Rekomendasi Sunscreen Lokal, Dewpré Premium Cica Suncream [Review]

Dewpre Cica Suncream

Kata adik saya yang kerja di klinik kecantikan, percuma pakai skincare mahal dan serum ini itu, kalau kita masih suka skip pakai sunscreen

Karena, mau pakai skincare semahal apapun, kalau kulit tidak dilindungi dari paparan sinar UV. Perawatan yang kita lakukan bakal sia-sia. Selain harus dinutrisi, kulit juga wajib dilindungi. Dan cara terbaik untuk melindunginya adalah dengan memakai sunscreen

Ditambah lagi sekarang, yang namanya sinar UV perusak kulit itu nggak cuma datang dari sinar matahari. Tetapi juga dari perangkat gadget yang setiap hari kita pegang. 

Sinar UV itu sadis lho. Soalnya, selain bisa membuat kerusakan pada sel-sel kulit, sinar UV juga bisa membuat skin barrier alami rusak. Dan tentu saja, akan mengakibatkan penuaan dini. Ih ogah banget kan?!

Pokoknya, yang namanya UV itu bikin kerusakan permanen pada kulit. Jadi kalau mau tampilan kulit yang cantik dan sehat. Selain rajin merawat dan menutrisi kulit, kita juga harus memberinya perlindungan optimal. 

Nggak ada alasan buat malas pakai sunscreen

rekomendasi-sunscreen-lokal
ilustrasi

Sekarang ada banyak banget varian sunscreen yang beredar di pasaran dengan range harga bervariasi. Yang murah ada, yang mahal banget juga ada. 

Pilihan SPF-nya juga banyak. Mulai dari sunscreen dengan perlindungan SPF 15, SPF 30, SPF 45 hingga SPF 50. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita. 

Secara umum, sebenarnya ada dua jenis sunscreen yang beredar di pasaran. Yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Malah sekarang ada hybrid sunscreen yang merupakan kombinasi keduanya. 

Lantas apa sih bedanya physical sunscreen dengan chemical sunscreen

Pengkategorian ini didasarkan pada komposisi bahan yang dipakai. Yuk, kita simak perbedaan keduanya… 

Physical Sunscreen 

Biasanya disebut sunblock, karena sunscreen ini bekerja melindungi kulit dengan memblokir sinar UV sehingga nggak masuk ke lapisan kulit dalam. 

rekomendasi-sunscreen-lokal
ilustrasi

Physical sunscreen
umumnya mengandung UV filter titanium dioxide atau zinc dioxide. Keduanya dikategorikan sebagai bahan dengan photostability baik. 

Physical sunscreen bekerja dengan membuat lapisan perlindungan yang menghalangi sinar UV di atas permukaan kulit. Karena cara kerjanya itu, physical sunscreen diyakini membuat perlindungan yang lebih baik untuk kulit dibanding chemical sunscreen

Selain itu, karena tidak masuk ke dalam sistem tubuh, physical sunscreen umumnya aman dipakai oleh anak-anak dan ibu hamil/menyusui. Juga aman dipakai oleh para pemilik kulit sensitif. 

Ciri-ciri physical sunscreen: 
  • Tekstur kental, pekat dan cenderung lengket di kulit
  • Umumnya menyebabkan whitecast, tapi tidak menyumbat pori
  • Langsung aktif melindungi kulit setelah diaplikasikan 

Chemical Sunscreen 

Seringkali hanya disebut sunscreen. Chemical sunscreen biasanya memiliki tekstur yang lebih cair ketimbang physical sunscreen

rekomendasi-sunscreen-lokal
ilustrasi

Chemical sunscreen
mulai bekerja memproteksi kulit dari sinar UV setelah terserap di kulit. Di lapisan bawah kulit, chemical sunscreen bekerja dengan menyaring sinar UV sehingga tidak tembus ke lapisan kulit yang lebih dalam. 

Teksturnya yang cepat terserap di kulit, memang memberi kenyamanan bagi pemakainya, pun begitu sunscreen jenis ini tidak bisa 100% mencegah masuknya sinar UV. 

Itu sebabnya, meski memakai chemical sunscreen, kulit masih beresiko mengalami kemerahan, atau sunspot. Tentu saja resikonya lebih kecil bila dibanding tidak memakai sunscreen sama sekali. 

Chemical sunscreen biasanya memiliki kandungan bahan aktif Oxybenzone, Octisalate, Octocrylene, Ethylhexyl, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Butylene Glyco dan lainnya. 

