Acer Liquid Z320 : Smartphone Ramah Anak

1:18 AM

Jujur, dari lubuk hati terdalam, saya pengin banget bisa komit menjauhkan anak dari gadget seperti saran para ahli parenting. Tahu kan? Menurut para ahli parenting, dan juga artikel-artikel parenting yang bertebaran diluar sana, paparan gadget pada anak terutama balita, harus diminimalisir. Kalau perlu nihil sama sekali. Katanya, gadget memiliki banyak dampak buruk untuk perkembangan anak.

Tapi apalah daya, saya sendiri berasa nggak bisa lepas dari gadget. Ya TV lah, ya smartphone lah. Jadi gimana saya bisa komit menjauhkan Narend dari gadget kalau saya sendiri nggak bisa. Sebagai manusia kekinian (halah..), tingkat ketergantungan saya terhadap gadget lumayan tinggi. Gimana nggak, dari situ saya bisa dapat banyak hal, mulai dari berita terkini, kehidupan sosial (meski maya), resep makanan, tips pengasuhan anak dan masih banyak lagi. Di sisi lain, saya rasanya juga nggak mungkin bisa jauh dari Narend. Jadi rasanya mustahil juga menjauhkan Narend dari gadget, terutama smartphone.

Apalagi, sejak dia baru berumur sehari hingga sekarang, saya kerap merekam moment perkembangan Narend melalui smartphone. Makanya terasa wajar sekali kalau di usianya yang baru 2,5 tahun, dia punya ketertarikan dan rasa ingin tahu yang besar untuk mengeksplor smartphone. Dia bahkan cukup “canggih” dan terampil memilih aplikasi yang ingin dia gunakan. Saya sendiri juga heran. Biasanya Narend suka mendengarkan lagu-lagu anak yang saya simpan, kadang dia menonton video rekaman kegiatannya sendiri, lain waktu dia terlihat asyik dengan game mewarnai atau mengenal huruf. Karena ketidakmampuan saya melarang Narend menggunakan gadget, maka saya merelakan menghapus beberapa aplikasi yang saya sukai, namun agak “berbahaya” buat Narend. Seperti Youtube dan beberapa aplikasi game online. Daripada kenapa-kenapa kan?

Makanya, waktu dapat informasi tentang  Acer Liquid Z320, saya langsung ngerasa klik banget. “Oke, mungkin smartphone yang ini cocok buat saya.” Smartphone ini, kelihatannya memang sengaja dirancang untuk kebutuhan saya dan Narend. Eh, maksudnya untuk memenuhi kebutuhan anak dan orang tua. Geer banget ya saya.

Sorotan utama saya, apalagi kalau bukan fitur Kids Center yang dimiliki Acer Liquid Z320 ini. Fitur kece yang sudah pre-install dalam Liquid Z320 ini memang dirancang khusus untuk kebutuhan dan kesenangan anak. Di dalamnya ada banyak aplikasi edukasi, game dan video yang ramah anak sekaligus menyenangkan.

Ekstra fun, ekstra aman 

Acer kayaknya paham banget kebutuhan dan kesenangan anak-anak. Makanya begitu membuka Kids Center, mata kita sudah langsung dimanjakan dengan tampilannya yang full colour. Ikonnya warna-warni, beda dengan tampilan Android kebanyakan. Melalui fitur ini, anak juga bisa banyak melakukan aktivitas menarik seperti memotret yang dilengkapi dengan bingkai lucu. Ada pula Colouring pages. Wah kalau yang ini cocok banget buat Narend, sekalian mengajak dia mengenal warna. Ada banyak gambar-gambar lucu yang bisa dia warnai.

Selain itu, ada juga konten video yang ramah anak dan yang lebih menarik lagi, Kids Center bisa mengusulkan aplikasi, video dan game yang pas untuk dimainkan anak. Dalam fitur ini juga ada beberapa channel video untuk anak dengan konten edukatif. Jangan khawatir anak bakal bosan menonton video yang itu-itu saja, karena jumlah video bertambah terus, jadi lebih variatif.

Nggak cuma fun, fitur ini juga ekstra aman karena ada parental lock. Jadi kita, orang tua, bisa mengatur aplikasi dan konten apa saja yang bisa diakses anak. Cara kerjanya sederhana, begitu fitur ini di aktifkan, sistem secara otomatis akan mengunci beberapa aplikasi sehingga anak nggak bisa lagi sembarangan mengakses aplikasi dan situs yang belum pas untuk usianya. Jadi kita nggak perlu khawatir kalau anak “nyasar” ke situs atau mengakses aplikasi nyeleneh.

