Review Wardah Lightening Series

Wardah-Lightening-Series

Saat Wardah merilis Lightening Series versi terbaru, saya sempat skeptis. Saya pikir, series ini hanya sekadar “ganti baju”. Dalamannya sih nggak bakal beda. Tapi ternyata saya salah dong… 

Wardah Lightening Series nggak sekadar ganti baju tapi juga membuat formulasi baru untuk menjawab kebutuhan kulit perempuan Indonesia. 

Apa sih yang baru? 

Proteksi dari paparan Blue Light 

Sebelum kita lanjut ke formulasi baru Wardah Lightening Series, saya pengin tahu deh, kalian pada sudah familiar belum dengan blue light

Dari sejumlah sumber yang saya baca, blue light adalah visible light yaitu berupa cahaya tampak dalam spektrum cahaya yang dapat terlihat oleh mata manusia. Blue light ini punya karakter gelombang pendek dan energi yang lebih besar ketimbang spektrum sinar lainnya. 

Pancaran blue light alias sinar biru terbesar sebenarnya berasal dari matahari. Namun komposisi blue light sinar matahari juga bergantung pada waktu, lokasi dan musim. Untungnya sekarang kebanyakan dari kita sudah mulai aware dengan paparan sinar matahari sehingga bisa bisa memproteksi diri dengan sunscreen. 

Tapi sumber blue light ternyata bukan cuma matahari. Pancaran blue light juga bisa kita dapat dari gadget dan lampu LED. Jumlahnya memang tak sebesar blue light dari matahari. Namun dengan kebiasaan kita menggunakan gadget saat ini, resiko blue light yang kita dapat dari pancaran gadget jauh lebih besar ketimbang resiko blue light yang berasal dari matahari. 

Apalagi sejak pandemi, intensitas kita bertatapan dengan gadget makin tinggi. Paparan blue light dalam jangka panjang berpotensi menyebabkan gangguan penglihatan seperti mata kering, tegang, bahkan katarak. 

Sementara itu, paparan blue light juga dapat menembus kulit hingga lebih dalam ketimbang UV. Dan membuat kerusakan dilapisan kulit yang paling dalam. 

Exposure blue light yang berlangsung terus menerus akan membuat kulit kita mengalami penuaan dini, kulit lebih gelap, kusam bahkan beresiko kanker kulit. Seram kan? 

Pada Lightening Series versi terbaru kali ini Wardah menambahkan kandungan Advanced Niacinamide untuk melindungi kulit dari efek blue light. Tidak hanya itu Advanced Niacinamide ini konon juga memiliki formulasi yang lebih mild sehingga bisa bekerja mencerahkan dan melindungi kulit dengan resiko iritasi yang sangat minim. 

Varian produk Wardah Lightening Series lumayan komplit lho, mulai dari produk untuk daily cleansing, weekly cleansing, toner, serum, day cream, night cream hingga produk complexion seperti liquid foundation dan concealer. 

wardah-lightening-series

Wardah Lightening Series 

Sebagai pecinta drama korea yang tiap hari nonton via gadget, saya jadi waswas dengan perlindungan kulit. Ya kebayang nggak sih, terpapar blue light selama lebih dari 10 jam setiap hari. Ngeri aja sih kalau saya jadi kelihatan lebih cepat tua. 

Nah, akhirnya selama sebulan terakhir saya coba deh memakai rangkaian Wardah Lightening Series. Nggak semua saya coba sih, hanya clay mask, whip facial foam, day cream, dan night cream. Plus produk complexion-nya yaitu foundation dan concealer

Yuk kita langsung ulas produknya satu persatu. Seperti biasa, urutan pembahasan dibuat berdasarkan urutan pemakaian ya. 

Wardah Lightening Whip Facial Foam 

Dikemas dalam kemasan tube berukuran 100 ml. Desain kemasannya terkesan clean dengan kombinasi warna putih dan biru langit. Pembersih wajah harian ini diklaim 0% alcohol, memiliki busa 5x lebih halus, dan bisa memberikan efek kulit cerah bercahaya setelah 1 kali pemakaian. 

wardah-lightening-series

Tekstur whip facial foam ini berupa cream yang thick. Cara memakainya simple, cukup tuangkan cream ke telapak tangan, basahi dengan air dan busakan. Nanti akan muncul foam tebal dengan konsistensi yang padat. Setelah itu, usapkan foam ke wajah. 