Ciri-ciri chemical sunscreen :
  • Tekstur ringan dan mudah terserap kulit
  • Tidak menyebabkan white cast, tapi beresiko menyumbat pori. Sehingga lebih berpotensi menimbulkan jerawat atau komedo. Harus dibersihkan lebih seksama supaya sisa sunscreen tidak menyumbat pori
  • Aktif bekerja 20-30 menit setelah diaplikasikan 

Rekomendasi Physical Sunscreen Lokal 

Belakangan ini, saya lagi suka dengan sunscreen dari salah satu brand lokal kecintaan, Dewpré

Dewpre Cica Suncream

Buat yang masih asing dengan Dewpré, saya kasih tahu ya, Dewpré merupakan brand skincare lokal yang mengadopsi teknologi dan formula skincare dari Korea. 

Formula skincarenya gentle, ringan, bebas dari bahan kimia berbahaya dan teruji secara dermatologis. 

Saya sendiri suka banget dengan semua produk mereka. Kalau kalian penasaran dengan produk Dewpré lainnya, silahkan baca ulasan saya tentang Dewpré Peonia Brightening Series dan Dewpré Tea Tree 5.5 Cleansing Foam di blog ini.

Sekarang Dewpré juga merilis produk sunscreen, yang disebut Dewpré Premium Cica Suncream

Yuk langsung masuk ke reviewnya…. 

Klaim 

Dewpre Cica Suncream

Dewpré Premium Cica Suncream
diklaim sebagai sunscreen dengan perlindungan ganda. 

Karena selain memberi perlindungan dari sinar UV, non-nano physical sunscreen ini juga mengandung Niacinamide sebagai brightening agent yang bermanfaat untuk menstimulus perbaikan sel kulit, mengatasi pigmentasi dan meratakan warna kulit wajah. 

Nggak cuma itu, Dewpré Premium Cica Suncream dengan kandungan SPF 50+ PA ++++ diklaim water resistant dan juga diperkaya dengan Centella Asiatica Leaf Water yang memiliki efek calming dan soothing serta mencegah iritasi kulit. 

Sunscreen ini juga memiliki kandungan Sodium Hyaluronate, Camellia Sinensis Leaf Extract (green tea), Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil untuk menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. 

Singkatnya, Dewpré Premium Cica Suncream bisa dibilang sebagai sunscreen dengan kandungan skincare yang memberi manfaat ganda untuk kulit kita. Yaitu melindungi dan menutrisi kulit.

Ingredients 

Water, Zinc Oxide, Isononyl Isononanoate, Butyloctyl Salicylate, Centella Asiatica Leaf Water, Methyl Trimethicone, Trimethylsiloxysilicate, Isododecane, Caprylyl Methicone, Dimethicone, Dipropylene Glycol, Acrylates Copolymer, Titanium Dioxide, Niacinamide, Hexyl Laurate, Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Acrylates/Polytrimethylsiloxymethacrylate Copolymer, Disteardimonium Hectorite, Polyglyceryl-2 Isostearate, Polyhydroxystearic Acid, Coco-Caprylate/Caprate, Polyglyceryl-6 Polyricinoleate, Magnesium Sulfate, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Sorbitan Sesquioleate, 1,2-Hexanediol, Triethoxycaprylylsilane, Aluminum Hydroxide, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Stearic Acid, Sorbitan Isostearate, Hydroxyacetophenone, Polyglyceryl-6 Polyhydroxystearate, Polyglyceryl-2 Dipolyhydroxystearate, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Polyglycerin-6, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Butylene Glycol, Tocopherol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Sodium Hyaluronate, Ascorbyl Palmitate. 

Kemasan

Dewpre Cica Suncream

Dikemas dalam tube pipih berukuran 35 ml dengan tutup ulir warna putih. Desainnya masih senada dengan produk Dewpré lainnya yang didominasi warna hijau pastel dan putih. 

Kemasannya cukup informatif menampilkan nama produk dan keterangan produk. Sayangnya dengan font berwarna putih di atas background hijau membuat keterangan produknya jadi agak sulit terbaca. 

Dewpre Cica Suncream

Aplikator Dewpré Premium Cica Suncream berbentuk corong yang memudahkan kita mengatur pengeluaran produk. 

