-->

Skin Journaling, Perlu Nggak Sih?

Juni 24, 2019

how to start a skin journaling
Skin journal adalah catatan pribadi yang menuliskan seluk beluk permasalahan kulit kita. 

Skin care apa yang pernah kita pakai, treatment kulit apa yang pernah kita lakukan. Lalu, bagaimana reaksi kulit kita terhadap skin care atau treatment tertentu bisa kita curahkan dalam skin journal. Bahkan siklus haid dan makanan-makanan yang kita tengara menyebabkan masalah kulit juga boleh kok dituliskan di skin journal.

Pertanyaan berikutnya, perlu nggak sih membuat skin journal? 

Nah, kalau ini jawabannya bisa bervariasi. Tapi kalau Anda sama seperti saya yang gemar berpetualang skin care, yang suka mencoba beraneka macam skin care. Pindah dari satu toner ke toner lain. Coba serum A, B, C, atau doyan gonta ganti krim perawatan. Maka, sepertinya Anda juga perlu membuat skin journal ini.

Atau misalnya Anda sedang mengalami masalah kulit yang pelik banget, skin journaling bisa memudahkan kita untuk lebih mengenal kulit sendiri dan mencari tahu produk yang tepat untuk kulit. Sehingga di kemudian hari, catatan dalam skin journal bisa jadi panduan buat merawat kulit. Bahkan kalau Anda bukan petualang skin care pun, skin journaling akan sangat membantu lho dalam melakukan perawatan kulit

Manfaat Skin Journaling 

1. Skin journal, membantu kita mengenali kulit sendiri. Jadi, kita lebih paham karakter kulit kita ini seperti apa.

Seperti saya misalnya, kulit wajah saya masuk kategori normal to oily. Makanya, skin care dengan tekstur yang terlalu creamy sering bikin masalah pada kulit karena tidak bisa terserap sempurna. Kok bisa tahu? Ya karena ada skin journal.

Berdasarkan catatan skin journal itu, saya jadi menyadari bahwa setiap kali memakai produk yang teksturnya krim pekat, tidak lama pasti muncul jerawat. Itu sebabnya, alih-alih memakai krim, saya lebih memilih mengaplikasikan beragam toner, serum atau essence yang lebih mudah diserap kulit.

2. Membantu mengenali produk skin care yang cocok dengan kulit. 

Membuat catatan tentang perkembangan kulit saat memakai skin care tertentu membantu kita untuk mengenali apakah produk tersebut cocok untuk kulit kita atau tidak. Malah akan lebih bagus kalau kita juga mencatat bahan-bahan aktif yang terkandung didalamnya. Sehingga kita bisa tahu seperti apa efek skin care tersebut pada kulit.

Catatan ini bisa jadi bahan pertimbangan penting saat kita mau mencoba produk skin care di kemudian hari. Jadi, kita tidak membeli skin care hanya berdasarkan review bagus para skin care guru dan beauty blogger/vlogger. Penting nih buat diingat, kulit tiap orang memiliki karakter yang berbeda. Jadi, kalau si A cocok pakai produk tertentu, bukan berarti produk itu juga bisa manjur buat kulit kita.

Bagaimana Cara Memulai Skin Journaling ? 

Kita bisa membuat skin journal dengan konvensional, menulis dalam sebuah jurnal. Serunya, skin journal seperti ini, kita bisa mengkreasikannya menjadi scrap book. Diberi gambar, ditambah sticker atau diberi potongan struk atau foto kita.

skin journaling

Atau bisa juga membuat jurnal online. Wujudnya bisa berupa blog atau memanfaatkan aplikasi seperti notepad pada smartphone. Jurnal seperti ini memang lebih praktis dan bisa kita isi dimana saja, kapan saja.

Lalu mulai dari mana?
  1. Mulailah dengan membuat catatan tentang kondisi terkini kulit kita. Dimulai dari gambaran besar lalu di-breakdown dengan menuliskan penyebab dan catatan kecil. Misal, saat ini wajah sedang breakout. Buat detail ada jerawat atau brutusan dibagian wajah sebelah mana. Jenis jerawatnya seperti apa, dan skin care apa yang sedang dipakai. 
  2. Tuliskan perkembangan kulit secara detail, terutama bila kita sedang mencoba skin care baru atau mengalami permasalahan kulit. 
  3. Skin journal akan lebih baik kalau diisi setiap hari, atau kalau malas, ditulis seminggu sekali pun tidak apa. Asalkan semua catatannya tertulis detail. 
  4. Nah kalau mau lebih akurat lagi memantau perkembangan kulit bisa juga pakai aplikasi skin analisis seperti Trove Skin

Tentang Trove Skin 

Disclaimer : Ini bukan endorse ya, cuma mau kasih saran aja. Pasalnya sampai sekarang saya pun belum menemukan aplikasi skin analysis lain yang semurah dan sepraktis Trove Skin. 
trove skin for skin journaling

Trove Skin adalah aplikasi skin analysis online. Saya sudah berkali-kali memanfaatkan aplikasi ini saat baru mencoba produk skin care. Dan terbukti aplikasi ini memudahkan  saat saya membuat review produknya di blog, karena analisa kulitnya lebih objektif.

