-->

Begini Cara Pendaftaran Pasien di RS JIH Solo

November 28, 2019

Apa yang bikin saya malas berobat atau memeriksakan diri ke rumah sakit? 

Penyebab utamanya adalah antrian pasien yang super panjang. 

Berobat atau memeriksakan diri ke rumah sakit kadang membutuhkan waktu sama lamanya dengan mengurus pembuatan SIM. Bisa makan waktu seharian penuh.

Bayangkanlah kita dalam keadaan sakit, butuh rebahan tapi karena harus berobat terpaksa antri lama untuk mendapat giliran periksa. Belum lagi antrian saat mau mengambil obat dan mengurus administrasi pembayaran. Benar-benar bisa makan waktu seharian. Buat orang sehat, menunggu seharian saja sudah melelahkan apalagi buat orang yang sakit kan?

Mengantri menunggu giliran periksa nggak bakal terasa setersiksa itu kalau kita memeriksakan diri di RS JIH Solo. Karena rumah sakit yang berlokasi di Jajar, Laweyan, Surakarta ini memiliki sistem pendaftaran pasien yang rapi dan sistematis.

FYI, Rumah Sakit JIH Solo merupakan rumah sakit premium cabang dari RS JIH Yogya yang telah berdiri sebelumnya. Rumah sakit yang mengedepankan nilai-nilai keislaman ini sebenarnya sudah melakukan soft opening sejak 12 September 2019. Tapi grand opening-nya baru dihelat pada 9 November 2019. Bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi, 12 Rabi’ul Awal. Momentum ini diharapkan menjadi hari bersejarah yang baik untuk RS JIH Solo

Pelaksanaan grand opening RS JIH yang dilangsungkan di Auditorium Bustanil Arifin RS JIH Solo tersebut berlangsung meriah. Dihadiri oleh sekitar 600 undangan dari kalangan praktisi kesehatan, stakeholder, sejumlah pejabat dan media. Dalam sambutannya, Direktur Utama RS JIH Solo, dr Didit Novianto Sp.PD FINASIM mengatakan RS JIH Solo memiliki visi sebagai rumah sakit pilihan berbasis keislaman yang rahmatan lil’alamin dan mengedepankan layanan profesional dan modern. 


Acara grand opening tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh undangan, dilanjutkan lantunan ayat suci Al-Quran dan pembacaan doa. Prosesi penandatanganan prasasti oleh Ibu Bustanil Arifin dan penyiraman pohon harapan sebagai simbol ceremonial launching menandai peresmian operasional RS JIH Solo. Penyiraman pohon harapan sendiri mengandung harapan agar Rumah Sakit “JIH” Solo dapat tumbuh berkembang, semakin maju dan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Solo Raya



Nah, untuk penjelasan lebih lengkap mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia di RS JIH bisa dibaca di Berkunjung ke Rumah Sakit JIH Solo 

Cara pendaftaran pasien di RS JIH Solo 

RS JIH menyediakan beberapa cara pendaftaran pasien untuk pemeriksaan di poli spesialis atau rawat jalan.

  1. Telepon, pendaftaran pasien bisa dilakukan melalui telepon (0271) 7469 100
  2. Whatsapp atau SMS, pendaftaran dilakukan melalui whatsapp atau SMS ke 081-1500-805. Dengan format : Daftar/TanggalKunjungan/Nama/TanggalLahir/Dokter Spesialis/Penjamin Pribadi atau Asuransi
  3. Online, melalui http://www.rs-jih.co.id/rsjihsolo/ Untuk mendaftar melalui web, pasien bisa langsung mengklik bagian “cari dokter”. Setelah tampilan profil dokter pilihan, pasien bisa melanjutkan dengan klik bagian “appointment”. Jangan lupa sebelumnya lakukan login dulu dengan mengisi data berupa nama, tanggal lahir di www.rs-jih.co.id/login 
Setelah mendaftar, kita juga bisa mengecek nomor antrian. Caranya dengan mengklik bagian”Info Antrian.”  Setelah masuk ke laman info antrian, kita cukup memilih nama dokter, lalu sistem akan secara otomatis menunjukan urutan pasien yang akan diperiksa selanjutnya.


Untuk daftar nama dan jadwal dokter bisa dicek disini ya.

Menurut Direktur Operasional & Keuangan RS JIH Solo, Anang Rachmadi, ST, MM, yang disampaikan dalam keterangan pers seusai acara grand opening lalu, antrian pasien yang terlalu penuh sebenarnya tidak layak. Itu sebabnya, RS JIH Solo membuat sistem pendaftaran dan layanan info antrian secara online agar pasien tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di rumah sakit. “Jangan heran kalau lihat antrian disini terkesan lengang atau sepi. Kami memang mengupayakan agar ruang tunggu tidak terlalu penuh dengan pasien. Jadi pasien yang datang bisa langsung masuk ruang periksa, lalu langsung berganti dengan pasien berikutnya. Jangan sampai mereka menunggu terlalu lama,” jelas dia.


Selain itu, untuk menambah kenyamanan pasien yang antri, ruang tunggu juga sengaja di setting senyaman mungkin. Bahkan ruang tunggu di Poli Ibu & Anak dirancang selayaknya coffee shop agar lebih nyaman.

Begini alur pendaftaran pasien di RS JIH Solo


Selain pendaftaran pasien poli spesialis kita kita bisa melakukan pendaftaran untuk Medical Check Up, Fisioterapi dan Radiologi.

  • Pendaftaran Medical Check Up dapat dilakukan dengan cara datang langsung atau reservasi via telepon di nomor 0271-7469 100 Ext 8417 atau via whatsapp 0811500 805.
  • Pendaftaran Fisioterapi dapat dilakukan dengan datang langsung mulai pukul 07:00 WIB atau melalui telepon di nomor 0271-7469 100 Ext 8416 mulai pukul 09:00 WIB.
  • Pendaftaran Radiologi dapat dilakukan dengan datang langsung atau via telpon melalui 0271- 7469 100 ext 8437, khusus untuk tindakan CT-scan, USG, HSG dan Colon Inloop harus melakukan perjanjian minimal satu hari sebelumnya. Radiologi dapat dilakukan dengan pengantar dari dokter. 


Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

0 comments