Dewpre Cica Suncream


Tekstur dan Aroma 

Dewpré Premium Cica Suncream punya tekstur krim yang ringan dan mudah diratakan. Warnanya putih pekat, dan sekilas terlihat kental dan pekat. Tapi setelah diaplikasikan, sunscreen ini cukup mudah diratakan. Terasa ringan di kulit. 

Aromanya samar. Tapi kalau dibaui lebih teliti, sunscreen ini memiliki aroma floral yang lembut. 

Performa di Kulit 

Namanya juga sunscreen, Dewpré Premium Cica Suncream tentu saja dipakai di slot terakhir dalam tahapan skincare routine pagi hari. 

Biasanya saya pakai dengan takaran 1 sendok teh atau dua ruas jari untuk perlindungan area wajah, leher dan belakang telinga. 

Selayaknya physical sunscreen, Dewpré Suncream memang punya white cast. Tapi efek tone up dari white cast-nya masih terlihat cukup natural di kulit saya yang sawo matang dengan undertone neutral

Dewpre Cica Suncream

Hal yang saya suka dari produk ini adalah teksturnya yang ringan, mudah diratakan. Setelah diaplikasikan, feel di kulit terasa agak licin dan seperti ada seal semacam lapisan licin di permukaan kulit. Finishnya agak dewy tapi nggak sampai berminyak banget. Btw, tipe kulit saya adalah normal cenderung berminyak. 

Dewpre Cica Suncream

Pun begitu, lapisan ini nggak bikin gerah dan cukup nyaman di kulit. 

Untuk pemakaian re-apply, rasanya juga nggak gerah di kulit. Kalau kebetulan beraktifitas di luar ruang, saya biasanya aplikasi ulang sunscreen setiap 3-4 jam sekali. Saat re-apply, saya jarang cuci muka ulang sih. Biasanya saya semprot face mist aja supaya kulit lebih lembab baru re-apply sunscreen

Recommended? Jelas dong. Sejauh ini, semua produk Dewpré nggak pernah failed buat saya. 

Dewpre Cica Suncream

Menurut saya, Dewpré Premium Cica Suncream termasuk sunscreen yang paling nyaman dipakai hingga saat ini. White cast-nya juga masih sangat bisa ditolerir karena nggak bikin kulit saya jadi terlihat kusam. 

Beli dimana? Dewpré Premium Cica Suncream #Daily Skin Bestie sudah tersedia di website resmi Dewpré dan official store Dewpré di Shopee. Terakhir kali saya lihat harganya Rp 149.250 karena lagi ada diskon 25%. Harga normal sih Rp 199.000. Menurut saya, sepadan lah dengan kualitas dan kenyamanannya. 

Semoga jadi tambah tahu dan tambah cantik… 

#PremiumCicaSuncream #DailySkinbestie

22 komentar

  1. wah benar sekali, saya mau notice saat kita sedang di luar ruangan dan malas cuci muka, bisa disemprot menggunakan facemist ya Mbak, duh gak kepikiran kemarin bawa facemist. Kemarin saya langsung apply sunscreen tanpa cuci muka, agak merasa bersalah karena muka kering gitu.

    BalasHapus
  2. Suka banget sama sunscreennya. Katanya sih cica sunscreen emang sebagus itu. Jadi teracuni molly, pingin deh beli juga.

    BalasHapus
  3. Kandungan cica sama centella masuk dalam satu sunscreen gini oke banget, bikin kulit calm dan ternutrisi. Udah lama tau produknya Dewpre ini, dari kemasan tampak kayak brand luar, ternyata lokal yaa.

    BalasHapus
  4. Wah noted banget niiihhh. Aku belakangan juga rajin makai sunscreen mbak soalnya tiap jalan/ lari pagi tu suka kerasa kebakar matahri pdhl ya masih pagi. Semoga konsisten makainya biar mukaku tetep sehat #uhuks
    Kalau Dewpre ini terus terang aku baru kenal. Oh ternyata gak perlu cuci muka reapply-nya sebelumnya semprot face mist aja udah oke yaa. Bisa nih diterapin tipsnya :D

    BalasHapus
  5. meskipun lokal tapi kualitasnya ngga kalah yaa mba.. suka aku dengan bahan aktif yang dipakai

    BalasHapus
  6. Dewpre premium cica sunscreen boleh juga nih masuk ke keranjang belanja, apalagi kandungan spf nya pas nih buat aku yang beraktifitas di luar ruangan

    BalasHapus
  7. Waw...Mba Wid pas banget dong punya tanaman centella untuk bekgrond foto. Jadi serasa langsung menjelaskan kandungan produk hehehe.

