Cara Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Hari gini, ibu mana sih yang nggak punya wadah plastik di rumah? 

Sampai sekarang, wadah plastik masih jadi pilihan banyak ibu rumah tangga untuk menyimpan makanan. 

Baik yang sudah matang, setengah jadi, maupun bahan makanan. Alasannya sederhana, wadah plastik mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Ada banyak pilihan ukuran, dengan desain yang cantik. 

Saya sendiri punya lumayan banyak koleksi wadah plastik di rumah. Sebagai perempuan yang mencintai kepraktisan, saya biasa menyimpan bumbu dasar atau sambal matang di wadah plastik. Kadang juga makanan jadi seperti rendang, atau daging balado. 

Beberapa waktu lalu, saat banyak teman yang “ngompori” melakukan food preparation untuk menghemat waktu memasak, saya pun ikutan. Bahan mentah yang sudah dicuci dan dipotong, disimpan rapi dalam wadah-wadah plastik berbagai ukuran. 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Bahan makanan seperti daging sapi, ayam dan ikan biasanya juga saya tata rapi di wadah plastik sebelum disimpan di freezer. Asyik lho. Jadi lebih praktis dan bikin kulkas lebih rapi. 

Nah masalahnya, membersihkan wadah plastik ternyata lumayan tricky. Apalagi wadah plastik yang dipakai untuk menyimpan bumbu dan makanan jadi. 

Selain lemaknya sulit dibersihkan dengan metode cuci piring biasa, aroma sisa makanannya juga awet banget. Malah sampai mengontaminasi makanan lain yang kita simpan di wadah itu. Bikin emosi jiwa deh. 

Saya sudah pernah coba berbagai saran dan bahan yang konon ampuh buat menghilangkan bau pada wadah plastik. Mulai dari baking soda, jeruk, arang, koran. Pokoknya segala cara deh.  

Tapi bahan-bahan ini nggak selalu berhasil untuk menghilangkan bau yang menempel di wadah plastik. Sudah dicoba juga dengan memakai sabun cuci yang lebih banyak dan dicuci berulang kali, tapi malah bau sabunnya yang tertinggal di wadah. Kan sebal jadinya! 

Sampai akhirnya, setelah bereksperimen lumayan lama, saya menyadari bahwa kunci dari menghilangkan bau pada wadah plastik tak hanya terletak pada proses cuci saja. Tetapi juga harus diperhatikan mulai dari tahap pembersihan awal sampai penyimpanan. 

Kali ini saya share tips tahap menghilangkan bau pada wadah plastik yang sudah saya coba di rumah ya. FYI, trik ini sudah saya coba beberapa kali di wadah plastik bekas menyimpan ikan, daging dan sambal. 

So far, cara ini cukup berhasil menghilangkan bau pada wadah plastik. Yuk kita langsung ikuti tahapannya. 

1. Bersihkan wadah dari sisa makanan 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Sebelum mulai mencuci, bersihkan dulu wadah plastik dari semua sisa makanan. Saya biasanya menggunakan kertas tak terpakai atau tissue. Cukup diseka saja sampai sisa makanan, termasuk air bekas makanan yang menempel hilang. 

2. Bilas dengan air panas 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Sebelum masuk ke tahap pencucian, bilas dulu wadah dengan air panas. Untuk wadah plastik bekas makanan berlemak atau bahan makanan beraroma kuat seperti bawang, saya tambahkan sedikit garam. Tutup wadah lalu kocok supaya semua bagian dalam terbilas. Lalu bilas lagi dengan air panas. 

3. Gosok dengan campuran jeruk nipis dan baking soda 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Langkah ini opsional, tergantung seberapa tajam aroma yang menempel pada wadah. Caranya belah jeruk nipis, boleh juga memakai kulit jeruk nipis. Berdasar hasil percobaan, kulit bagian dalam jeruk nipis malah lebih efektif buat menghilangkan bau. 

Lalu taburkan baking soda secukupnya pada bagian dalam wadah dan gosok dengan menggunakan jeruk nipis sampai bentuk baking sodanya jadi seperti pasta, agak kental gitu. Lalu bilas. 

4. Cuci dengan sabun 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Langkah ini sama seperti cuci piring biasa. Tapi saya punya rekomendasi sabun cuci piring yang ampuh banget buat menghilangkan bau pada wadah plastik yaitu Ekonomi Power Liquid Siwak & Jeruk Limau

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Produk ini inovasi terbaru dari Wings Care. Formulanya unik, karena juga menyertakan siwak sebagai bahan dasarnya. Pertama dan satu-satunya di Indonesia nih. 

Formula gabungan antara siwak dan jeruk limau ini yang bikin saya penasaran. Apalagi kedua bahan tersebut kan dikenal sebagai bahan antibakteri alami yang ampuh. Cuma, biasanya siwak dipakai di pasta gigi, sekarang siwak ada di sabun cuci piring juga. 

Makanya Wings Group Indonesia selaku produsen mengklaim sabun cuci piring ini efektif 5 x lebih cepat membersihkan lemak, anti bakteri dan ampuh menghilangkan bau karena memiliki formula konsentrat yang lebih kental dan lebih banyak busa. Warna cairan sabunnya bening dengan sedikit kehijauan. 