Oh iya, kalau pakai whip foam ini nggak perlu pijat-pijat wajah seperti kalau kita pakai facial wash biasa ya. Cukup ratakan foam ke seluruh wajah lalu bilas. 

Whip Facial Foam memang ditujukan untuk kulit normal cenderung berminyak, jadi finish di kulit terasa kesat. Biar begitu produk ini nggak bikin kulit terasa ketarik kok, cuma kesat dan bersih aja. 

Wardah Lightening Blue Clay Mask 

Kemasannya tube berukuran 50 gram, dilengkapi dengan tutup flip berwarna putih. Clay mask ini diklaim cocok untuk semua jenis kulit dan disarankan untuk dipakai 1 – 2 kali seminggu. 

wardah-lightening-series

Blue Clay Mask disebut membantu menyerap minyak berlebih dan membantu membuat kulit lebih halus. Dengan pemakaian rutin, clay mask ini juga bisa membantu mencerahkan wajah. 

Tekstur clay mask ini tak jauh berbeda dengan clay mask pada umumnya. Tapi saya merasa tekstur clay-nya cukup halus, berwarna biru dan sangat mudah diratakan. 

Cara pakai : Oleskan masker ke wajah yang telah dibersihkan dengan merata. Diamkan selama 15 menit. Lalu bersihkan masker dengan menggunakan washlap basah atau bilas dengan air. 

Di kulit wajah saya, masker ini sangat lumayan cepat mengering, padahal saya pakai lumayan tebal lho. Ada sedikit sensasi dingin saat dipakai. Aroma masker ini cukup segar tapi samar. Saya nggak pernah merasa terganggu dengan aromanya saat memakai masker ini. 

Efek di kulit setelah dibilas cukup nyaman. Kulit terasa halus dan bersih. Nyaman banget. 

Wardah Lightening Day Cream 

Day cream yang saya pakai ini dikemas dalam tube berukuran 20 ml. Desainnya masih senada dengan produk lain dalam Lightening Series, yaitu kombinasi biru dan putih. 

Day cream ini diklaim cocok untuk kulit normal cenderung kering. Selain mengandung Advanced Niacinamide, day cream ini juga dilengkapi SPF 30 PA +++ dan 0% alcohol. 

wardah-lightening-series

Teksturnya cream dengan warna putih pekat. Sedikit beraroma floral, tapi baunya cukup samar di hidung saya. Oh iya, meski warnanya cukup pekat, dan bertekstur lumayan thick, spreadability day cream ini cukup bagus. Saya nggak mengalami kerepotan saat meratakan krimnya ke wajah. 

Finish day cream ini agak matte ya. Penyerapan ke kulit juga lumayan cepat. Tapi jujur saja, rasanya agak kurang nyaman buat kulit saya yang bertipe normal to oily. 

Wardah Lightening Day Gel 

Ini nih yang saya suka dari Wardah, karena dia menyediakan pilihan varian yang lengkap untuk berbagai jenis kulit. Kalau day cream tadi ditujukan untuk kulit normal cenderung kering, Lightening Day Gel ditujukan untuk kulit normal to oily seperti saya. 

wardah-lightening-series

Dikemas dalam jar plastik doff berwarna biru cerah dengan tutup ulir putih. Jar berukuran 30 gram ini ternyata nggak disebut mengandung SPF. Seperti namanya, tekstur lightening day gel ini berupa gel watery

Warnanya biru muda dan cepat menyerap di kulit Saat dipakai diwajah saya merasakan sedikit sensasi dingin, dan segar. Finish di kulit nggak terasa matte tapi juga tidak berasa berminyak. Seperti nggak pakai apa-apa tapi kulit terasa terhidrasi. Segar aja gitu. Saya suka produk ini. 

Wardah Lightening Night Cream 

wardah-lightening-series

Selain mengandung Advanced Niacinamide, night cream ini diperkaya dengan Licorice Extract. Dikemas dalam tube berukuran 20 ml dan tutup flip putih yang lumayan kokoh, night cream ini diklaim membantu mencerahkan, menutrisi dan melembabkan kulit selama kita tidur. 

