Solusi Terbaik Cegah Masuk Angin Saat Mudik (Share Pengalaman Konsumsi Pasangin Nutrimax)

cegah-masuk-angin-pasangin-nutrimax
Masuk angin saat mudik, siapa sih yang nggak pernah mengalaminya? Saya pikir, hampir setiap pemudik, setidaknya sekali dalam hidupnya pasti pernah mengalami drama mudik gegara masuk angin. 

Saya sendiri, selalu merasakannya setiap kali melakukan perjalanan mudik. Berada berjam-jam di dalam kendaraan dengan paparan pendingin yang intens, keterbatasan asupan makan dan stress perjalanan hampir selalu memicu gejala masuk angin. 

Pusing, perut kembung, mual hingga nyeri tenggorokan adalah gejala masuk angin yang sering saya rasakan saat mudik. Ada yang samaan nggak nih? 

Sebenarnya, kenapa sih saat mudik resiko masuk angin jadi lebih besar? 

Begini yang terjadi pada saya, selain akibat stress perjalanan, kelelahan dan pola makan yang kurang baik juga jadi pemicu masuk angin saat mudik. 

Saya tuh tipikal orang yang kerap kehilangan selera makan setiap kali harus menempuh perjalanan jauh. Makanya saat berjam-jam terjebak di kendaraan berpendingin, saya jadi gampang kembung dan masuk angin. 

Ditambah lagi, persiapan jelang mudik biasanya lumayan hectic. Selain menyiapkan baju dan oleh-oleh yang bakal dibawa pulang kampung, saya juga harus ngebut menyelesaikan semua tanggungan pekerjaan, dan membersihkan rumah, supaya saat ditinggal nanti rumah nggak terlalu kotor. 

Belum lagi agenda kegiatan sosial yang mau nggak mau harus diikuti, seperti acara buka puasa bersama, ikut bakti sosial komunitas, dan sebagainya. Pokoknya sibuk deh. 

Mudik Nyaman Tanpa Drama Masuk Angin 

Rute mudik yang saya tempuh setiap tahun sebenarnya nggak terlalu jauh. Jarak rumah orang tua saya dengan rumah kami, hanya sekitar 75 km. Kalau situasi lalu lintas normal dan kami bisa berkendara santai, paling hanya memakan waktu perjalanan sekitar 3 jam.

cegah-masuk-angin-saat-mudik
ilustrasi

Tapi beda ceritanya kalau musim mudik dan liburan. Durasi perjalanan yang biasanya sekitar 3 jam, bisa dua kali lipat lebih panjang. 

Pilihan menempuh jalur alternatif juga nggak banyak membantu, karena di musim mudik, jalur alternatif pun tak kalah padat. Maklum, banyak perantau yang pulang kampung. 

Dalam keluarga kami, bukan hanya saya yang langganan masuk angin saat perjalanan mudik. Anak dan suami pun sering mengalami hal yang sama, walau nggak separah saya sih. 

Makanya, nggak usah heran kalau perjalanan mudik kami tiap tahun selalu diwarnai berbagai drama akibat masuk angin. 

Berbagai trik dan tips mengatasi masuk angin pernah saya coba. Mulai dari pakai koyok di perut dan leher hingga memakai selimut dan jaket tebal selama perjalanan. Sebagian terbukti berhasil, sebagian lagi tidak. 

Sebagai hasil dari coba-coba itu, kini saya menemukan tips dan solusi terbaik untuk mencegah masuk angin selama perjalanan mudik. Silahkan disimak ya… 

1. Makan secukupnya sebelum perjalanan 

Makanan yang berkuah dan hangat, merupakan pilihan menu yang paling nyaman untuk dikonsumsi jelang keberangkatan. Porsinya nggak perlu terlalu banyak dan usahakan jangan makan mendekati waktu keberangkatan. Kasih jeda waktu sekitar 1 jam sebelum berangkat. 

2. Istirahat cukup 

Terlalu semangat jelang hari keberangkatan, seringkali bikin kita susah tidur sebelum berangkat. Akibatnya, tubuh malah jadi kurang istirahat dan daya tahan tubuh menurun. Usahakan untuk tidur yang cukup sebelum keberangkatan. 

