5 Fashion Item Bergaya Etnik yang Wajib Punya

5 Fashion Item Wajib Punya buat Penampilan Bergaya Etnik
Gaya etnik buat tampilan sehari-hari?
 

Dulu, saya merasa ethnic look terkesan too much, alias berlebihan, buat daily outfit. Boleh jadi anggapan ini muncul karena saya terpengaruh stereotype bahwa motif batik, tenun dan kain-kain etnik lainnya hanya cocok dipakai oleh “orang tua”. 

Tapi ternyata nggak juga lho. 

Sentuhan etnik yang tepat malah bisa bikin tampilan kita terlihat modern sekaligus unik. Kekayaan kain nusantara yang kaya motif, corak dan jenis bisa diibaratkan harta karun yang tak akan habis buat digali.  

Saya lihat banyak fashion influencer dan desainer yang memasukkan unsur etnik dalam gaya busana mereka. Hasilnya, gaya mereka jadi keren banget dan sangat fashionable! Nggak terkesan “tua”.Yah, tergantung cara padu padannya aja. 

Tapi saya nggak suka tampilan yang terlalu ramai. Saya suka pakaian yang polos-polos aja, gimana dong? 

Nah, kalau ada yang mikir seperti ini, berarti kita sama. Signature style saya sebenarnya adalah classic style. Alih-alih memakai pakaian beragam motif, saya lebih suka cari aman dengan memakai pakaian polos. Selain lebih mudah dipadu padan, classic style juga bisa saya pakai di berbagai situasi. Jadi bisa lebih menghemat budget

Biar begitu, adakalanya saya ingin tampil beda saat hangout dengan teman-teman. Adakalanya pula acara yang saya hadiri menuntut dresscode dengan sentuhan tradisional. Jadi gimana dong? 

Tenaaaang. Gaya etnik nggak memaksa kita untuk memakai kain dan aksesoris etnik dari ujung kaki sampai ujung rambut kok. Cukup tambahkan satu atau dua fashion item bergaya etnik, sudah bisa mengubah keseluruhan look kita. 

Apa saja sih fashion item bergaya etnik yang wajib kita punya? 


Ini daftarnya: 

1. Sepatu etnik 

Yuk kita mulai list ini dengan sepatu etnik. 

Lha kenapa sepatu? Kan sepatu pakainya di kaki. Jarang juga ada orang yang notice

Eh, jangan salah. Meski sepatu ada di bawah, fashion item yang satu ini sering kali mencuri pehatian lho. Apalagi kalau sepatu dengan motif kain etnik nusantara yang unik. Pasti bisa bikin style kita kelihatan beda deh. 

Sekarang ini, ada banyak sepatu karya anak Indonesia yang memberikan sentuhan kain etnik pada produk mereka. Salah satu brand sepatu etnik yang paling saya suka saat ini adalah The Warna

sepatu etnik the warna

Sebenarnya saya tahu brand ini sejak beberapa tahun lalu, saat beberapa teman memakainya saat kami ngumpul bareng. Saya tengok, kok modelnya lucu ya. Sentuhan kain etniknya juga pas banget. Kelihatannya perancang The Warna ini mikirin banget perpaduan warna dan motif karyanya. Jadi sepatunya bisa kelihatan cakep dilihat mata. 

Dulu, kebanyakan sepatu yang diproduksi The Warna bermodel flat shoes yang girly gitu. Makanya saya urung terus mau beli. Eh, tapi sekarang TheWarna ternyata juga mengeluarkan model sneakers

Salah satunya seperti yang saya miliki ini. Ini sneakers The Warna Gauri Series. Saya pilih Gauri Cream dengan sentuhan tenun jepara. Bagian alasnya dari karet berkualitas baik, jadi nggak licin. Bagian insole-nya juga empuk dan nyaman buat daily activity


sepatu etnik the warna

sepatu etnik the warna


Pengemasan sepatu The Warna juga bagus. Selain dilengkapi dus, sepatu The Warna dikemas lagi dalam dusty bag yang bisa kita pakai ulang buat menyimpan sepatu ini di rak sepatu. Jadi lebih terlindungi dari debu dan jamur. 

Sneakers Gauri dari The Warna ini sudah seperti item wajib kalau saya lagi pengin tampil gaya. Suka banget dengan perpaduan kain kanvas dan tenun yang senada. Cakep gitu. 


sepatu etnik the warna

sepatu etnik the warna

Sepertinya setelah ini saya bakal nambah koleksi The Warna lagi deh. Mungkin pilih yang  model heels gitu, lucu juga kali ya. Oh iya, selain sepatu model sneakers ini, The Warna masih punya banyak koleksi lain yang bisa dilihat di website resmi mereka, www.thewarna.com atau intip instagram @thewarna. 

