Jenis Reward yang Bikin Karyawan Lebih Loyal dan Semangat Kerja

reward-untuk-karyawan-loyal

“Hari gini, susah banget ya cari karyawan loyal. Baru kerja setahun, dua tahun sudah minta berhenti.”
Keluhan seperti ini buka satu dua kali saya dengar. Hampir semua teman-teman yang punya bisnis, hampir selalu mengeluhkan masalah yang sama. Sebenarnya apa yang salah? 

Turn over yang tinggi di perusahaan jelas bukan hal yang bisa dibanggakan. Malah, ini bisa jadi indikator bahwa ada kebijakan perusahaan yang salah sehingga mengakibatkan banyak karyawan tidak betah berlama-lama kerja di sana. 

Hubungan antara karyawan dan perusahaan sesungguhnya merupakan simbiosis mutualisme. Hubungan yang saling menguntungkan. 

Itu sebabnya, untuk mendapatkan karyawan dengan performa kerja baik dan loyalitas tinggi, perusahaan juga perlu menetapkan kebijakan yang humanis, proses penilaian kinerja yang objektif dan terukur serta memberi reward kepada karyawan yang memiliki kinerja baik. 

Tahu nggak sih? Konon pemberian reward atas kinerja bisa lebih memotivasi karyawan untuk meningkatkan performanya. 

Nah, kira-kira reward apa saja sih yang bisa diberikan untuk karyawan supaya lebih loyal dan semangat bekerja?

Macam-macam Reward untuk Karyawan

1. Bonus dan Kenaikan Gaji 

reward-untuk-karyawan-loyal

Reward
yang sederhana tapi paling efektif untuk memotivasi karyawan. Pemberian bonus dan kenaikan gaji ini bisa dilakukan secara berkala dengan mengacu pada penilaian kinerja tahunan. Selain dalam bentuk bonus dan kenaikan gaji, perusahaan juga bisa memberi rewards dalam bentuk profit sharing atau pemberian saham perusahaan. 

2. Hampers 

Pemberian bingkisan alias hampers bisa dilakukan di moment-moment special seperti Hari Besar Keagamaan atau saat Hari Ulang Tahun Perusahaan. Isi dan nilai bingkisan bisa disesuaikan dengan kinerja karyawan. 

3. Liburan Gratis 

Sepertinya belum banyak perusahaan yang memberikan reward liburan gratis kepada karyawannya karena cost reward ini lumayan besar. Tapi reward liburan gratis untuk karywan berprestasi layak dipertimbangkan lho. 

Bayangkan posisi kita sebagai karyawan yang sudah penat bekerja dan mengerahkan segala energi serta waktunya. Lalu diberi liburan gratis, sebuah kesempatan untuk healing, pasti rasanya menyenangkan sekali bukan?

4. Makan-makan di Restoran (Selebrasi Bersama) 

reward-untuk-karyawan-loyal

Setelah menghabiskan waktu dan energi selama berminggu-mingu mengerjakan proyek bersama, merayakan keberhasilan proyek bersama-sama bisa jadi reward sekaligus kesempatan yang baik untuk memperat bonding antara anggota tim. 

5. Fasilitas Operasional

reward-untuk-karyawan-loyal

Reward
atas kinerja yang bagus juga bisa diwujudkan dengan pemberian penambahan fasilitas operasional kerja. Bisa dengan meminjami kendaraan operasional untuk karyawan, atau mungkin bantuan cicilan pembelian kendaraan. Bisa juga dengan pemberian alat penunjang kerja lainnya seperti smartphone, atau laptop. 

6. Perjalanan Religi Gratis 

Reward lain yang juga bisa melejitkan performa karyawan adalah perjalanan religi gratis. Tidak hanya bernilai secara materi, reward berupa perjalanan religi juga akan sangat bermakna dan menyentuh sisi emosional dan spiritual karyawan. Sehingga kebanggan dan kepercayaan karyawan kepada perusahaan juga tumbuh kian besar. 

Contohnya saja, seperti yang dilakukan oleh JNE. Perusahaan ekspedisi ternama ini sudah menjadikan reward berupa Umrah Gratis kepada karyawan mereka sebagai agenda rutin. 

Apresiasi Karyawan, JNE Berangkatkan 35 Karyawannya untuk Umrah  

Agenda rutin tahunan ini sebelumnya sempat tertunda dua tahun karena pandemi. Sekarang, setelah situasi kesehatan dunia sudah makin membaik, 22-30 September 2022 silam, JNE kembali memberangkatkan 35 karyawan dari berbagai kantor cabang JNE seperti dari Jakarta, Denpasar, Palembang, Yogyakarta, Solo, Medan, Cilegon untuk umrah gratis. 

reward-untuk-karyawan-loyal

Tidak hanya memberangkatkan para Ksatria dan Srikandi (karyawan) JNE, dalam kesempatan ini diberangkatkan pula 3 pemenang lomba JNE Content Competition, 1 orang dari West Bike Messenger dan 1 pemenang lomba JNEXRiaricis. 

Mereka semua sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan ibadah umrah yang dipandu oleh Ustadz Aqil Muzakki. 

Disampaikan M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE dalam siaran persnya, “Memberangkatkan setiap individu untuk umroh merupakan momen istimewa dan apresiasi dari JNE, maka kami pun ikut merasakan kebahagiaan yang dialami Ksatria dan Srikandi JNE”.  

Ditambahkan Feriadi, agenda rutin umrah gratis merupakan amanah dari pendiri JNE (Alm) H. Soeprapto Soeparno. Umrah gratis digagas sebagai bentuk, penghargaan kepada para karyawan loyal JNE yang sudah mengabdi kepada perusahaan selama lebih dari 12 tahun. 

Ungkapan haru penuh kebahagiaan pun diungkapkan para peserta umrah kali ini. “Saya merasa sangat bersyukur menjadi karyawan JNE, dimana perusahaan dapat memberangkatkan karyawannya untuk umrah yang menjadi impian saya. Umrah ini juga menjadi kado istimewa dari Allah. Tentu saja saya juga berdoa demi kejayaan dan keberkahan JNE di depan Ka’bah untuk selalu berbagi,memberi dan menyantuni kepada siapapun, karena melalui JNE saya bisa datang ke Tanah Suci,” tutur Mahesa Senggani, Ksatria JNE Pusat. 

Hal senada juga disampaikan oleh Ksatria dari JNE Solo, Agus Yunanto, yang mendapatkan kesempatan umrah gratis dari JNE, tahun ini. Agus mengaku sangat bersyukur dan terima kasih kepada perusahaan karena telah memberangkatkan dirinya yang telah bekerja lebih dari 12 tahun di JNE Solo untuk umrah gratis. 

reward-untuk-karyawan-loyal

Ditambahkan Agus, bagi dia, program umrah ini adalah reward terbaik selama Ia bergabung di JNE. “Saya di sana fokus ibadah dan berdoa untuk keluarga dan juga untuk kemajuan JNE agar tetap dapat mengantarkan kebahagiaan,” tutup dia. 

Itu dia beberapa alternatif reward yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawannya untuk meningkatkan loyalitas, semangat dan performa kerja. 

Semoga jadi tambah tahu.

Tidak ada komentar