Oke balik lagi ya. Jadi Trove Skin bekerja dengan memanfaatkan foto selfie kita. Aplikasi ini melakukan analisa kerutan, pigmentasi dan macam-macam masalah kulit lainnya. Dengan parameter itu, Trove Skin nanti akan memberikan penilaian analisa kulit dalam bentuk skin age dan skin score secara keseluruhan.

Caranya gampang banget kok.

  1. Setelah mengunduh dan melakukan registrasi, kita bisa klik menu skin analysis yang tersedia di ikon kamera pada menu bar dibagian bawah. 
    trove skin
  2. Lalu pilih new analysis. 
    trove skin
  3. Setelah itu lakukan selfie sesuai dengan petunjuk. Sesuaikan dengan template yang tersedia ya. Di fitur ini sudah ada template untuk wajah, mata, dan mulut. Pastikan juga saat melakukan selfie: wajah kita tidak tertutup bayangan, arah cahaya dari depan, dan jangan sampai ada rambut yang menutupi bagian wajah. Lebih bagus lagi kalau backgroundnya polos. 
    trove skin

  4. Lakukan selfie dalam kondisi bare face ya, supaya hasilnya lebih akurat. Kalau mau selfie setelah cuci muka, jangan lupa untuk keringkan wajahnya dulu, karena sisa air diwajah membuat pantulan cahaya dan hasilnya jadi kurang akurat juga. Sekadar informasi, aplikasi ini lumayan sensitif dengan cahaya dan rambut yang berada di wajah. Kalau ada rambut yang menutupi bagian wajah, Trove Skin akan menerjemahkannya sebagai kerutan. 
    trove skin
  5. Setelah selfie, klik tombol analyse now. Dan aplikasi akan secara otomatis melakukan analisa kulit. 
    trove skin
    trove skin


Menurut saya, aplikasi Trove Skin ini sangat membantu kita dalam membuat skin journal karena hasil analisa kulit juga secara otomatis tersimpan disana. Kita bisa melihat rekam jejak analisa kulit kita dalam skin diary. Selain itu, kalau ingin membuat perbandingan before-after juga bisa dilakukan dalam beberapa kali klik saja.

trove skin

Dalam Trove Skin kita juga bisa menambahkan skin care apa yang sedang kita pakai. Cukup dengan menambahkan foto skin care, masukan tanggal pertama kali memakai produk, tanggal kadaluarsa, nama brand skin care, harga produk hingga foto komposisi produk. Kalau mau menambahkan catatan seperti kondisi kulit kita saat awal pemakaian juga bisa. Praktis lah kalau mau bikin skin journal melalui aplikasi ini.

trove skin
Mungkin ada yang masih belum ngeh sebenarnya kulit saya termasuk jenis kulit apa ya?
Nah Trove Skin juga membantu kita buat mengenal jenis kulit kita sendiri. Cukup menjawab beberapa pertanyaan singkat saja, nanti aplikasi secara otomatis bakal menyimpulkan jenis kulit kita.

trove skin
trove skin

Lalu selanjutnya, Trove Skin juga akan memberi saran skin care routine yang sesuai untuk kulit kita. Misalnya seperti ini:
trove skin
trove skin

trove skin

Sudah begitu, Trove Skin ini baik banget karena sering memberi reminder dan tips kesehatan kulit untuk kita setiap hari. Seperti harus minum air, kudu olahraga dan saran kecantikan lainnya.