Fun for you, fun for me

Acer Liquid Z320 memang dirancang khusus untuk mengakomodasi kesenangan anak menggunakan smartphone, tapi itu bukan berarti kesenangan kita terabaikan lho. Smartphone ini juga memiliki banyak kelebihan lain yang bikin kita makin betah ber-gadget ria. Berikut saya sampaikan beberapa poin plus Acer Liquid Z320 yang bikin saya kesengsem ya.

1. Layar nyaman

Ukuran layar Acer Liquid Z320 hanya 4.5-inch, sehingga cukup nyaman untuk dioperasikan dengan satu tangan. Yah, pas deh dengan ukuran tangan emak mungil kayak saya. Dengan dukungan resolusi 854×480 pixel penggunaan daya baterai cenderung lebih hemat dibandingkan dengan smartphone dengan resolusi layar yang lebih tinggi.

Biar begitu, masih cukup bagus kok tampilannya. Hal itu karena penggunaan jenis layar In-Plane Switching (IPS) yang membuat layar Liquid Z320 dapat terlilhat dengan jelas meskipun kita berada di bawah paparan sinar matahari. Teknologi IPS ini juga yang membuat smartphone ini masih dapat terlihat dengan jelas pada sudut pandang yang ekstrem sekalipun. Kalau itu belum cukup, Acer juga melengkapi Liquid Z320 dengan teknologi BluelightShield yang dapat mengurangi emisi cahaya biru dari layar. Dengan begitu mata kita tidak mudah lelah saat menggunakannya selama berjam-jam. Jadi nggak agak berkurang sedikit deh kekhawatiran kita kalau anak lagi asyik dengan Acer Liquid Z320 ini.

2. Performa Handal

Untuk urusan performa, saya boleh bilang Liquid Z320 cukup handal. Dilengkapi dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.1GHz dari Qualcomm menjadikan konsumsi daya baterai relatif irit. Dan RAM 1GB serta kapasitas penyimpanan internal 8GB yang dapat diperluas dengan microSD sepertinya juga sudah cukup buat kebutuhan kita. Untuk sekedar chatting, browsing, nge-blog atau bersosial media kayaknya sudah lebih dari cukup kok. Agak disayangkan sih, karena Liquid Z320 belum support 4G, kita sudah harus puas dengan dukungan HSDPA.

3. Kualitas suara mantap

Sudah saya bilang kan, Narend suka sekali memutar musik melalui smartphone. Nah, dengan Acer Liquid Z320 ini, kesenangan kami berdua mendengarkan music bakal terpuaskan deh. Smartphone ini dilengkapi dengan teknologi DTS Sound yang membuat suara menjadi jernih dan detail suara lebih jelas. Yes, siap-siap download musik-musik kece nih. Eh, kudu beli Acer Liquid Z320 dulu ya.

4. Gourmet Mode


Sekarang lagi trend ya memotret makanan buat di-posting di akun sosial media. Sebenarnya saya pengen juga tuh posting begitu, sayangnya  nggak pernah sukses tuh memotret makanan. Tampilannya nggak pernah memuaskan. Nah, Acer Liquid Z320 ini ternyata juga dilengkapi dengan Gourmet Mode. Fitur begini sih biasanya ada di smartphone kelas atas, yang harganya bikin kantong meringis itu. Fitur ini memudahkan kita untuk memotret makanan supaya bisa kelihatan lebih enak lho.

Mengoperasikannya tidak sulit, cukup klik logo Gourmet Mode pada layar preview kamera maka smartphone dengan kamera depan 5MP ini akan segera menganalisa fokus dan menyesuaikan temperatur warna pada makanan. Lalu, sim salabim foto makanannya kelihatan lebih enak deh. Nggak malu-maluin kalau mau diposting di instagram atau twitter.

Sebenarnya ada satu lagi kelebihan Acer Liquid Z320 yang tidak bisa dikesampingkan. Malah menurut saya, hal ini adalah kelebihan utama smartphone ramah anak ini. Poin plus itu adalah, harganya yang amat sangat terjangkau Maaaaakkk. Serius, Acer Liquid Z320 hanya dibanderol satu jutaan rupiah saja. Ah, kayaknya nggak perlu nunggu lama-lama nih. Kebetulan smartphone lama Romo sudah perlu diganti, kelihatannya Acer Liquid Z320 bisa jadi pilihan utama ya. Murah, ramah anak, dan tetap fun buat orang tua.
http://www.acerid.com/z320blogcompetition/

You Might Also Like

0 comments