-->

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Agustus 24, 2020

[Review : Syaquina Skincare Basic Glowing] 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Siapa sih yang nggak mau punya kulit wajah glowing seperti Song Hye Kyo? 

Kulit glowing adalah salah satu ciri kulit sehat. Glowing bukan berarti kulit mengkilat karena berminyak ya. Kalau itu mah beda. 

Kulit glowing adalah tampilan kulit yang terlihat lembab, elastis, dan segar. Mirip seperti kulit bayi dan anak-anak itu lho. Ada kesan berkilau di kulit yang bikin si pemilik kulit glowing jadi kelihatan awet muda. 

Diiih… begitu dengar kata awet muda. Mata saya langsung berbinar deh. Seiring dengan pertambahan usia, elastisitas kulit jadi berkurang. Kulit jadi kendur dan terkesan kusam. Kulit saya juga mengalami hal itu. 

Kadang jadi merasa insecure kalau bercermin, lantas melihat pantulan kulit kusam dan wajah penuh dark spot. Kelihatannya kok tua banget ya. Selama melanglang buana di dunia per-skincare-an, saya jadi paham bahwa tujuan akhir perawatan kulit adalah kulit yang sehat. 

Bagaimana cara mengetahui kulit kita sudah sehat atau belum? 

Salah satu tandanya adalah tampilan kulit yang glowing

Tapi yang namanya kulit sehat memang dipengaruhi banyak faktor. Kita harus menjaga asupan nutrisi dan rutin berolahraga. Selain itu perbanyak pula minum air putih dan tinggalkan kebiasaan bergadang. Dan tentu saja lakukan perawatan kulit secara rutin dengan produk yang aman. 

Penting banget lho memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit. Karena kondisi dan jenis kulit tiap orang berbeda, jadi produk skincare yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Walaupun beda, pastikan selalu memakai produk dengan komposisi bahan yang aman ya. 

Syukur-syukur kalau sudah teregistrasi BPOM dan bersertifikat halal. Jadi nggak waswas kalau ingin dipakai dalam jangka waktu panjang. 

Syaquina Skincare 

Sekitar 2 minggu lalu, saya mulai mencoba rangkaian Syaquina Skincare. Ini brand skincare lokal. Produknya diformulasikan oleh dokter agar aman untuk pemakaian jangka panjang. Tentu saja, Syaquina Skincare juga telah teregistrasi BPOM dan mengantongi sertifikat halal. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Kalau dicek di akun instagram @syaquinaskincare dan official store shopee.co.id/syaquina.official, brand skincare ini merilis beberapa varian skincare series. Ada rangkaian produk untuk kulit berjerawat, ada brightening series dan glowing series

Saya memilih Glowing Series karena, menurut saya, itu yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit yang mengalami masalah penuaan. 

Syaquina Skincare Basic Glowing Series 

Syaquina Skincare Basic Glowing Series terdiri dari 4 jenis produk. Ada facial wash, toner, day cream dan night cream. Tapi untuk tahap awal, saya skip dulu toner-nya. Nanti kalau kerasa cocok baru rencana purchase toner juga. 

Oh iya, yuk kita kenalan dengan 3 hero ingredients yang terkandung dalam produk-produk Syaquina Skincare Basic Glowing Series

1. Tranexamic Acid 

Disebut juga asam traneksamat. Sebelumnya sudah sangat popular di dunia medis. Biasa digunakan sebagai obat untuk mengurangi atau menghentikan pendarahan pada pasien operasi. 

Belakangan, Tranexamic acid diketahui juga memiliki manfaat buat kulit. Asam ini berfungsi meratakan warna kulit. Selain itu tranexamic acid juga bisa mengatasi hiperpigmentasi dengan menghambat melanogenesis sehingga membuat kulit lebih cerah. 

2. Fermented Camel’s Milk 

Ini kali pertama saya mencoba skincare berbahan susu unta terfermentasi. Kalau untuk skincare berbahan susu sapi atau kambing sih sudah banyak ya. Nah, kalau susu unta, kelihatannya unik banget ya. 