Jangan menganggap remeh dengan berpikir, “Ah, nanti kan bisa tidur saat perjalanan.” Tidur di perjalanan dan tidur di kasur nyaman di rumah memberi pengalaman tidur yang beda ya, Bu..Ibu. Kualitas tidurnya juga nggak sama. 

3. Pakai pakaian nyaman saat perjalanan 

Kalau perlu siapkan selimut atau jaket Jangan pilih pakaian yang terlalu ketat atau kurang menyerap keringat saat perjalanan jauh. Nggak perlu juga memakai pakaian yang terlalu tebal untuk menghindari paparan AC. Lebih baik, pilih pakaian berbahan katun yang nyaman, dan untuk menghindari dingin sepanjang perjalanan, bekali diri dengan selimut.

4. Kalau mudik dengan kendaraan umum, gunakan masker 

Saat berkendara, terutama bila menggunakan transportasi umum, berpotensi meningkatkan resiko paparan virus, bakteri dan kuman penyakit. Penggunaan masker bakal sangat membantu mencegah hal ini. 

5. Konsumsi food supplement untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi gejala masuk angin 

Berdasarkan pengalaman, konsumsi food supplement, sebelum dan saat bepergian sangat membantu mengurangi gejala masuk angin. Saya sih biasanya mengonsumsi Pasangin Nutrimax. 

tips-cegah-masuk-angin-pasangin-nutrimax

Pengalaman Konsumsi Pasangin Nutrimax Saat Perjalanan Mudik 

Pasangin Nutrimax, boleh dibilang sebagai bekal utama kami saat mudik. Selain karena khasiatnya yang ampuh untuk mencegah masuk angin dan menjaga kondisi tubuh tetap fit, Pasangin juga bisa dikonsumsi oleh anak, mulai usia 6 tahun. 

Jadi, tak hanya saya dan suami yang mengonsumsi, anak yang yang tahun ini bakal berusia 10 tahun pun bisa mengonsumsi Pasangin dengan nyaman dan aman. 

Pasangin Nutrimax merupakan salah satu produk suplemen sirup yang diproduksi oleh PT Suryaprana Nutrisindo. Produk-produk Nutrimax terkenal sebagai food suplement berkualitas karena menggunakan bahan baku alami. Formulasinya didukung oleh nutritionist handal, sehingga kualitasnya selalu memuaskan. 

cegah-masuk-angin-pasangin-nutrimax

Pasangin mengandung Standardized Extract herbal pilihan seperti jahe, Mentha arvensis, Royal Jelly, Fennel serta Piper nigrum yang efektif meredakan gejala masuk angin. Selain itu, Pasangin Nutrimax juga diklaim sebagai yang ‘pertama’ menggunakan pemanis alami stevia lho. Jadi relatif aman buat dikonsumsi penderita diabetes. 

Kemasan Pasangin Nutrimax berupa sachet 15 ml. Bagian ujung sachet didesain agak menyempit, sehingga nggak mudah tumpah saat dikonsumsi. Ukuran dan desain kemasannya compact jadi aman buat dibawa bepergian. 

Saya biasa membeli 2-3 box Pasangin Nutrimax untuk stock. Satu box berisi 10 sachet. Produk ini bisa dibeli di berbagai e-commerce, apotek dan store farmasi. Harganya Rp 42.000 per box 

Manfaat Pasangin Nutrimax 

Berdasarkan klaim dalam kemasan dan situs resmi Nutrimax, konsumsi Pasangin bermanfaat untuk : 
  1. Meredakan gejala masuk angin seperti sakit kepala, meriang, badan pegal, perut kembung dan mual
  2. Mengatasi mabuk perjalanan
  3. Menjaga stamina dan kondisi tubuh
  4. Membantu meredakan sakit tenggorokan
  5. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh 

Anjuran Pakai Pasangin Nutrimax 

Untuk gejala masuk angin dan memelihara daya tahan tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi Pasangin 1 sachet 3 kali sehari. Tapi untuk persiapan mencegah masuk angin saat mudik, saya dan suami biasanya mengonsumsi 1 sachet sebelum berangkat dan 1 lagi setelah perjalanan. 