2. Scarf Etnik 

Scarf adalah fashion item berikutnya yang perlu kita miliki untuk bergaya etnik. Scarf bisa berupa kain batik, tenun atau lurik. 

5 Fashion Item Wajib Punya buat Penampilan Bergaya Etnik
Scarf etnik koleksi Itang Yunaz x Katonvie (sumber foto : hijab.dream.co.id)

Scarf etnik bisa kita lilitkan di leher seperti biasa, bisa juga dimanfaatkan untuk bandana, turban, jilbab, atau kemben. Bahkan scraf yang berukuran agak lebar bisa juga kita manfaatkan sebagai vest atau outer. Tinggal ikat ikat sedikit, jadi deh. Multifungsi banget kan? 

Sebaiknya miliki beberapa scarf etnik dengan warna dan motif yang berbeda. 

3. Outer Etnik 

Penambahan outer etnik, bisa mengubah total look dari style berpakaian kita. Sweater hitam dan celana hitam ala Steve Jobs yang biasanya jadi andalan kita, bisa langsung kelihatan beda dengan tambahan poncho etnik. 
5 Fashion Item Wajib Punya buat Penampilan Bergaya Etnik
Koleksi Batik Etnik Craft (sumber : zilingoshopping.id)

Kalau kurang suka memakai poncho yang terlalu lebar, kita bisa memilih outer jenis vest atau cardigan berbahan kain etnik. 

4. Kalung Etnik 

5 Fashion Item Wajib Punya buat Penampilan Bergaya Etnik
sumber foto : qlapa.com

Kalung etnik selalu identik dengan ukuran yang besar, dan penuh ornamen. Itu sebabnya kalung etnik masuk daftar item wajib punya kalau kita ingin bergaya etnik. Seperti sepatu etnik, kalung etnik juga bisa dipakai buat outfit bergaya casual maupun resmi. 

Sebaiknya pilih kalung etnik monochrome sebagai padanan busana etnik bermotif ramai. Sementara itu untuk gaya casual atau santai, kalung etnik dengan ornamen warna-warni bisa bikin penampilan kita lebih eyecatching. 

5. Tas Etnik 

Tas etnik adalah item berikutnya yang wajib kita punya. Selain fungsional karena bisa dipakai buat penyimpanan barang, tas etnik juga bisa bikin tampilan kita kelihatan lebih kece. 

Saat ini ada banyak pilihan kain berbahan kain nusantara. Ada yang full menggunakan kain nusantara seperti batik, tenun dan songket, adapula yang memadukan kain etnik dengan kulit. 
Fashion item buat penampilan etnik

Untuk daily use, kita bisa pilih model tas yang berukuran sedikit besar dan model sederhana. Sementara untuk tas etnik cantik buat acara khusus, kita bisa memilih tas dengan tambahan ornamen batu alam atau manik-manik. 

The Warna juga punya koleksi tas etnik yang lucu-lucu lho. Kebanyakan model tas The Warna ini simple, cocok buat dipakai sehari-hari. Serunya lagi, beberapa series tas The Warna juga dibuat seragam dengan sepatunya. Jadi kita bisa memakai tas dan sepatu dengan motif kain etnik yang senada. Pasti tambah kece! 


Nah, kalau menurut kalian gimana? 

Trend gaya etnik sampai saat ini masih banyak penggemar lho. Bisa dibilang trend ini nggak bakal ada matinya deh. 

Jadi nggak ada salahnya nabung beli fashion item bergaya etnik dari sekarang. Nggak perlu beli yang banyak atau mahal kok. Cukup punya 5 fashion item ini, padu padankan dengan fashion item lain yang kamu punya, dan hasilnya bisa bikin tampilan beda banget lho. 

Yang lebih penting lagi, dengan memakai fashion item etnik nusantara ini, kita juga sekaligus ikut melestarikan kain-kain dan aksesoris khas Indonesia. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

1 comment

  1. Selera kita hampir sama, Mak.. Aku juga sukanya baju-baju polos gitu. Tapi biar ngga monoton, masa dari ujung kepala sampai ujung kaki polosan semua ya kan, akhirnya aku mainin di kaki. Maksudnya, pilih sepatu yang ada motifnya, gitu.

    Aku juga suka The Warna, btw, tapi aku belum punya sneakers-nya. Kapan-kapan harus beli deh kayaknya.

    ReplyDelete