Teksturnya sebenarnya lumayan rich tapi tetap terasa ringan di kulit. Saya suka karena night cream ini langsung melted saat dioleskan di kulit. Aromanya segar dan lumayan kuat tapi nggak terlalu nyegrak. Masih di batas ambang aman deh. Night cream ini merasap dengan cepat dan baik di kulit. 

Wardah Lightening Liquid Foundation 

Sebelumnya sudah saya bilang kan, bahwa selain memiliki produk skincare, Wardah Lightening Series ini juga memiliki produk complexion yaitu foundation dan concealer. Kita mulai dari pembahasan liquid foundation dulu ya. 

wardah-lightening-series

Wardah Lightening Liquid Foundation dikemas dalam tube 25 ml berwarna coklat seperti kulit dengan kombinasi tulisan biru dan tutup ulir putih. 

FYI, warna tube liquid foundation ini disesuaikan dengan shade foundation-nya ya. Varian yang saya miliki ini shade 02. Beige, jadi warna tube-nya coklat muda. Ada 3 varian shades lain yaitu 01.Light Beige, 03.Ivory dan 04. Natural

Aplikatornya berbentuk corong yang sangat membantu kita untuk mengontrol pengeluaran produk. Lightening Liquid Foundation diklaim mengandung Micronized Bright Pigment yang berfungsi mencerahkan dan menjadikan kulit terasa lebih halus, serta ada kandungan SPF 30 PA+++ untuk perlindungan dari sinar UV dan vitamin E. 

Tak hanya itu, Lightening Liquid Foundation juga disebut bisa membantu menyerap kelebihan minyak di wajah dan tahan lama hingga 12 jam. Coverage foundation ini medium to high dan finishnya natural matte finish. 

Rasanya masih oke sih, karena sebenarnya saya nggak suka dengan tampilan foundation yang matte. Tapi untungnya Lightening Liquid Foundation ini punya finish yang vivid matte jadi masih kelihatan alami dan segar. Masih ada kesan “basah” dan nggak terlalu bikin kulit kering. 

Sayangnya shade 02.Beige ini kurang sesuai dengan tone kulit saya jadi terkesan ashy. Padahal coveragenya lumayan oke dan teksturnya juga saya suka. 

Untuk klaim tahan hingga 12 jam belum bisa saya buktikan langsung. Karena pemakaian terlama hanya sekitar 6 jam. Itu pun ada sedikit crack di bagian smile line dan bawah mata. Mungkin beda hasilnya kalau pakai bedak atau setting spray. 

Wardah Lightening Liquid Concealer 

wardah-lightening-series

Klaimnya nggak jauh beda dengan Liquid Foundation, yaitu micronized bright pigment, oil absorber, non comedogenic dan tahan lama hingga 12 jam. Coveragenya diklaim medium to high dengan smooth finish. 

Lightening Liquid Concealer ini punya 2 shades yaitu light dan beige. Yang saya punya ini shade light. Kemasannya tube, dengan aplikator doe foot seperti aplikator lip cream yang sebenarnya jadi poin plus buat produk ini karena memudahkan pengaplikasian. 

Desain kemasannya nggak berisik, cuma ada tulisan Wardah Lightening di bagian botol dan di bawahnya tertera keterangan shade. 

Performa concealer ini agak diluar ekspektasi saya sih. Karena meski tampilannya simple, tekstur concealer ini cukup bagus, gampang diblend dan nggak cepat ngeset. Finishnya juga benaran smooth dan natural. Plus coveargenya sesuai dengan klaim, medium to high. 

Concealer ini bekerja cukup bagus buat menutupi bekas jerawat. Tapi untuk bagian bawah mata harus dilayer sih, soalnya bagian bawah mata saya gelap banget. Untuk ketahanan hingga 12 jam sekali lagi belum sempat saya buktikan, karena pemakaian terlama hanya 6 jam. Tapi sejauh ini saya cukup puas kok dengan performanya. 

wardah-lightening-series

Secara keseluruhan Wardah Lightening Series versi terbaru ini sangat layak diapresiasi dan worth to buy terutama untuk produk complexion-nya yang menurut saya punya kualitas oke dengan harga yang sangat terjangkau. 

Sementara itu untuk skincare, saya paling suka dengan Lightening Day Gel dan Lightening Night Cream yang sangat membantu menjaga kelembaban kulit. Kalau untuk efek mencerahkan, jujur saja setelah pemakaian sebulan saya belum merasa perubahan yang berarti. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

No comments