Ternyata susu unta memiliki manfaat perawatan kulit yang nggak kalah ciamik lho. Susu unta mengandung natural alpha hydroxyl acid (AHA) yang membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dengan lembut. 

Tidak hanya itu, sejumlah jurnal kesehatan juga menyebut bahwa susu unta memiliki kandungan vitamin dan lanolin. Lanolin sendiri dikenal pelembab kulit yang baik dan sangat bermanfaat buat mengatasi kulit kering, gatal dan bersisik. 

3. Acid Honey 

Memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. 

Oke, kita langsung ulas 3 produk Syaquina Skincare Basic Glowing Series yang saya coba ya. Diurutkan berdasarkan urutan pemakaian. 

Syaquina Skincare Basic Glowing Facial Wash 

Diklaim sebagai pembersih wajah bebas SLS/SLES. Aman dipakai oleh ibu hamil dan menyusui serta baik untuk segala jenis kulit, termasuk untuk kulit kering dan sensitif. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Facial wash ini dikemas dalam botol plastik putih berukuran 100 ml. Dilengkapi aplikator pump dan tutup plastik bening. 

Desain kemasan cukup simple. Hanya ada nama brand dan nama produk dibagian depan. Sementara bagian belakang tertera keterangan produk, cara pakai dan komposisi. Yang unik, selain dituliskan dalam bahasa Indonesia, keterangan itu juga tertulis dalam huruf arab. 

Facial wash basic glowing memiliki tekstur watery gel berwarna putih keruh. Aromanya lembut, ada sedikit aroma vanilla. Facial wash ini sama sekali tidak berbusa. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Saya biasanya pakai dua kali sehari, pada pagi dan malam. Karena sabun ini tidak berbusa, biasanya saya keluarkan sekitar 2 pump untuk diratakan diseluruh wajah. Uniknya, meski tidak memiliki busa, saat diaplikasikan dikulit, sabun ini kerasa licin. Setelah dipijat agak lama di kulit, baru perlahan-lahan terasa kesat. Tapi begitu dibilas, kulit langsung terasa lembab. 

Sungguh. Ini pengalaman baru buat saya. Sepertinya baru kali ini merasakan facial wash dengan sensasi seperti ini. Unik. 

Syaquina Skincare Basic Glowing Day Cream 

Diklaim bermanfaat buat mengatai kulit kusam, flek dan bekas jerawat. Membantu melembabkan, meremajakan dan meratakan warna kulit. Day Cream ini juga dilengkapi SPF 30 PA +++ untuk melindungi kulit dari sinar matahari. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Selain mengandung 3 hero ingredients yang disebut diatas, Syaquina Basic Glowing Day Cream juga mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) lamellar water gel, Tocopherol (Vitamin E), dan Aloe Vera Leaf Extract

FYI, AHA Lamellar Water Gel merupakan sebuah metode teknologi yang membuat AHA terlepas secara perlahan di kulit. Dengan teknologi lamellar, performa AHA pada kulit bisa jadi lebih maksimal. Proses eksfoliasi berjalan lambat dan lembut karena AHA terlepas secara perlahan selama 24 jam. Hasilnya, resiko iritasi bisa diminimalisir dan membuat kulit kelihatan lebih cerah, sehat dan kenyal. 

Sementara itu Tocopherol memiliki kadar antioksidan tinggi yang baik meremajakan kulit wajah dan melindungi kulit dari radikal bebas. Aloe Vera Leaf Extract membantu memberi kelembaban dan hidrasi pada sel kulit. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Syaquina Skincare Basic Glowing Day Cream dikemas dalam jar putih berukuran 10 gram. Sebenarnya isisnya ada 12 gram sih karena ada extra 20%.  Desainnya serupa dengan facial wash, simple. Keterangan produk, cara pakai dan komposisi tertera dibagian bawah jar. 