Selain dikonsumsi langsung dari sachet, saya juga melarutkan Pasangin Nutrimax dengan air hangat dan dimasukan ke dalam tumbler supaya bisa diminum ditengah perjalanan. 

cegah-masuk-angin-pasangin-nutrimax

Untuk anak-anak, cara mengonsumsinya agak beda ya. Untuk anak usia 6 -12 tahun dengan berat badan dibawah 25 kg, bisa mengonsumsi Pasangin Nutrimax setengah sachet. Tapi untuk anak saya yang berat badannya sudah diatas 25 kg, bisa mengonsumsi sesuai dosis dewasa. 

Pun begitu, anak saya lebih suka mengonsumsi Pasangin yang sudah dilarutkan dalam air hangat, katanya sih lebih enak. 

Yang Saya Suka Dari Pasangin Nutrimax 

Hal pertama yang saya suka dari Pasangin Nutrimax adalah rasanya yang enak, campuran lemon dan lime. Rasanya juga nggak pahit, recommended buat yang nggak biasa dengan minuman herbal. 

Selain itu, Pasangin juga kasih sensasi hangat yang lebih awet di tubuh. Bikin badan lebih rileks saat menempuh perjalanan jauh. Istirahat di kendaraan juga rasanya lebih nyaman karena terasa hangat dari dalam. 

Oh iya, Pasangin juga nggak menggunakan kristal mentol yang bisa menyebabkan iritasi lambung. Sensasi hangatnya didapat asli dari bahan-bahan herbal. 

cegah-masuk-angin-pasangin-nutrimax

Nah, gimana sudah lebih siap untuk mudik kan? Penting banget untuk menjaga kesehatan saat mudik, supaya kita semua bisa merayakan Idul Fitri dengan gembira. 

Semoga jadi tambah tahu ya.

17 komentar

  1. Bekal penting nih mba... Kan ga lucu kalau mudik tau2 masuk angin ya... Ga bisa menikmati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu ngalamin gt mulu, mbak.. Nggak enak banget jadinya.

      Hapus
  2. Mudik tahun ini rasanya lelah banget. Mana pada sakit silih berganti, huhu. Penting banget memang jaga daya tahan tubuh baik sebelum, selama di perjalanan, dan juga ketika di tujuan pokoknya. Biar saat kumpul keluarga dan nanti balik pun tetep dalam kondisi prima kan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, kemaren dirimu sekeluarga sempat pada sakit ya? Udah sembuh kan mak? Jaga kesehatan y

      Hapus
  3. Aku sekeluarga juga minum niii..buat mudik kemarin....emang kerasa enak banget...jdi gak mual dan pusing di perjalanan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kaaannn. Rasanya ga pahit gt, ga pedes. Kata narend enak😁

      Hapus
  4. Penting banget! Bekal mudik yg nggak boleh kelewatan karena buat badan jadi anget dan nggak mual. Mudik jadi enjoyable 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..betul. Pengalaman bgt aku tuh masuk angin pas mudik bikin perjalanan terasa lamaaaa bgt. Trus udah sampai kampung, ga bs ngumpul. Pengennya istirahat doang

      Hapus
  5. Meski aku gak mudik kayaknya perlu nih stok Pasangin biar nenas dari masuk angin.. Apalagi skr cuacanya gak jelas bikin badan rentan kena flilu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mbak. Di sini juga cuaca ga keruan. Sebentar panas bgt, sebentar ujan. Minum pasangin secara rutin tuh nolong bgt

      Hapus
  6. Wow.. Emang bener bgt, saat mudik kudu byk persiapan, terutama kesehatan. Kayak kemarin kami harus belasan jam di mobil saat mudik, ubo rampe biar ga tumbang ya salah satunya siapin herbal biar gaasuk angin.. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih belasan jam di jalan? Emang wajib banget minum herbal kayak pasangin gini

      Hapus
  7. Suami selalu nyetok nih food suplement seperti ini kalau perjalanan. Pokoknya wajib ada di tas. Mau rekomen dah ke suami Nutrimax Pasangin ini, mayan terjangkau juga ya harganya se-box, lebih hemat kalau nyetok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak. Aku juga sekarang nyetok kok. Rutin minum, bikin badan enakan

      Hapus
  8. Uti dan cucu juga konsumsi ..Alhmdulillah sangat membantu. Kenyamanan dan kesehatan

    BalasHapus
  9. Waah mantap perbekalan mudiknya mba... ini penting banget...spy mudiknya ttp sehat dan happy jd acara silaturahim dan jalan2nya ga terganggu..😁

    BalasHapus