karir Ha Ri pun jadi taruhan. Untungnya, chief editor dan staff The Baby lain, siap pasang badan untuk Ha Ri. 

Gagal mendapat donor sperma, nggak bikin keinginan Ha ri untuk memiliki anak surut. 

Ada 3 pria yang dipandang sebagai calon kuat pendonor sperma untuk Ha Ri. Siapakah mereka? 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Kandidat pertama adalah Han Yi Sang (Go Joon). Ia seorang fotografer freelance terkenal. Di usianya yang menginjak 42 tahun, pria tampan ini betah melajang. Menurut Yi Sang, anak itu merepotkan. 

Yi Sang sendiri sebelumnya sempat berpacaran selama 17 tahun, namun akhirnya kandas. Sejak itu, ia terus melajang. Sekitar 5 tahun lalu, ia pernah dijodohkan dengan Ha Ri. Tapi, karena sikap Yi Sang yang dingin, ketus dan acuh, Ha Ri jadi ilfil

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Kandidat kedua adalah seorang dokter anak bernama Yoon Jae Young (Park Byung Eun). Jae Young merupakan teman kecil Ha Ri. Kedua orang tua mereka bersahabat. Tak heran kalau Jae Young sudah dianggap anak sendiri oleh ibu Ha Ri. 

Jae Young duda beranak satu. Ia bercerai dengan istri yang lebih memilih karir ketimbang keluarga. Selepas perceraiannya, Jae Young sempat terpuruk. Ia menjual rumahnya dan akhirnya tinggal menumpang di rumah Ha Ri. Kini, ia mencoba membangun karirnya kembali dan berjuang sebagai ayah tunggal. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Sementara itu kandidat ketiga adalah pemuda kinyis-kinyis yang lugu banget. Namanya, Choi Kang Eu Ddeum (Jung Gun Joo). Eu Ddeum tuh anaknya positive thinking banget. Dia ringan tangan, dan nyaris nggak pernah komplain kalau dikasih tugas. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Sayangnya, Eu Ddeum kelewat lugu. Celetukan dan sikapnya suka nggak tahu situasi dan kondisi. Alhasil, Ha Ri pun sempat gondok juga sama Eu Ddeum. Hei, biar gitu Eu Ddeum ini ternyata punya performa sperma yang 10 kali lebih aktif dan lebih banyak daripada lelaki normal lho. Hihihi 

Jadi pria mana dong yang dipilih Ha Ri? 

Perjalanan cerita membuat ketiga pria ini akhirnya jatuh cinta dengan Ha Ri. 

Hebat ya Ha Ri. Dari yang sebelumnya susah dapat pacar, sekarang malah ada 3 orang pria yang memperebutkan cintanya. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Bagi Eu Ddeum, Ha Ri seperti cinta dewasanya yang pertama. Saking seriusnya pengin nembak Ha Ri, Eu Ddeum sampai nabung buat beli cincin mahal. Sayangnya, bukan dia pilihan hati Ha Ri. Eu Ddeum pun patah hati. 

Cinta datang terlambat. Itulah kalimat yang tepat buat menggambarkan situasi Jae Young. Ia terlambat menyadari cintanya buat Ha Ri. Selama ini ia mengganggap Ha Ri tak lebih dari sahabat kecil. Bahkan dulu, ia pernah menjauhkan diri dari Ha Ri, karena permintaan istrinya. Istri Jae Young saat itu selalu merasa insecure dengan Ha Ri. Jadi dia memaksa suaminya buat menjauhi sahabat kecilnya itu. 

Lalu bagaimana dengan Yi Sang? 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Yup, fotografer perfeksionis inilah yang akhirnya berhasil mencuri hati Ha Ri. Tapi biar begitu, perjalanan cinta mereka nggak bisa dibilang mulus. Selain harus bersaing dengan 2 pria lain, Yi Sang juga tak percaya diri dengan kondisi kesehatan reproduksinya. 

