Cara Membuat Ayam Kecap Bawang Bombay yang Praktis untuk Bekal

cara_membuat_ayam_kecap_bawang_bombay

Ayam kecap bawang bombay adalah hidangan lezat untuk menu makan sehari-hari. Sajian ini adalah salah satu menu favorit keluarga kami. Rasanya enak, dan praktis dibuat.

Kita bisa menyajikan menu ini dengan nasi hangat, salada segar, dan sambal untuk menambah selera. Bahkan tidak hanya untuk menu sehari-hari di rumah, hidangan yang satu ini cocok juga untuk bekal anak ke sekolah dan bekal makan siang di kantor. 

Cara membuat ayam kecap bawang bombay sangat mudah dan sederhana. Bahkan para pemula pun, tidak akan kesulitan memasak menu ini. 

Cara Membuat Ayam Kecap Bawang Bombay 

Daging ayam memang bisa diolah menjadi menu masakan beragam. Cara mengolah juga sangat mudah, cukup menyediakan beberapa bahan ayam kecap bawang bombay seperti berikut: 

Bahan-Bahan 

  • 500 gram daging ayam, potong sesuai selera 
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis 
  • 3 siung bawang putih, cincang halus 
  • 2 sendok makan kecap manis 
  • 1 sendok makan kecap asin 
  • 1 sendok teh gula pasir 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 2 sendok makan minyak sayur 
  • 200 ml air 

Cara Membuat 

  1. Potong daging ayam sesuai selera dan cuci bersih menggunakan air mengalir. 
  2. Iris-iris bawang bombay tipis saja dan cincang bawang putih sampai halus. 
  3. Siapkan wajan, lalu masukkan minyak sayur untuk menumis bumbu. 
  4. Tumis irisan bawang bombay hingga harum dan berwarna kuning keemasan. 
  5. Selanjutnya, tambahkan bawang putih cincang. Tumis hingga mengeluarkan aroma harum. 
  6. Masukkan daging ayam yang telah kamu potong ke dalam wajan dan tumis hingga berubah warna. 
  7. Tuangkan kecap manis, kecap asin, gula pasir, garam, dan merica bubuk ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu menyerap ke dalam daging ayam. 
  8. Masukan air ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga rata. 
  9. Kecilkan api dan biarkan air mendidih hingga ayam matang sempurna dan saus mengental. 
  10. Sajikan ayam kecap bawang bombay untuk bekal sekolah maupun kerja. 

Ayam Kecap Bawang Bombay paling enak disantap dengan nasi hangat. Buat melengkapi hidangan, masakan ini bisa disajikan bersama salad, dan sambal pedas. Bisa juga sajikan dengan tahu dan tempe goreng. 

Tips Membuat Ayam Kecap Bawang Bombay Lezat 

Cara membuat ayam kecap bawang bombay memang tidaklah sulit, tetapi pastikan pula untuk selalu memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan. Pilihlah daging ayam yang masih segar. Begitu juga dengan bumbu dapur lainnya gunakan yang berkualitas. 

tips_membuat_ayam_kecap_bawang_bombay

Akan lebih baik jika daging ayam dimarinasi menggunakan perasan air jeruk sekitar 10-15 menit. Hal ini bertujuan agar bau dari daging ayam menghilang, dan masakan menjadi lebih lezat. 

Kunci dari masakan yang lezat terletak pada kualitas dan kesegaran bahan utama masakan tersebut. Untuk mendapatkan daging ayam segar dengan kualitas terbaik, kamu bisa memesan langsung di aplikasi Kingkong Meats. Sebuah aplikasi yang menyediakan bahan-bahan masakan berkualitas, seperti daging, sayur, dan bahan dapur. 

Untuk daging yang dijual di Kingkong Meats sudah melewati proses quality check dan mendapatkan certified NKV, serta Freshly Frozen. Jadi, walaupun frozen food makanan tetap fresh karena menggunakan teknologi Air Blast Freezer saat penyimpanan. 

Aplikasi Kingkong Meats bisa kamu unduh di Play Store maupun App Store. Jadi cukup dari rumah saja, kamu bisa memesan berbagai bahan untuk membuat menu masakan dari ayam seperti bahan membuat semur ayam, opor ayam, ayam kecap bawang bombay, ayam saus mentega, ataupun berbagai menu lainnya. 

Keuntungan lain dengan pesan melalui aplikasi Kingkong Meats adalah harga lebih hemat, apalagi jika ada diskon. Jadi jangan lewatkan promo menarik dan Kingkong Meats dan segera eksekusi cara membuat ayam kecap bawang bombay untuk bekal ke sekolah maupun kerja. 

ayam_kecap_bawang_bombay_enak

Ayam kecap bawang bombay memang ideal dijadikan bekal, karena rasa manis dan gurih dari kecap serta aroma harum bawang Bombay dapat menggugah selera makan. Selamat mencoba dan menikmati hidangan lezat ini ya! 

Semoga jadi tambah tahu...   

Tidak ada komentar