Oh iya, satu hal lagi yang saya suka dari Trove Skin adalah karena kita juga bisa mengumpulkan point melalui analisa kulit dan mengikuti challenges atau survey. Kalau sudah terkumpul banyak, poinnya nanti bisa ditular dengan voucher produk skin care. Lumayan kan?

trove skin

Karena sudah banyak bahas pros-nya rasanya nggak fair ya kalau saya nggak menyebutkan cons-nya. Yang saya sayangkan dari aplikasi ini adalah dia suka macet kalau sinyalnya lagi nggak lancar. Yaah namanya juga aplikasi online ya kendalanya sinyal. Tapi ni aplikasi emang rada manja, karena cuma mau kerja kalau sinyalnya pas supeeerrrr lancar. Kan kesal ya, sudah selfie dan klik analisa ternyata hasilnya nggak mau muncul.
trove skin

 Kalau mau coba mulai bikin skin journal dengan Trove Skin, aplikasinya bisa langsung diunduh di Google Playstore atau Appstore. Gratis kok.

Saya pribadi sih, lebih suka bikin skin journal di Trove Skin ini karena ada fitur analisa kulit yang hasilnya lebih akurat. Ya kan? Selain itu, kalau mau bikin catatan tentang reaksi kulit saat memakai skin care tertentu juga nggak ribet karena sudah ada fiturnya juga. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

You Might Also Like

25 comments

  1. Woh,ada aplikasi juga toh untuk mendeteksi kondisi kulit kita, jadi pengen lsg unduh juga, hehehe....karena saya tahu kulit saya termasuk yang sensitif sama obat-obatan dan krim :((

    BalasHapus
  2. Aku baca dari awal sampe akhir, akhirnya ketemu juga yang aku NOTED Trove Skin aplikasi..sejujurnya aku ga sedetail itu mba meski aku juga suka gonta ganti skin care hahaha..

    baca ulasan ini seperti memberikan insight iya juga yah mengenali kulit sendiri sehingga bisa kasih treatment yang tepat ya mb Wid. Aku jadi pengen unduh Trove Skin memang sih aplikasi gini pasti kelemahannya kalau sinyal ga bae wasalam :D

    BalasHapus
  3. Aku baca dari awal sampe akhir, akhirnya ketemu juga yang aku NOTED Trove Skin aplikasi..sejujurnya aku ga sedetail itu mba meski aku juga suka gonta ganti skin care hahaha..

    baca ulasan ini seperti memberikan insight iya juga yah mengenali kulit sendiri sehingga bisa kasih treatment yang tepat ya mb Wid. Aku jadi pengen unduh Trove Skin memang sih aplikasi gini pasti kelemahannya kalau sinyal ga bae wasalam :D

    BalasHapus
  4. Waah telaten bgt ya rutin bikin skin journaling...
    Baru tahu ada aplikasi yg helpful bgt buat menganalisis kondisi kulit kita...
    Keren yaa
    Ga harua konsultasi ke ahli kecantikan cukup di gadget hihi...
    Will try

    BalasHapus
  5. Wah nggak kepikiran nih bikin skin journal. Tapi keren ya ada aplikasinya segala, jadi bisa nih nyoba pakai aplikasi Trove Skin untuk mengetahui jenis kulit dan kebiasaan saya ganti-ganti merk skin care, hihii

    BalasHapus
  6. wah. wah.. boleh dicoba nih.. macam punya dokter kulit pribadi yak.. menganalisa sekaligus ngasi solusi dan bisa dikonsulkan perkembangannya.. topp

    BalasHapus
  7. Wah aku mau otw download Troveskin mbak soalnya menurutku menuliskan jurnal tentang keadaan kulit wajah kita saat ini sangat penting. Apalagi kalau usia semakin bertambah dan skincare andalan udah ga bisa menutrisi kulit wajah kan galau banget mau pindah skincare 😁

    BalasHapus
  8. Wah, beneran baru tau lho aku ada aplikasi yang bisa digunakan sebagai skin journal. Selama ini ya udah asal nyobain aja skincare beda-beda tanpa mencatat efeknya pada wajah. Palingan misal perih ga cocok, ya udah tinggal ganti skincare, gitu doang. Ternyata kudu tertib mencatat begini yaaa... Thanks lho untuk infonya, jadi pengin nyobain Trove Skin ;)

    BalasHapus
  9. Dari pada setiap hari atau setiap minggu menulis tentang kondisi kulit kita, memang lebih praktis memakai aplikasi Trove Skin. Kalau menulis detail apa yang terjadi di kulit kita, saya bakalan nyerah. Hihihi....

    BalasHapus
  10. Wah kebantu banget ya Trove Skin ini untuk memantau perkembangan wajah kita, ada remindernya lagi buat membersihkan muka pas waktunya hihihi cucok nih buatku yang sering ketiduran...makasih say...

    BalasHapus
  11. Kemarin2 di IG, teman2 pada share tentang trove skin. Tapi saya belum paham betul. Untung baca tulisan mbak yg ini, jadi Saya makin pwngwn donlot dan coba sendiri deh

    BalasHapus
  12. Positif, baru tahu ada aplikasi skin analysis seperti ini.

