DIY : Mahkota Daun

10:38 AM


Cerita ini dimulai saat saya melihat postingan foto instagram seorang teman blogger Solo.

Mbak Nana, teman saya ini, memposting foto mahkota daun nangka yang menurut saya kece banget. Hari gini gitu, saat kebanyakan orangtua lebih suka membelikan mainan di toko, Emak yang satu ini malah bikin mahkota sendiri dari daun nangka. Kreatif euy.

Nah, dari situ  saya pun penasarn dan mulai kepo gimana caranya. Kebetulan ada pohon nangka berdaun rimbun di samping rumah. Rutin dipangkas ama Oma, tapi daunnya lebih sering diambil ama orang buat pakan ternak (katanya gitu).

Untung Mbak Nana berbaik hati memposting satu video lagi di akun IG-nya soal cara pembuatannya. Silahkan lihat sendiri disini ya.

Sudah paham sedikit caranya, saya coba buat sendiri mahkota daun nangka di rumah. Tapi saya modifikasi sedikit cara membuatnya. Kalau Mbak Nana memakai lidi untuk menyambungkan helai daun, saya pakai benang. Kebetulan stok benang berlimpah.

Oia,daun nangka memang cocok banget dipakai, karena cukup kokoh, tulangnya nggak ringkih, tapi cukup cukup lembut. Sehingga mahkota nanti bisa berdiri tegak, nggak lunglai gitu (aduh bahasanya..)

Dan berikut cara membuat Mahkota Daun Nangka (dengan modifikasi ala saya)

  1. Siapkan daun nangka. Jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan. Karena kepala Narend tidak terlalu besar jadi enam sampai tujuh helai saja cukup. 
  2. Siapkan benang untuk merangkai. Saya pilih benang hijau supaya senada. 
  3. Lipat daun nangka. Satu bagian lebih panjang dari bagian lain. 
  4. Susun dan rangkai setiap daun, dengan cara menyelipkan helai daun satu ke bagian dalam lipatan helai daun lainnya. Lalu jahit. 
  5. Satukan semua helai, dan buat lingkaran. Sesuaikan dengan ukuran kepala ya. 
  6. Taaaaraaaaa!! Mahkota Daun siap dipakai. 

Berhubung terbuat dari daun, Mahkota ini tidak bisa bertahan lama. Mahkota punya Narend itu bertahan lebih dari seminggu sih. Tapi di hari ketiga sudah mulai kering jadi sedikit kaku.

Semoga berguna dan menginspirasi.

You Might Also Like

11 comments

  1. Hahaha, Narend kereeeennn!!! Aku lihat foto paling atas lgsg mikir "Narend pakai gitu terus maen wayang pasti soo greatt". Eh, bawah sendiri udah ada pose sama wayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sebenarnya dia pakai supaya mirip Baladewa katanya..hahahaha.

      Hapus
  2. Sewaktu aku kecil mbak pernah disuruh guru ketrampilan bikin kayak gini. Marakne kangen jaman cilik wae mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks..jamanku kecil malah ga tau yg kayak gini..baru tau pas udah pindah ke jawa.. ternyata asyik jg bikinnya

      Hapus
  3. Dulu pas SD pernah suruh bikin beginian mbak, trus ditambahi hiasan bunga2... Eh nggak taunya pas pelantikan Bantara Pramuka di SMA, suru bikin beginian lagi wkwkw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh ditambahin hiasan bunga2 apa? Cakep dong y jadinya

      Hapus
  4. Jadi teringat masa lalu. Semua kayaknya ngalamin fase ini ya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwaduh kayaknya cm saya yg melewatkan fase ini saat kecil dl. Saya baru tau bikin mahkota ini setelah gede mas

      Hapus
  5. Dulu waktu kecil suka mainan bikin mahkota, gelang, kalung, dan senapan dari daun tiap ke rumah nenek. Biasanya pake daun ketela

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya?!.. mau dong diajarin. Cara bikinnya gmn?

      Hapus
  6. kreatifnya mbaaa... jadi pengen bikin nih hihhi.. biar lebih tahan lama bisa dikasih pilox or cat kali yaa, jadi mahkota daunnya ngga layu :D

    BalasHapus