Yi Sang divonis mengalami subfertilitas. 

Subfertilitas merupakan kondisi saat seseorang tidak mandul, tapi juga nggak secara prima siap untuk membuahi/dibuahi. Dalam tahapan ini, seseorang masih berpeluang memiliki anak tanpa intervensi medis namun peluangnya sangat rendah. 

Inilah yang membuat Yi Sang enggan berkomitmen dengan perempuan. Namun, cintanya pada Ha Ri membuat Yi Sang nekad mendobrak batasannya sendiri. Ia memberanikan diri untuk terus mencintai dan mendampingi Ha Ri meski ia tahu bahwa ia sullit mewujudkan harapan Ha Ri buat memiliki anak. 

Lalu bagaimana kisah cinta mereka? 

Percintaan orang dewasa yang menggemaskan 

Gemas banget deh ngeliat percintaan Yi Sang dan Ha Ri. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Mereka berdua tuh, walau sudah dewasa masih kelihatan sama-sama lugu urusan percintaan. Jadi, gaya pacarannya ya seperti remaja. Lucu banget. Di kantor, curi-curi pelukan. Sudah gitu, makan siang bareng sambil mesra-mesra tapi kalau ada teman kantor pura-pura cuek. Padahal orang lain sudah pada ngerti juga kalau mereka pacaran. 

Astaga, hatiku nggak tahan lihatnya. Pengin ngakak tapi juga gemas. 

Kedewasaan keduanya baru nampak, saat hubungan mereka sedang bermasalah. Saat Yi Sang akhirnya mengungkapkan tentang kondisinya yang subfertil, Ha Ri butuh waktu lama buat mencerna dan memahami persoalan. 

Alih-alih meluapkan kekesalan dengan marah-marah nggak jelas. Keduanya dengan sangat dewasa mengambil jalan tengah buat kompromi. Suka banget lihatnya. 

Justru Jae Young yang kelihatan kekanak-kanakan. Setelah sadar cintanya bertepuk sebelah tangan, Jae Young jadi sering ngerecokin Ha Ri dan Yi Sang yang lagi asyik pacaran. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Dia sengaja datang, waktu keduanya lagi makan bareng. Sengaja minta tolong Ha Ri buat bantu cariin rumah, padahal dia tahu Ha Ri dan Yi Sang ada janji nge-date. Sebal sih lihat Jae Young. Tapi gaya cemburunya lucu. 

Lelaki juga bisa insecure 

Hal lain yang saya suka dari Oh My Baby karena drama ini menampilkan imej lelaki yang tidak biasa. 

Drama ini menampilkan kenyataan bahwa lelaki pun bisa insecure. Sama seperti perempuan yang sering ditampilkan kerap merasa terganggu dengan penampilan, dan kepribadiannya, para lelaki di Oh My Baby juga digambarkan memilik masalah yang sama. 

Kalau biasanya perempuan selalu digambarkan sebagai sosok bucin yang menyerahkan segalanya buat orang yang dicintai, bahkan hingga mengorbankan diri. Di drama ini, digambarkan lelaki pun bisa berbuat begitu. Lelaki nggak melulu cuek. 

Benang merah Oh My Baby boleh jadi ada pada tokoh Ha Ri yang berjuang mendapatkan cinta dan keturunan. Namun, drama ini juga menampilkan perjuangan para lelaki di sekeliling Ha Ri. 

Ada Jae Young yang menampilkan sosok ayah tunggal. Ia berjuang mengurus anaknya, sambil berusaha memperbaiki karirnya. 

Ada scene ketika anak Jae Young pup saat mereka berbelanja ke supermarket. Cari tempat buat ganti popok susahnya minta ampun. Mau diganti di toilet pria, salah. Mau ganti di nursery room ternyata banyak ibu-ibu yang menyusui. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Akhirnya Jae Young terpaksa mengganti diaper anaknya di bawah jembatan. Itupun sempat jadi pergunjingan ibu-ibu yang lewat karena dia disangka gembel yang menelantarkan anak. 

