Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil, Simak Yuk!

Alasan-pentingnya-memiliki-asuransi-mobil

Kerusakan mobil dan pencurian mobil hampir selalu terjadi secara tiba-tiba dan membuat mobil rusak secara permanen maupun hilang begitu saja. Itu alasan pentingnya memiliki asuransi mobil ini, supaya kalau terjadi kerusakan atau kehilangan, pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar untuk memperbaiki mobil. 

Semakin banyak asuransi yang kita miliki, makin besar pula nilai proteksi yang bisa kita klaim bila terjadi kerusakan. 

Seperti Apa Asuransi Mobil? 

Asuransi kendaraan merupakan proteksi atau perlindungan dari kendaraan, meliputi mobil dan motor. Asuransi berguna agar kendaraan yang kita miliki mendapat perlindungan selama perjalanan. Baik itu perlindungan dari kecelakaan, kerusakan hingga kebakaran yang terjadi secara tiba-tiba. 

Undang-undang lalu lintas di Indonesia diberlakukan kepada pengemudi kendaraan agar mereka bertanggung jawab menggunakan kendaraan di jalan raya. Oleh karena itu, meskipun sudah memliki perlindungan asuransi kendaraan, kita juga harus selalu patuh pada aturan lalu lintas. Hal ini demi keselamatan bersama saat berkendara. Berhati-hati dalam berkendara, tidak hanya melindungi diri sendiri tapi juga membantu melindungi pengguna jalan lain dari resiko kecelakaan. 

Ngomong-ngomong soal asuransi, tahukah kalian bahwa asuransi mobil terdiri dari dua jenis perlindungan, yaitu all risk dan TLO. Asuransi all risk berarti semua resiko kendaraan ditanggung pihak asuransi, meski terdapat pasal yang dikecualikan. Kerugian maupun kerusakan mobil bisa diganti asuransi seperti goresan, kehilangan dan penyok.

Sementara itu, pada asuransi total loss only atau TLO, kita mendapat asuransi tertanggung sebesar 75% yang bisa diklaim saat kendaraan mengalami kerusakan parah ataupun kehilangan permanen. Meski begitu asuransi jenis ini lebih murah dibanding asuransi jenis komprehensif dengan banyak benefit yang akan didapatkan. 

Apa Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Mobil?

Banyak orang meremehkan asuransi sebagai proteksi biasa untuk kendaraan yang dibayarkan kepada perusahaan asuransi setiap bulan. Padahal, asuransi bisa diandalkan dan bertanggung jawab atas kehilangan maupun kerusakan total pada mobil kita saat berkendara. 

Lalu apa pentingnya memiliki asuransi mobil saat ini? 

1. Meminimalisir Biaya 

Jika telah membayarkan uang asuransi kepada perusahaan maka kita tidak perlu khawatir seandainya mobil terkena kerusakan parah maupun ringan. Karena semua itu akan ditangani asuransi saat kita mengajukan klaim. 

Dengan pengajuan klaim setelah kerusakan maupun kehilangan, pihak asuransi akan membantu  memperbaiki kerusakan mobil dengan premi yang kita bayarkan setiap bulan. 

Hal ini tentu saja akan sangat meringankan keuangan kita, karena tak perlu membayar mahal untuk memperbaiki kerusakan mobil. 

2. Memberi Proteksi Lebih 

Asuransi memberi perlindungan lebih pada kendaraan. Perusahaan asuransi akan membantu kita menemukan solusi bila kendaraan yang kita miliki mengalami kerusakan maupun pencurian tidak terduga. 

Meski sepele, hal ini penting diketahui setiap orang, agar pemilik kendaraan mobil sadar tentang pentingnya memiliki proteksi. Kita juga bisa memiliki asuransi kombinasi seperti all risk dan TLO sebagai pilihan asuransi yang terpercaya. 

3. Layanan Tambahan dan Harga Jual Tetap 

Kita juga bisa memanfaatkan layanan tambahan yang seringkali ditawarkan bila kita memiliki asuransi kendaraan. Beberapa fasilitas tambahan seperti mobil derek, e-toll hingga voucher bahan bakar bisa kita pakai untuk  memudahkan perjalanan. 

Selain itu, harga jual mobil juga akan stabil bila kita menggunakan asuransi. Nggak banyak yang tahu, bahwa asuransi juga bisa membantu harga jual tetap landai meski kebanyakan kendaraan mengalami penurunan harga saat dijual kembali. 

Dengan perlindungan lebih, kondisi mobil kita bisa lebih prima. Ada kerusakan sedikit, spare part bisa langsung diganti oleh asuransi. Itu sebabnya harga mobil bisa stabil dan tidak mengalami penurunan signifikan, karena kondisinya masih seperti mobil baru.

Bagaimana Memilih Asuransi Mobil? 

Berbagai kemudahan yang ditawarkan asuransi, membuat pikiran kita lebih tenang karena memiliki perlindungan kendaraan. Ada banyak pilihan jenis asuransi, dan kita bisa menyesuaikan jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget agar mendapat proteksi maksimal. Lalu bagaimana cara memilih asuransi mobil?

1. Sesuaikan dengan Budget 

Alasan utama membeli asuransi mobil adalah proteksi dan jaminan keselamatan untuk kendaraan kita. Meski begitu, penting bagi kita untuk menyesuaikan jenis asuransi dengan budget yang kita miliki.  Dengan mempertimbangkan budget, kita bisa mengerucutkan pilihan asuransi kendaraan yang cocok untuk dipilih.  

2. Pilih Perusahaan dengan Kredibilitas Terbaik 

Banyaknya perusahaan asuransi kadang membuat kita bingung. Asuransi mana nih yang paling kredibel? Kalau hal itu terjadi, kita bisa mengecek kredibilitas asuransi dengan membandingkannya dengan asuransi setipe. Selain itu, kita juga perlu memahami dan mempelajari dengan seksama apa kelebihan dan kekurangan asuransi mobil bekas. 

Tidak semua asuransi yang kelihatan bonafide bisa dipercayai sebagai asuransi terbaik untuk proteksi kendaraan kita. Karena itu, coba cek lagi RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi bersangkutan. Kalau nilainya 120% maka asuransi tersebut cukup kredibel dan layak dipilih. 

Mudahnya memilih asuransi saat ini, Garda Oto memiliki jenis proteksi dan menjadi perusahaan asuransi terpercaya dengan proses yang cepat dan premi terjangkau. Selain itu asuransi ini menerbitkan polis hanya sehari dengan fitur e-policy yang bisa kita download kapan saja. 

Dengan memilih asuransi mobil terbaik di Garda Oto, alasan pentingnya memiliki asuransi mobil membuat kendaraan kita terhindar dari kecelakaan maupun kerusakan yang parah sehingga kita bisa lebih nyaman dan aman saat berkendara.
 
Semoga jadi tambah tahu

Tidak ada komentar