    ... dan bisa dapat reward kalau kita rutin pakai aplikasi.

    Aplikasi skin analysis, Trove Skin, note lah^^

    BalasHapus
  13. Sebelumnya gak kepikiran lho tentang Skin Journaling ini, dan baru tahu ada aplikasinya juga ya. Baru nyadar betapa pentingnya mengenal kulit kita sendiri supaya lebih paham juga cara merawatnya ya. Cobain ah apps-nya, hihi

    BalasHapus
  14. Wah aku baru tau loh kalau skin journaling itu juga penting. MEskipun aku sudah tau jenis kulitku tapi gak ada aslahnya juga menuliskan skin journaling, mau nyobain aplikasinya juga ah supaya kulit wajahku juga makin sehat

    BalasHapus
  15. Kalau dipikir-pikir emang butuh juga skin journal seperti ini. Apalagi kalau kayak aku kan masih pemula banget di dunia per-skincare-an. Pengin lihat juga perkembangannya secara tercatat. Biasanya cuma meraba-raba aja. Oh tambah kenyal, oh pori-pori agak kecilan. Tapi trus sok nggak ngeh produk mana yang beneran punya efek besar. Aku coba unduh aplikasi ini deh. Siapa tahu saran-saran kecantikannay semakin membantu.

    BalasHapus
  16. Penting juga ya skin journal. Pertama penting untuk menganalisa jenis kulit wajah kita dan menyimpan skin care apa yang cocok dan tidak cocok, terus kapan pertama kita memulai menggunakan skin care. Jadi kepingin tahu, aplikasinya berbayar enggak sih? kalau gratisan akupun mau install

    BalasHapus
  17. wah aku dari dulu suka banget pake skincare a b c tapi gak pernah kepikiran skin journaling kayak gini. padahal memudahkan banget dan jadi inget ini kulit muka gak cocok sama yg mana gitu ya.

    aku pernah lupa gak cocok sama produk A tapi karena dah lama gak pake, aku beli produk A lagi simply karena aku taunya merk itu yg gampang dicari, pas bermasalah baru nyadar OH iya dulu aku gak abisin karena gak cocok. hahahaha

    BalasHapus
  18. Gratis? Wawawa, mau coba ah, keren banget aplikasinya, praktis dan lengkap... Makasih infonya ya :)

    BalasHapus
  19. Baru tahu ada aplikasi yang bisa begini. Ternyata memiliki skin journal sangat penting ya. Abis ini langsung download Trove Skin.

    BalasHapus
  20. Tadinya merasa....waduh kalau harus nulis di jurnal gitu, kadang lupa bawa, ketinggalan di tas dan berbagai alasan laninnya. Eh tapi ternyata ada aplikasinya.

    BalasHapus
  21. Wah boleh juga nih pake Trove Skin ya. Daripada nulis di agenda. Aku tuh gak rajin nulis di agenda.

    BalasHapus
  22. Wah, keren banget nih. Aku kayaknya kudu deh bikin kayak gini. Biar kulit jadi lebih terawat ya.

    BalasHapus
  23. Mau...
    Butuh banget sama apps yang bisa menilai kondisi kulit begini.
    Jadi reminder juga yaa...biar makin rajin merawat wajah.

    BalasHapus
  24. Wah sekarang kulit pun bisa jadi bahan tulisan journal ya
    Saya baru tahu ada aplikasi seperti ini

    BalasHapus
  25. uwaaaahhhhh, aku mau donlot aplikasi ini ntar :D. kok menarik.... aku memang ga prnh bikin skin journal sih mba, tp krn kulitku sensi, aku berusaha utk tahu jenis kulit dan ketidakcocokannya dgn apa. cm slama ini based on ingatan aja. jd aku skr tau kalo aku alergi ama AHA. makanya segala produk yg pake AHA, aku ga prnh mau pake.

    keren juga trove ini bisa analisis kulit, dilakuin sendiri. biasanya aku 2 bulan sekali ke counter SKII utk cek progress kulitku, krn udh bbrp thn ini pake skincare mereka. kan skii ada magic ring jg yg bisa cek.

    tp kalo bisa ngelakuin sendiri gini, asik jg sih :). makanya ntr mau coba donlot. jdnya aku bisa jg nyatet semua produk yg aku pake kapan hr pertama pemakaiannya... aku biasa tulis di kotaknya utk tau 1 produk thn berapa lama

    BalasHapus