Lalu bagaimana performa Ekonomi Power Liquid Higienis, Siwak & Jeruk Limau? 

Ini review jujur saya sebagai pengguna ya. Mencuci dengan sabun cuci piring Ekonomi Power Liquid Higienis, Siwak & Jeruk Limau sangat menyenangkan. Busanya banyak meski kita hanya pakai sedikit. 

Klaim menghilangkan lemak pada cucian juga benar-benar terbukti tuh. Bikin acara cuci piring wadah berlemak jadi effortless. Tinggal usap-usap sedikit lemaknya sudah langsung luntur. 

Setelah dibilas, nggak terasa ada licin di peralatan makan atau peralatan masak. Rasanya malah agak kesat dan bersih. Baunya wangi pula, wangi jeruk limau. Dan yang saya suka, wangi sabunnya ini nggak menempel setelah piring dibilas. 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Selain itu, sabun Ekonomi Power Liquid Higienis ini juga nggak bikin kulit tangan kering. Masih lumayan nyaman walau harus mencuci banyak. Menurut saya, Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau adalah sabun cuci piring yang paling tepat untuk menghilangkan bau pada wadah plastik. 

Oh iya, Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau ini punya beberapa varian kemasan. Ada 780 ml, 290 ml, 132 ml, dan 65 ml. Harga varian 132 ml itu cuma Rp 2.000. Murah kan?! 

5. Keringkan wadah 

Ini salah satu tahap penting. Setelah dibilas, biarkan air sisa bilasan ditiris terlebih dahulu, lalu lap wadah dengan lap kering. Lap hingga wadah benar-benar kering lalu anginkan ya. 

6. Penyimpanan 

Sebelum menyimpan wadah plastik, pastikan bahwa bagian dalam wadah benar-benar kering. Setelah itu, saya biasa meletakan tissue atau kain lap disposable buat menyerap lembab yang bisa menimbulkan bau. Lalu kita bisa lanjut menyimpan wadah plastik di rak. 

Nggak terlalu sulit kan? Intinya supaya wadah plastik tidak bau, pastikan wadah tersebut tersimpan dalam kondisi kering dan bebas bakteri. 

Perhatikan juga kebersihan spons dan lap yang dipakai untuk mencuci dan mengeringkan wadah ya. Ini penting! Soalnya, percuma juga kalau kita sudah mencuci mati-matian tapi spons yang dipakai ternyata lembab dan penuh bakteri. Itu sih sama saja seperti memindahkan bau ke cucian piring kita. 

Nah, saya punya tips menarik buat membersihkan spons. Kandungan anti bakteri alami yang ada di sabun cuci piring Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau ternyata juga bisa lho untuk membersihkan spons cuci piring kita. 

Begini cara untuk membersihkan spons cuci piring dengan Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau : 

  • Bilas spons dari sisa kotoran, usahakan dengan air mengalir, hingga bersih.
  • Tuang 1 sendok the Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau pada spons, lalu remas untuk meratakan sabun.
  • Setelah itu, letakan spons di wadah yang kering dan bersih selama minimal 4 jam
  • Spons bisa digunakan lagi untuk mencuci. 

Cara-menghilangkan-bau-wadah-plastik

Tahu nggak sih? Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau juga kerap saya pakai buat mencuci lap dapur yang biasanya penuh dengan lemak itu. Ibu-ibu sekalian mungkin juga punya lap dapur yang kita pakai untuk menyeka cipratan minyak saat memasak kan? 

Saya suka jengkel tuh mencuci kain lap itu karena bekas minyaknya susah luruh. Jadi harus dicuci berulang kali. Jadi saya akali dengan memakai Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau

Caranya sederhana saja. Saya campurkan sekitar 2 sendok makan Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau pada air rendaman cucian kain lap yang sudah diberi detergent. Lalu cuci seperti biasa. 

Hasilnya cukup mencengangkan deh. Kain lap jadi lebih bersih. Biasanya saya harus bolak balik mengganti air detergentnya supaya seluruh lemak luruh. Tapi dengan sedikit penambahan Ekonomi Power Liquid Higienis Siwak & Jeruk Limau, lapnya bisa langsung bersih dalam sekali cuci. 

Serbaguna banget sabun cuci piring yang satu ini. Benar-benar #SatuTetesSejutaKebaikan dan sejuta manfaat. Hehehe 

Ekonomi-Power-Liquid-Higienis-Siwak-Jeruk-Limau

Nah silahkan praktikan tipsnya di rumah ya. Dan jangan lupa kabari saya kalau kalian punya tips jitu lain buat menghilangkan bau pada wadah plastik. 

Semoga jadi tambah tahu.

3 comments

  1. wah aku juga pake Ekonomi, wadah jadi bersih dan wangi :D

    ReplyDelete
  2. Dirumahku juga pakenya ekonomi emang recommended banget ni sabun buat urusan membersihkan perabotan dapur paling mantul

    ReplyDelete
  3. wah jadi lebih wangi ya tempat makannya bebas bau..

    ReplyDelete