    Btw, aku belum lama tahu lho soal beda jenis sunscreen ini. Awalnya aku beli yg chemical (ngomong gini setelah tahu ya..heheh). trus pas beli merk lain, aku mikir, kok jadi kayak putih2 gini..ooo ternyata beda jenis tooooh hihihi.

    BalasHapus
  8. Saya baru menyadari tentang pentingnya sunscreen beberapa tahun belakangan ini. Wajib banget ya dipakai. Makanya saya juga mulai merutinkan. Meskipun terkadang masih suka ada lupanya

    BalasHapus
  9. Betul banget mbk, sekarang itu rasanya panasnya berbeda. Kalo keluar rumah rasanya kulit kayak kebakar sangking panasnya, wajib banget pake sunsscreen. Harganya cukup terjangkau ya, apalagi ini diskonnya lumayan banget lho

    BalasHapus
  10. Lindungi wajah seperti rumah melindungi keluarga. Jadi pakai yang lokal, berkualitas tapi harganya terjangkau seperti dewpre

    BalasHapus
  11. Dewpre Premium Cica Suncream boleh nih di coba...aku salah satu yang sukaaa banget pake suncream kalau pas aktifitas outdoor yg spf 50 kalau cuma di rumah saja yang spf 25 atau 30.

    Usia sudah tak lagi muda perlindungan kulit sangat di perlukan ya makk...aku malah ga punya bedak lipstik tp suncream py beberapa merk

    BalasHapus
  12. Senang pastinya kalau hasilnya terlihat nyata. Harganya saya kira termasuk sebanding dengan kualitasnya ya. Pakai Sunscreen saat musim seperti sekarang tidak bisa diprediksi memang banyak membantu melindungi kulit kita

    BalasHapus
  13. Kalau pake skincare yng udah ada spf nya apa harus pake sunscreen lagi mba?

    BalasHapus
  14. Kebetulan aku sudah pakai beberapa produk skin care dari Dewpre ini mbak
    Termasuk Dewpre Premium Cica Suncream nya
    Cocok di kulit ku

    BalasHapus
  15. Jujurly, aku masih sering skip. Karena perasaan hanya pergi anter anak sekolah dan naik kendaraan dalam keadaan tertutup. HUhu...trus jadi tersadar bahwa skincare semahal apapun, jadi gak berarti kalau kulitnya gak dilindungi.

    Butuh banget Rekomendasi Physical Sunscreen Lokal dari Dewpré Premium Cica Suncream,. Namanya unik yaa.. bukan Sunscreen, tapi Suncream. Dengan hasil yang tetap bagus untuk kesehatan kulit dan melindungi wajah secara maksimal dari bahaya UV.

    BalasHapus
  16. Wah sinar radiasi hape dan gadget bisa merusak kulit juga ya. Harus selalu nyetok sunscreen nih. Belum pernah nyobain si Cica ini jadi penasaran

    BalasHapus
  17. aku setuju jangan sampai skip sunscreen walau di rumah aja sekalipun huhu. uni kalau bentuk kayak lotion reaplly dong ya jangan lupa. cuma biar ga minyak amat aku abis pakai ss pakai tisu mak

    BalasHapus
  18. Berarti yang aku pakai jenisnya physical sunscreen ya. Next kalau mau coba yang SPF 50+, bisa pilih Dewpré Premium Cica Suncream ya

    BalasHapus
  19. Kalo gak lihat judul, dan cuma lihat nama produk aja, gak bakalan tahu drh aku kalo produk ini produk lokal. Kayak merk Prancis gitu ya, Dewpré Premium Cica Suncream.

    Btw, kepengen nyobain deh ini. Lihatnya aja seger. Gak bikin gerah ya. Padahal biasanya sunscreen itu berasa lengket dan gerah.

    BalasHapus
  20. Ternyata percuma ya kalau skincarean tanpa pakai sunscreen. Dewpre ini skincare lokal tapi kualitasnya bisa bersaing ya. Saya juga suka kemasannya

    BalasHapus
  21. Boleh nih coba Suncream Dewpre. Penting banget pakai tabir surya deh buat menjaga kesehatan kulit wajah.

    BalasHapus
  22. Huaa aku tertohok nih apa gunanya pakai skincare mahal kalau ga pakai suncreen. Jadi tahu bedanya fisikal dan chemical sunscreen setelah baca ini. Mau coba ah cica suncream nya

    BalasHapus