Dibagian dalam kemasan ada tutup mika dan mini spatula untuk mengambil produk. Saya sangat mengapresiasi penambahan detail kecil berupa mini spatula pada kemasan day cream ini. Memudahkan kita saat mengambil produk, sekaligus menjaga produk tetap higienis. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Tekstur day cream berupa krim pekat berwarna putih. Meski kelihatan sangat pekat, saat diaplikasikan, tekstur krim ini sangat ringan. Mudah diratakan dan meninggalkan kesan “basah” pada kulit. Kemampuan serap di kulit sangat bagus. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Biasanya saya pakai day cream setelah tahapan serum. Namun selama pemakaian produk ini saya skip tahapan serum supaya bisa lebih objektif menilai hasilnya. Setelah dipakai, kulit terasa sangat lembab dan kelihatan glowing. Bagus banget, saya suka! 

Bagi para pemilik kulit normal, pemakaian krim ini sepertinya bisa menghemat pemakaian serum terutama yang bersifat hydrating. Karena day cream ini sudah terasa cukup melembabkan. Tapi buat mereka yang memiliki kulit kering atau masalah penuaan seperti saya, pemakaian serum tetap diperlukan. 

Syaquina Skincare Basic Glowing Night Cream 

Ini produk favorit saya! 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Selain memiliki kandungan Moderate dose AHA lamellar water gel, tranexamic acis, fermented camel’s milk, dan acid honeySyaquina Skincare Basic Glowing Night Cream juga mengandung Ethyl Macadamiate

Ethyl Macadamiate merupakan produk turunan dari Macadamia ternifolia seed oil yang berfungsi sebagai emollient dan skin conditioning agent. Kandungan ini membuat kulit terasa lebih lembut dan kenyal. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Kemasan Syaquina Skincare Basic Glowing Night Cream tak jauh berbeda dengan Syaquina Skincare Basic Glowing Day Cream. Hanya keterangan di bagian depan jar yang membedakan. Kalau nggak jeli, jadi gampang tertukar antara day cream dan night cream-nya. 

Bagian dalam jar Syaquina Skincare Basic Glowing Night Cream juga dilengkapi tutup mika dan mini spatula. Teksturnya berupa light cream dengan warna yang tidak terlalu pekat. Teksturnya lebih lembut dan halus ketimbang Day Cream. Tidak ada aroma menyolok dari krim ini. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Syaquina Skincare Basic Glowing Night Cream juga sangat mudah diratakan di kulit. Terasa lumer saat diaplikasikan ke kulit dan mudah diserap. Efek glowing pasca pemakaian tidak secanggih day cream, tapi sensasi lembab di kulit berasa lebih nampol ketimbang day cream. 

Makanya saya suka banget. Nyaman banget dipakai semalaman. Dan pagi harinya, kulit kelihatan kenyal dan lembut, Enak banget. 

Rekomendasi Skincare yang Bikin Kulit Wajah Glowing

Kesan selama pemakaian 

Setelah pemakaian rutin selama 2 minggu, sekarang waktunya memberi ulasan. 

Menurut saya, efek glowing yang didapat dari rangkaian Syaquina Skincare Basic Glowing Series memang nggak instan. Saya baru merasa kulit jadi sedikit lebih cerah setelah 2 minggu pemakaian. 

Tapi nggak masalah. Karena efek melembabkan, memperbaiki tekstur kulit bisa langsung dirasakan di kulit saya yang normal to oily setidaknya setelah hari ketiga pemakaian. Kulit memang terasa jauh lebih sehat. 

Oh iya, Syaquina Skincare Basic Glowing Series ini juga sangat membantu untuk menyamarkan bekas jerawat lho. Saya ingat, diawal pemakaian dulu, saya memiliki satu jerawat besar di pipi yang sedang dalam tahap penyembuhan. 

Dan selama pemakaian Syaquina Skincare Basic Glowing Series, bagian bekas jerawat itu saya oleskan day cream dan night cream juga. Hasilnya, bekas jerawat lebih cepat tersamarkan lho. Tekstur di bekas jerawatnya juga rata. Nggak ada scar atau benjol gitu. Suka banget deh. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

0 comments