Sementara itu, sosok lelaki insecure karena tak prima dalam memberi keturunan terwakili oleh Yi Sang. Secara fisik dan financial, Yi Sang sangat mencukupi. Wajah ganteng, badan atletis, banyak duit pula. Tapi urusan reproduksi ternyata bisa bikin Yi Sang insecure dan minder. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Ah pokoknya drama ini mah bagus deh. Nontonnya nggak perlu banyak mikir, dan banyak pelajaran hidup menarik yang bisa kita ambil hikmahnya. Biar begitu, penonton juga harus bersiap dengan ending yang, menurut saya, kurang greget. Nggak heran sih, kalau rating 2 episode terakhirnya juga nggak terlalu bagus.

Tapi, sekali lagi ya, walau ending drama ini kurang greget. Saya kok masih bisa maklum. Rasanya kehidupan di dunia nyata ya memang begitulah adanya. Tidak semua yang kita impikan bisa terwujud. Hal yang paling penting setelah semua konflik terlampaui adalah bagaimana setiap pribadi tumbuh jadi dewasa. Bisa bersyukur dan menikmati hidup apa adanya. 

Ha Ri dan para staff The Baby, akhirnya harus merelakan majalah yang mereka besarkan selama ini ditutup. Persaingan dengan media online sudah tak lagi bisa dimenangkan. Toh itu bukan berarti hidup Ha Ri jadi terpuruk dan sia-sia. Bersama sahabat lamanya yang selama ini susah mendapat kerja, ia mendirikan sebuah portal online tentang parenting. 

Lalu apakah Ha Ri dan Yi Sang bahagia dan berhasil memiliki anak?

Ah, nonton sendiri deh. 

Review & Sinopsis : Oh My Baby

Semoga jadi tambah tahu ya.

9 comments

  1. salah satu drama yang masuk list untuk di tonton tapi belum sempat buat nonton

    ReplyDelete
  2. aduh ini cerita bikin aduk2 ya, bisa baper ini kalau ada yang senasib, udah matang karir bagus tapi blm berkeluarga. apapun itu ini hanya hiburan aja kan ya

    ReplyDelete
  3. Sudah sering dengar buibu ngomongin drama ini dan aku belum sempat nonton jugaa huhuhu. Tapi setelah baca revies di sini aku baru tahu bahwa drama ini juga mengangkat tentang kecemasan laki-laki, ya. Menarik sekali, Mbak.

    ReplyDelete
  4. Hohoho lucu dan unik nih ceritanya...Jadi penasaran gemana endingnya...Drakor selalu deh ya begini hahah pantes aja selalu digemari karena selalu ada cerita yang unik dan bikin penasaran.

    ReplyDelete
  5. Daku sempet lihat di temlen yang rame bahas ini drakor. Kalau udah Jang Nara yang jadi tokoh utamanya udah deh mantul ceritanya

    ReplyDelete
  6. Reviewnya kerennnn, mantappp. Baru kali ini saya serius membaca dari awal hingga akhir. Jadi serasa nonton dramanya langsung.

    ReplyDelete
  7. Deuhh yg baca jg ikut²n gemess dehh baca The Baby nya si Jang Nara ini... Btw itu Jung Gun Joo yg main jd si Lee Dae Woo dlm Extraordinary You kan ya,, hihi

    ReplyDelete
  8. Wah boleh juga nih, plotnya menarik 😆 ga ngikutin perkembangan film dan drama Korea sih hehe

    ReplyDelete
  9. Jang Nara salah satu aktris favoritku, makin lama bukannya makin tua malah makin muda huhu kayak vampir. Cinta bgt akutuuu. Tapi Oh My Baby malah belum kutonton nih hehe.. nanti deh cari waktu sempetnya

    ReplyDelete